Pengertian RTGS dan 8 Manfaat Pentingnya dalam Transaksi Keuangan

oleh | Sep 22, 2023

source envato.

Pengertian RTGS dan 8 Manfaat Pentingnya dalam Transaksi Keuangan

Dalam era globalisasi seperti saat ini, di mana perputaran dana dan transaksi finansial semakin kompleks, kecepatan dan ketepatan dalam penyelesaian transaksi menjadi aspek krusial yang tidak dapat diabaikan. Dalam konteks ini, RTGS atau Real-Time Gross Settlement muncul sebagai pilar utama dalam sistem perbankan modern yang menghubungkan efisiensi dengan kelancaran transaksi finansial.

RTGS merupakan suatu sistem penyelesaian transaksi yang memungkinkan transfer dana antarbank secara instan dan individual. Sistem ini telah menjelma bukan hanya sebagai alat teknis, melainkan fondasi yang mendukung arsitektur transaksi finansial pada tingkat yang lebih tinggi.

Dalam konsep RTGS, setiap transaksi akan dianggap sebagai entitas tunggal (gross) yang diselesaikan secara instan dan tanpa penundaan. Hal ini menjadikan RTGS sebagai solusi efektif dalam mengurangi risiko kredit dan likuiditas, sekaligus meminimalisir potensi kerugian akibat fluktuasi pasar.

Dengan demikian, RTGS memainkan peran penting dalam menjamin integritas sistem finansial secara keseluruhan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang RTGS atau Real-Time Gross Settlement, menganalisis mekanisme kerjanya, manfaat yang dihadirkan, serta dampaknya terhadap berbagai sektor ekonomi.

Pengertian RTGS

Pengertian RTGS

ilustrasi Real-Time Gross Settlement. source envato

Bersumber dari laman Investopedia, Real-Time Gross Settlement atau RTGS adalah suatu sistem pembayaran elektronik yang digunakan oleh bank-bank dan lembaga keuangan untuk melakukan transfer dana secara instan dan individu antarbank.

Dalam sistem ini, setiap transaksi dianggap sebagai entitas tunggal (gross), dan penyelesaiannya dilakukan secara waktu nyata (real-time) serta tanpa penundaan.

Prinsip utama Real-Time Gross Settlement adalah mengirimkan dana dari rekening pengirim ke rekening penerima secara segera dan dengan jumlah yang tidak dikurangi oleh biaya atau potongan, sehingga memastikan transparansi dan akurasi dalam proses tersebut.

Real-Time Gross Settlement berfungsi sebagai alternatif yang lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan sistem kliring tradisional, di mana transaksi dikumpulkan dan dihitung bersama sebelum diselesaikan dalam beberapa waktu tertentu.

Dalam Real-Time Gross Settlement, setiap transaksi diinisiasi secara individu dan langsung menghasilkan perubahan saldo di rekening masing-masing pihak terlibat.

Kelebihan utama Real-Time Gross Settlement adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko kredit dan likuiditas, serta meminimalisir potensi risiko pasar karena transaksi diselesaikan secara segera dan tidak tergantung pada waktu tertentu.

Hal ini membuat Real-Time Gross Settlement menjadi pilihan yang populer dalam penyelesaian transaksi besar-besaran, seperti transaksi valuta asing, perdagangan saham, dan pembayaran utang antarbank.

Sistem Real-Time Gross Settlement umumnya dioperasikan oleh bank sentral atau otoritas keuangan yang mengawasi sistem pembayaran dalam suatu negara.

Meskipun biaya transaksi Real-Time Gross Settlement mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, manfaatnya dalam hal keamanan, efisiensi, dan penyelesaian yang cepat menjadikannya pilihan yang unggul bagi transaksi-transaksi finansial yang membutuhkan kepastian waktu dan ketepatan.

Dengan perkembangan teknologi dan integrasi pasar global, Real-Time Gross Settlement semakin menjadi pilar penting dalam infrastruktur finansial modern, membantu memfasilitasi pergerakan dana lintas batas dan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran secara keseluruhan.

Baca juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, dan Jenis-jenisnya

Mekanisme Kerja RTGS

Mekanisme Kerja RTGS (Real-Time Gross Settlement)

ilustrasi Real-Time Gross Settlement. source envato

RTGS atau Real-Time Gross Settlement bekerja sebagai sistem pembayaran elektronik yang memungkinkan transfer dana antarbank secara instan dan individu. Berikut adalah mekanisme kerja RTGS secara umum:

1. Inisiasi Transaksi

Proses dimulai ketika suatu pihak menginisiasi transaksi untuk mentransfer dana ke pihak lain. Transaksi ini dapat berasal dari berbagai jenis aktivitas, seperti pembayaran perdagangan internasional, transfer antarbank, atau penyelesaian transaksi saham.

2. Verifikasi dan Otorisasi

Setelah inisiasi dilakukan, transaksi tersebut akan melewati proses verifikasi dan otorisasi yang dilakukan oleh pihak yang berwenang, seperti bank pengirim.

Verifikasi ini termasuk memastikan ketersediaan dana yang cukup di rekening pengirim serta pemeriksaan data transaksi untuk memastikan keakuratan informasi.

3. Pemrosesan dan Penyelesaian

Setelah verifikasi dan otorisasi, transaksi diproses dalam sistem Real-Time Gross Settlement. Sistem akan mengirimkan instruksi untuk mengurangi saldo di rekening pengirim dan menambah saldo di rekening penerima dengan jumlah yang sesuai dengan nilai transaksi.

Perlu digaris bawahi bahwa dalam Real-Time Gross Settlement, setiap transaksi dianggap sebagai entitas tunggal (gross) dan diselesaikan secara individu.

4. Penyelesaian Real-Time

Salah satu fitur utama Real-Time Gross Settlement adalah penyelesaiannya dalam waktu nyata (real-time). Artinya, transaksi diselesaikan segera setelah instruksi diproses dan otorisasi diberikan. Tidak ada penundaan atau pengumpulan transaksi yang dilakukan sebelumnya seperti pada sistem kliring tradisional.

5. Konfirmasi dan Notifikasi

Setelah penyelesaian, baik bank pengirim maupun penerima akan menerima konfirmasi transaksi yang meliputi rincian transaksi, waktu penyelesaian, dan informasi terkait lainnya. Sehingga akan memastikan kedua belah pihak memiliki bukti transaksi yang sah.

6. Pelaporan dan Rekonsiliasi

Setiap bank yang terlibat dalam transaksi RTGS biasanya melakukan pelaporan dan rekonsiliasi secara berkala untuk memastikan kesesuaian antara transaksi yang dicatat oleh masing-masing pihak.

7. Akuntansi dan Pelacakan

Setelah transaksi diselesaikan, informasi terkait transaksi akan dimasukkan ke dalam akuntansi masing-masing bank. Informasi ini juga dapat digunakan untuk pelacakan dan pemantauan transaksi oleh otoritas yang berwenang.

Mekanisme kerja RTGS sangat penting dalam memastikan transfer dana yang akurat, aman, dan cepat antarbank.

Dengan memungkinkan penyelesaian transaksi secara instan dan individu, RTGS berkontribusi pada efisiensi dan stabilitas dalam sistem pembayaran dan transaksi finansial secara keseluruhan.

Baca juga: Apa itu Sistem Pembayaran Digital? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Manfaat RTGS

Manfaat RTGS (Real-Time Gross Settlement)

ilustrasi Real-Time Gross Settlement. source envato

RTGS atau Real-Time Gross Settlement memberikan berbagai manfaat penting bagi sistem pembayaran dan transaksi finansial secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang mampu dihadirkan oleh Real-Time Gross Settlement:

1. Kecepatan dan Penyelesaian Waktu Nyata

Salah satu manfaat utama RTGS adalah penyelesaian transaksi dalam waktu nyata (real-time). Sehingga memungkinkan transfer dana antarbank untuk diselesaikan secara instan dan mengurangi risiko serta penundaan dalam penyelesaian transaksi.

Hal ini khususnya penting dalam transaksi yang memerlukan kepastian waktu, seperti perdagangan saham dan valuta asing.

2. Akurasi dan Ketepatan

Dalam RTGS, setiap transaksi dianggap sebagai entitas tunggal (gross) yang ditangani secara individu. Sehingga akan mengurangi kemungkinan kesalahan dan memastikan akurasi dalam transfer dana. Penyelesaian transaksi yang tepat dan akurat berkontribusi pada kepercayaan dan integritas sistem pembayaran.

3. Meminimalisir Risiko Kredit dan Likuiditas

Dengan penyelesaian transaksi dalam waktu nyata, risiko kredit dan likuiditas dapat dikurangi. Para pihak yang terlibat dalam transaksi dapat memastikan bahwa dana yang diterima adalah dana yang valid dan telah ada di rekening, sehingga akan mengurangi risiko gagal bayar.

4. Meminimalisir Risiko Pasar

Karena transaksi diselesaikan secara instan, maka tidak ada risiko fluktuasi pasar yang dapat mempengaruhi nilai transaksi antara waktu inisiasi dan penyelesaian. Hal ini akan mengurangi potensi kerugian akibat perubahan harga pasar.

5.  Meningkatkan Keamanan

RTGS menggunakan teknologi modern untuk memastikan keamanan transaksi. Identifikasi dan otorisasi yang ketat diterapkan untuk memastikan bahwa transaksi hanya dilakukan oleh pihak yang sah.

6. Meningkatkan Efisiensi

RTGS akan membantu meningkatkan efisiensi dalam sistem pembayaran dan transaksi finansial secara keseluruhan. Dibandingkan dengan sistem kliring tradisional yang memerlukan penumpukan dan penundaan transaksi, Real-Time Gross Settlement mengurangi biaya administratif dan operasional yang terkait dengan penyelesaian transaksi.

7. Fasilitasi Transaksi Lintas Batas

RTGS memungkinkan transfer dana lintas batas dengan cepat dan akurat. Hal ini mendukung perdagangan internasional dan aliran dana lintas negara dengan lebih lancar.

8. Meningkatkan Pengawasan dan Rekonsiliasi

Dengan penyelesaian transaksi secara real time, maka setiap bank dan otoritas yang berwenang dapat dengan lebih mudah melakukan pengawasan dan rekonsiliasi terhadap transaksi yang terjadi.

Dukungan terhadap Inovasi Finansial: RTGS mendukung pengembangan layanan finansial baru dan inovatif. Kecepatan dan keandalannya membuka pintu bagi pengembangan produk dan layanan yang memanfaatkan transfer dana instan.

Dengan manfaat-manfaat ini, Real-Time Gross Settlement telah menjadi bagian integral dari infrastruktur pembayaran modern dan memainkan peran penting dalam memfasilitasi transaksi finansial yang efisien dan aman.

Baca juga: Apa itu Electronic Payment? Ini Pengertian dan Kelebihan di Dalamnya

Dampak RTGS pada Perekonomian

Dampak RTGS pada Perekonomian

ilustrasi Real-Time Gross Settlement. source envato

Pengenalan dan implementasi RTGS (Real-Time Gross Settlement) memiliki dampak yang signifikan pada perekonomian suatu negara. Berikut adalah beberapa dampak utama yang bisa terjadi akibat adopsi RTGS:

1. Efisiensi Transaksi Finansial

RTGS memungkinkan penyelesaian transaksi secara instan dan individu, mengurangi waktu penyelesaian dan potensi kesalahan. Dampaknya adalah peningkatan efisiensi dalam aliran dana dan transaksi finansial, yang pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi.

2. Stabilitas Sistem Keuangan

Dengan penyelesaian transaksi secara realtime, maka risiko kredit dan likuiditas dapat dikurangi. Hal ini membantu menjaga stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan dan mengurangi kemungkinan terjadinya krisis finansial akibat gagal bayar atau likuiditas yang rendah.

3. Meningkatkan Kepercayaan

Kemampuan Real-Time Gross Settlement dalam memastikan penyelesaian transaksi yang akurat dan cepat dapat meningkatkan kepercayaan para pelaku ekonomi terhadap sistem pembayaran dan transaksi finansial. Sehingga dapat mendorong lebih banyak transaksi dan investasi di dalam negeri.

4. Fasilitasi Perdagangan Internasional

RTGS memfasilitasi transfer dana lintas batas dengan cepat dan akurat. Hal ini dapat membantu perdagangan internasional dengan memungkinkan pembayaran dan penyelesaian transaksi lebih cepat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan aliran barang dan jasa lintas negara.

5. Pengurangan Biaya Transaksi

Meskipun biaya transaksi Real-Time Gross Settlement mungkin lebih tinggi daripada metode pembayaran lainnya, efisiensi yang dihasilkan oleh penyelesaian transaksi instan dapat mengurangi biaya administratif dan operasional dalam jangka panjang.

6. Pendorong Inovasi Finansial

Adopsi RTGS dapat merangsang inovasi dalam layanan finansial. Kecepatan dan keandalan RTGS memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan produk dan layanan finansial baru yang memanfaatkan transfer dana instan.

7. Peningkatan Akses Keuangan

RTGS dapat memperluas akses ke layanan keuangan bagi berbagai segmen masyarakat. Transfer dana yang dilakukan instan dapat mendukung layanan seperti pembayaran digital dan layanan keuangan berbasis teknologi yang memberikan manfaat kepada masyarakat yang sebelumnya sulit dijangkau oleh sistem keuangan tradisional.

8. Pelacakan dan Pengawasan yang Lebih Baik

RTGS memudahkan pengawasan dan pelacakan transaksi oleh bank sentral dan otoritas yang berwenang. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah atau risiko sistematis yang dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi.

9. Peningkatan Keamanan

Implementasi Real-Time Gross Settlement seringkali memperkuat keamanan transaksi finansial karena adanya protokol otentikasi yang ketat dan pelacakan transaksi yang lebih baik.

10. Efek Jangka Panjang

Dalam jangka panjang, adopsi RTGS dapat membentuk lingkungan transaksi yang lebih transparan, efisien, dan aman. Hal ini dapat membentuk ekosistem finansial yang lebih tangguh dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa dampak Real-Time Gross Settlement pada perekonomian juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti kondisi ekonomi makro, kebijakan moneter, dan regulasi keuangan yang ada di negara tersebut.

Baca juga: Memahami Prinsip Kerja dan Manfaat Financial Management Bagi Bisnis

Penutup

RTGS (Real-Time Gross Settlement) memiliki peran yang sangat penting dalam transformasi sistem pembayaran dan transaksi finansial modern. Dengan penyelesaian transaksi dalam waktu nyata dan tanpa penundaan, RTGS membawa sejumlah manfaat dan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian.

Kecepatan, akurasi, dan efisiensi yang dihadirkan oleh RTGS telah mengubah cara transaksi finansial dilakukan, membentuk landasan yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dampak Real-Time Gross Settlement yang dapat dirasakan meluas dari peningkatan efisiensi transaksi finansial hingga mendukung stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan.

Kepercayaan para pelaku ekonomi terhadap sistem pembayaran dan transaksi finansial ditingkatkan, membuka pintu bagi lebih banyak peluang investasi dan pertumbuhan. Dalam konteks perdagangan internasional, RTGS menjadi pendorong bagi aliran barang dan jasa lintas negara yang lebih lancar.

Selain itu, Real-Time Gross Settlement juga mendorong inovasi dalam layanan finansial dengan memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan produk dan layanan baru yang memanfaatkan transfer dana instan.

Selain manfaat ekonomi, RTGS juga membawa dampak sosial dengan memperluas akses ke layanan keuangan bagi masyarakat yang sebelumnya sulit dijangkau.

Namun, implementasi Real-Time Gross Settlement juga perlu dikelola dengan bijak, mengingat potensi tantangan dan risiko yang mungkin muncul. Meskipun biaya transaksi mungkin lebih tinggi, manfaat jangka panjang dalam hal efisiensi dan stabilitas jauh lebih besar.

Nah, terkait biaya transaksi ini, tentu Anda harus bisa mencatat biaya tersebut secara efektif dan efisien. Solusinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pengguna ini mampu mencatat biaya transaksi Anda secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Terlebih lagi, berbagai fitur yang saling terintegrasi di dalamnya akan sangat memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis.

Masih ragu? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30, Gratis!

ekonomikeuanganbanner
sidebarPromo
Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait