7 Langkah Mudah Membuat Sales Plan Agar Urusan Penjualan Makin Lancar

oleh | Feb 23, 2023

source envato.

7 Langkah Mudah Membuat Sales Plan Agar Urusan Penjualan Makin Lancar

Dilansir dari laman FunnelFLARE, dengan membuat sales plan atau rencana penjualan, maka target penjualan akan lebih mudah untuk dicapai.

Lantas, bagaimana cara membuat sales plan? Tenang, karena kami sudah menyiapkan Beberapa langkah mudah dalam membuat sales plan  di bawah ini.

Cara Membuat Sales Plan

Dirangkum dari laman Pipedrive, HubSpot, dan sumber lainnya, cara membuat sales plan secara mudah adalah sebagai berikut:

1. Tetapkanlah Tujuan Tim Atau Perusahaan

accurate.id Gambar sales plan-1

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat sales plan adalah dengan menguraikan tujuan perusahaan atau tim Anda. Sehingga, seluruh anggota tim sales bisa lebih fokus dalam mengejarnya.

Anda harus mengetahui tujuan dibentuknya perusahaan, masalah yang ingin diselesaikan oleh perusahaan Anda, dan nilai yang Anda tawarkan pada pelanggan.

Dalam hal ini, Anda bisa mengetahui informasi tersebut dengan berkolaborasi bersama pimpinan perusahaan, tim marketing, dan lain sebagainya.

Selain itu, cobalah untuk melakukan analisis kompetitor. Kenapa? Karena hal tersebut akan membantu Anda dalam memahami posisi perusahaan dan juga unique proposition Anda sendiri.

2. Miliki Target

accurate.id Gambar sales plan-2

Jika Anda sudah memahami tujuan umum perusahaan, maka cara selanjutnya dalam membuat sales plan adalah Anda harus menetapkan target penjualan dalam bentuk angka.

Dikutip dari laman  Close, cara menentukannya adalah dengan melakukan riset angka target secara realistis berdasarkan industri, dilanjutkan dengan menanyakan jangka waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu penjualan, lalu menghitung insentif tim secara layak.

Anda bisa meramu ketiga hal tersebut untuk menjadi target yang realistis, sehingga Anda tidak asal dalam membuat target.

Selain dalam bentuk penjualan, target juga bisa dalam bentuk proses. Contohnya adalah dalam jumlah sales call. Jadi, katakanlah seorang sales bisa mencapai setidaknya 20 call sales. Di sisi lain, Anda memiliki target sales dalam kurun waktu satu bulan. Nah, Anad bisa menetapkan target sales call selama sebulan dengan cara di bawah ini:

Target sales sebulan x Jumlah sales call untuk seorang sales

= 5 x 20 = 100 sales call

Perlu Anda garis bawahi bahwa ada banyak faktor yang bisa memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Artinya, target angka sales di atas sangat mungkin sekali untuk tidak tercapai.

Disisi lain, target dalam bentuk proses akan lebih mudah untuk diraih. Sehingga, hal tersebut bisa menurunkan tingkat stress anggota tim Anda, karena mereka akan merasa mampu bisa meraih tujuan yang ada.

Baca juga: BANT: 4 Pilar yang Penting untuk Menentukan Prospek Penjualan

3. Tuliskan Struktur Organisasi

accurate.id Gambar sales plan-3

Selanjutnya, Anda harus mengetahui seluruh anggota tim Anda dan tanggung jawab mereka. Lalu, catat hal tersebut dalam sales plan Anda. Jabarkan juga tentang adanya rencana penambahan anggota bila memang Anda. Sehingga, Anda bisa membuat rencana penjualan yang lebih berkualitas.

4 Tetapkanlah Target Audiens

accurate.id Gambar sales plan-4

Jika Anda bekerja di perusahaan fashion wanita, maka target pasar Anda bukan semua orang. Audiens Anda akan lebih spesifik.

Sebagai contoh, ciri-ciri dari target audiens Anda adalah perempuan, sukses dalam hal karir dan memiliki penghasilan tinggi, berumur 25 hingga 40 tahun, tinggal di kota, memiliki kepribadian berani, ingin mengekspresikan dirinya melalui fashion, dan lain sebagainya.

Bila sudah, kaitkanlah berbagai ciri di atas dengan produk yang Anda jual dan bagaimana bisnis Anda bisa membantu mereka. Tuliskan seluruh hal tersebut dalam rencana penjualan, sehingga akan membuat sales plan Anda lebih lengkap dan membuat pencarian prospek menjadi lebih terarah.

Anda juga bisa membuat buyer persona sebagai alat bantu. Berdasarkan laman Hootsuite, buyer persona adalah tokoh fiksi yang memiliki ciri-ciri dari target audiens Anda.

Dengan adanya target audiens yang lebih jelas, maka Anda bisa mengetahui kepada siapa produk Anda harus ditawarkan. Sehingga, akan membuat proses penjualan lebih optimal.

5. Rancang Metode dan Strategi Penjualan

accurate.id Gambar sales plan-5

Terdapat tiga strategi penjualan yang secara umum harus Anda tetapkan, yaitu:

  • Sales methodology, praktik dan pendekatan yang akan membentuk rencana penjualan
  • Sales stages, berbagai tahapan yang dibutuhkan dalam mengubah prospek menjadi pelanggan.
  • Sales playbook, teknik menghubungi audiens di dalam tahap proses penjualan.

Baca juga: Pemasaran Global (Global Market): Pengertian, Manfaat, dan Faktor Pendukungnya

6. Buat Rencana Eksekusi

accurate.id Gambar sales plan-6

Perlahan tapi pasti, rencana penjualan Anda akan semakin matang. Anda hanya harus melengkapinya dengan rencana eksekusi yang lebih detail. Cobalah untuk menuliskan kapan suatu langkah teknis bisa Anda lakukan. Caranya bisa dengan membuat deadline, sehingga rencana Anda tidak hanya menjadi rencana saja.

Contohnya, Anda harus mencari sumber daya manusia sales baru, tentukanlah waktu perekrutan tersebut. Lalu, Anda harus mengetahui kondisi sumber daya yang sudah ada dan waktu mereka dalam mulai bekerja agar bisa mencapai angka target penjualan.

7. Pikirkan Rencana Evaluasi

accurate.id Gambar sales plan-7

Tahapan yang terakhir dalam membuat sales plan adalah membuat rencana evaluasi. Anda harus bisa memastikan berbagai target seperti closing dan sales call bisa tercapai. Jangan sampai ada masalah yang harus Anda selesaikan nantinya.

Evaluasi bia Anda lakukan pada akhir bulan ataupun kuartal. Anda tinggal menentukan semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Lingkungan Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Aspek yang Mempengaruhinya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang 7 cara mudah dalam membuat sales plan. Di dalamnya, jangan lupa juga untuk mencatat setiap penjualan dan kegiatan transaksi yang terjadi agar Anda bisa mengetahui tingkat keberhasilan dan keuntungan yang berhasil Anda raih.

Jika Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatatnya, #lebihbaik Anda menggunakan Accurate Online saja. Kenapa? Karena software akuntansi dan bisnis ini akan mencatat seluruh kegiatan transaksi yang terjadi pada bisnis Anda dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Ayo buktikan sendiri dengan mencobanya sekarang juga melalui tautan gambar di bawah ini.

ekonomikeuanganbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait