Kartu ATM Tertelan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini, teknologi perbankan sudah semakin canggih, Anda sudah tidak perlu lagi datang ke ATM bank untuk menarik uang tunai atau mentransfer uang. Saat ini, Anda sudah bisa menggunakan Mobile Banking. Namun, sebagian orang ada yang masih sering datang ke ATM Bank dan beberapa diantaranya pernah mengalami kasus ATM tertelan di mesin ATM.

Lalu, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Sebenarnya ada banyak sekali faktornya, mulai dari kelalaian nasabah, kerusakan mesin atau sistem eror, listrik padam, sampai dengan modus kejahatan.

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Saat ini, hampir setiap bank sudah menyediakan fitur ATM atau Automatic Teller Machine. Layanan tersebut dibuat agar bisa mempermudah dan membantu berbagai urusan yang berkaitan dengan perbankan.

Dengan mesin ATM, Anda bisa memeriksa saldo, mengambil uang tunai, melakukan transfer, dan melakukan transaksi lainnya, tanpa perlu lagi mendatangi kantor cabang yang memerlukan banyak waktu untuk mengantri panjang dan berhadapan secara langsung dengan petugas bank.

Manfaat dari mesin ATM sangat besar bila kita mampu menggunakannya dengan baik. Tapi, ATM tetaplah sebuah mesin. Ada kalanya mesin itu mengalami gangguan, error, ataupun mengalami kerusakan. Selain itu, faktor kelalaian manusia, seperti ceroboh, dan lain sebagainya yang harus bisa diperhatikan agar tidak menjadi masalah serius saat menggunakan kartu ATM.

Jika kedua kesalahan tersebut terjadi saat Anda sedang menggunakan mesin ATM, maka kemungkinan besar akan membuat kartu ATM tertelan di mesinnya. Kejadian ATM tertelan ini bisa menimpa siapa saja dan kapan saja.

Nah, berikut ini beberapa penyebab kartu ATM Tertelan.

1. Mesin ATM Rusak Dan Error

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada satupun mesin yang sempurna, termasuk mesin ATM yang Anda gunakan. Seringkali mesin ATM mengalami gangguan error dengan kerusakan yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah dari gangguan satelit.

Jika Anda menggunakan mesin ATM yang sudah rusak sebelum diperbaiki dan Anda tidak menyadari hal tersebut, maka kemungkinan besar akan menyebabkan kartu ATM tertelan. Tapi umumnya mesin yang error akan menolak kartu ATM Anda. Kartu akan segera langsung dikeluarkan dan tidak bisa menjalankan kegiatan transaksi.

Jika Anda mengalami hal ini, maka segeralah mengambil kartu ATM Anda dan carilah ATM yang tidak mengalami masalah.

2. Listrik Mati Saat Menggunakan Mesin ATM

Setiap mesin memerlukan listrik untuk bisa beroperasi dengan baik, mati listrik adalah salah satu penyebab kartu ATM tertelan. Mesin ATM bukanlah mesin yang mampu menyimpan daya seperti halnya handphone atau laptop.

Hal tersebut sudah diantisipasi oleh pihak bank dengan cara menyediakan generator sistem atau yang biasa disebut dengan mesin genset. Tapi, mesin genset pun tidak selamanya bisa menjamin keamanan mesin ATM dari padamnya listrik.

Bila hal tersebut sudah terjadi, maka akan menyebabkan kartu ATM tertelan. Meskipun Anda sudah menekan tombol cancel yang banyak, hal tersebut tidak akan bisa mengembalikan kartu ATM Anda, apalagi bila listriknya mati dalam kurun waktu yang lama.

Baca juga: Bunga Bank Adalah: Ini Definisi, Jenis, Fungsi, Serta Manfaatnya

3. Salah Memasukan PIN ATM

Setiap pengguna kartu ATM akan selalu dilengkapi dengan PIN yang akan membuat kartu ATM menjadi aman walaupun hilang ataupun digunakan oleh orang lain. Pin ATM ini harus benar-benar diingat agar kartu ATM tidak tertelan oleh mesin ATM.

Salah satu kesalahan pengguna yang membuat kartu ATM menjadi tertelan adalah lupa PIN. Walaupun mesinnya normal dan tidak bermasalah, tapi bila lupa PIN dan memaksakan memasukan PIN berkali-kali, maka kartu ATM pun tidak akan keluar, atau tertelan.

Kerahasiaan PIN kartu ATM sangatlah penting, Kenapa? Karena bila ada orang yang membobol kartu ATM Anda, hal tersebut bisa dianggap mustahil untuk dilakukan selama orang tersebut tidak mengetahui PIN ATM Anda.

Walaupun beberapa mesin ATM ada yang langsung mengeluarkan kartu bila salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, namun beberapa mesin ATM lainnya ada yang langsung menelan kartu.

Mesin ATM yang secara otomatis menelan kartu ATM bila 3 kali salah memasukkan PIN, sengaja dilakukan untuk tujuan keamanan. Bila ada orang lain yang memaksakan membobol kartu ATM Anda dan tidak mengetahui PINnya, maka mereka tidak akan bisa membobol kartu.

4. Lupa Ambil ATM

Seringkali kita terlalu fokus dalam mengambil uang dan struk pengambilan, sehingga membuat kita untuk lupa untuk mengambil kartu ATM yang sudah keluar.

Banyak sekali kasus kartu ATM tertelan karena kelalaian seperti ini. bila setengah bagian kartu sudah masuk di mulut lubang tempat kartu, maka Anda harus mengambil nya sesegera mungkin, jika tidak mesin akan menelannya kembali.

Jadi bila sudah selesai melakukan tarik tunai, Anda tidak boleh hanya fokus mengambil uangnya saja. kami menyarankan untuk mengambil kartu ATM lebih dulu agar tidak tertelan. Walaupun kita membiarkan beberapa lama uang yang keluar dari mesin ATM, namun uang tersebut tidak akan tertelan lagi seperti halnya kartu ATM.

Baca juga: Bankable Adalah: Ini Bedanya Dengan Unbankable dan Underbanked

Hal yang Harus Dilakukan bila Kartu ATM Tertelan

Bila kartu ATM Anda sudah terlanjur tertelan tanpa mengetahui penyebabnya, maka cobalah untuk tetap tenang dan tidak panik. Hindari orang asing yang tiba-tiba menawarkan bantuan pada Anda. Lakukanlah beberapa hal berikut ini bila kartu ATM Anda tertelan.

1. Menghubungi Call Center Bank

Pastikanlah untuk menghafal nomor call center bank yang menerbitkan kartu ATM Anda. Hubungilah segera call center tersebut agar sesegera mungkin melakukan pemblokiran rekening. Hal tersebut dilakukan agar bisa mengantisipasi adanya modus kejahatan atas penyalahgunaan kartu ATM yang mampu menyedot isi rekening Anda.

Dalam proses ini, petugas bank nantinya akan menanyakan beberapa hal untuk bisa memverifikasi data Anda, seperti nama dan alamat lengkap Anda, nama ibu kandung, nominal transaksi terakhir, dan tempat tertelannya kartu ATM.

Pemblokiran yang dilakukan sementara ini dilakukan agar bisa menutup akses permintaan transaksi penarikan tunai. Sehingga, Anda tetap bisa mengakses rekening untuk kegiatan transfer menggunakan mobile banking ataupun internet banking.

2. Datang Ke Kantor Cabang Bank Terdekat Untuk Membuat Kartu ATM Baru

Bila kartu ATM Anda tertelan pada waktu jam kerja, maka Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang penerbit ATM terdekat tanpa harus menghubungi call center.

Bila sudah dilakukan pemblokiran secara sementara, maka rekening tabungan Anda nantinya akan aman dari adanya kemungkinan tindak kejahatan. Nantinya, Anda harus membuat kartu ATM baru.

Untuk itu Anda harus langsung mendatangi kantor cabang bank terdekat atau cabang di mana Anda membuka rekening tabungan Anda. Untuk bisa membuat kartu ATM Baru, maka Anda harus menyiapkan berbagai persyaratan standar, seperti KTP dan buku tabungan sebelumnya.

3. Mengisi formulir pengajuan penerbitan kartu ATM baru

Bila Anda sudah tiba di kantor cabang bank, Anda bisa langsung mengambil nomor antrian di bagian customer service. Bila antriannya cukup panjang, maka Anda harus lebih dulu sabar hingga tiba giliran Anda dipanggil.

Siapkanlah berkas dokumen yang disyaratkan, yaitu KTP dan buku tabungan. Jika giliran Anda sudah tiba, maka sampaikanlah masalah Anda pada petugas tersebut bahwa kartu ATM tertelan dan Anda ingin membuat kartu yang baru. Lalu, berikanlah berbagai dokumen yang sudah Anda siapkan sebelumnya pada petugas customer service.

Petugas customer service nantinya akan melakukan verifikasi data dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan seputar data diri Anda, seperti nama dan alamat lengkap, nama ibu kandung, dan lokasi kartu ATM Tertelan. Bila sudah, maka nantinya petugas akan memberikan formulir penerbitan kartu ATM yang harus Anda isi dengan baik.

Bila telah selesai, maka petugas akan memberikan kartu ATM baru yang bisa langsung Anda aktifkan. Untuk hal ini, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN agar bisa mengaktifkan kartu baru di mesin EDC. Tapi, untuk pembuatan kartu ATM baru, Anda akan dikenakan biaya yang jumlahnya berbeda-beda pada setiap bank.

Baca juga: Buku Bank: Ini Pengertian dan Kategorinya

Penutup

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi kartu ATM tertelan. Intinya, Anda harus tenang dan tetap berpikiran positif agar mampu memberikan dampak yang positif. Selain itu, Anda juga harus mencatat dan mengingat nominal saldo ATM Anda agar nantinya bisa dilakukan verifikasi secara tepat.

Nah, saat ini Anda bisa lebih mudah dalam mencatat kegiatan transaksi dan saldo terkini Anda dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan tepat. Data laporan keuangan ini bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur bisnis lainnya yang akan membuat usaha Anda bergerak lebih efektif dan efisien.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.