7 Aplikasi Kerja Online Terbaik untuk Freelancer dan Part-Timer

Dewasa ini, mencari pekerjaan sampingan bukanlah hal yang sulit. Ada begitu banyak aplikasi kerja online yang menyediakan beragam kategori pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan para pekerja lepas dan pekerja paruh waktu.

Seperti diketahui, aplikasi kerja online tidak hanya membantu dalam hal mencari kerja sampingan. Melainkan juga untuk mencari pekerjaan utama, dimana telah banyak karyawan yang dirumahkan karena situasi ekonomi yang kurang kondusif selama pandemi covid-19.

Untuk memudahkan Anda mencari kerja berbasis online, berikut ini tujuh aplikasi kerja online yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan.

7 Rekomendasi Aplikasi Kerja Online

  1. Freelancer

Sesuai namanya, Freelancer adalah aplikasi kerja online yang diperuntukkan bagi para pekerja lepas atau paruh waktu. Platform kepunyaan Australia ini telah berbasis internasional sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses pekerjaan di seluruh dunia.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi langsung dengan pemberi kerja. Dimana pengguna juga bisa menawarkan kemampuan apa ingin dijual kepada klien yang membutuhkan jasanya.

Pilihan pekerjaan yang tersedia di aplikasi ini juga sangat beragam, mulai dari entry data, editing foto, hingga web design. Adapun upah yang dibayarkan yaitu dalam bentuk dollar, yang tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna di Indonesia.

  1. Upwork

Upwork merupakan start-up kepunyaan Amerika yang telah memiliki lebih dari 12 juta pengguna di dalamnya. Aplikasi ini kemudian menjadi salah satu platform terbesar penyedia pekerjaan online bagi pekerja lepas.

Berbagai pekerjaan terus diperbarui setiap harinya, mulai dari entry data, writing, design, hingga editing teks. Pengguna pun bisa menentukan dan mengubah range harga yang ditawarkannya untuk setiap project yang dikerjakannya.

Adapun untuk bergabung sebagai pencari kerja ataupun pemberi kerja pada aplikasi kerja online ini, dibutuhkan verifikasi data terlebih dahulu.

Baca juga: Membahas Lebih Jauh Pengertian Freelance dan Beberapa Contohnya

  1. Fiverr

Awalnya, Fiverr hanya tersedia dalam platform website saja. Namun kini, aplikasi kerja online ini bisa diakses melalui aplikasi, baik untuk para pekerja maupun perusahaan yang ingin mencari tenaga ahli.

Sama halnya dengan Freelancer dan Upwork, aplikasi ini juga telah memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Dimana mereka mengklaim telah menyediakan lebih dari 116 jenis lapangan pekerjaan yang dapat dikerjakan secara paruh waktu. Hasilnya, berbagai kategori pekerjaan tersedia di sini, mulai dari digital marketing, web developer, programmer, graphic designer, hingga translator.

Adapun Fiverr dalam hal pembayaran, membayar pekerjanya dalam mata uang dollar yang dikirimkan ke dalam akun paypal pengguna.

  1. Fastwork

Fastwork merupakan platform asal Thailand yang berhasil menguasai pasar Asia Tenggara. Meski cakupannya belum seluas tiga aplikasi lain di atas, ia tetap mampu menyediakan berbagai kategori pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh para pekerja lepas.

Aplikasi ini pun telah lama masuk ke Indonesia, sehingga penggunannya pun tersedia dalam bahasa Indonesia. Adapun untuk mendaftar pekerjaan di aplikasi ini, pengguna diharuskan untuk melalui tahap verifikasi data terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam.

  1. Sampingan

Sampingan merupakan aplikasi kerja online yang dibuat dan dikembangkan oleh PT Sampingan Mitra Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam pekerjaan lepas, mulai dari pengumpulan data, kerja harian, hingga reseller.

Aplikasi dengan antar muka yang sederhana dan praktis ini menerapkan sistem pembayaran yang disebut pay per performance, dimana pengguna akan dibayar sesuai dengan kinerja pekerjaannya.

Baca juga: Tips & Trik Mengatur Keuangan Untuk para Freelancer Agar Hidup Tenang

  1. Bilik Kerja

Aplikasi Bilik Kerja pertama kali diluncurkan oleh Putur Widodo pada Maret 2018 lalu. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan pekerjaan dari berbagai bidang yang sifatnya paruh waktu.

Pengguna bisa menentukan jam kerja yang diinginkannya, entah itu harian ataupun mingguan. Begitu pun dengan upah yang juga bisa ditentukan sendiri rentang harganya dan waktu pencairannya.

Sama halnya dengan aplikasi kerja online lain di atas, Bilik Kerja memungkinkan pemberi kerja untuk dapat menilai kinerja dan memberikan rating terhadap pekerjanya.

  1. Panggilin

Aplikasi pencari kerja sampingan berikutnya yakni Panggilin. Panggilin adalah platform untuk mencari penghasilan tambahan atau mencari bantuan dalam menyelesaikan sebuah masalah pekerjaan secara cepat.

Platform buatan anak negeri ini hadir sebagai solusi untuk menghubungkan Hero (pekerja lepas) dengan GIG Owner (pemberi projek) agar dapat bertemu dan saling memberikan manfaat satu sama lain dengan sistem remote atau jarak jauh.

Adapun berbagai macam jenis pekerjaan tersedia di dalamnya, mulai dari pekerjaan formal hingga pekerjaan rumah.

Baca juga: Kontrak Kerja Karyawan: Pengertian dan Berbagai Jenisnya dalam Suatu Perusahaan

Penutup

Demikianlah tujuh aplikasi kerja online terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk mencari kerja sampingan atau utama berbasis online. Anda bisa memilih aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, entah yang berbasis nasional ataupun internasional.

Dengan memiliki kerja sampingan, Anda tentu bisa mendapatkan lebih banyak pundi-pundi uang guna memenuhi segala kebutuhan. Adapun dalam pencatatan keuangan, baik arus masuk maupun keluar, Anda memerlukan metode yang akurat, cepat, dan otomatis. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Dimana di dalamnya, tersedia berbagai fitur dan keunggulan yang memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan.

Accurate Online pun telah terbukti membantu ribuan pebisnis dalam mencapai kesuksesannya sebab pengelolaan finansial yang efektif dan efisien. Tunggu apa lagi?

Yuk, segera nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.