Ekonomi Politik: Pengertian dan Jenis Pendekatannya

Sama seperti namanya, ekonomi politik adalah salah satu ilmu sosial yang akan selalu melekat. Baik itu dari sisi ekonomi ataupun dari sisi politik, keduanya memiliki keterkaitan yang erat antara yang satu dengan uang lainnya.

Ekonomi politik sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan dengan strategi yang tepat dan terarah guna menyelesaikan berbagai permasalah ekonomi yang dihadapi oleh suatu negara. Untuk itu, pemahaman terkait ekonomi politik dan berbagai jenis pendekatannya sangat penting untuk diketahui oleh banyak orang.

Pengertian Ekonomi Politik

Ekonomi politik adalah suatu cabang ilmu sosial yang mana di dalamnya mempelajari dua bagian disiplin ilmu, yaitu ilmu politik dan juga ilmu ekonomi. Jadi, ekonomi politik adalah ilmu pengetahuan yang di dalamnya membicarakan kekayaan dan berkaitan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh manusia demi memenuhi hasrat dan keinginannya.

Bila dilihat dalam sudut pandang yang sempit, kebijakan ekonomi ini adalah suatu kajian terkait relasi sosial, terutama relasi kekuasaan yang sama-sama membentuk distribusi, produksi, dan juga sumber daya ataupun sumber daya komunikasi.

Sederhananya, ekonomi politik adalah suatu ilmu yang mempelajari dua disiplin ilmu berbeda, yakni ekonomi dan politik. Selain itu, bisa disebut juga bahwa kebijakan ekonomi ini adalah berbagai cara maupun tindakan yang dilakuakn oleh pihak pemerintah dalam bidang ekonomi agar bisa mencapai kemakmuran masyarakatnya.

Baca juga: Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Karakteristiknya

Contoh Ekonomi Politik

Berbagai contoh ekonomi politik yang banyak diterapkan oleh suatu negara adalah sebagai berikut:

1. Penetapan Harga Maksimum

Salah satu contoh jenis ekonomi ini adalah dengan cara menetapkan harga maksimum. Untuk menerapkannya bisa dilakukan di beragam sektor, mulai dari kesehatan, perdagangan, hingga transportasi. Contohnya adalah seperti menetapkan harga berbagai obat di apotek, harga BBM, harga tiket kereta api dan bus, dan lain sebagainya.

2. Penetapan Upah Minimum Regional (UMR)

Selain penetapan harga maksimun, penetapan Upah Minimum Regional atau UMR adalah salah satu contoh dari ekonomi jenis ini. UMR itu sendiri adalah penetapan upah minimal yang menjadi standari gaji yang berlaku untuk semua kabupaten dan juga kota dalam suatu provinsi.

Baca juga: Permasalahan Ekonomi yang Umumnya Terjadi Di Dalam Bisnis

Jenis Pendekatan Ekonomi Politik

Di dalam jenis ekonomi, terdapat dua pendekatan yang harus Anda ketahui, yakni pendekatan pilihan publik dan pendekatan neo-marxis. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Pendekatan Pilihan Publik

Di dalam pendekatan publik terdapa penekanan pada anlisisnya yang tertuju pada aktor, yang mana akan dianggap sebagai pelaku di dalam kegiatan politik dan ekonomi.

Pendekatan pilihan publik ini bisa digunakan agar bisa mempelajari perilaku dari aktor politik dan bisa juga digunakan sebagai petunjuk dalam mengambil kebijakan publik yang lebih efektif.

Tapi karena sifatnya yang lebih longitudinal, yang merupakan suatu kebutuhan metode penelitian dengan berdasarkan masa tertentu yang relatif lama. Maka akan mengakibatkan hasil yang diperoleh dari berbagai model pilihan publim menjadi berbeda-beda dari suatu negara dengan negara lain.

2. Pendekatan Neo-Marxis

Pendekatan neo-marxis lebih menekankan pada anlisis secara menyeluruh atas pentingnya berbagai aspek ekonomi makro dari kedua sistem, yakni sistem politik dan sistem ekonomi.

Pendekatan ini mempunyai model yang berusaha untuk membandingkan secara lebih langsung atau eksplisit, contohnya seperti menyoroti beragam perbedaan antar negara, baik itu dalam sisi perkembangan ekonomi, kesejahteraan, ataupun ketergantungan kelas sosial yang terjadi di masyarakat.

Baca juga: Tindakan Ekonomi : Pengertian, Jenis, Tujuan Dan Contohnya

Sistem Ekonomi Liberal vs Kerakyatan

Dalam rangka menyelesaikan permasalahan ekonomi, maka setiap orang akan memerlukan kebijakan ekonomi ataupun instrumen kebijakan moneter dalam mengelola roda perekonomian. Sistem ekonomi yang baik bukanlah sistem poltik ekonomi liberal yang membebaskan setiap individu atau masyarakatnya.

Sistem ekonomi ini diklaim kurang baik karena lebih mengutamakan keuntungan individu daripada kesejahteraan atau keuntungan bersama. sistem ekonomi liberal akan menjunjung tinggi hak kepemilikan pribadi, yang mana hal tersebut sangat bertentangan dengan demokrasi.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan sistem eknomi politik kerakatan. Di dalamnya akan sangat menjunjung tinggi kepentingan bersama dan menjadi salah satu sistem ekonomi terbaik yang bisa diterapkan sesuai dengan demkrasi.

Dengan adanya sistem ekonomi yang lebih kerakyatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan juga kemakmuraan, bersamaan dengan mendukung fungsi perekonoian dalam menggerakan perekonomian negara.

Baca juga: 10 Prinsip Ekonomi dan Contohnya dalam Keseharian

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang ekonomi politik. Jadi, kebijakan ekonomi jenis ini adalah suatu kebijakan yang mempelajari dua disiplin ilmu berbeda, yakni ekonomi dan politik.

Sebagai pebisnis, Anda harus bisa memahami pengertian ini dengan baik. Kenapa? Karena perekonomian suatu negara akan sangat mempengaruhi bisnis Anda.

Namun, selain perekonomian negara, Anda juga harus memerhatikan operasional bisnis Anda dengan tepat dan baik. Nah, saat ini mengelola operasional bisnis pun bisa dilakukan dengan mudah karena perkembangan teknologi, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan monitoring invoice, mengelola pengeluaran biaya, melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis, serta mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara tepat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan proses penjualan dan pembelian secara lebih mudah, mengelola persediaan barang dengan baik, menyelesaikan administrasi pajak, dan masih banyak lagi.

Seluruh fitur bisnis yang terdapat di dalam Accurate Online bisa Anda gunakan secara mudah karena aplikasi ini dibuat dengan tampilan dashboard yang sangat sederhana.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa lebih dulu mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia