BANT: 4 Pilar yang Penting untuk Menentukan Prospek Penjualan

oleh | Feb 16, 2023

source envato.

BANT: Teknik Penjualan yang Ampuh untuk Menentukan Prospek Penjualan

Salah satu tugas yang harus dilakukan oleh tim sales adalah membuat skala prioritas dalam prospek penjualan. Nah, teknik yang kerap kali dilakukan oleh tim sales untuk melakukan hal tersebut adalah BANT.

BANT menjadi sangat penting bagi tim sales agar bisa menjalankan bisnis perusahaan, karena teknik ini bisa membantu mereka dalam mengetahui prospek penjualan yang tepat.

Lalu, apa itu teknik BANT? Bagaimana cara menerapkannya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang BANT di bawah ini hingga selesai.

Apa itu BANT?

accurate.id gambar bant 1

Berdasarkan laman Hubspot, BANT adalah teknik yang banyak dilakukan oleh tim sales agar bisa menentukan prospek penjualan secara tepat dengan menggunakan empat pilar utama, yaitu budget, authority, need dan juga timeline. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Budget

Dilansir dari laman New Breed Marketing, anggaran adalah hal penting yang wajib diperhatikan ketika menentukan prospek penjualan. Karena, jika pelanggan yang telah di prospek ternyata tidak mempunyai anggaran, maka akan sangat membuang-buang waktu, tenaga dan biaya.

Prospek yang akan dikerjakan pun nantinya tidak akan membuahkan hasil, sehingga tidak akan berguna jika dilanjutkan. Untuk itu, Anda harus mempertimbankan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Dari manakah prospek tersebut memperoleh sumber dana?
  • Apakah mereka memiliki ekspektasi dengan harga yang tinggi?
  • Berapakah anggaran yang sekiranya sesuai dengan mereka?

Jika anggaran yang dimiliki prospek tidak sesuai dengan perusahaan, maka tim sales sebanyak meneliti perilaku prospek terlebih dahulu sebelum nantinya benar-benar menjadikan mereka sebagai prioritas penjualan.

2. Authority

Mengetahui otoritas tentang siapa yang nantinya akan memutuskan dalam melakukan pembelian merupakan salah satu cara yang terbaik dalam mengetahui siapa saja yang nantinya harus diprioritaskan. Karena, tidak semua orang akan memutuskan untuk melakukan pembelian.

Beberapa dari mereka ada yang sudah menanyakan produk Anda namun tidak melakukan pembelian. Untuk itu, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk memprioritaskan mereka.

Memahami otoritas terkait siapa yang akan memutuskan untuk melakukan pembelian adalah salah satu cara yang tepat untuk mengetahui siapa yang harus diprioritaskan.

3. Need

Anda harus mencari tahu terkait masalah dan tantangan paling besar yang dihadapi oleh prospek. Seberapa besar tingkat kemungkinan produk atau layanan Anda bisa menjadi solusi dari masalah yang akan dihadapi oleh mereka dalam kehidupan sehari-harinya.

Kebutuhan mereka pada sebuah produk atau layanan akan didasari oleh masalah tertentu yang akan mereka hadapi. Misalnya, mereka memiliki masalah punggung yang pegal karena duduk lama, maka solusinya adalah dengan memberikan produk tempat duduk yang nyaman untuk bisa bekerja.

4. Timeline

Timeline penjualan harus Anda jadikan pertimbangan ketika menentukan prospek penjualan.

Kenalilah perilaku waktu pembelian prospek Anda. Bila ada prospek yang baru memutuskan untuk melakukan pembelian pada tahun depan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan pendekatan terlebih dahulu pada mereka.

Namun bila ada prospek yang harus melakukan pembelian dalam tiga bulan kemudian, maka Anda harus memprioritaskan mereka.

Baca juga: Apa itu Value Based Selling? Ini Pengertian dan 6 Prinsip Penting di Dalamnya!

Langkah-Langkah Melibatkan Prospek dengan BANT

accurate.id gambar bant 2

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa BANT adalah teknik yang tepat digunakan dalam menentukan prospek penjualan secara tepat. Namun, bagaimana cara penerapannya? Berikut ini adalah jawabannya:

1. Buatlah Jadwal Konsultasi

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat BANT adalah dengan menjalin komunikasi dengan salah satu atau beberapa prospek penjualan. Berdasarkan laman Fit Small Business, BANT tidak hanya akan membuat daftar prospek penjualan saja, tapi juga harus mencari prospek secara tepat.

Salah satu cara untuk menemukan prospek yang tepat adalah dengan berkonsultasi atau menjalin komunikasi dengan prospek yang Anda targetkan.

Jadwalkanlah waktu selama 15 sampai 30 menit untuk bertanya-tanya terkait masalah yang akan dihadapi oleh prospek terkait produk atau layanan jasa Anda.

2. Siapkanlah Pertanyaan

Jangan pernah lupa untuk mempersiapkan pertanyaan lebih dulu pada prospek sebelum Anda melakukan komunikasi dengan mereka. Cobalah untuk melakukan riset terkait mereka, masalah yang mereka hadapi, cara mereka dalam mengambil keputusan dalam melakukan pembelian, serta hal lainnya.

Dari sana nantinya Anda bisa membuat daftar pertanyaan secara tepat.

3. Rekam Percakapan

Walaupun Anda bisa mengingat berbagai hal yang telah Anda bicarakan oleh prospek, akan lebih baik bila Anda merekamnya agar nantinya Anda tidak merasa lupa.

Anda bisa menggunakan beberapa platform seperti Zoom atau Google Meet. Anda juga bisa menggunakan alat perekam khusus jika Anda bertemu langsung.

Pastikanlah pertanyaan yang Anda ajukan sudah terkait dengan empat pilar yang sudah dijelaskan di atas, yakni terkait anggaran, otorita, kebutuhan dan juga timeline.

Baca juga: Apa itu Sales Training? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang BANT dan cara penerapannya secara mudah. Jadi, BANT adalah teknik yang akan mempermudah tim sales dalam menentukan prospek penjualan secara tepat.

Jika teknik ini bisa dilakukan secara tepat, maka penjualan Anda akan meningkat drastis dan Anda bisa memperoleh banyak keuntungan.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat setiap penjualan tersebut secara akurat. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukannya, maka #lebihbaik Anda menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ini akan mencatat seluruh transaksi penjualan Anda secara otomatis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Fitur ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai fitur luar biasa lainnya yang akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait