Apa itu Sistem Pembayaran Digital? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Hingga saat ini, beberapa orang masih ada yang kebingungan terkait sistem pembayaran digital. Hal tersebut patut dimaklumi karena metode pembayaran yang satu ini memiliki keterkaitan yang erat dengan bisnis teknologi modern.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui berbagai sistem pembayaran digital, kali ini kami akan membahasnya secara ringkas untuk Anda.

Apa Itu Sistem Pembayaran Berbasis Digital?

Sistem pembayaran digital, atau yang umumnya dikenal dengan pembayaran online atau elektronik, adalah suatu proses transfer nilai dari suatu akun pembayaran ke akun pembayaran lainnya dengan menggunakan perangkat digital seperti sistem POS, smartphone, atau menggunakan komunikasi digital, seperti komputer atau data nirkabel seluler.

Sedangkan pengertian sistem pembayaran digital secara umum adalah pembayaran yang dilakukan dengan metode transfer bank, kartu pembayaran, atau uang digital.

Jadi, pembayaran digital adalah jenis pembayaran yang sifatnya cashless, paperless, dan juga contactless. Kehadiran teknologi seperti mesin elektronik atau AI sudah membantu dunia dalam menerima pertukaran transaksi yang lebih nyaman.

Berdasarkan suatu penelitian di tahun 2020 lalu, jumlah orang yang telah menggunakan sistem pembayaran online telah meningkat sebanyak 5,4%. Sehingga, pasar pembayaran sudah tumbuh dengan sangat pesat dan sudah banyak penduduk yang akrab dengan sistem pembayaran tersebut.

Walaupun kami bisa menjelaskan sistem pembayaran elektronik, tapi pada dasarnya tidak ada pengertian pasti tentang pembayaran digital yang bisa diterima secara umum. Pasalnya, pembayaran ini bisa dilakukan sebagian atau secara penuh.

Contoh dari pembayaran digital sebagian adalah pembayaran yang mana pihak pelanggan dan penjual menggunakan uang tunai melalui pihak agen ketiga, dengan penyedia melakukan transfer bank digital.

Sedangkan contoh pembayaran digital secara penuh adalah pelanggan yang membayar produk secara digital pada agen yang mau menerimanya secara digital, namun penjual mendapatkan pembayaran secara tunai dari agen tersebut.

Baca juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, dan Jenis-jenisnya

Jenis-jenis Sistem Pembayaran Digital

Berikut ini adalah berbagai jenis sistem pembayaran digital:

1. Kartu Perbankan

Sejak dulu, masyarakat Indonesia sudah banyak yang memanfaatkan kartu perbankan, seperti kartu kredit atau kartu debit, sebagai pilihan pembayaran. Metode pembayaran digital melalui kartu perbankan ini sudah diperkenalkan sejak tahun 80-an di Indonesia.

Metode ini memang lebih disukai karena beberapa alasan, terutama karena adanya kenyamanan, keselamatan, keamanan, dan portabilitas di dalamnya.

Jenis metode pembayaran ini paling terkenal dalam kegiatan transaksi online dan transaksi fisik. Sekarang, sudah banyak aplikasi yang mampu menyediakan fasilitas tersebut.

2. Dompet Digital

Sama seperti namanya, dompet digital adalah suatu dompet di mana Anda bisa membawa uang tunai dalam bentuk digital.

Para pelanggan seringkali menghubungkan rekening banknya dengan dompet digital agar bisa mempermudah mereka dalam melakukan transaksi digital. Cara lainnya untuk menambahkan saldo dana ke dompet digital adalah dengan transfer uang.

Kini, sudah banyak bank yang menyediakan fasilitas dompet digital. Berbagai perusahaan swasta terkenal pun sudah banyak yang menyediakan fasilitas tersebut, contohnya saja seperti Gopay, Shopeepay, DANA, OVO, dan lain sebagainya.

3. Terminal POS

Sistem POS dikenal sebagai suatu segmen atau lokasi dimana terjadinya penjualan. Terminal POS dianggap sebagai kasir di toko atau mall tempat pembayaran dilakukan.

Jenis mesin POS yang paling umum adalah kartu kredit dan debit, yang mana pelanggan bisa melakukan pembayaran hanya dengan menggesekkan kartu dan memasukkan PIN nya saja.

Terminal POS adalah suatu terminal yang bekerja melalui smartphone atau tablet dan sistem virtual POS adalah terminal yang memanfaatkan aplikasi berbasis web untuk memproses pembayaran.

4. Internet Banking

Internet banking atau e-banking atau perbankan online, adalah suatu metode pembayaran yang bisa membantu nasabah bank tertentu untuk bisa melakukan kegiatan transaksi dan melakukan kegiatan keuangan lainnya melalui situs website bank.

Internet banking ini membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk melakukan ataupun menerima pembayaran dengan cara mengakses situs website bank.

Saat ini, sebagian besar bank yang ada di Indonesia sudah meluncurkan layanan perbankan internet mereka. Ini sudah menjadi sarana pembayaran online yang sangat terkenal. Oleh karenanya, masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengannya.

5. Mobile Banking

Mobile banking adalah kegiatan transaksi atau kegiatan perbankan lainnya yang dilakukan melalui perangkat seluler, umumnya melalui aplikasi seluler bank. Sebagian besar bank saat ini sudah menyediakan aplikasi mobile banking yang bisa digunakan pada smartphone, tablet, atau komputer nasabah.

6. Micro ATM

Micro ATM adalah suatu perangkat BC atau Business Correspondents dalam memberikan layanan perbankan penting pada nasabahnya. Koresponden inilah yang bisa menjadi pemilik toko lokal, yang mana fungsinya adalah sebagai ATM Mikro guna melakukan transaksi secara instan.

Mereka akan memanfaatkan suatu perangkat yang mempermudah melakukan transfer uang melalui rekening bank tertaut hanya dengan mengautentikasi sidik jari Anda.

Koresponden bisnis dalam sistem ATM ini pada dasarnya berguna sebagai bank untuk pelanggan. Jadi, pelanggan tidak lagi perlu melakukan verifikasi keasliannya.

7. Kode QR

Kode QR adalah suatu kode dua dimensi atau kode persegi yang mana didalamnya sudah terisi data penting. Metode pembayaran ini menjadi sangat terkenal karena sangat cepat dan mudah untuk melakukan pertukaran informasi dan mampu mengurangi biaya penerimaan pembayaran secara lebih substansial.

Baca juga: Alat Pembayaran Tunai dan Non Tunai, Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangannya?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang pembayaran digital dan berbagai jenisnya yang harus Anda ketahui sebagai pebisnis.

Namun, seluruh metode pembayaran, baik itu tunai ataupun digital, harus selalu Anda catat dan Anda posting ke laporan keuangan agar Anda bisa membuat keputusan bisnis yang tepat untuk bisnis Anda.

Untungnya, saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi mencatat kegiatan transaksi yang terjadi pada bisnis Anda secara manual. Karena, Accurate Online akan melakukannya secara otomatis dan akan menyajikan pada Anda lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda untuk mengelola dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Ayo segera daftarkan bisnis Anda dan coba gratis Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia