Sinking Fund Adalah Salah Satu Dana Khusus yang Berbeda dengan Dana Darurat

Sinking fund adalah salah istilah yang merujuk pada suatu saluran dana yang harus masuk di dalam perencanaan keuangan. Karena, dengan adanya sistem perencanaan yang matang, tentunya akan menjadi suatu aspek penting didalam suatu anggaran keuangan.

Dengan hadirnya sistem perencanaan ini, maka Anda bisa memiliki kesiapan dalam hal finansial untuk menghadapi berbagai kondisi. Jadi, sinking fund adalah salah satu aspek yang tidak boleh terlewatkan dalam perencanaan keuangan.

Tapi, kebanyakan masyarakat masih belum banyak yang paham akan pentingnya sinking fund. Untuk itu, kami akan membahas secara lengkap tentang sinking fund di bawah ini.

Pengertian Sinking Fund Adalah

Jadi, sinking fund adalah dana khusus yang memang disisihkan untuk kebutuhan bisnis di waktu yang akan datang. Namun, tentunya Anda harus bisa menetapkan tujuan yang jelas terlebih dahulu ketika mengumpulkan dana cadangan.

Misalnya, Anda mempersiapkan sinking fund untuk biaya liburan, perbaikan rumah, biaya nikah, ulang tahun, pendidikan, dll.

Sinking fund adalah salah satu cara yang bijak dalam menjaga kesehatan finansial. Kenap? Karena walaupun Anda sudah menyusun suatu anggaran secara terperinci dan juga teratur, terkadang akan ada saja pengeluaran tambahan yang bisa menjadi ancaman untuk pengelolaan finansial Anda.

Tapi, perlu Anda ketahui bahasa sinking fund berbeda dengan dana darurat. Perbedaan utamanya terletak pada kondisi dan juga tujuan dalam menyisihkan uang. Dana darurat hanya bisa digunakan untuk sesuatu yang benar-benar di luar perencanaan Anda.

Misalnya, perusahaan melakukan PHK secara massal, dan ada salah satu anggota keluarga yang sedang sakit dan membutuhkan biaya pengobatan dengan dana yang sangat mahal, nah tentunya dana tersebutlah yang nantinya akan digunakan untuk membiayai pengobatan tersebut.

Baca juga: Cost Plus Pricing, Strategi Penetapan Biaya dengan Banyak Kelebihan

Apa Pentingnya Menyiapkan Sinking Fund?

Sebagian besar dari Anda mungkin masih bertanya-tanya, kenapa harus menyiapkan sinking fund? Apa pentingnya sinking fund tersebut? Harus Anda garis bawahi bahwa tujuan yang paling utama dalam menyiapkan dana sinking fund adalah agar bisa merencanakan pengeluaran untuk waktu yang akan datang.

Dengan kehadiran dana tersebut, maka Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan alokasi dana yang lainnya untuk kebutuhan tertentu.

Selain itu, dengan adanya sinking fund, maka Anda akan lebih terbantu dalam merencanakan pengeluaran dengan jumlah yang sangat besar. Anda bisa melakukannya dengan cara menyisihkan uang Anda sedikit demi sedikit agar mampu mencapai jumlah uang yang Anda inginkan pada waktu yang sudah Anda tentukan.

Selain itu, sinking fund juga akan membantu Anda dalam mewujudkan mimpi besar Anda. Misalnya Anda ingin memiliki mobil baru dan membelinya secara tunai agar tidak menanggung hutang ataupun cicilan perbulannya.

Nah, Anda bisa mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, lalu jika sudah cukup, maka uang tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli mobil baru.

Selain itu, sinking fund juga akan sangat membantu Anda dalam membiayai berbagai keperluan sampingan yang tidak pernah masuk di dalam anggaran bulanan Anda.

Beda Sinking Fund dan Emergency Fund

Secara sekilas, sinking fund memang hampir sama dengan dana darurat, keduanya sama-sama menyisihkan sejumlah uang setiap bulannya agar bisa digunakan untuk waktu yang akan datang. Tapi, keduanya sebenarnya tidak sama.

Sama seperti namanya, dana darurat hanya bisa digunakan untuk kondisi darurat saja, seperti perbaikan mobil yang rusak parah, atau saat Anda kehilangan pekerjaan. Untuk itu, jangan pernah menggunakan dana darurat bila Anda tidak sedang dalam kondisi yang benar-benar darurat.

Fungsi dari dana darurat adalah penyelamat saat Anda mengalami suatu kondisi dan situasi yang sangat tidak menguntungkan.

Sedangkan sinking fund adalah dana yang sengaja Anda sisihkan dan bisa Anda pergunakan untuk berbagai situasi dan kondisi, seperti berlibur, membeli hadiah, ataupun membeli mobil baru.

Sinking Fund dalam Perusahaan

Sinking fund tidak hanya bisa diterapkan untuk finansial pribadi saja, tapi juga bisa diterapkan untuk finansial perusahaan. Namun, tetap dengan tujuan dan juga cara mengumpulkan yang berbeda.

Di dalam perusahaan, sinking fund adalah suatu dana yang disisihkan untuk bisa melunasi hutang ataupun obligasi.

Sinking fund adalah suatu dana yang mampu membantu meringankan beban perusahaan saat jatuh tempo pembayaran hutang sudah tiba. Selain itu, perusahaan juga akan sangat diuntungkan dengan adanya dana ini. Sinking fund mampu membantu keamanan untuk investor yang melakukan pendanaan pada suatu perusahaan.

Lebih dari itu, perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya. Berbagai keuntungan bagi perusahaan yang  menyiapkan sinking fund adalah sebagai berikut:

  • Risiko Default yang Lebih Rendah

Ketidakmampuan suatu perusahaan dalam membayar hutang yang sudah jatuh tempo adalah salah satu penyebab utama yang membuat perusahaan mengalami kondisi default.

Kondisi tersebut tidak hanya bisa merugikan perusahaan, tapi juga bisa merugikan investor jika suatu perusahaan mempunyai sinking fund, maka para investor pun akan sangat merasa aman ketika mengalami kondisi bangkrut atau default

  • Meningkatkan Kredit Perusahaan

Salah satu keuntungan dari sinking fund adalah mampu menurunkan resiko perusahaan dan menjadikannya sebagai elemen keamanan dari perusahaan yang bersangkutan.

Sehingga, kredit perusahaan pun akan meningkat dan tingkat permintaan saham perusahaan pun akan melonjak. Dengan demikian, perusahaan akan lebih mudah dalam mengumpulkan dana untuk waktu yang akan datang.

  • Dampak Finansial Jangka Panjang

Kehadiran sinking fund mampu meningkatkan jumlah kas dan juga keuntungan perusahaan dalam beberapa tahun ke depan. Bial perusahaan mampu mempertahankan performanya tersebut, maka setiap investor pun akan tertarik untuk melakukan pendanaan di perusahaan tersebut.

  • Meringankan Beban Bunga

Melakukan pembayaran hutang dengan menggunakan sinking fund akan mampu memangkas biaya pengeluaran perusahaan dalam membayar bunga.

Bunga hutang adalah suatu biaya yang sangat memberatkan beban finansial perusahaan, dan bukan tidak mungkin akan mampu menempatkan perusahaan dalam kondisi yang sangat sulit.

Tips Mengumpulkan Sinking Fund

Jika Anda memang belum mempunyai dana sinking fund, tidak ada salahnya untuk mulai menyisihkan dana tersebut mulai saat ini. Berikut ini kami berikan tips dalam mengumpulkan sinking fund.

1. Membuat Daftar Kebutuhan di Masa Depan

Jumlah dana yang harus Anda sisihkan setiap bulan dan tujuan akhir yang harus Anda capai akan sangat tergantung pada keinginan Anda. Untuk itu, buat dan tulislah daftar kebutuhan Anda ketika ingin mengumpulkan sinking fund. Pada dasarnya, sinking fund adalah dana yang dibuat agar bisa memenuhi kebutuhan senang-senang Anda.

2. Menentukan Target Jumlah Sinking Fund

Jika sudah berhasil membuat daftar kebutuhan, maka selanjutnya Anda harus menetapkan jumlah sinking fund. Agar dana sinking fund  bisa terkumpul secara efektif, maka Anda harus melakukan estimasi seakurat mungkin. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra ketika menggunakan dana cadangan.

3 Menetapkan Jumlah Uang yang Dikumpulkan Untuk Per Bulan

Jika Anda sudah mengetahui nominal target dana yang Anda butuhkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menetapkan jumlah yang harus Anda sisihkan secara rutin dalam setiap bulannya.

Contohnya Anda ingin menyiapkan sinking fund untuk membeli sepeda baru. Tapi dalam menyiapkan kebutuhan ini, Anda membutuhkan dana sebesar 3 juta rupiah. Maka untuk bisa memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa mengatur dan juga menyisihkan tabungan sebanyak 500 ribu rupiah selama 6 bulan lamanya.

4. Menempatkan Sinking Fund dalam Rekening Terpisah

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan sinking fund adalah dengan tidak menyimpannya secara tunai. Anda harus membuat satu rekening khusus untuk menyimpan sinking fund. Itu artinya, Anda harus menyimpan sinking fund pada rekening terpisah.

Hal tersebut sangatlah penting agar bisa meminimalisir kemungkinan digunakan untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fasilitas transfer otomatis agar proses pengumpulan dana sinking fund berjalan dengan lancar.

Baca juga: Belanja Modal Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Penutup

Jadi, sinking fund adalah suatu konsep keuangan yang sangat penting untuk dipahami, baik itu untuk perorangan maupun untuk perusahaan. Dana khusus yang Anda sisihkan setiap bulan ini akan mampu memberikan manfaat yang tidak dimiliki oleh tabungan utama Anda.

Namun, agar bisa memudahkan Anda dalam menyusun anggaran keuangan perusahaan, khususnya dalam melakukan pembukuan laporan keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online agar bisa membuat laporan secara lebih mudah.

Accurate Online akan memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan, di dalamnya Anda hanya harus memasukan data transaksi yang sedang terjadi, sehingga seluruh laporan keuangan Anda akan tersaji secara real time.

Anda bisa langsung mencoba Accurate Online saat ini juga secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini. accurate 3 banner bawah