Apa itu Electronic Payment? Ini Pengertian dan Kelebihan di Dalamnya

Pada dasarnya, electronic payment atau e-payment adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan sistem pembayaran secara online melalui suatu aplikasi tertentu.

Dengan menggunakan metode electronic payment ini, maka masyarakat sudah tidak perlu lagi menghadapi berbagai risiko keuangan, dari mulai kerepotan dalam membawa uang tunai ke berbagai tempat, khawatir terjadinya aksi kriminalitas saat membawa uang dalam jumlah yang besar, atau khawatir tidak bisa melakukan transaksi karena uang kertas yang rusak.

Transaksi electronic payment ini tentu berbeda dengan metode pembayaran uang kartal secara fisik. Metode electronic payment akan memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan transaksi secara online. Sehingga, kegiatan berbelanja atau melakukan transaksi bisa dilakukan secara cepat, mudah dan aman walaupun dalam jumlah yang sangat besar.

Tapi, apa itu electronic payment? Baca artikel di bawah ini untuk mendapatkan pengertian dan contoh dari electronic payment.

Apa itu Electronic Payment?

Berdasarkan laman freshbooks, electronic payment adalah suatu sistem pembayaran yang di dalamnya melibatkan teknologi internet sebagai media dalam mengirim uang. Tanpa adanya internet, maka sistem pembayaran electronic payment tidak akan bisa dilakukan. Umumnya, e-payment adalah suatu sistem pembayaran dalam startup modern atau bisnis di era digital.

Bisnis yang bergerak dalam industri teknologi atau startup umumnya akan menjalin kerjasama dengan pihak kedua, seperti financial technology atau lembaga keuangan tertentu agar bisa menyediakan fasilitas e-payment yang tingkat keamanannya telah terjamin.

Baca juga: Apa itu Sistem Pembayaran Digital? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Berbagai Contoh E-Payment

Agar bisa lebih memahami tentang sistem pembayaran electronic payment, maka ada baiknya Anda mengetahui contoh e-payment yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut ini adalah contohnya:

1. Smart Card

Smart card atau kartu pintar termasuk ke dalam electronic payment. Sistem pembayaran ini akan memanfaatkan smart card sejenis dengan kartu ATM atau kartu debit.

Jadi, ketika pengguna smart card sedang melakukan transaksi atau berbelanja, maka jumlah saldo uang yang terdapat di dalam smart card akan berkurang sesuai dengan nominal harga barang.

Namun, sistem pembayaran e-payment ini memerlukan mesin debit yang dibuat secara khusus untuk penggunaan smart card. Kelebihannya, smart card mampu melacak transaksi keuangan yang pernah dilakukan, termasuk informasi pengguna dan rincian transaksinya.

2. E-Check

E-check adalah sistem pembayaran electronic payment yang diklaim inovatif. Sama seperti namanya, e-check adalah cek dalam bentuk elektronik atau digital. Dengan menggunakan jenis cek ini, maka Anda bisa melakukan e-payment untuk melakukan berbagai transaksi.

Selai itu, e-check juga bisa untuk mencairkan dana tunai dari beberapa bank tertentu, sesuai dengan nominal yang tertera pada cek elektronik tersebut.

Fasilitas yang ditawarkan pada jenis e-payment ini adalah paperless atau mengurangi penggunaan kertas. Jika sebelumnya cek masih dalam bentuk lembaran kertas yang sangat mudah sobek ataupun tercecer, maka e-check akan jauh lebih aman dan juga praktis.

Pasalnya, penggunaan electronic payment ini sudah diatur dan juga dilindungi oleh lembaga keuangan seperti kertas cek fisik pada umumnya.

3. E-Wallet

E-wallet adalah dompet digital yang termasuk ke dalam electronic payment. Karena, dengan menggunakan e-wallet, Anda bisa melakukan sistem pembayaran seperti mengantongi uang tunai di dalam dompet.

Anda hanya harus mengisi saldo e-wallet atau top up saldo e-wallet dari bank secara online. Lalu saat Anda ingin melakukan transaksi, Anda hanya harus melakukan transaksi melalui sistem pembayaran e-payment ini.

Anda juga tidak lagi harus repot-repot membawa dompet yang tebal dan berisiko dijambret atan memancing aksi kriminalitas. Dengan menggunakan e-wallet, Anda jadi bisa lebih santai tanpa membawa dompet. Cukup dengan membawa smartphone untuk melakukan transaksi saja.

4. Payment Card

Payment card adalah sistem pembayaran berbasis kartu elektronik, seperti kartu kredit atau kartu debit. Kelebihan dari payment card adalah praktis dan juga aman. Walaupun Anda mempunyai uang jutaan, Anda tidak lagi harus repot dan merasa khawatir saat membawanya. Karena, Anda hanya harus membawa satu kartu yang telah berisi banyak saldo.

Kalaupun payment card Anda hilang, Anda bisa secara mudah menelepon pihak bank penerbit dan meminta pemblokiran secara sementara agar bisa mengurus prosedur penggantian kartu yang baru.

5. E-Cash

Contoh e-payment yang terakhir adalah e-cash. Uang elektronik ini dibuat untuk dikirim ke pihak penerima. Jadi, dalam metode ini terdapat nomor rekening berupa nomor telepon pihak penerima.

Jika pada umumnya nomor rekening bank itu sangat panjang dan sangat sulit untuk dihafalkan, maka tentu berbeda dengan nomor telepon. Keluarga, teman atau kerabat hanya harus menyimpan nomor telepon penerima, lalu mengirimkan e-cash atau uang sesuai nominal. Contoh e-cash yang sangat terkenal adalah Bank Mandiri.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang electronic payment, mulai dari pengertian dan contohnya. Sebagai pebisnis, Anda harus bisa meningkatkan sistem pembayaran Anda dengan menggunakan metode ini, sehingga kegiatan transaksi akan semakin mudah dan bisa memanjakan pelanggan Anda.

Nah, aplikasi kasir digital atau sistem POS dari Accurate POS mampu menghadirkan metode pembayaran tersebut. Dengan adanya fitur ini, maka kegiatan untuk memberikan uang kembalian yang memakan waktu bisa dihindari dan antrean di konter kasir pun sudah tidak ada lagi karena kegiatan transaksi bisa dilakukan secara cepat.

Pada akhirnya, sistem ini akan memanjakan pelanggan Anda dan membuat mereka bersedia menjadi pelanggan yang loyal.

Accurate POS pun masih memiliki berbagai fitur lain yang sangat luar biasa, seperti mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, mengelola pelanggan dan karyawan, dan masih banyak lagi.

Ayo coba sendiri berbagai fitur tersebut selama 30 hari dengan mendaftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.