Monetisasi Adalah Proses Kegiatan yang Mengubah Sesuatu Menjadi Penghasilan

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika bisnis merupakan sebuah instrumen investasi paling menguntungkan dan mudah untuk dilakukan. Di dalam dunia digital marketing, tentunya Anda pernah mendengar istilah Monetisasi. Monetisasi adalah kegiatan yang mengubah segala sesuatunya untuk menjadi alat penghasil uang.

Dengan adanya metode monetisasi, kita bisa menghasilkan uang dari website serta konten yang dikelola. Uang yang dihasilkan bisa saja didapat dari konten-konten yang Anda buat dan dipostingkan platform social media seperti Facebook, Youtube, Instagram, dan lainnya.

Sebagian besar dari Anda tentu sudah tak asing lagi mendengar istilah yang satu ini. Lalu, sebenarnya apa monetisasi itu? Jangan khawatir, Pada artikel kali ini, kami akan memberikan pengertian apa itu monetisasi, keuntungan, serta cara mengembangkan konten agar dapat di monetisasi. Simak penjelasannya pada artikel ini

Apa Itu Monetisasi?

Jadi, monetisasi adalah proses pada suatu kegiatan yang bisa mengubah sesuatu menjadi penghasilan. Pengertian lain monetisasi adalah merubah atau mengelola blog yang awal mulanya hanya sebagai ajang menulis dan berekspresi mengubah menjadi media untuk mencari uang.

Kata monetisasi bisa diartikan juga untuk menyatakan bahwa blog milik kita digunakan untuk mencari uang atau lebih tepatnya mendapatkan pendapatan dari blog.

Monetisasi bisa juga dijadikan sebagai sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau sebagai penghasilan utama dengan jalan menjadikan pasif income pada sebuah broker juga dengan memasang iklan untuk mencari uang melalui internet.

Nah, monetisasi dalam konteks mendapatkan keuntungan lebih melalui platform social media atau website yang sering kali dilakukan oleh orang-orang di era digital sekarang.

Bagaimana tidak, dengan hanya bermodalkan blog pribadi saja atau bahkan social media dengan jumlah followers yang banyak seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube dan lain-lain, Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih.

Tetapi, proses yang dilakukan itu tidak mudah. Dalam melakukan monetisasi, seseorang akan melakukan berbagai rangkaian cara, seperti mengajukan izin pemasangan iklan kepada Google Adsense, menjadi influencer, dan lain sebagainya.

Baca juga: Micro Blog: Ini Pengertian, Keuntungan dan Cara Menulisnya

Keuntungan Monetisasi Adalah

Bila kita sudah memahami apa itu monetisasi, perlu Anda pahami juga bahwa monetisasi ini dapat memiliki keuntungan. Beberapa keuntungan dari monetisasi adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Sudah sangat jelas bahawa keuntungan melakukan monetisasi adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Sebagai contoh, jika Anda pekerja kantoran yang mendapatkan gaji per bulan.

Tetapi, terkadang gaji per bulan dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, monetisasi merupakan solusi tepat atas segala keresahan Anda mengenai masalah financial keuangan.

2. Berbagi Ilmu

Agar bisa melakukan monetisasi, Anda harus membuat konten terlebih dahulu di dalam platform pribadi, entah itu YouTube, blog, TikTok, Snapchat atau bahkan Instagram.

Dalam membuat suatu konten, Anda harus meneliti terlebih dahulu isi kontennya agar dapat disampaikan dengan baik kepada para audiens. Dari situ, secara tak langsung Anda juga dapat membagikan ilmu yang telah Anda pelajari kepada seluruh audiens.

Dengan demikian, monetisasi adalah sesuatu yang lebih dari sekadar materi saja, melainkan dapat berbagi ilmu di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat e-book, kursus online, serta lainnya untuk dinikmati oleh audiens dengan berbayar.

3. Menambah Wawasan Dunia Digital

Di zaman era digital sekarang, mendapat penghasilan uang tidak hanya berasal dari dunia offline saja, melainkan juga bisa dari online atau internet.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mempelajari serta melakukan monetisasi dari sekarang. Sebab, wawasan di dunia ini nantinya akan berguna dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Mengembangkan Konten yang Dapat Dimonetisasi

Bila Anda sudah memahami apa itu monetisasi dan keuntungannya, Anda juga harus memperhatikan cara mengembangkan konten yang dapat dimonetisasi. Agar dapat melakukan monetisasi adalah Anda harus membuat konten dan mengembangkannya dengan konsisten.

Bagaimana cara mengembangkan konten supaya dapat dimonetisasi? Pertanyaan ini mungkin tidak asing lagi yang sering kali muncul di pikiran Anda, terutama bagi para pemula. Berikut caranya:

1. Tunjukan Keahlian Anda

Untuk membuat sebuah konten yang bagus, Anda tentu perlu mengetahui apa keahlian Anda atau kesukaan Anda saat ini. Apakah Anda tertarik dengan musik, travelling, atau lainnya. Jika Anda sudah menentukannya, tentu akan mudah sekali untuk membuat sebuah konten yang menarik.

2. Menjaga Orisinalitas

Menurut laman Inc, orisinalitas dapat membuat Anda berbeda dengan brand atau website lainnya. Kemudian, jangan sampai Anda melakukan plagiasi saat sedang membuat konten untuk website Anda.

Perlu di ingat, jaga orisinalitas Anda untuk mendapatkan perhatian dari brand atau agensi. Karena, orisinalitas juga akan melahirkan ciri khas Anda sendiri.

3. Pilih Media Yang Anda Sukai

Perlu di ingatkan lagi, yang harus dan perlu diperhatikan yaitu cari tahu kelebihan Anda dahulu, apakah Anda suka menulis atau membuat video yang menarik. Jika keahlian Anda suka menulis, Anda bisa memilih media seperti blog untuk menyalurkan konten Anda serta melakukan monetisasi.

Tetapi, jika Anda mahir menulis dan membuat video, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan platform, YouTube dan blog untuk dimonetisasi. Ketika Anda mengetahui bahwa YouTube atau website adalah wadah yang tepat melakukan monetisasi, hal itu akan membuat Anda lebih mudah ke depannya.

4. Fokus Dalam Membuat Konten

Setelah Anda sudah menentukan konten dan jenis media yang cocok, mulailah untuk membuat konten. Konsistensi adalah kunci agar platform Anda dapat dimonetisasi dengan cepat. Tidak hanya itu, perlu diingat juga bahwa untuk tetap menjaga orisinalitas konten Anda agar terlihat beda dengan yang lainnya.

5. Lakukanlah Monetisasi

Jika Anda merasa konten Anda sudah cukup banyak dan layak di monetisasi, tidak ada salahnya mencoba melakukan monetisasi. Anda bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense atau mempromosikan suatu produk dari brand tertentu jika ada kesempatan.

Baca Juga: Impression Adalah Jumlah Tayangan Iklan yang Sudah Tampil, Ini Cara Menghitungnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang apa itu monetisasi, keuntungan, serta cara mengembangkan konten yang dapat dimonetisasi. Bisa kita simpulkan bersama bahwa monetisasi adalah kegiatan yang mengubah segala sesuatunya untuk menjadi alat penghasil uang.

Pada umumnya, saat kita berbicara tentang monetisasi ini, sebagian orang tidak banyak yang bisa memahaminya, bahkan beberapa orang masih ada yang tidak mengerti sepenuhnya.

Jika Anda sepenuhnya sudah memahami monetisasi, Anda harus memahami dengan baik cara-caranya serta penentuan konten yang tepat untuk meningkatkan kualitas konten Anda agar mudah dimonetisasi

Jika Anda seorang content creator dan sudah merencanakan biaya-biaya iklan untuk memajukan website dan blog Anda, perlu dan penting bagi Anda untuk memahami cara mengatur serta merencanakan keuangan yang sudah Anda dapatkan dari biaya pengiklanan. Percuma kalau Anda punya penghasilan banyak tapi tidak tahu cara mengelola keuangannya.

Saat ini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1