Google Analytics: Pengertian, Fitur dan Fungsinya

Pemilik situs web mengandalkan data untuk menentukan cara terbaik melayani pengguna mereka dan Google Analytics adalah salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk membantu memandu keputusan bisnis Anda.

Pada artikel ini, kami menjelaskan cara kerja Google Analytics dan manfaatnya bagi bisnis Anda secara mendalam, jadi baca sampai selesai.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah perangkat lunak pengumpul data untuk situs web yang membantu penggunanya menganalisis berbagai metrik, seperti lalu lintas web, perilaku pengunjung, dan statistik e-niaga. Metrik ini sering menjadi bagian dari strategi pemasaran digital bisnis.

Google Analytics banyak digunakan karena efektif dan mudah diintegrasikan dengan produk Google lainnya tetapi dapat digunakan pada platform desain web apa pun. Memulai Google Analytics semudah menempatkan kode JavaScript di header situs web Anda, diikuti dengan melihat dan mengunduh laporan metrik yang tersedia.

Opsi standar untuk Google Analytics saat ini gratis, tetapi Google Analytics 360 memiliki fitur tingkat perusahaan dan berbayar.

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

Langkah pertama untuk memahami Google Analytics adalah membuat kode pelacakan untuk dipasang di situs web Anda. Informasi ini tidak akan terlihat oleh pengguna akhir, tetapi akan mengumpulkan data mereka dengan menyimpan cookie di browser mereka.

Ikhtisar awal

Ikhtisar awal Google Analytics menunjukkan kepada Anda statistik dasar seperti:

  • Pengguna: Jumlah pengunjung unik ke situs web Anda dalam jangka waktu yang dapat disesuaikan
  • Pengguna aktif: Jumlah orang yang saat ini melihat situs web Anda
  • Sesi: Jumlah interaksi yang dilakukan pemirsa dengan situs web Anda, seperti mengeklik laman, melakukan pembelian, atau mengunduh file dalam jangka waktu tertentu
  • Bounce rate: Jumlah pengunjung yang mengklik “kembali” atau menutup jendela tanpa melakukan interaksi lainnya
  • Durasi sesi: Jumlah waktu rata-rata pengguna tetap berada di situs web Anda
  • Lokasi: Tampilan peta lokasi pengguna Anda selama jangka waktu yang dapat disesuaikan
  • Sesi menurut perangkat: Grafik peringkat perangkat yang digunakan untuk mengunjungi situs Anda
  • Pengguna berdasarkan waktu: Tampilan grafis hari dan waktu pengunjung

Laporan

Bagian laporan Google Analytics menampilkan lima kategori yang merinci bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda:

1. Realtime

Laporan ini memberikan data yang sama dengan “pengguna aktif” dalam ikhtisar: jumlah pengunjung saat Anda melihat laporan. Ini juga menggabungkan lokasi, tampilan halaman per menit, sumber lalu lintas, konten, konversi, dan peristiwa untuk memvisualisasikan dampak dari sesuatu seperti penjualan atau peluncuran produk baru-baru ini.

Baca juga: Google News: Pengertian dan Cara Daftar Google News

2. Audiens

Laporan ini memecah statistik pemirsa Anda menjadi detail yang lebih baik menggunakan metrik seperti demografi, lokasi geografis, perilaku keterlibatan, dan penggunaan perangkat. Ini juga mencakup opsi untuk data yang dapat disesuaikan.

3. Akuisisi

Laporan ini menunjukkan bagaimana pengunjung menemukan situs web Anda, termasuk rujukan, klik iklan, kueri penelusuran, penautan media sosial, dan kampanye tertentu. Ini termasuk pencarian organik, pencarian berbayar dan hasil sosial.

4. Perilaku

Laporan ini menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan halaman di situs web Anda melalui tampilan halaman total, tampilan halaman unik, seberapa sering dan kapan pengguna keluar, dan halaman yang paling sering dikunjungi. Bagan alur perilaku merinci cara pengguna menavigasi di sekitar situs Anda, termasuk cara mereka masuk, tempat mereka mengunjungi, dan cara mereka keluar. Tab “acara” juga menampilkan klik tombol, tampilan video, dan unduhan.

5. Konversi

Laporan ini menunjukkan berapa kali pengguna menyelesaikan suatu tindakan, seperti melakukan pembelian, mendaftar ke buletin email, atau mengunduh e-book atau video. Laporan konversi yang paling efektif mungkin memerlukan plugin khusus atau kode pelacakan tambahan.

Baca juga: Google Display Network (GDN): Cara Melipat Gandakan Keuntungan Bisnis

Mengapa Google Analytics Penting bagi Bisnis?

Bisnis yang mengandalkan kehadiran digital untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada memerlukan alat untuk menganalisis upaya pemasaran digital mereka.

Apa pun jenis konten yang ditawarkan situs web Anda, perilaku dan interaksi pengunjung menunjukkan apakah konten Anda menarik atau berharga—dan apakah produk atau layanan Anda layak dibeli.

Manfaat Google Analytics meliputi:

1. Mengukur dan mengoptimalkan kinerja situs web

Metrik paling mendasar dari upaya pemasaran digital Anda adalah jumlah pengunjung ke situs web Anda dan bagaimana jumlah itu sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Setiap titik data perilaku di luar itu membantu Anda mempersempit dan memfokuskan dampaknya.

Data ini dapat membantu Anda menganalisis tren halaman mana yang paling populer dan menguji apakah menambahkan konten serupa dapat mempertahankan pengunjung dan mendorong lalu lintas baru.

Misalnya, jika Anda menjual e-book dan menemukan bahwa jumlah pengunjung halaman Anda sangat berbeda dari penjualan yang diinginkan, Anda dapat menggunakan data analitik untuk memindahkan tautan atau tombol ke unduhan untuk mempromosikan penjualan dengan lebih baik.

2. Ini menentukan efektivitas strategi pemasaran Anda

Apakah situs web Anda sebagian besar merupakan presentasi statis dari data dasar perusahaan atau Anda terus-menerus memproduksi konten baru, alat analitik dapat membantu menentukan apakah uang pemasaran Anda dihabiskan dengan bijak—atau apakah Anda harus memfokuskan kembali upaya di tempat lain.

Beberapa poin data paling dasar dapat membantu bisnis baru membentuk strategi pemasaran digital mereka atau membantu bisnis yang sudah ada dengan menjangkau lebih banyak klien potensial. Ini termasuk:

  • Jumlah pengunjung
  • Rata-rata waktu pengunjung tinggal di halaman
  • Situs web perujuk
  • Minat (penelusuran kata kunci)
  • Lokasi geografis

3. Ini mengarahkan keputusan konten dan produk

Karena metrik membantu Anda memahami cara pengguna mengunjungi situs Anda, metrik dapat mengarah pada penyesuaian pengalaman mereka. Misalnya, jika pengunjung Anda yang paling sering datang melalui perangkat seluler, Anda dapat memilih untuk memfokuskan sebagian besar anggaran desain web Anda untuk mengoptimalkan situs Anda untuk pengalaman pengguna seluler.

Demikian pula, lokasi pengguna dapat membantu Anda menentukan apakah Anda dapat menjangkau lebih banyak pengunjung dengan menawarkan konten Anda dalam bahasa tambahan.

Di sisi konten, jika Anda memilih untuk mentransisikan situs web Anda menjadi sebagian besar video, metrik akan menunjukkan seberapa sering video Anda ditonton dan apakah video tersebut ditonton sampai akhir, selain jenis pelanggan yang paling sering menontonnya.

Baca juga: Tips Optimasi Google My Business Untuk Peringkat Lebih Tinggi di Penelusuran Lokal

4. Ini meningkatkan penempatan halaman hasil mesin pencari (SERP)

Mendorong lalu lintas ke situs Anda biasanya menggunakan beberapa pendekatan seperti kehadiran media sosial, iklan konvensional, dan memaksimalkan hasil pengoptimalan mesin telusur untuk mendatangkan lebih banyak pengguna melalui penelusuran kata kunci.

Google Analytics memberi tahu Anda bagaimana orang menemukan situs Anda dan pencarian kata kunci yang membawa mereka ke sana. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk memastikan halaman situs web Anda lebih sering muncul di bagian atas pencarian pengguna.

Baca juga: Strategi Marketing Positioning: Pengertian dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap Google Analytics untuk proses digital marketing dalam bisnis, terutama dalam mengembangkan website atau blog. Alat ini akan memantau Anda dalam memantau perkembangan website dan peluang berdasarkan data audiesn yang mengunjungi website atau aplikasi yang Anda buat.

Selain analisa website, hal penting lainnya yang perlu Anda analisa secara mendalam adalah data keuangan, tidak peduli apapun jenis bisnis Anda. Data keuangan adalah hal penting yang harus terus Anda pantau untuk memastikan kesehatan bisnis Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola pembukuan dan kesehatan finansial pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Dengan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan, pemantauan, dan analisa keuangan bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau. Hanya dengan 200 ribu rupiah perbulan, Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan akuntansi, manajemen persediaan dan aset, pengelolaan pajak, otomasi 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

jadi tunggu apa lagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-