Cara Promosi Makanan di WA Dengan Mudah dan Banyak Cuan

Dalam menjalankan usaha makanan, ada banyak sekali saluran pemasaran dan promosi yang bisa Anda gunakan untuk memperluas jangkauan usaha Anda. selain menggunakan media sosial, Anda juga bisa menggunakan aplikasi chat WhatsApp atau WA. Namun, bagaimana cara promosi makanan di WA?

Nah, untuk Anda yang penasaran tentang cara promosi makanan di WA, Anda bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Cara Promosi Makanan di WA

1. Mendata Nomor Whatsapp Para Calon Konsumen

Umumnya, banyak pemilik bisnis yang mencantumkan nomor WhatsApp linknya pada akun Instagram bisnis mereka karena banyaknya pelanggan yang lebih nyaman untuk berbicara dengan layanan pelanggan lewat aplikasi tersebut. Nah, saat pelanggan menghubungi nomor WA, Anda bisa memperoleh database mereka.

Kegiatan mengumpulkan data dan membuat database calon pelanggan ini sangat penting sekali untuk promosi digital bisnis Anda. Anda bisa mulai mempromosikan produk Anda terlebih dahulu ke keluarga ataupun kerabat.

Anda juga bisa memanfaatkan Grup WA tetangga sebagai sarana promosi. Anda tidak perlu terlalu sering melakukannya agar tidak mengganggu mereka, cukup sesekali saja dengan jarak waktu yang lebih konsisten.

2. Buat Foto Yang Menarik

Saat Anda menjual makanan, artinya Anda akan menjual rasa. Tapi, bagaimana caranya untuk menyampaikan ataupun menjelaskan cita rasa dari makanan yang ingin Anda jual pada pelanggan melalui aplikasi WA?

Nah, hal pertama yang dilihat oleh pelanggan dan akan menjadi bahan pertimbangan mereka untuk membeli produk makanan adalah foto makanan.

Untuk itu, calon pelanggan akan lebih tertarik pada produk makanan yang memiliki foto menarik dan mampu menggugah selera mereka. Jika Anda memiliki sedikit anggaran berlebih, Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan jasa fotografer makanan. Saat ini, sudah banyak fotografer makanan yang memasang tarif harga terjangkau.

3. Siapkan Katalog

Saat foto produk sudah siap, maka tugas Anda yang selanjutnya adalah membuat katalog. Nah, katalog akan mempermudah pelanggan untuk melihat menu dan harga dari produk makanan yang akan Anda jual.

Berikanlah informasi yang detail dan jelas terkait produk makanan yang akan Anda jual. Informasi tersebut mencakup deskripsi, variasi rasa, komposisi, cara penyimpanan, masa kadaluarsa, cara penyimpanan, dan harga produk makanan Anda. Anda bisa menambahkan informasi lainnya yang Anda kira cukup penting.

4. Gunakan Kalimat Promosi Yang Menarik

Untuk Anda yang baru ingin memulai bisnis, maka hal ini sangat penting untuk Anda pelajari. Kalimat promosi yang menarik tentunya akan bisa menarik perhatian pelanggan untuk mencoba atau minimal menanyakan produk Anda.

Baca juga:  Whatsapp Bisnis: Fitur, Manfaat, dan Cara Membuatnya dengan Mudah Untuk Bisnis Anda

5. Jangan Lupa Bangun Keakraban 

Pada dasarnya, aplikasi WhatsApp adalah aplikasi untuk mengobrol dengan teman atau kerabat dekat sehari-hari. Untuk itu, materi promosi di WA akan lebih baik bersifat soft selling. Jangan langsung mempromosikan produk Anda tanpa menyampaikan pesan yang lebih bersifat personal.

6. Manfaatkan Fitur-Fitur Whatsapp

Terdapat banyak sekali fitur di dalam WhatsApp yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi. Nah, salah satunya adalah WhatsApp Story. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengunggah produk Anda secara terus-menerus tanpa perlu khawatir mengganggu pelanggan Anda.

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memberikan informasi jam buka dan juga jam tutup dari toko Anda. Anda juga bisa memberikan informasi terkait proses pembuatan makanan yang Anda jual dan informasi lainnya.

7. Beda Grup, Beda Cara Promosi 

Bila kegiatan promosi Anda ingin lebih efektif, maka Anda harus menyesuaikan pesannya dengan karakter dari si penerima pesan. Contohnya, bila Anda ingin mengirimkan broadcast promosi makanan ke grup bapak-bapak di RT, maka coba gunakanlah bahasa yang lebih sesuai dengan bahasa mereka sehari-hari.

Selanjutnya, bila Anda ingin mempromosikan produk Anda ke grup pengajian, Anda bisa menggunakan berbagai pesan religius sebelum mempromosikan produk makanan Anda.

Baca juga: WhatsApp Marketing: Pengertian dan Cara Efektif Menggunakannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang cara promosi makan di Wa atau di WhatsApp. Anda bisa menggunakan dan juga menambahkan atau mengedit cara yang sudah kami berikan diatas, sesuai dengan penerima pesan Anda.

Bila cara ini bisa Anda gunakan secara tepat, maka Anda harus bersiap dalam menerima banyak pesanan dari pelanggan. Nah, dalam hal ini, Anda harus pintar untuk mengelola bisnis dan keuangan Anda. Di dalamnya termasuk mengelola persediaan, mengelola karyawan, mengelola keuangan, dan lain sebagainya.

Melakukan pengelolaan tersebut secara manual tentunya akan memakan banyak waktu, terlebih lagi sangat rentan juga terjadi kesalahan. Nah, solusinya Anda bisa menggunakan sistem berbasis online yang sudah terintegrasi dan banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website online. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Sehingga Anda bisa mengaksesnya secara mudah dan nyaman dimanapun Anda perlukan.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di seluruh Indonesia ini akan mempermudah Anda untuk mengelola keuangan, karena Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, dan laporan bisnis lainnya secara cepat.

Terlebih lagi, kegiatan mengelola persediaan dan karyawan pun bisa dilakukan secara mudah, karena Accurate Online memiliki fitur persediaan dan pengelolaan karyawan. Selain itu, di dalamnya juga masih ada banyak fitur luar biasa lainnya yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara signifikan.

Jadi tunggu apa lagi? Segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.