Inti Masalah Ekonomi yang harus Anda Pahami

Bila kita lihat dari berbagai aspek, ilmu ekonomi mempelajari berbagai perilaku manusia dalam menciptakan kemakmuran untuk dirinya sendiri. Lantas, bagaimana dengan inti dari masalah ekonomi?

Inti masalah ekonomi adalah kelangkaan yang bisa dikarenakan adanya ketimpangan antara kebutuhan manusia yang sangat tidak terbatas dengan pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan manusia terus mengalami peningkatan dan menjadi semakin kompleks. Masalah tersebut bahkan bisa memicu hadirnya ketergantungan sosial yang sangat tinggi. Contohnya seperti pakaian yang sebelumnya hanya menjadi kebutuhan pangan, kini sudah berubah menjadi simbol status seseorang.

Inti masalah ekonomi pada dasarnya hadir karena adanya keterbatasan sumber daya dan berkembangnya kebutuhan manusia. Nah, keterbatasan ini bisa terjadi karena minimnya kuantitas jasa atau barang yang diperlukan oleh manusia.

Disisi lain, manusia mempunyai keterbatasan dan juga kemampuan dalam mencari serta mengolah sumber daya yang diperlukan. Selain itu, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka daya saing untuk bisa mendapatkan sumber daya pun mengalami peningkatan.

Hal ini memang sudah menjadi sifat alami manusia, yang mana tidak ada kebutuhan yang cukup. Berkembangnya kebutuhan ini dipengaruhi dengan adanya perubahan status kehidupan, status sosial, hingga pengaruh lingkungan.

Bisa dibilang, kebutuhan yang hadir saat ini bukanlah kebutuhan murni, tapi kebutuhan yang lebih berlandaskan nafsu untuk memperoleh status dari lingkungan dan juga orang di sekitar.

Nah, pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa kategori dari inti masalah ekonomi.

Kategori Inti Masalah Ekonomi

Inti masalah ekonomi akan selalu berhubungan dengan masalah utama ekonomi. Biasanya, masalah ekonomi terbagi menjadi dua, yakni:

1. Masalah Ekonomi Klasik

Teori terkait masalah ekonomi klasik pertama kali diperkenalkan oleh Adam Smith pada tahun 1870-an lalu. Teori ini hadir karena kondisi ekonomi yang terjadi pada saat ini. Masalah ekonomi klasik ini mencakup beberapa proses yang berhubungan dengan proses distribusi, konsumsi dan produksi. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Proses Produksi

Proses produksi adalah proses pembuatan barang atau jasa yang diperlukan oleh para konsumen. Produksi ini terjadi karena adanya ketimpangan antara besarnya kebutuhan dari masyarakat dengan jumlah jasa atau barang yang tersedia, atau sebaliknya.

  • Proses Distribusi

Proses distribusi adalah suatu proses penyaluran jasa atau barang yang sudah diproduksi pada masyarakat agar selanjutnya bisa digunakan. Selain itu, proses distribusi juga memiliki peran sebagai pengatur peredaran suatu jasa atau barang.

  • Proses Konsumsi

Konsumsi adalah suatu cerminan dari keberhasilan penjualan suatu produk. Saat suatu produk menjadi kurang diminati, maka pihak produsen akan terus meningkatkan inovasinya demi menarik minat konsumen. Dalam hal ini, konsumen menjadi tolak ukur terkait jumlah produksi suatu jasa atau barang yang harus ditingkatkan ataukah tidak.

Sama seperti hukum supply demand dalam kegiatan ekonomi, bila suatu produk mempunyai peminat yang tinggi dari ketersediaan, maka harga produk pun akan meningkat. Di sinilah biasanya banyak oknum yang sengaja untuk mengontrol peredaran suatu produk untuk bisa memperoleh keuntungan tinggi.

Baca juga: Apa Itu Pendapatan Nasional? Ini Pengertian dan Manfaatnya!

2. Masalah Ekonomi Modern

Masalah ekonomi modern membahas terkait kegiatan ekonomi yang melibatkan tiga pertanyaan mendasar, yakni what, how dan whom. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • What

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas, tapi tidak semua manusia mempunyai kebutuhan yang sama. Hal tersebutlah yang menjadi dasar dari teori what yang di dalamnya membahas tentang jasa atau barang apa yang harus dibuat dan banyak jumlahnya.

  • How

How adalah tahap yang selanjutnya dari what. Setelah mengetahui jasa atau barang, serta jumlah yang nantinya harus diproduksi, maka teori how ini akan membahas terkait cara memproduksi dan menghitung seluruh biaya serta waktu yang diperlukan dalam proses produksi jasa ataupun barangnya.

  • Whom

Whom adalah siapa yang memproduksi barang atau jasa tersebut. Hal ini berhubungan dengan segmentasi pasar yang memiliki arti apa yang yang dijadikan sebagai target pada barang ataupun jasa tersebut.

Nah, masalah ini bisa didasarkan pada usia, penghasilan, jenis kelamin, ataupun daerah, sebagai suatu bahan pertimbangan.

Untuk di Indonesia sendiri, sebenarnya masalahnya sangatlah kompleks. Sudah bukan rahasia lagi bahwa proses produksi di dalam negeri kalah bersaing dengan produksi dari perusahaan luar negeri, baik itu dari sisi kuantitas ataupun kualitas.

Hal inilah yang menjadi pemicu timpangnya nilai ekspor dan impor yang terjadi di Indonesia. Di lain hal, saat terjadi kondisi inflasi ataupun gejolak ekonomi, maka daya beli masyarakat atas produk lokal pun akan menjadi lebih rendah.

Baca juga: Ekonomi Politik: Pengertian dan Jenis Pendekatannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang inti masalah ekonomi, lengkap dengan pengertian dan kategorinya. Sebagai pebisnis, Anda harus bisa memahami inti masalah ekonomi ini dengan baik agar Anda bisa menentukan strategi yang tepat terkait produk barang atau jasa yang ingin Anda pasarkan.

Namun, terdapat hal lain yang harus Anda perhatikan, terlebih lagi di zaman yang sudah serba modern seperti saat ini, yaitu mempertimbangkan penggunaan teknologi di lini operasional bisnis Anda.

Nah, salah satu teknologi yang harus Anda pertimbangkan adalah penggunaan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengelola persediaan barang digudang, memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, mencatat kegiatan akuntansi, dan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat serta akurat.

Lebih dari itu, di dalamnya juga masih ada lagi fitur dan modul luar biasa yang telah dilengkapi dengan tampilan desain sederhana serta sistem keamanan yang tinggi. Sehingga, Anda bisa menggunakan Accurate Online di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

Penasaran dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia