Definisi Pasar Monopoli Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pasar merupakan tempat, di mana para penjual dan pembeli melakukan transaksi ekonomi. Bahkan di dalam pasar tempat bertransaksi, ada banyak jenis pasar.  Salah satunya adalah pasar monopoli. Apa itu? Apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut adalah definisi lengkap mengenai pasar monopoli

Definisi Pasar Monopoli

Definisi pasar monopoli adalah gambaran sebuah pasar yang terbentuk karena munculnya seluruh penawaran terhadap produk baik barang maupun jasa kepada seorang penjual atau beberapa penjual tertentu.

Jadi inti dari jenis pasar ini adalah dalam pasar ini hanya ada satu kekuatan atau kekuasaan pihak yang menguasai pasar dan mendominasi terjadinya transaksi ekonomi. Apabila barang dan jasa yang dibutuhkan tidak ada yang menyerupai atau menggantikan barang atau jasa tersebut maka kondisi pasar yang dikuasai oleh satu penjual akan terus berlangsung.

Kelebihan Pasar Monopoli

1. Munculnya kreativitas dan inovasi

Ketika suatu pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual terhadap suatu produk, baik barang maupun jasa, maka kreativitas dan inovasi terhadap pengembangan produk tersebut muncul. Hal ini diakibatkan karena munculnya kekhawatiran bahwa suatu saat akan muncul perusahaan atau penjual kompetitor yang akan menyainginya.

Agar para calon pembeli tetap setia untuk bertransaksi di satu penjual, maka si penjual akan selalu berinovasi dan berkreativitas untuk menciptakan produk yang bisa menarik calon pembeli untuk tidak pindah ke penjual lain.

2. Adanya hak cipta atau hak paten

Kelebihan lain dari terjadinya praktik monopoli di pasar adalah kepemilikan hak cipta atau hak paten. Hal ini menyebabkan tidak adanya pengakuan dari penjual atau perusahaan lain atas hak cipta atau hak paten yang telah dimiliki oleh penjual tersebut. Selain itu, dengan memiliki hak cipta atau hak paten, penjual atau perusahaan dapat dengan leluasa berkuasa mempraktikkan monopoli di dalam pasar.

3. Kecilnya peluang untuk berkompetisi

Kelebihan terakhir adalah pihak penjual tidak memiliki kompetitor yang berarti sehingga pertentangan yang terjadi di pasar akibat persaingan dapat berkurang. Apalagi jika monopoli dipegang oleh badan usaha milik negara, maka akan mudah terciptanya pemenuhan kebutuhan yang adil dan merata.

Kekurangan Pasar Monopoli

1. Memicu perkembangan pasar gelap

Salah satu kekurangan yang terjadi ketika praktik monopoli di pasar terus dilakukan adalah dapat memicu terciptanya pasar gelap dan transaksi ilegal. Pasar gelap akan mengakomodasi kebutuhan para pembeli untuk barang yang sama atau menyerupai dengan harga yang sangat murah karena barang-barang yang dijual di pasar yang memonopoli dianggap terlalu mahal atau sulit didapatkan.

2. Terjadinya kemungkinan eksploitasi konsumen dan pekerja

Kemungkinan eksploitasi bisa saja terjadi dalam perusahaan atau penjual yang memonopoli. Hal ini terjadi karena perusahaan atau penjual memproduksi produk dengan harga yang lebih tinggi daripada biaya marginalnya. Akibatnya, para calon pembeli/konsumen harus membayar produk dengan harga yang lebih tinggi.

Selain itu, para pekerja bisa mendapatkan upah yang lebih rendah dengan beban kerja yang cukup tinggi.

3. Munculnya ketidakadilan

Salah satu kekurangan pasar monopoli adalah munculnya ketidakadilan dari produsen atau penjual terhadap konsumen atau pembeli. Hal ini terjadi karena kekuatan produsen yang bersifat mutlak. Di pasar ini juga memungkinkan terjadinya ketidakadilan terhadap para penjual yang sama-sama berjualan di pasar tersebut.

Kesimpulan

Pasar monopoli adalah pasar di mana hanya ada satu atau beberapa penjual dengan banyak konsumen. Dalam praktiknya, pelaksanaan monopoli dalam pasar tidak hanya dapat memberikan banyak keuntungan, tetapi juga bisa menyebabkan kerugian bagi pembeli.

Bagi Anda pelaku bisnis yang kesulitan melakukan pembukuan dan pemantauan stok secara real time, Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk efisiensi total pembukuan Anda. Accurate Online memiliki fitur terbaik untuk semua jenis usaha seperti membuat laporan keuangan instan, pemanntauan stok secara real time, perhitungan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Dengan harga yang terjangkau, Accurate Online memahami setiap masalah dalam pembukuan setiap jenis bisnis dan skala usaha, baik UKM sampai perusahaan manufaktur. Tidak Percaya?

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :