Pasar Modal: Pengertian, Fungsi, Sejarah, dan Perannya Bagi Bisnis

Bagi sebagian orang, pasar modal mungkin bukan sesuatu hal atau istilah yang nampak terdengar asing. Namun bagi sebagian yang lainnya, mungkin masih dibutuhkan penjelasan lebih lanjut supaya bisa lebih memahami tentang apa sebenarnya hal yang satu ini.

Nah supaya tidak semakin penasaran, pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang pengertian, fungsi, sejarah, dan peran dari pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga ini.

Apa itu Pasar Modal

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pasar pasar modal, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu tentang definisi atau pengertian dari hal yang satu ini. Di Indonesia sendiri, pengertian mengenai hal yang satu ini diatur oleh oleh UU nomor 8 tahun 1995.

Menurut Undang-undang tersebut, pasar modal diartikan sebagai suatu kegiatan perdagangan efek dan penawaran umum, serta lembaga, perusahaan, maupun profesi yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya. Definisi lainnya yaitu sebuah pasar yang memiliki kegiatan terorganisir dengan jenis perdagangan surat-surat berharga.

Ada banyak sekali surat berharga yang diperdagangkan seperti  saham, obligasi, ekuitas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Surat-surat ini dibuat oleh pemerintah maupun perusahaan swasta dan dalam pelaksanaan perdagangan nya melibatkan sebuah jasa komisioner, perantara, dan juga underwriter.

Baca juga: Apa Itu Pajak Penghasilan Final? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

Fungsi Pasar Modal

Setelah mengetahui definisi nya, sekarang mari ketahui beberapa fungsi yang dimiliki oleh pasar yang satu ini. Setidaknya ada enam fungsi dari pasar modal yang penting diketahui oleh semua orang. Penjelasan dari setiap poinnya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Berfungsi Untuk Menambah Modal Usaha

Fungsi pertama yang wajib diketahui oleh semua orang yaitu sebagai sarana untuk menambah modal usaha. Para pelaku bisnis harus mengetahui hal ini sebab tidak menutup kemungkinan jika di kemudian hari membutuhkan modal usaha tambahan. Selain meminjam ke bank, para pengusaha juga bisa memilih untuk terjun di dalam pasar ini dalam rangka mencari modal.

Jadi perusahaan atau sebuah bisnis bisa menjual sebagian saham nya di tempat ini. Saham yang dijual tersebut nantinya akan dibeli baik oleh masyarakat, suatu lembaga, atau bisa juga oleh pemerintahan. Dari sanalah para pebisnis bisa mendapatkan modal usaha tambahan.  

2. Sebagai Sarana Untuk Pemerataan Pendapatan

Mungkin masih banyak yang belum sadar bahwa salah satu fungsi dari pasar yang satu ini juga adalah untuk pemerataan pendapatan. Jadi dalam jangka waktu tertentu, saham yang telah dibeli oleh masyarakat tersebut akan memberikan sebuah dividen. Nah bagi yang belum tahu, deviden ini merupakan hak pemilik saham jika suatu perusahaan telah memperoleh keuntungan.

Jadi masyarakat yang sebelumnya telah membeli saham akan memperoleh bagi hasil dari keuntungan yang dimiliki perusahaan. Semakin banyak orang yang sadar dengan hal yang satu ini maka diharapkan pendapatan juga akan bisa merata.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

3. Dapat Menjadi Sarana Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi

Para pelaku bisnis atau pengusaha tentunya akan sangat diuntungkan dengan adanya saham yang bisa diperjualbelikan. Dari saham yang telah terjual, maka perusahaan akan mendapatkan suntikan modal. Nah jika modal yang dimiliki sudah meningkat otomatis produktivitas dari perusahaan juga akan meningkat pula. Jadi bisnis yang dijalankan bisa semakin maju.

4. Bisa Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Fungsi dari pasar modal ini memang memiliki efek yang cukup luas. Bahkan bisa dikatakan bahwa efek yang ditimbulkannya juga merupakan efek domino. Selain akan menguntungkan perusahaan dan pemilik saham, rupanya pasar yang satu ini juga bisa membuka untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Hal ini dikarenakan dengan suntikan modal yang didapatkan oleh perusahaan, maka aktivitas dari perusahaan itu sendiri juga akan meningkat. Nah seiring peningkatan aktivitas yang terjadi pasti membutuhkan tenaga kerja yang baru. Jadi tidak salah jika dikatakan bahwa salah satu fungsinya untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca juga: Apa itu ROI? Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Menghitungnya

5. Berfungsi Untuk Meningkatkan Pendapatan Negara

Nah fungsi selanjutnya yaitu dapat meningkatkan pendapatan negara. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab pemerintah akan menerima pajak dari dividen yang dibagikan perusahaan kepada pemilik atau pemegang saham. Nah dari sana otomatis pendapatan pemerintah pun bisa meningkat.

6. Sebagai Indikator Perekonomian Suatu Negara

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengukur perekonomian dari suatu negara bisa dilihat dari aktivitas di pasar ini. Semakin banyak transaksi yang terjadi, berarti hal tersebut menandakan bahwa aktivitas perekonomian di negeri tersebut memang baik.

Baca juga: Strategi Penetapan Harga: Cara, Metode, Dan Fungsinya

pasar modal 2

Inilah Sejarah Awal Berdirinya Pasar Modal di Indonesia

Awal abad 19 merupakan permulaan dari aktivitas jual beli saham ataupun obligasi. Bahkan dalam buku Effectengids disebutkan bahwa jual beli efek ini sudah berlangsung sejak tahun 1880. Baru pada tahun 1992 tepatnya tanggal 14 Desember Amserdamse Effectenbueurs membuka cabang bursa efek untuk pertama kalinya di Indonesia yang bertempat di Batavia (Jakarta).

Pasar modal ini merupakan yang tertua keempat untuk tingkat Asia setelah Bombay, Hongkong, dan juga Tokyo. Awal mula kenapa pihak pemerintahan belanda mendirikan bursa efek di Batavia ini karena pada awal abad 19 tersebut berbagai perkebunan sedang dibangun secara besar-besaran.

Agar proses pembangunan bisa berjalan dengan baik, maka pemerintah kolonial Belanda tentu saja membutuhkan modal. Nah salah satu sumber modal yang digunakan saat itu adalah tabungan dari orang-orang Eropa dan juga Belanda yang mempunyai penghasilan di atas rata-rata.

Atas dasar itulah pada tanggal 14 Desember 1912 tersebut resmi berdiri pasar yang satu ini dengan nama Vereniging voor dee Effectenhandel. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia Namanya adalah Asosiasi Perdagangan Efek. Pasar ini terletak di Batavia (Jakarta) dengan efek yang diperjualbelikan berupa saham dan juga obligasi.

Baca juga: Standar Audit: Pengertian Audit dan 10 Standar Lengkapnya

Apa Saja Peran yang Dimiliki Oleh Pasar Modal?

Nah setelah memahami lebih dalam tentang pasar yang satu ini, informasi terakhir yang akan dibagikan pada kesempatan ini yaitu terkait peran nya. Ada beberapa peran dari pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga ini. Beberapa peran yang dimilikinya bisa di simak pada poin di bawah ini.

  • Peran pertama yang dimilikinya yaitu sebagai lembaga perantara keuangan selain Bank.
  • Sarana untuk melakukan transaksi jual beli surat-surat berharga atau saham yang memang legal dan terbuka untuk siapa saja.
  • Menyediakan kesempatan bagi siapa saja yang memiliki modal untuk ikut terlibat dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bisnis. Sebagai ganjarannya, nanti berpeluang untuk memperoleh keuntungan.
  • Para pelaku bisnis bisa mendapatkan dana atau modal tambahan sebagai upaya untuk ekspansi atau memperluas bisnis yang sedang dijalankannya tersebut.
  • Saat akan menjual surat berharga yang dimiliki, para pemegang saham atau pemilik surat berharga akan memperoleh likuiditas.

Baca juga: Mengetahui Lebih Dalam Masalah Pokok Ekonomi Modern

Kesimpulan

Itulah informasi seputar pasar modal yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya. Setelah membaca artikel ini diharapkan siapa pun sudah tidak bingung lagi jika suatu saat ditanya mengenai hal yang satu ini. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran umum bagi saja yang memang tertarik untuk terjun dan mendalami bidang yang satu ini secara lebih dalam.

Jika Anda berencana membuat usaha Anda melantai di pasar modal, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pembukuan sesuai standar pada bisnis dan mampu membuat laporan keuangan yang berisi informasi keuangan bisnis yang faktual dan bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk memudahkan kedua hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan oleh siapun.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia