Mengetahui Jenis Iklan dalam Bisnis dan Bagaimana Parameter Iklan yang Sukses

Jenis iklan dalam bisnis datang dalam berbagai bentuk, masing-masing dengan tingkat efektivitasnya sendiri untuk audiens yang berbeda. Banyak perusahaan menggunakan beberapa jenis iklan untuk menjangkau kelompok konsumen potensial yang lebih luas.

Akan sangat membantu untuk mempelajari berbagai jenis iklan dan apa yang membuatnya berhasil untuk membuat kampanye pemasaran yang lebih menarik. Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu iklan, apa yang membuat iklan berhasil, dan berbagai jenis iklan dalam bisnis.

Apa itu iklan?

Iklan adalah bentuk promosi untuk merek, produk, atau layanan. Tujuan akhir dari sebuah iklan adalah untuk menarik orang untuk membeli atau menggunakan merek, produk, atau layanan tersebut.

Iklan juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran tentang suatu masalah, untuk mengkampanyekan kandidat politik atau untuk melibatkan kepentingan publik untuk suatu acara.

Apa yang membuat sebuah iklan sukses?

Ada berbagai faktor yang membuat sebuah iklan berhasil, antara lain:

Ini beresonansi dengan audiens

Sebuah iklan yang sukses menggunakan kebenaran universal atau pengalaman umum untuk melibatkan penonton. Iklan memperkenalkan produk atau layanan sebagai cara untuk mengatasi pengalaman itu. Karena pelanggan berhubungan dengan pengalaman, mereka lebih mungkin untuk terhubung dengan produk pada tingkat emosional.

Itu mudah diingat

Baik melalui pilihan gambar atau cara penyajian informasi yang unik, audiens mengingat produk atau jasa dan mereknya. Mereka bahkan mungkin menemukan rekan-rekan mereka mendiskusikannya di tempat kerja atau di media sosial.

Ini membedakan produk ini dari para pesaingnya

Iklan dapat menyebutkan pesaing dengan nama, atau mungkin merujuk pesaing secara tidak langsung. Di sisi lain, audiens juga dapat dengan jelas melihat bagaimana produk ini berbeda dari yang lain di ruang pasar yang sama.

Ini menyoroti manfaat produk atau layanan

Iklan yang baik memastikan konsumen memahami bagaimana mereka mendapat manfaat dari produk atau layanan. Bisa jadi produk atau jasa tersebut berkualitas tinggi dengan biaya rendah. Mungkin produk atau layanan membuat hidup mereka lebih mudah dalam beberapa cara atau memecahkan masalah tertentu.

Ini memiliki gaya branding yang khas

Branding dapat diterapkan pada logo produk atau layanan serta desain dan konten iklan. Menciptakan pengenalan merek adalah fitur penting dari iklan yang baik. Audiens harus dapat mengenali perusahaan atau produk hanya dari branding iklan.

Ini memiliki copy yang ditulis dengan baik atau skrip yang bagus

Tergantung pada jenisnya, iklan harus ditulis atau ditulis dengan cara yang jelas, ringkas, kreatif, dan menarik. Itu harus berbicara kepada konsumen dalam bahasa yang mereka mengerti dan menyampaikan maksudnya dengan cepat dan kuat.

Ini memiliki ajakan untuk bertindak atau CTA

Iklan yang sukses tidak hanya memberi tahu audiens tentang produk atau layanan, tetapi juga mendorong mereka untuk melakukan sesuatu. Bisa dengan menyuruh mereka menelepon nomor, mengunjungi situs web, atau mengunjungi toko. Apapun itu, iklan mengharapkan penonton untuk mengambil tindakan.

Baca juga: Ingin Membuat Marketing Copy? Ikuti Cara Ini

Jenis-jenis iklan dalam bisnis

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang lebih populer:

Iklan cetak

Iklan cetak adalah salah satu bentuk periklanan tertua, dan pernah menjadi salah satu yang paling populer. Mereka masih digunakan sampai sekarang, meskipun internet dan iklan digital lebih menonjol. Anda dapat menemukan iklan cetak di sejumlah tempat berbeda, termasuk majalah, surat kabar, brosur, pamflet, dan surat langsung.

Karena orang-orang saat ini mengonsumsi media dengan berbagai cara, bisnis perlu mempertimbangkan dengan cermat apakah iklan cetak adalah cara terbaik untuk menjangkau audiens target mereka.

Misalnya, iklan surat kabar bisa relatif murah tetapi membatasi perusahaan pada demografis lokal. Iklan majalah berpotensi menjangkau audiens yang sangat spesifik tergantung pada sifat majalah. Selebaran menjangkau audiens langsung di kotak surat mereka, menjadikannya cara yang baik untuk memasarkan ke banyak orang di area tertentu.

Iklan luar ruang

Jenis iklan ini juga dikenal sebagai iklan luar rumah. Seperti namanya, iklan ini adalah jenis iklan yang dilihat konsumen saat mereka tidak di rumah. Mereka termasuk papan reklame dan iklan di halte bus, mobil atau bus, bangku taman dan bioskop.

Beberapa bisnis bahkan mengadakan acara di tempat terbuka untuk mempromosikan produk mereka, seperti menawarkan sampel makanan atau mempekerjakan orang untuk mengenakan kostum dan membagikan brosur.

Kunci sukses iklan luar ruang adalah mampu dengan cepat menarik perhatian orang dengan pesan atau gambar yang akan mereka ingat. Baliho di sepanjang jalan raya mungkin hanya menarik perhatian pengemudi selama beberapa detik.

Pada saat itu, papan reklame perlu mengkomunikasikan pesannya dengan jelas dan meyakinkan. Iklan berukuran poster di halte bus perlu diingat agar tidak dilupakan orang saat berada di bus atau di rumah.

Baca juga: Apa Itu Social Media Influencer? Berikut Pengertian, Jenis dan Tips Memilihnya

Iklan gerilya

Iklan gerilya adalah jenis iklan luar ruang yang menggunakan tempat atau metode yang tidak konvensional untuk mempromosikan produk atau layanan dalam bisnis. Tujuan dari iklan gerilya adalah untuk menarik perhatian dan mudah diingat. Anda dapat mencapai ini dengan menempatkan iklan di tempat yang tidak biasa atau membuat iklan yang mengejutkan atau mengejutkan audiens Anda.

Contoh iklan gerilya antara lain:

  • Gambar kapur di trotoar atau dinding
  • Grafiti yang dicat semprot di dinding
  • Flash mob menampilkan lagu atau sketsa yang berhubungan dengan produk

Keuntungan dari iklan gerilya adalah dapat menghasilkan percakapan di siaran berita lokal atau media sosial. Perhatian semacam ini meningkatkan jangkauan iklan di luar tempat awalnya di luar ruangan.

Iklan radio

Iklan radio adalah ketika Anda membayar stasiun radio untuk memutar iklan produk atau layanan selama jeda dalam program terjadwalnya. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk beriklan karena banyak orang mendengarkan radio selama perjalanan ke dan dari tempat kerja, saat menjalankan tugas atau selama hari kerja mereka. Stasiun bisa beriklan beberapa kali di siang hari. Pengulangan seperti ini membuat iklan lebih mudah diingat.

Ada beberapa jenis iklan radio, antara lain:

  • Lagu atau jingle: Di sinilah pesan atau tag line Anda dibuat menjadi nada yang mudah diingat.
  • Pembacaan langsung: Pembacaan langsung menggunakan satu atau lebih aktor suara dan mungkin musik dan efek suara untuk menyampaikan iklan Anda.
  • Sponsor: Anda dapat mensponsori segmen siaran yang populer, seperti cuaca, berita, atau kompetisi. Di awal segmen, tuan rumah akan menyebut Anda sebagai sponsor.

Iklan televisi

Terlepas dari pertumbuhan internet, banyak orang masih menonton siaran dan televisi kabel, menjadikannya cara yang efektif untuk mengiklankan produk atau layanan Anda.

Sebuah iklan televisi yang ditempatkan selama program populer dapat menjangkau khalayak luas. Keuntungan yang dimiliki televisi dibandingkan radio adalah menggabungkan audio dan video. Ini berarti Anda juga dapat melibatkan audiens Anda secara visual, meningkatkan kemungkinan mereka akan mengingat iklan Anda.

Untuk membuat iklan televisi, Anda mungkin memerlukan anggaran yang lebih besar untuk mempekerjakan aktor, sutradara, penulis naskah, dan mungkin biro iklan. Jika pasar utama Anda adalah lokal, Anda dapat menghemat uang dengan hanya beriklan di televisi lokal. Meskipun mahal, iklan televisi mungkin bermanfaat jika Anda dapat membuat iklan yang menarik secara visual dan mudah diingat.

Iklan penempatan produk

Jika Anda menonton acara dan sebagian besar karakter tampaknya menggunakan merek laptop yang sama atau mengendarai mobil yang dibuat oleh perusahaan yang sama, ini adalah penempatan produk.

Anda membayar produser acara untuk memasukkan produk Anda secara alami, meskipun produk Anda bukan fokus pertunjukan. Jika penonton menikmati pertunjukan, mereka mungkin ingat melihat produk Anda, yang menciptakan sikap positif terhadapnya.

Penempatan produk, atau pemasaran tertanam, digunakan dalam acara televisi, film, dan terkadang dalam pertunjukan langsung. Penempatan produk dapat dilakukan secara eksplisit, dengan nama merek terlihat jelas, atau secara implisit dengan menggunakan skema warna merek atau desain pada produk yang tampak serupa.

Baca juga: Social Listening: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Iklan internet

Iklan internet memanfaatkan internet dan outlet media sosial populer untuk mempromosikan produk, layanan, atau situs web atau platform media sosial lainnya. Anda biasanya membayar ruang iklan mereka dengan cara yang berbeda, yang paling populer adalah:

  • Cost per mile: Juga dikenal sebagai biaya per seribu, ini adalah tempat Anda membayar iklan Anda berdasarkan berapa ribu tayangan, atau tampilan, yang diterimanya.
  • Cost per click: Situs web yang menghosting iklan Anda mungkin mengenakan biaya berdasarkan berapa kali seseorang mengklik iklan Anda.
  • Cost per action: Dengan biaya per tindakan, biaya iklan didasarkan pada berapa kali pengunjung melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian atau mengirimkan formulir.

Iklan online mengambil berbagai bentuk. Anda dapat memiliki iklan banner sederhana yang ditampilkan di halaman web, atau Anda dapat memiliki iklan pop-up yang muncul saat seseorang mengunjungi situs tersebut. Iklan email adalah cara lain menggunakan internet untuk memberi tahu orang tentang produk atau layanan Anda.

Anda juga dapat memasang iklan di situs media sosial populer. Ini memiliki keuntungan karena dapat memanfaatkan pengetahuan platform media sosial dari penggunanya untuk menargetkan iklan Anda kepada mereka yang paling mungkin tertarik.

Baca juga: Ingin Membangun Merek? Perhatikan 4 Langkah ini

Kesimpulan

Itulah berbagai jenis iklan dalam bisnis untuk meningkatkan branding dalam produk atau layanan Anda. Memilih jenis iklan dan saluran periklanan yang tepat adalah hal penting dalam bisnis, karena setiap dan yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut harus Anda hitung ROI-nya.

Selain itu pastikan juga Anda memperhatikan anggaran untuk setiap kampanye yang Anda buat, jangan sampai biaya yang Anda keluarkan lebih besar dari keuntungan yang Anda dapatkan. Pastikan semua pengeluaran dan pendapatan tercatat pada sistem pembukuan yang baik agar Anda bisa dengan mudah memantau kesehatan finansial Anda secara faktual.

Sebagai solusi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik juga terlengkap seperti Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencatat pengeluaran pemasukan dan pengeluaran dengan mudah, pembuatan anggaran per departemen, melakukan rekonsiliasi otomatis, manajemen aset dan inventori, pengelolaan dan pelaporan perpajakan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan