Lupa Pin Atm? Jangan Panik, Ini Solusinya!

Personal Identification Number atau PIN adalah enam digit angka yang menjadi pengaman saat Anda melakukan kegiatan transaksi dengan kartu ATM maupun kartu kredit. Tapi sebagai manusia, kita pasti pernah mengalami lupa, termasuk lupa pin ATM.

Lantas, apa yang harus kita lakukan saat lupa pin ATM? Jangan panik, Anda bisa mendapatkan solusinya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Solusi Lupa PIN ATM

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat lupa pin ATM adalah menyiapkan KTP, kartu ATM, buku tabungan, dan uang seperlunya. Lalu, pergilah ke kantor bank cabang terdekat. Setelah, itu silahkan ambil nomor antrian di customer service, lalu tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.

Setelah tiba di meja customer service, selanjutnya CS akan memberikan sejumlah formulir yang harus Anda isi yang mana isinya menandakan bahwa Anda akan melakukan perubahan atau reset PIN ATM pada hari tersebut di bank. Bila sudah, CS akan meminta kartu ATM, KTP, buku tabungan, dan melakukan sejumlah pemeriksaan identifikasi nasabah.

Selanjutnya, CS akan melakukan proses reset pin kartu ATM Anda untuk dikembalikan lagi menjadi pin default. Bila kartu ATM Anda sudah direset lagi dari awal, maka selanjutnya Anda akan diminta untuk mengganti pin tersebut sesuai dengan pilihan Anda dengan menggunakan mesin EDC yang telah tersedia.

Perlu Anda ingat bahwa PIN ATM bersifat sangat rahasia. Selain Anda, tidak ada orang lain yang boleh mengetahuinya. Bahkan, karyawan bank yang telah membantu Anda pun tidak boleh mengetahui PIN ATM Anda.

Bila PIN ATM baru telah dibuat, maka Anda diperbolehkan untuk terlebih dulu mencobanya pada mesin ATM yang telah disediakan. Bila Anda melakukan transaksi dengan baik, maka itu artinya proses penggantian pin sudah selesai dan Anda bisa menggunakannya lagi seperti biasa.

Harus Anda garis bawahi bahwa beberapa bank akan mengenakan biaya penggantian PIN. Sehingga, disarankan untuk menyiapkan dana untuk membayar biaya tersebut. Biaya yang harus Anda keluarkan pun tergolong terjangkau.

Baca juga: Kartu ATM Hilang? Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Tips Agar Tak Mudah Lupa Pin ATM

Lupa PIN ATM tentu adalah hal yang sangat merepotkan. Karena, kartu ATM mempunyai fungsi yang penting untuk melakukan kegiatan transaksi sampai pembayaran di merchant.

Lantas, bagaimana caranya agar tidak lupa pin ATM, terlebih lagi bila Anda memiliki lebih dari satu pin ATM. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tidak lupa PIN ATM.

1. Hindari Penggunaan Tanggal Lahir atau Alamat Rumah

Penggunaan tanggal lahir ataupun alamat rumah sangat mudah untuk ditebak. Bila kartu ATM Anda dicuri oleh orang yang sudah mengenal Anda, maka hal pertama yang mereka lakukan untuk mencoba kartu PIN adalah menggunakan tanggal lahir Anda.

Hal yang sama pun berlaku pada tanggal lahir anak atau keluarga lainnya. Pada intinya, hindarilah penggunaan tanggal lahir orang terdekat karena akan sangat mudah untuk ditebak.

Pun sama halnya dengan penggunaan alamat rumah, karena hal tersebut akan sangat mudah untuk diketahui oleh mereka yang mengenal ataupun tidak mengenal Anda.

2. Pilih Pin yang Mengingatkan Anda Pada Hal Hanya Anda Yang Tahu

Contohnya tanggal dimana Anda pertama kali bertemu dengan pacar, istri, atau suami Anda. Anda juga bisa menggunakan tanggal pertama kali Anda mempunyai mobil atau rumah sendiri. Tanggal pertama kali Anda bekerja pun bisa Anda coba gunakan, karena tidak semua orang mengetahui berbagai tanggal unik tersebut.

3. Tanggal Lahir Idola Anda

Anda juga bisa menggunakan tanggal lahir orang yang Anda idolakan. Cobalah untuk memikirkan orang terkenal yang Anda idolakan. Hal yang perlu Anda pastikan adalah jangan sampai orang lain mengetahui siapa idola Anda.

4. Simpan Pin Anda

Cara menyimpannya disarankan dilakukan dengan cara yang tidak biasa. Cobalah untuk menggunakan tempat yang aman, seperti di folder laptop atau dokumen Anda. Namun, jangan menamai folder tersebut dengan nomor pin, tulis saja dengan kode yang mudah untuk dimengerti. Bila sudah, silahkan cadangkan dokumen tersebut di cloud agar tidak hilang saat smartphone atau laptop Anda rusak.

Baca juga: Kartu ATM Tertelan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penutup

Demikianlah solusi dan tips dari kami bila Anda lupa PIN ATM. Anda harus bisa mengelola PIN Anda dengan baik, terlebih lagi bila itu adalah PIN ATM bisnis Anda.

Namun, hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis adalah mengelola keuangan yang Anda simpan di dalam bank atau brankas Anda.

Cara mengelola keuangan yang baik adalah dengan mencatat setiap kegiatan transaksi yang dilakukan oleh bisnis Anda. Namun, mencatat semuanya secara manual tentu akan memakan banyak waktu dan sangat rentan sekali terjadi kesalahan. Solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing yang sudah dibekali dengan sistem keamanan tinggi dan tampilan dashboard yang sederhana. Sehingga, Anda bisa mengakses aplikasi ini secara mudah, nyaman, aman, di mana saja dan kapan saja Anda berada.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi akan tercatat secara otomatis, dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Lebih dari itu, Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan bisnis, mengelola persediaan barang di gudang, dan masih banyak lagi?

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia