Dampak Kemiskinan Terhadap Kehidupan Masyarakat

Saat ini, modernisasi kehidupan masyarakat dan kemajuan peradaban seolah sudah tidak mampu lagi menghapus kemiskinan dari muka bumi ini. Dampak kemiskinan tetap membentang luas di seluruh dunia.

Hal ini tampak begitu ironis, yang mana teknologi digitalisasi saat ini membawa peradaban kehidupan modern di penjuru dunia. Tapi di belahan dunia lainnya, masih banyak dari mereka yang hidup dalam keterbelakangan yang seolah menjadi tidak tersentuh dengan teknologi modern.

Kemiskinan masih menjadi hal yang buruk bagi setiap negara. Banyak faktor yang melatarbelakangi kemiskinan enggan pergi. Kemiskinan juga menjadi tidak teratasi dan menyebabkan dampak diberbagai aspek kehidupan.

Dampak Kemiskinan di Berbagai Belahan Dunia

1. Kesehatan yang Buruk

Dampak kemiskinan yang pertama adalah mengganggu kesehatan masyarakat. Mereka tentunya mempunyai tingkat daya beli yang rendah, artinya mereka menjadi sangat rentan mengalami kelaparan dan juga gizi buruk.

Hal tersebut jelas berdampak pada daya tahan tubuh yang sangat rentan mengalami penyakit. Secara global, jutaan manusia mengalami gangguan kesehatan karena adanya kemiskinan. Berbagai penyakit yang ditularkan melalui berbagai sumber juga dikarenakan dampak kemiskinan.

Nah, berikut ini adalah berbagai penyakit yang sering dihubungkan dengan kemiskinan.

  • Parasit

Penyakit yang disebabkan oleh parasit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk dan seringkali menyerang masyarakat miskin. Untuk itu, tidak heran bila penyakit ini sering diidentikan dengan penyakit orang miskin. Penyakit ini juga termasuk berbahaya, karena bila tidak ditangani bisa menyebabkan kematian.

  • TBC

Jenis penyakit yang satu ini ditularkan melalui bakteri yang disebut dengan Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menyerang paru-paru, otak, ginjal, dan juga tulang belakang.

  • HIV/AIDS

Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Penularannya dilakukan melalui kontak cairan tertentu yang ada di dalam tubuh. Sebagian besar orang menganggap bahwa penyakit ini ditularkan melalui hubungan skes dan juga jarum suntik yang digunakan secara berganti-gantian.

Bila tidak ditangani, penyakit ini bisa mengambil alih tubuh dan menyebabkan kematian.

Baca juga: Apa Itu Pendapatan Nasional? Ini Pengertian dan Manfaatnya!

2. Tindak kriminalitas meningkat

Setiap negara tentu mengalami masalah tingkat pengangguran yang tinggi, begitu juga dengan Indonesia. Minimnya kesempatan dalam bekerja dan ekonomi membuat kemiskinan menuju pada tindak kejahatan. Dampak kemiskinan dalam hal ini bisa meningkatkan kriminalitas.

Mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan tidak mempunyai akses ke peluang ekonomi yang cukup. Hidup dengan cara yang berbahaya dan tanpa segan dalam melakukan berbagai hal akan mereka lakukan demi bisa bertahan hidup.

Tingginya tingkat pengangguran juga memicu kegiatan kriminalitas yang tinggi, seperti perampokan, pembunuhan, pencurian, dan lain-lain.

3. Tingkat Pendidikan Rendah

Sebuah penelitian telah menemukan adanya hubungan langsung antara prestasi akademik yang rendah dengan dampak kemiskinan. Anak-anak yang berasal dari keluarga miskin biasanya kesulitan dalam perkembangan bicara, kognitif, dan mengelola stress.

Bahkan pada negara-negara tertentu, sebagian besar masyarakatnya buta huruf dan tidak mempunyai kemampuan dalam menulis dan membaca.

Keluarga yang miskin tentu mempunyai keterbatasan ekonomi. Mereka berkembang dan tumbuh di bawah garis kemiskinan yang cenderung lebih memilih untuk bekerja dalam memperoleh penghasilan untuk keluarga daripada harus menimba ilmu di bangku sekolah yang memerlukan biaya mahal.

Selain itu, mereka juga tidak memiliki akses pendidikan ke sekolah karena jaraknya yang jauh. Hal ini menjadi fakta lapangan yang tidak terbantahkan.

Baca juga: Apa itu Fee Based Income? Ini Pengertian Lengkapnya!

4. Gangguan psikologis

Dampak kemiskinan yang selanjutnya adalah ancaman gangguan psikologis. Mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan memiliki resiko besar mengalami masalah perilaku dan juga emosional, yang mencakup kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya, impulsif, hiperaktif, agresif, dan gangguan perilaku.

Lebih dari itu, terdapat juga perasaan depresi, cemas, dan harga diri yang rendah. Mereka yang sudah merasa dewasa mungkin akan mengalami gejala kronis, seperti depresi dan stress. Sedangkan untuk yang sudah menikah, hidup dengan kondisi penuh keterbatasan membuat adanya tekanan tersendiri dalam kehidupannya, yang seringkali ditampilkan dengan kegiatan pengasuhan yang keras.

Baca juga: Ekonomi Politik: Pengertian dan Jenis Pendekatannya

Penutup

Saat suatu keluarga tidak mempunyai makanan, maka kondisi kesehatan dan ekonominya akan terganggu. Mereka akan terjebak dalam suatu penderitaan dan lingkaran setan yang bisa mempengaruhi kehidupan satu generasi ke generasi yang selanjutnya.

Untuk itu, solusi dalam mengatasinya adalah memutus siklus kemiskinan serta membangun komunikasi yang kuat. Hal ini bisa membantu setiap orang untuk mempunyai gizi yang cukup dan bisa lebih produktif.

Harus kita akui bahwa di setiap kemiskinan, pasti akan selalu ada tingkat pendidikan yang rendah, pengangguran yang tinggi, dan juga kesehatan yang buruk. Langkah tepat untuk bisa menekan dampak kemiskinan adalah mencari akar masalah dari kemiskinan itu sendiri.

Dalam hal ini, pemerintah bisa mempersiapkan dana tertentu untuk menyelenggarakan berbagai program pelatihan demi meningkatkan keterampilan dan produktivitas karyawan, dana pendidikan dan juga kesehatan anak-anak dan lanjut usia yang berasal dari keluarga miskin, dan lain sebagainya.

Dengan adanya program ini, maka diharapkan dampak kemiskinan yang negatif bisa ditekan.

Selain itu, sebagai pebisnis Anda juga bisa lebih aktif untuk mempekerjakan karyawan demi menekan angka pengangguran. Namun, hal tersebut tentu harus diiringi dengan kebutuhan dan pencatatan upah yang tepat di dalam laporan keuangan.

Untungnya, saat ini sudah ada Accurate Online. Aplikasi bisnis ini akan mencatat berbagai kegiatan akuntansi di perusahaan Anda secara otomatis dan menghasilkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang dengan mudah, menyelesaikan administrasi perbankan, dan masih banyak lagi.

Jadi, ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia