Aplikasi Investasi: Pengertian, Keuntungan dan Aplikasi Investasi yang Diawasi OJK

Kegiatan investasi di zaman digital ini semakin mudah. Terlebih sejak munculnya aplikasi investasi yang memudahkan orang untuk berinvestasi yang menguntungkan.

Investasi seperti ini bahkan mulai digandrungi oleh anak-anak muda kaum milenial dan gen Z. Melalui cara ini, mereka bisa belajar mempersiapkan masa depan keuangan mereka.

Pihak OJK (otoritas jasa keuangan) bahkan pernah menyebutkan bahwa di bulan November 2021 lalu, terjadi lonjakan yang cukup tinggi hingga 100% pada jumlah investor di pasar modal Indonesia, karena penggunaan aplikasi investasi online.

Hal ini menunjukan peluang yang sangat bagus jika berinvestasi melalui aplikasi investasi yang terpercaya dan diawasi langsung oleh OJK.

Apa Itu Aplikasi Investasi?

Aplikasi investasi merupakan suatu inovasi teknologi dalam bidang keuangan. Aplikasi ini dibuat dengan fokus pada beberapa instrumen investasi.

Dengan aplikasi investasi, Dapat dipastikan bahwa siapa saja bisa mulai berinvestasi dengan mudah. Fitur-fitur yang digunakan pada setiap aplikasi investasi ini sangat interface dan user friendly. Para investor pemula saja pasti akan mengerti cara menggunakannya.

Dengan hadirnya investasi online melalui aplikasi investasi, Kini siapa saja bisa mulai berinvestasi dengan modal awal yang bervariasi, bahkan mulai dari Rp. 10.000 saja.

Baca juga: Saham Arb Adalah: Pengertian, Batasan dan Manfaatnya untuk Para Trader

Keuntungan Investasi Online

Selain mudah untuk digunakan, Investasi online melalui aplikasi investasi kabarnya memberikan banyak keuntungan bagi para investornya. Apa saja keuntungan dari berinvestasi online, berikut ulasannya:

  • Lebih Nyaman dalam Bertransaksi

Berinvestasi online saat ini semudah menggunakan social media Instagram. Semua transaksi dapat dilakukan dengan nyaman tanpa harus pergi ke kantor penyedia jasa. Penggunaan aplikasi investasinya juga tidak perlu bantuan orang lain, karena sangat mudah dimengerti.

  • Update Informasi

Grafik investasi akan selalu mengalami perubahan setiap harinya, Sehingga investor perlu mendapatkan informasi yang selalu update tentang kondisi pasar saat ini.

Beberapa informasi yang diperlukan seperti harga terkini, pergerakan harga hingga informasi terkait pengambilan keputusan investasi online, akan selalu di update lewat aplikasi investasi.

  • Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Melalui aplikasi investasi online, Kamu dapat melakukan monitoring serta mengecek kondisi dari pergerakan investasimu dengan mudah. Usahakan kamu tidak melakukan pengecekan terlalu sering, berikan jeda waktu dalam hal pengecekan ini.

  • Transfer lebih Praktis

Ini adalah bagian yang paling disukai, Dimana kegiatan transaksi secara online itu jauh lebih cepat dan praktis dibandingkan model transaksi konvensional.

Kamu bisa langsung mengecek riwayat transaksi beberapa bulan terakhir secara real time, dan untuk mulai investasi, kamu bisa menggunakan e-wallet seperti DANA dan Gopay juga OVO.

Aplikasi Investasi Terbaik dan Terpercaya

Jika dulu, berinvestasi merupakan hal yang dianggap cukup rumit dan sulit untuk dijalankan, Juga karena keterbatasan dari instrumen investasi yang ada. Mayoritas masyarakat dulu juga masih minim pengetahuan tentang investasi sehingga ragu-ragu untuk melakukannya.

Dengan kehadiran aplikasi investasi, Kini masyarakat dapat berinvestasi secara online dengan mudah dan mendapatkan keuntungan yang maksimal di masa depan.

Ingin mulai berinvestasi online lewat aplikasi online? Berikut ini beberapa aplikasi investasi yang terpercaya dan menguntungkan, serta di awasi OJK:

1. KoinWorks

Aplikasi investasi yang pertama adalah KoinWorks, yang berdiri sejak tahun 2016 lalu. Perlu kamu ketahui, bahwa KoinWorks tidak menawarkan investasi emas, saham atau reksadana. Aplikasi investasi ini lebih fokus pada P2P Lending, yang menjadi pemersatu bagi para pemberi dana dan peminjam dana.

Pihak peminjam adalah mereka yang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan penting seperti pendidikan, kesehatan, dan bisnis. Sementara itu, Pendana adalah orang-orang yang menginvestasikan uangnya , agar dialokasikan untuk peminjam, dengan bunga yang disepakati di awal.

Nilai bunga yang ditawarkan dalam program P2P KoinWorks ini cukup tinggi, yaitu 20% lebih per tahunnya. Meskipun begitu, legalitas aplikasi investasi ini aman dan terpercaya, di bawah pengawasan OJK (otoritas jasa keuangan).

2. Bibit

Aplikasi investasi populer berikutnya adalah Bibit. Dirilis pada tahun 2017, kemudian melakukan re-launch pada 15 Januari 2019, Bibit sudah banyak direview para Youtuber, mengenai kemudahan berinvestasi yang ditawarkannya.

Bibit sejalan dengan prinsip investasi modern, sesuai dengan teori Harry Markowitz yaitu mengalokasikan dana para investornya secara optimal. Para investor akan lebih mudah untuk memilih produk reksa dana terbaiknya, dengan bantuan robot pintar yang menjadi ciri khas dalam aplikasi investasi ini.

Bibit merupakan aplikasi investasi yang interface dan user friendly, sehingga para investor pemula saja tidak akan kebingungan ketika menggunakannya. Hanya dengan 30 menit saja, kamu sudah mendapatkan akun di bibit dan siap berinvestasi, serta tentukan jangka waktu investasi Anda sendiri.

Investasi yang dianjurkan mulai dari Rp. 100.000 dan dapat di top-up dari aplikasi Gopay atau bank transfer.

3. Bareksa

Bareksa bisa dibilang merupakan aplikasi investasi yang paling dulu ada, dibandingkan beberapa aplikasi investasi lainnya. Di Bareksa, kamu bisa memilih sekitar 100 produk reksa dana yang bisa dibeli.

Jika masih bingung memilih, maka robot akan membantu kamu memilih reksadana terbaik, tabungan untuk umroh, atau biaya pendidikan (fund academy), juga produk obligasi milik pemerintah.

Meskipun cukup banyak variasi instrumen investasinya, Bareksa tetap mudah digunakan oleh para investor pemula. Tampilannya yang interface, jadi lebih mudah digunakan. Menariknya, para investor sudah bisa mulai berinvestasi mulai dari Rp. 10.000 saja.

Aplikasi investasi ini bekerja sama dengan OVO dan OYO, untuk memberikan kemudahan bagi para investor dalam menerima pembayaran dari hasil investasinya nanti.

4. Most (Mandiri Sekuritas)

Aplikasi investasi yang bernama Most ini merupakan program dari Mandiri Sekuritas. Aplikasi ini menawarkan solusi jual beli obligasi, reksa dana dan saham dengan mudah lewat satu platform. Kamu yang pemula dan ingin belajar investasi, Most sangat cocok untukmu.

Para pemula bahkan bisa mendapatkan bimbingan advisors dan analis handal dari Mandiri Sekuritas secara gratis. Khusus untuk aplikasi ini, Setoran awal yang dianjurkan adalah Rp. 10.000.000 juta atau Rp. 5000.000 untuk mahasiswa dan pelajar.

5. Tanam Duit

Tanam duit telah mendapat penghargaan sebagai aplikasi investasi terbaik di tahun 2021 lalu. Hal ini dikarenakan aplikasinya yang user interface dan colorful. Investasi ini juga cocok untuk kaum milenial dan gen Z yang ingin mulai menanamkan modal sejak dini.

Produk investasi yang ditawarkan Tanam duit adalah reksa dana, SBN, emas dan asuransi. Namun, yang paling banyak diminati adalah Tanam emas.

Setiap investor yang berinvestasi emas akan mendapatkan kartu emas yang bisa diberikan kepada relasi dari sang investor. Kartu ini akan dibutuhkan saat pencairan  hasil penjualan emas di aplikasi tanam duit.

Baca juga: Saham Arb Adalah: Pengertian, Batasan dan Manfaatnya untuk Para Trader

Kesimpulan

Sejak dulu, Investasi dipercaya dapat melipatgandakan dana kita di masa depan. Meskipun begitu, berinvestasi dulu masih cukup rumit dan cenderung sulit untuk dijalankan. Berbeda dengan sekarang, Berinvestasi menjadi lebih mudah dengan kehadiran aplikasi investasi yang terpercaya dan Dijamin oleh OJK.

Baik itu menabung maupun berinvestasi, Kita tetap harus mengalokasikan dana kita dengan mencatatnya dalam sebuah laporan keuangan. Dengan begitu, kita bisa tahu, berapa pengeluaran kita, serta berapa yang dapat digunakan untuk investasi.

Membuat laporan keuangan secara manual cukup rumit dan merepotkan, kalau kamu sedang sibuk dengan pekerjaan. Solusinya adalah menggunakan software akuntansi dan bisnis online dengan berbagai fitur yang lengkap seperti Accurate Online.

Sebagai sebuah software akuntansi dan bisnis yang memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan online, Accurate Online sudah terbukti membantu lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai bisnis  dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Tunggu apalagi, Mulailah membuat laporan keuangan yang akurat, cepat dan tepat dengan Accurate online. Coba softwarenya secara gratis untuk 30 hari kedepan!Accurate-