Gross National Product (GNP): Pengertian, Rumus, dan Cara Menghitungnya

GNP atau Gross National Product merupakan indikator ekonomi makro yang digunakan untuk menghitung pendapatan nasional suatu negara. Lebih spesifik, Gross National Product dipahami sebagai nilai pasar keseluruhan produk, berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara, baik di dalam maupun di luar negeri, dalam satu tahun.

Seperti diketahui, pendapatan nasional merupakan salah satu indikator kemampuan dan kualitas sumber daya alam maupun manusia suatu negara. Karena itu, perhitungan GNP dapat digunakan pula sebagai ukuran untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Untuk lebih memahami perhitungan GNP, artikel berikut ini akan menguraikan secara lebih detail terkait pengertian dari Gross National Product, termasuk rumus dan cara menghitungnya melalui sebuah contoh kasus.

Apa Itu Gross National Product?

Gross National Product (GNP) atau Produk Nasional Bruto (PNB) adalah perkiraan nilai total barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara dalam suatu periode tertentu (umumnya dalam satu tahun) yang diukur dengan satuan uang. Perhitungan nilai total barang dan jasa ini ialah yang diproduksi oleh warga negara tersebut, baik yang di dalam maupun di luar negeri.

Sebagai contoh, jika sebuah negara memiliki fasilitas produksi di negara asalnya dan di negara tetangga, Gross National Product akan memperhitungkan kedua output produksi ini.

Gross National Product dihitung dengan menambahkan pengeluaran pemerintah, pengeluaran konsumsi pribadi, investasi domestik swasta, ekspor bersih, dan pendapatan yang diperoleh warga negara tersebut di luar negeri. Jumlah tersebut kemudian dikurangi pendapatan yang diperoleh warga negara asing dalam perekonomian domestik. Ekspor bersih akan menunjukkan perbedaan antara apa yang diekspor negara tersebut dikurangi impor barang dan jasa.

Gross National Product juga dihitung sebelum melakukan penyisihan untuk depresiasi atau konsumsi modal yang digunakan dalam proses produksi. Karena itu, Gross National Product merupakan indikator yang tepat untuk menunjukkan tingkat kegiatan ekonomi suatu negara. Dimana GNP mengukur nilai moneter total dari output yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara.

Secara keseluruhan, GNP atau PNB menandakan bagaimana masyarakat suatu negara berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Dimana dalam hal ini, PNB tidak termasuk pendapatan penduduk asing yang diperoleh di dalam negeri.

Baca juga: Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Di Dalam Suatu Negara

Rumus Gross National Product

Melansir dari e-Modul Ekonomi: Pendapatan Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, rumus dari Gross National Product adalah sebagai berikut.

GNP = GDP + (PFLN – PFDN)

Dengan keterangan:

GNP = Gross National Product (Produk Nasiional Bruto)

GDP = Gross Domestic Product (Produk Domestik Bruto)

PFLN = Pendapatan Faktor Produksi Warna Negara di Luar Negeri

PFDN = Pendapatan Faktor Produksi Warga Asing di Dalam Negeri

Karena untuk menghitung GNP diperlukan nilai Gross Domestic Product atau GDP, maka perlu dicari terlebih dahulu nilai dari GDP yang ditunjukkan dengan rumus sebagai berikut.

GDP = C + I + G + (X – M)

Dengan keterangan:

GDP = Gross Domestic Product (Produk Domestik Bruto)

C = Consumption (Konsumsi Pribadi)

I = Investment (Investasi)

G = Government (Pengeluaran Pemerintah)

X = Ekspor

M = Impor

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengukurnya

Cara Menghitung Gross National Product

Diketahui, pendapatan sebuah negara ditunjukkan dengan data sebagai berikut.

Jika ingin mengetahui nilai GNP, maka perhitungannya harus dengan mengetahui nilai dari GDP terlebih dahulu.

GDP        = C + I + G + (X – M)

                = 90.000.000 + 80.000.000 + 450.000.000 + (40.000.000 – 20.000.000)

= 640.000.000

Jika telah diketahui nilai dari GDP, maka perhitungan nilai GNP-nya ialah sebagai berikut.

GNP        = GDP + (PFLN – PFDN)

                = 640.000.000 + (35.000.000 – 25.000.000)

= 650.000.000

Berdasarkan perhitungan di atas, nilai dari Gross National Product (GNP) atau Produk Nasional Bruto (PNB) negara tersebut ialah sebesar Rp650.000.000.

Baca juga: Produk Domestik Bruto (PDB) adalah: Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya untuk Negara

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai Gross National Product (GNP) atau Produk Nasional Bruto (PNB). Diketahui, Gross National Product adalah perkiraan nilai total barang dan jasa yang merupakan produksi seluruh warga negara suatu negara, baik yang di dalam maupun di luar negeri, dalam suatu periode tertentu dan diukur dalam satuan uang.

Perhitungan Gross National Product ialah dengan menambahkan pengeluaran pemerintah, pengeluaran konsumsi pribadi, investasi domestik swasta, ekspor bersih, dan pendapatan yang diperoleh warga negara tersebut di luar negeri. Jumlah tersebut kemudian dikurangi pendapatan yang diperoleh warga negara asing dalam perekonomian domestik.

Seperti disebutkan sebelumnya, Gross National Product bisa dianggap sebagai tolak ukur untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dalam hal ini, perhitungan serupa bisa diterapkan dalam keuangan pribadi perorangan atau perusahaan. Tujuannya ialah untuk mengetahui kondisi keuangan subjek tersebut.

Untuk mempermudah perhitungan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan akuntansi dan bisnis sehingga pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan Anda bisa dilakukan secara akurat, cepat, dan otomatis.

Accurate Online juga telah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dalam rangka membantunya mencapai kesuksesan finansial. Terlebih, berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Jika Anda tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh Accurate Online, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati secara gratis selama 30 hari.