EPS Adalah: Ini Pengertian dan Fungsinya untuk Perusahaan

Earning per Share atau EPS adalah salah satu metode yang digunakan untuk menghitung dividen pada perusahaan terbuka atau perusahaan yang sudah melantai di bursa saham.

Setiap investor saham atau trader yang menanamkan sahamnya di perusahaan go publik pasti sudah akrab dengan istilah tersebut. Namun, beberapa pebisnis juga masih ada yang belum mengetahui tentang EPS.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih dalam tentang EPS dan fungsinya untuk perusahaan.

Pengertian EPS

Earning per Share atau EPS adalah pendapat bersih yang diperoleh perusahaan selama satu tahun dan dibagi dengan jumlah rata-rata lembar saham yang diedarkan, yang mana pendapatan bersih ini nantinya dikurangi dengan saham preferen yang dihitung dalam tahun tersebut, berdasarkan Dictionary of Accounting karya Abdultah (1994)

Sedangkan bila menurut penjelasan Baridwan (1992), EPS adalah pendapatan dalam satu periode atas semua lembar saham, lalu digunakan oleh pimpinan perusahaan dalam menentukan dividen yang nantinya akan dibagikan.

Berdasarkan dua pengertian EPS diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa EPS adalah rasio keuangan yang didalamnya menilai jumlah laba bersih yang didapat dari setiap lembar saham yang beredar.

Selain itu, EPS adalah representasi dari jumlah uang yang diterima oleh setiap pemilik saham atas setiap lembar saham yang mereka miliki. Umumnya, pembagian dividen ataupun keuntungan saham ini akan dilakukan pada akhir tahun.

Dalam sebuah perusahaan, biasanya EPS akan selalu berbanding lurus dengan revenue. Artinya, bila perusahaan memperoleh revenue yang tinggi, maka angka EPS nya pun akan tinggi. Sebaliknya, bila nilai EPS tinggi, maka revenue perusahaan juga sangat besar. Selain revenue, faktor lainnya seperti profit margin pun, akan menjadi pertimbangan dalam menghitung keuntungan perusahaan.

Namun, ukuran skala suatu perusahaan tidak bisa menjamin besarnya nilai EPS. Jadi, perusahaan berskala besar belum tentu mampu memberikan jaminan EPS yang tinggi.

Sebaliknya, perusahaan berskala kecil juga belum tentu akan menghasilkan nilai EPS yang kecil. Hal tersebut akan sangat dipengaruhi oleh besarnya profit yang diperoleh dan jumlah saham yang beredar di setiap perusahaan.

Untuk itu, peran jajaran direksi dalam menjalankan perusahaan sangat penting agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, karena kinerja mereka berkaitan erat dengan nilai EPS.

Baca juga: Pendapatan Bunga adalah Pendapatan yang Dihasilkan dari Bank

Rumus Menghitung EPS

Rumus dalam menghitung EPS adalah sebagai berikut:

EPS = (laba bersih – dividen preferen) : jumlah saham yang beredar di akhir periode

Berdasarkan rumus tersebut, bisa kita ketahui bahwa dalam menghitung EPS kita tidak memasukkan dividen dari saham preferen. EPS hanya akan menilai pendapatan yang tersedia untuk para pemilik saham umum. Dividen untuk para pemilik saham preferen akan terlebih dahulu dikeluarkan, sehingga tidak menjadi milik para pemilik saham umum.

Baca juga: Pendekatan Pendapatan: Pengertian dan Cara Mudah Menghitungnya

Faktor yang Menyebabkan Menurun Atau Meningkatnya EPS

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenaikan nilai EPS adalah sebagai berikut:

  • Laba bersih perusahaan meningkat dan jumlah lembar saham biasa yang beredar mengalami penurunan
  • Laba bersih perusahaan naik dan jumlah saham biasa yang beredar konstan
  • Laba bersih perusahaan tetap dan jumlah lembar saham biasa yang beredar mengalami penurunan
  • Nilai persentase penurunan jumlah lembar saham yang beredar di bursa saham lebih besar ketimbang persentase penurunan laba bersih.
  • Persentase peningkatan laba bersih lebih besar ketimbang persentase peningkatan jumlah lembar saham biasa yang beredar di bursa saham.

Disisi lain, penurunan nilai EPS bisa terjadi karena beberapa faktor di bawah ini:

  • Laba bersih perusahaan mengalami penurunan dan jumlah lembar saham biasa yang beredar konstan
  • Laba bersih perusahaan tetap sedangkan jumlah lembar saham biasa yang beredar mengalami peningkatan
  • Jumlah laba bersih perusahaan anjlok dan jumlah lembar saham yang beredar mengalami peningkatan.
  • Persentase peningkatan jumlah lembar saham biasa yang beredar lebih besar ketimbang persentase peningkatan laba bersih perusahaan.
  • Persentase penurunan laba bersih perusahaan lebih besar daripada persentase penurunan jumlah lembar saham biasa yang beredar.

Baca juga: Financial Analyst adalah Profesional yang Menganalisis Data Keuangan

Fungsi Earning Per Share untuk Perusahaan

Beberapa fungsi EPS adalah sebagai berikut

  1. EPS mampu mempengaruhi naik turunnya harga perusahaan. Bila perusahaan bisa meningkatkan laba yang tinggi di setiap lembar sahamnya, maka artinya perusahaan tersebut mempunyai lebih banyak uang untuk bisa diinvestasikan kembali dalam bisnisnya. Atau uang tersebut bisa dibagikan pada setiap pemilik saham dalam bentuk dividen. Hal tersebutlah yang mampu menyebabkan peningkatan harga saham.
  2. EPS juga bisa berfungsi sebagai komponen utama yang digunakan agar bisa menghitung rasio pendapatan ataupun yang lebih dikenal dengan price earning ratio.

Baca juga: SKBDN: Surat Penting Di Dalam Bisnis, Ini Mekanismenya!

Penutup

Berdasarkan penjelasan lengkap diatas, bisa kita simpulkan bahwa EPS adalah gambaran perusahaan Terbuka atau perusahaan go publik secara profesional dan transparan di dalam laporan keuangannya.

Selain berguna untuk perusahaan, EPS juga berguna untuk investor sebagai indikator dalam melakukan analisis nilai saham sebelum mereka melakukan pembelian saham perusahaan.

Nah, bila Anda adalah pebisnis yang ingin go public, maka salah satu hal yang harus Anda kuasai adalah mengelola keuangan perusahaan Anda secara baik.

Nah, dalam mengelola keuangan ini, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. kenapa? Karena aplikasi buatan anak bangsa berbasis cloud ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola keuangan bisnis.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Penasaran? Segera gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari hanya dengan klik banner di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia