10 Tips Agar Menjadi Lebih Berorientasi pada Tujuan di Tempat Kerja

Berorientasi pada tujuan adalah kualitas pribadi yang berharga yang dapat menghasilkan hasil yang berdampak dalam karir Anda. Tidak peduli level, jabatan, atau industri Anda, penting untuk mempelajari kemampuan untuk menavigasi proses penetapan tujuan, meninjau kemajuan Anda, dan merevisi strategi Anda.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi cara Anda dapat mengadopsi pola pikir yang berorientasi pada tujuan dan meningkatkan keterampilan Anda untuk mencapai tujuan.

Apa yang Dimaksud dengan Berorientasi pada Tujuan?

Berorientasi pada tujuan berarti Anda fokus untuk mencapai atau menyelesaikan tugas tertentu untuk mencapai hasil yang direncanakan. Orang yang berorientasi pada tujuan didorong dan dimotivasi oleh tujuan.

Juga dikenal sebagai didorong oleh tugas atau hasil, seseorang yang berorientasi pada tujuan menggunakan target untuk tetap termotivasi dalam pekerjaan mereka.

Profesional yang berorientasi pada tujuan mempraktikkan berbagai keterampilan yang memungkinkan mereka menetapkan tujuan yang realistis, menantang tujuan sederhana, dan melacak kemajuan mereka. Beberapa keterampilan dan kualitas yang membantu individu yang berorientasi pada tujuan berhasil meliputi:

Perencanaan dan organisasi: Anda dapat merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai setiap tujuan, mengatur tugas dalam urutan yang logis, dan mengumpulkan sumber daya yang Anda butuhkan sehingga mudah diakses.

  • Kepositifan: Perspektif optimis dapat membantu Anda fokus pada solusi atas masalah, meningkatkan kepercayaan diri, dan mendukung produktivitas saat bekerja menuju tujuan.
  • Kesadaran diri: Beberapa strategi penetapan tujuan mengharuskan Anda untuk memahami kekuatan Anda dan mengidentifikasi area perbaikan. Kesadaran ini dapat membantu Anda dalam mencari hasil yang memengaruhi kesuksesan Anda.
  • Pengambilan keputusan: Mungkin ada tugas yang lebih mendesak atau vital untuk tujuan Anda. Anda mungkin perlu meninjau opsi, mengantisipasi hasil, dan memutuskan tugas mana yang perlu Anda selesaikan dan dalam urutan apa.
  • Manajemen waktu: Tetapkan tenggat waktu yang jelas untuk memastikan Anda membuat kemajuan pada tujuan Anda. Anda dapat menggunakan penjadwalan atau manajemen kalender untuk menetapkan sendiri pencapaian jangka pendek yang mengarah pada pencapaian tujuan jangka panjang.
  • Analisis: Anda dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan penilaian untuk menetapkan tujuan, menjadwalkan tenggat waktu, dan menyesuaikan proses Anda agar seefektif mungkin dalam mencapai tujuan Anda.

Kiat untuk Berorientasi pada Tujuan di Tempat Kerja

Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dalam menetapkan dan mencapai tujuan dengan mencoba beberapa metode baru untuk organisasi, motivasi, dan manajemen waktu. Gunakan tips ini untuk membantu Anda lebih berorientasi pada tujuan di tempat kerja:

1. Pisahkan tujuan yang lebih besar menjadi tindakan yang lebih kecil

Setelah menentukan tujuan dan garis waktunya, jadwalkan tindakan yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas itu. Anda dapat mencoba membagi tujuan menjadi beberapa tahap dan membuat urutan tindakan yang harus diselesaikan untuk mencapainya.

Jadwal ini dapat membantu Anda mengelola daftar tugas harian dan membuat Anda tetap bekerja untuk mencapai tujuan. Bagilah setiap tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan dapat dikelola yang dapat Anda selesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

Misalnya, daripada memiliki tujuan untuk menyerahkan laporan pada akhir minggu, Anda dapat membaginya menjadi mengirim email ke rekan tim Anda pada hari Senin, mengumpulkan data pada hari Selasa, mengatur materi menjadi beberapa bagian pada hari Rabu dan seterusnya. Setiap langkah kecil akan membuat tujuan yang lebih besar lebih mudah untuk dicapai.

Baca juga: Strategic Leadership: Pengertian, Keterampilan, Dan Cara Menjadi Pemimpin Strategis

2. Rencanakan waktu Anda

Berorientasi pada tujuan berarti memprioritaskan dan menyelesaikan hanya tugas-tugas yang akan membantu Anda lebih dekat untuk mencapai tujuan tertentu. Anda dapat menggunakan kalender, daftar tugas, dan pengingat digital untuk melacak kemajuan Anda di sepanjang jalan. Berikut adalah beberapa cara tambahan untuk merencanakan waktu Anda di sekitar tujuan Anda:

Pilih hanya beberapa tugas untuk diselesaikan setiap hari

Memiliki sejumlah hal untuk difokuskan setiap hari dapat membuat tugas Anda lebih mudah dikelola. Sebelum Anda meninggalkan pekerjaan, cobalah untuk membuat daftar lima tugas yang ingin Anda selesaikan keesokan harinya.

Anda dapat menempatkan tugas-tugas kecil, seperti mengirim email, di daftar Anda untuk menunjukkan kemajuan Anda dan merasakan kepuasan menyelesaikan item dalam agenda Anda. Strategi perencanaan ini dapat membantu Anda bersantai di malam hari dan memulai hari berikutnya dengan siap untuk mengerjakan tujuan Anda.

Rencanakan ke depan

Selain paket harian, Anda juga dapat membuat paket mingguan dan bulanan. Rencana ini paling baik untuk tujuan jangka panjang yang membutuhkan banyak tugas yang tersebar dalam beberapa hari. Anda dapat menggunakan garis besar tujuan jangka panjang ini untuk memilih tugas harian Anda dan menjadwalkan minggu kerja Anda.

Coba gunakan strategi persiapan yang sama yang Anda gunakan untuk tugas sehari-hari. Luangkan waktu di akhir minggu Anda untuk meninjau pencapaian minggu sebelumnya dan menetapkan tenggat waktu dan tanggung jawab baru.

Ikuti proses ini di akhir setiap bulan, kuartal, atau tahun untuk melacak kemajuan Anda, dan perbaiki strategi Anda seperlunya.

Gunakan alat

Anda dapat meningkatkan strategi persiapan Anda dengan menggunakan kalender atau vision boards untuk menunjukkan cakupan tujuan Anda. Tempatkan alat-alat ini, bersama dengan daftar tugas atau program pengingat digital Anda, di tempat-tempat di mana Anda mungkin sering melihatnya untuk mengingatkan diri Anda tentang apa yang ingin Anda capai.

Baca juga: Ingin Mempelajari Keterampilan Baru? Berikut 5 Langkahnya

3. Atur tugas berdasarkan prioritas

Saat Anda membuat rencana harian, mingguan atau bulanan, coba perhatikan juga tugas mana yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Miliki sistem yang mengingatkan Anda tentang apa yang harus dikerjakan dalam urutan apa.

Anda dapat mengatur berdasarkan tanggal jatuh tempo, lamanya waktu penyelesaian, tingkat kesulitan atau cara lain yang dapat membantu Anda tetap termotivasi dan terus bekerja pada tujuan Anda.

Salah satu pilihan yang baik adalah memprioritaskan tugas Anda terlebih dahulu berdasarkan urgensi, kemudian dengan kompleksitas dan komitmen waktu—Anda mungkin lebih suka menyelesaikan tugas yang tidak terlalu rumit dan membutuhkan waktu lebih dulu.

4. Tulis semuanya

Bagi sebagian orang, menuliskan informasi di atas kertas meningkatkan kemampuan mereka untuk mengingat hal-hal penting, seperti tugas atau tujuan yang lebih besar.

Kalender dan daftar digital seringkali sudah sangat baik, tetapi Anda juga dapat mencoba secara fisik menuliskan daftar tugas, pemikiran, dan informasi terkait tujuan lainnya. Anda dapat menggunakan buku catatan untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan dan menguraikan tujuan Anda. Ada juga banyak jenis perencana fisik yang dapat membantu Anda tetap teratur dan fokus.

5. Coba strategi hemat waktu

Tetap produktif sepanjang hari kerja Anda adalah bagian penting dari berorientasi pada tujuan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin seperti menyelesaikan tugas-tugas kecil dan sederhana sambil menunggu item lain yang bergantung pada orang lain untuk maju.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk sering, istirahat pendek sepanjang hari kerja Anda untuk mempertahankan produktivitas.

6. Motivasi diri sendiri

Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menindaklanjuti rencana jangka pendek dan jangka panjang dengan menemukan cara yang efektif untuk memotivasi diri sendiri. Cobalah perpaduan motivasi intrinsik dan ekstrinsik untuk membantu Anda tetap fokus pada tujuan Anda.

Motivasi intrinsik adalah ketika Anda melakukan tugas karena itu memuaskan secara pribadi. Anda dapat menemukan motivasi intrinsik dengan menetapkan tujuan yang:

  • Membuatmu bahagia
  • Tingkatkan kesejahteraan Anda
  • Benar-benar menarik minat Anda
  • Berikan tantangan

Motivasi ekstrinsik terjadi ketika Anda menyelesaikan tugas karena Anda ingin mendapatkan hadiah. Jenis motivasi ini bekerja paling baik ketika Anda berencana untuk memberi diri Anda hadiah kecil sepanjang hari. Beberapa penghargaan ekstrinsik mungkin termasuk:

  • Cemilan sehat
  • Berjalan-jalan sebentar
  • Mendapatkan pengakuan dari atasan Anda

Perhatikan hal-hal yang memotivasi Anda sepanjang hari, besar atau kecil, dan integrasikan ke dalam alur kerja Anda. Misalnya, jika Anda menemukan bahwa menyelesaikan tugas-tugas kecil membuat Anda merasa berhasil dan bersemangat, sisihkan waktu setiap pagi untuk melakukan latihan singkat, membaca artikel yang menarik, atau menyelesaikan tugas ringan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Untuk Pemula

7. Kembangkan kebiasaan produktif

Pikirkan tentang kebiasaan apa yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda, dan buat rencana untuk mengembangkan kebiasaan itu menjadi rutinitas. Kebiasaan ini dapat mencakup mulai bekerja pada waktu tertentu setiap hari atau selalu membalas email sebelum Anda meninggalkan kantor. Disiplin diri dapat membantu Anda menggunakan waktu secara lebih efektif dan meningkatkan produktivitas Anda.

Salah satu strategi untuk mengembangkan kebiasaan adalah dengan menggunakan kalender dinding atau meja untuk melacak jumlah hari suatu item diselesaikan. Tempatkan kalender di tempat yang mudah terlihat, dan untuk setiap hari Anda menyelesaikan tindakan yang Anda coba biasakan, gambar ‘X’ besar atau simbol lain. Jika Anda tidak menyelesaikan tindakan suatu hari, ‘X’ yang hilang akan menarik perhatian Anda ke sana, dan membantu memotivasi Anda untuk mengisi kalender.

8. Lacak kemajuan Anda secara teratur

Selain menguraikan tujuan Anda dan memprioritaskan tugas-tugas kecil yang diperlukan untuk mencapainya, bagian penting dari berorientasi pada tujuan adalah meninjau kemajuan Anda secara teratur.

Anda dapat menjadwalkan waktu di akhir setiap hari atau waktu tertentu setiap minggu untuk mengevaluasi tujuan jangka panjang dan pendek serta langkah-langkah yang Anda ambil untuk mencapainya.

Kembangkan metode untuk meninjau seberapa efektif Anda menyelesaikan tugas dan seberapa banyak kemajuan yang Anda buat dalam mencapai tujuan tertentu. Pertimbangkan untuk menggunakan daftar tugas Anda seperti daftar periksa untuk membuat diri Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas. Anda juga dapat membuat alat yang melacak berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk berbagai tugas.

Coba tuliskan jam berapa Anda memulai tugas dan waktu Anda menyelesaikannya. Buat catatan tentang kemungkinan gangguan atau pemblokir proyek yang memengaruhi waktu Anda.

Anda dapat menggunakan alat-alat ini untuk mengidentifikasi tugas-tugas yang berpotensi memakan waktu, mengenali kemungkinan hambatan terhadap produktivitas Anda dan merampingkan alur kerja Anda sehingga Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mencapai tujuan.

9. Temukan mitra akuntabilitas

Cara lain untuk tetap fokus pada tugas Anda adalah dengan meminta mitra akuntabilitas untuk membantu Anda. Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan rekan kerja, teman, atau anggota keluarga untuk melacak kemajuan satu sama lain dan membantu memotivasi satu sama lain.

Biasakan untuk memeriksa dengan cepat dengan mitra akuntabilitas Anda setiap hari sehingga Anda dapat memperbarui kemajuan Anda atau meningkatkan motivasi Anda untuk terus bekerja menuju tujuan Anda.

10. Mintalah umpan balik yang membangun

Anda dapat menggunakan jaringan profesional Anda untuk meningkatkan pendekatan berorientasi tujuan Anda dengan mendiskusikan proses penyelesaian tugas dan metode manajemen waktu dengan rekan kerja.

Temukan apa yang digunakan rekan kerja Anda atau profesional industri lainnya, termasuk kebiasaan yang mereka kembangkan dan proses yang mereka ikuti. Pertimbangkan untuk menerapkan salah satu strategi mereka untuk lebih menyempurnakan proses Anda menjadi karyawan yang lebih produktif dan berorientasi pada tujuan.

Cobalah untuk bertemu dengan mitra akuntabilitas Anda setiap bulan atau kuartal untuk mendapatkan umpan balik tentang tujuan jangka panjang Anda dan langkah-langkah yang telah Anda uraikan untuk mencapainya. Anda bahkan dapat memberi mereka umpan balik tentang strategi sasaran mereka dan mungkin menemukan perspektif baru dan objektif Anda sendiri.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Pendengar yang Baik? Berikut 8 Tipsnya

Kesimpulan

Itulah beberapa tips agar Anda bisa berorientasi pada tujuan baik di tempat kerja maupun dalam membangun sebuah bisnis. Tujuan adalah hal yang utama harus Anda pikirikan sebelum memulai sesuatu. Jika tujuan Anda sudah jelas, Anda bisa dengan mudah menerapkan rencana dan strategi yang matang untuk mencapainya.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang mencari solusi pembukuan terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah

 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.