KSEI Adalah Lembaga yang Melindungi Para Investor. Ini Penjelasannya!

Akhir-akhir ini kita bisa lihat banyak orang yang melakukan investasi di pasar modal, mulai dari pemula hingga para profesional. Nah, KSEI adalah lembaga yang mampu melindungi para investor dengan investasinya dari berbagai hal yang tidak terduga.

Lalu, apa itu KSEI? Apa fungsi KSEI? Dan, Apa saja fasilitas yang mampu diberikan oleh lembaga ini? Dapatkan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel tentang KSEI di bawah ini hingga selesai.

Pengertian KSEI Adalah

Hal pertama yang harus Anda ketahui bahwa KSEI adalah singkatan dari perusahan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, suatu Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian yang berada di pasar modal Indonesia.

Berdasarkan situs resmi KSEI itu sendiri, tugas dari KSEI adalah menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek secara teratur, efisien, dan juga wajar, sesuai dengan peraturan Undang-undang No. 8 Tahun 1995 terkait Pasar Modal.

Khusus untuk Anda yang belum tahu, kustodian adalah suatu istilah yang banyak digunakan untuk menjelaskan para pihak yang menyediakan jasa penitipan efek dan juga beragam harta terkait lainnya.

Jadi pada intinya, mereka akan mewakili rekening milik nasabah atau investor dengan mengatur berbagai transaksi di ruang lingkup terkait dan memperoleh dividen serta bunga sebagai haknya sendiri.

KSEI adalah lembaga yang berdiri tanggal 24 Desember 1997 di Jakarta, hingga akhirnya memperoleh izin resmi usaha di tanggal 11 November 1998.

Di dalam perizinan usaha tersebut, tertulis bahwa KSEI sudah terdaftar sebagai SRO atau self-regulatory organization, yang beriringan dengan lembaga lain yang sangat terkenal, seperti BEI (Bursa Efek Indonesia) dan KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia)

Salah satu peraturan yang diterbitkan oleh KSEI adalah Single Investor Identification atau yang banyak dikenal dengan SID.

Peraturan ini dikeluarkan sebagai satu-satunya identitas nomor untuk para investor yang diterbitkan oleh KSEI. Bila Anda ingin melakukan investasi di Pasar Modal Indonesia, maka Anda membutuhkan nomor identitas tersebut.

Baca juga: Saham LQ45 Adalah: Pengertian, Kriteria dan Daftar Indeks Saham 2022

Cara Kerja KSEI Adalah

Sebelumnya kita sudah membahas bersama bahwa KSEI adalah suatu lembaga yang melindungi para investor di pasar modal. Lalu, bagaimana cara mereka bekerja? Hal apa saja yang mampu mereka sediakan atau mereka lakukan sebagai suatu lembaga kustodian.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana pengelolaan saham itu sendiri.

1. Pembukaan Rekening Efek

Pihak broker ataupun pialang pertama-tama akan membuka rekening untuk investor atau nasabah. Rekening tersebut diperlukan agar investor bisa mulai melakukan investasi.

2. Pembukaan Sub Rekening dan RDN

Dalam tahap inilah peran penting KSEI akan mulai terlihat. Dalam memulai transaksi jual beli saham maupun instrumen lainnya, maka Anda memerlukan RDN atau Rekening Dana Nasabah.

Selain itu, hal lainnya yang harus Anda lakukan adalah membuka sub rekening dan juga membuat Single Investor Identification (SID) di dalam KSEI. Setiap nasabah nantinya akan mempunyai SID dan RDN mereka masing-masing dan tidak bisa digabungkan dengan investor lainnya.

3. Kepemilikan Dana dan Saham

Dalam hal kepemilikan dana, seluruh transaksi nantinya akan dimutasikan oleh pihak RDN setiap investor. Untuk saham sendiri kepemilikan dan efek lainnya akan berada di sub rekening.

Bila Anda menggunakan jasa broker, maka harus Anda garis bawahi bahwa sub rekening yang dibuat di KSEI adalah murni milik Anda saja dan terpisah dengan pihak broker.

Bila nantinya terjadi suatu hal yang tidak terduga, seperti pihak broker sudah tidak beroperasi lagi, maka kepemilikan saham Anda akan tetap aman.

Berikut ini gambaran alur sederhananya:

Anda membeli saham melalui pihak broker -> broker akan mengurus transaksi -> saham bisa dibeli dan disimpan di KSEI di dalam sub rekening -> saham diambil dari KSEI -> saham bisa dijual.

Jadi ketika Anda membeli suatu saham, maka saham Anda akan tersimpan secara aman dan bisa Anda akses melalui KSEI ketika Anda ingin menjualnya.

Manfaat KSEI Bagi Investor

Sebelumnya, kita sudah membahas bersama bahwa setiap investor bisa menikmati berbagai layanan yang diberikan oleh KSEI. Nah, untuk investor, manfaat KSEI adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa memeriksa kepemilikan efek saham Anda secara real-time di dalam sub rekening KSEI milik Anda, lengkap dengan mutasinya dalam kurun waktu 30 hari terakhir.
  • Jika Anda membeli saham menggunakan jasa broker, maka KSEI akan membantu Anda dalam melakukan konsolidasi laporan semua portofolio milik Anda
  • KSEI mampu memberikan rasa aman untuk setiap investor saat ingin membuka sub rekening efek investasi saham
  • Memberikan secara penuh transparansi data. Karena seluruh informasi terkait pasar modal bisa diakses dengan mudah, maka akan memberikan transparansi yang menyeluruh pada para investor.

Fasilitas yang Disediakan oleh KSEI

Selain menyediakan SID untuk para investor, fasilitas lainnya yang disediakan oleh lembaga KSEI adalah AKSes.

AKSes adalah singkatan dari acuan kepemilikan sekuritas, suatu media yang bisa digunakan oleh para investor untuk memantau setiap kegiatan yang terdapat di dalam sub rekeningnya. Baik itu untuk keperluan jual beli reksa dana, obligasi, saham, serta efek lainnya.

Manfaat AKSes untuk para investor adalah agar bisa mengakses data kepemilikan efek dan melakukan mutasi di sub rekening. Layanan ini juga mampu memberikan rasa aman, karena kepemilikan sub rekening bisa dipantau kapan saja. Selain itu, AKSes juga mampu menyajikan informasi dan berbagai data secara transparan.

Dilansir dari laman Kontan, untuk menggunakan AKSes para investor tidak akan dikenakan biaya apapun dan hanya memerlukan data pribadi saja. Jadi, layanan ini sangat memudahkan dan membantu akses investor ke hasil investasi yang dilakukannya.

Apakah Ada Jasa Lainnya yang Diberikan Oleh KSEI?

Selain bertugas dalam menyediakan jasa kepada kustodian sentral dan efek, KSEI juga mempunyai tugas lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuka SRE atau Sub Rekening Efek yang dilakukan dengan atas nama Investor
  • Membuka rekening bersama atau rekening escrow
  • Menyelesaikan transaksi yang terjadi di dalam pasar sekunder
  • Mengirim dan menerbitkan sebuah konfirmasi dalam kurun waktu bulanan terkait kepemilikan suatu efek
  • Melakukan rekonsiliasi atas suatu efek dan dana, serta membagikan dividen perusahaan kepada para investor.

Fasilitas Akses KSEI Bermanfaat Bagi Pemegang Rekening

Selain bermanfaat untuk para investor, layanan AKSes yang ada di dalam KSEI juga mampu memberikan manfaat pada para pemegang rekening. Berikut ini adalah berbagai manfaat tersebut:

  • Mampu memberikan sederet informasi yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk investor yang menjadi nasabahnya sendiri.
  • Bisa dijadikan sarana komunikasi dalam menyajikan dan menyampaikan informasi berbentuk inquiry atau report untuk para nasabah dengan data yang akurat.
  • Meminimalisir biaya cetak, biaya komunikasi, dan juga biaya mengirim laporan.
  • AKSes bersifat sangat terbuka untuk keperluan pengembangan yang lebih lanjut dan lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Pemegang Rekening tentang meningkatkan sarana komunikasi antar pemilik rekening KSEI dan juga para nasabahnya.

Dengan memahami KSEI secara baik, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan investasi, terlebih lagi bila Anda kerap datang ke berbagai forum diskusi atau membaca media informasi tentang investasi.

Selama 24 tahun menjadi tolak ukur, reputasi dan kredibilitas KSEI sudah diterima oleh para investor, baik itu investor profesional ataupun investor pemula.

Baca juga: Bullish Adalah: Pengertian, Faktor Penyebab dan Sikap Investor dalam Menghadapinya

Penutup

KSEI adalah salah satu komponen penting di dalam investasi saham yang harus Anda pahami dengan baik. tentunya masih ada lagi berbagai hal yang harus Anda pelajari sebelum terjun langsung ke dalam dunia investasi saham. Untuk itu, pastikanlah untuk memahami profil risiko Anda terlebih dahulu sebelum memilih produk Investasi.

Bila sebagai pebisnis Anda belum siap untuk berinvestasi di pasar modal, Anda bisa berinvestasi pada bisnis Anda terlebih dahulu lewat berbagai tools yang mampu memudahkan kegiatan bisnis Anda.

Salah satu investasi yang harus Anda pertimbangkan adalah investasi pada software yang sudah terintegrasi dengan setiap lini bisnis Anda, seperti software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan laba-rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal dan lebih dari 200 laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat. Di dalamnya juga sudah terdapat berbagai fitur dan modul yang bisa membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien dan efektif.

Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan melakukan perencanaan bisnis yang matang untuk masa depan.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis cukup dengan klik banner di bawah ini.accurate1