Mengenal Berbagai Jenis Plafon Harga dan Berbagai Contohnya

Plafon harga menjaga biaya untuk produk dan layanan yang diminta agar tidak terlalu tinggi. Pemerintah sering menetapkan pagu harga pada hal-hal penting seperti sewa untuk menjaga harga tetap adil bagi konsumen. Jika Anda bekerja di bidang keuangan atau ekonomi, penting untuk memahami dan memantau batas harga dan hubungannya dengan pasar.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai jenis plafon harga dan contoh nyata tentang cara kerjanya.

Apa itu plafon harga?

Plafon harga adalah harga tertinggi yang dapat dibebankan perusahaan kepada pembeli untuk suatu produk atau layanan. Pemerintah menetapkan harga tertinggi ketika mereka percaya harga keseimbangan (penawaran dan permintaan pasar) untuk suatu barang tidak adil.

Secara hukum, penjual tidak dapat mengenakan biaya lebih dari jumlah plafon. Menetapkan harga maksimum yang dapat dikenakan penjual untuk sesuatu memastikan bahwa sebanyak mungkin orang masih dapat mengaksesnya. Produk atau layanan yang mungkin ditetapkan oleh pemerintah dengan harga tertinggi meliputi:

  • Makanan
  • Air
  • Minyak dan bensin
  • Utilitas
  • Tembakau
  • Tiket acara
  • Tarif angkutan umum
  • Suku bunga

Baca juga: Kebutuhan Tersier: Pengertian, Faktor, dan Contoh Kebutuhan Tersier

Bagaimana cara kerja plafon harga?

Ketika pemerintah (“pengatur”) memutuskan untuk menetapkan batas harga, mereka biasanya mengikuti langkah-langkah dan prinsip berikut:

  • Regulator menetapkan harga maksimum yang mereka yakini dapat diterima untuk produk atau layanan yang diminta.
  • Penjual harus menawarkan produknya dengan harga yang sama atau di bawah jumlah tersebut.
  • Pada saat yang sama, regulator mungkin menetapkan harga dasar (nilai terendah yang dapat ditawarkan penjual pada suatu produk) untuk menjaga harga tetap kompetitif.
  • Regulator meninjau pagu harga secara teratur untuk memastikan masih mewakili penawaran dan permintaan pasar. Misalnya, jika harga keseimbangan meningkat, permintaan mungkin mulai melebihi penawaran, menyebabkan kekurangan barang. Penjual mungkin mengalami kerugian, dan kualitas produk mungkin menurun.
  • Regulator dapat mengubah pagu harga karena permintaan untuk produk tersebut berubah.

Terkadang, pemerintah menetapkan harga tertinggi untuk satu produk atau layanan, seperti air minum kemasan, atau semua produk atau layanan dalam satu kategori, seperti sewa rumah. Either way, tujuan mereka adalah untuk menjaga harga agar tidak naik terlalu cepat dan mencegah pencongkelan harga (memberikan harga sesuatu yang sangat tinggi sehingga ilegal dan tidak adil).

Baca juga: Know Your Customer (KYC): Ini Pengertian dan Tolak Ukur Keberhasilannya

Jenis plafon harga

Tujuan penetapan harga tertinggi adalah untuk menjaga agar pasar tetap kompetitif dan penetapan harga yang adil. Regulator dapat menetapkan tiga jenis pagu harga:

Plafon harga tetap seragam

Ini adalah jenis plafon harga yang paling sederhana. Pemerintah menetapkan harga tetap per item yang berlaku untuk semua penjualan. Harga tersebut tidak sering berubah, sehingga dianggap tetap.

Plafon perubahan harga

Dengan jenis plafon ini, pemerintah dapat menetapkan batasan seberapa cepat harga suatu produk atau layanan dapat meningkat. Hal ini memungkinkan penawaran dan permintaan memiliki pengaruh yang lebih besar pada harga barang tersebut dibandingkan dengan pagu harga tetap. Plafon perubahan harga dapat berupa:

  • Berlaku untuk seluruh pasar: Ini berarti tidak seorang pun dapat menjual barang tersebut dengan harga lebih tinggi dari persentase tertentu dari harga pasar rata-rata terkini. Misalnya, penjual mungkin tidak diizinkan memberi harga produk mereka lebih tinggi dari 7% di atas harga rata-rata bulan sebelumnya.
  • Khusus untuk penjual: Ini berarti regulator membandingkan harga seseorang saat ini menjual sesuatu dengan harga yang mereka jual di masa lalu.
  • Khusus untuk pembeli dan penjual: Ini berarti harga tidak boleh melebihi apa yang telah disepakati oleh pembeli dan penjual (dengan sewa, misalnya). Namun, jika penjual mengadakan perjanjian baru dengan pembeli baru, mereka dapat menetapkan harga yang berbeda.

Plafon keuntungan

Pemerintah dapat mencegah perusahaan menjual produk dengan harga yang jumlah tertentu lebih tinggi daripada biaya untuk memproduksi barang tersebut. Tujuannya adalah untuk mencegah keuntungan yang tidak wajar.

Baca juga: Price Earning Ratio: Pengertian, Tujuan, dan Cara Menghitungnya

Contoh plafon harga

Banyak contoh plafon harga yang ada di dunia sekitar Anda, yang melibatkan segala sesuatu mulai dari makanan yang Anda beli hingga sewa yang Anda bayar. Berikut adalah lima contoh plafon harga nyata:

Kontrol sewa

Pemerintah daerah biasanya membatasi berapa banyak tuan tanah atau pemilik properti dapat membebankan biaya kepada penyewa atau berapa banyak mereka dapat meningkatkan sewa mereka setiap tahun.

Tujuannya adalah untuk menjaga perumahan yang terjangkau bagi mereka yang membutuhkannya. Kota-kota berpenduduk dengan permintaan perumahan yang tinggi, seperti San Francisco, telah menetapkan plafon harga sewa selama beberapa dekade.

Misalnya, di New York City, regulator menetapkan batas harga, atau jumlah sewa maksimum, pada setiap unit rumah berdasarkan biaya pemeliharaan dan pengoperasiannya. Pemilik dapat meningkatkan sewa mereka sebesar 7,5% setiap dua tahun untuk menutupi biaya sampai mereka mencapai batas itu. Regulator dapat menilai kembali dan memperbarui harga sewa maksimum setiap dua tahun untuk memperhitungkan peningkatan biaya operasional.

Air botol

Pada 2012, setelah Badai Sandy melanda Amerika Serikat Timur Laut, New York dan New Jersey menetapkan batas harga untuk barang-barang dasar seperti air minum kemasan dan bensin. Melakukan hal itu mencegah pencongkelan harga dan memungkinkan orang untuk membeli kebutuhan pokok ini selama masa sulit.

Demikian pula, warga New Orleans menyerukan plafon harga air minum kemasan ketika naik lebih tinggi dari $5 per galon setelah Badai Katrina. Namun, pemerintah tidak menetapkannya.

Ride-shares

Beberapa pemerintah, seperti India, telah menetapkan batas harga berapa banyak perusahaan berbagi tumpangan dapat membebankan biaya kepada pelanggan selama jam sibuk. Mereka menetapkan batasan ini sebagai tanggapan terhadap lonjakan harga pada jam sibuk yang membuat penggunaan layanan ini menjadi mahal. Plafon harga juga membantu pengemudi taksi bersaing dengan layanan berbagi tumpangan.

Baca juga: Apa itu Brand Positioning? Berikut Pengertian Lengkap dan Strateginya

Batas gaji

Industri seperti olahraga profesional menetapkan gaji atau batas upah untuk membatasi jumlah uang yang dapat dibayarkan tim kepada para pemainnya. Tujuannya adalah untuk mencegah tim dengan lebih banyak uang untuk mendapatkan pemain terbaik dan mendominasi liga.

Contoh kehidupan nyata plafon harga ini juga membantu menjaga biaya tim secara keseluruhan lebih rendah. Di Indonesia proses ini juga dilakukan dengan menetapan standar gaji pada setiap daerah

Makanan

Banyak negara telah menetapkan batas harga pada produk makanan umum untuk mencegah kenaikan biaya yang begitu tinggi sehingga tidak terjangkau oleh sebagian orang.

Pada tahun 2008, misalnya, pemerintah Meksiko menempatkan kontrol harga pada lebih dari 150 bahan makanan pokok yang dijual di negara itu, termasuk kacang-kacangan, jus, dan minyak. Hal itu terjadi karena harga pangan naik begitu cepat sehingga orang-orang memprotes.

Kesimpulan

Itulah pengertian plafon harga yan bisa Anda ketahui. Jika Anda belum mengetahui lebih jelas tentang plafon harga, mungkin Anda pernah mendengar tentang HET atau harga eceran tertinggi pada produk farmasi atau sejenisnya, karena konsepnya hampir serupa.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang sedang mencari  solusi pembukuan yang mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk pengelolaan akuntansi bisnis yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah terpercaya lebih dari 20 tahun dalam membantu lebih dari 370 ribu pengguna untuk membuat bisnis mereka menjadi jauh lebih baik.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah