Associate adalah Jabatan Umum untuk Karyawan Entry Level, Apa Bedanya dengan Assistant?

Associate adalah jabatan yang termasuk dalam kategori entry level. Jabatan ini cocok untuk lulusan baru yang belum memiliki pengalaman bekerja atau baru akan terjun ke dalam dunia karir.

Secara umum, jabatan associate adalah jabatan yang menunjukkan posisi di bawah rekan kerjanya. Namun, tiap perusahaan memiliki pengertian terkait associate yang berbeda-beda. Belum lagi, beberapa orang masih bingung membedakan antara jabatan associate dengan jabatan assistant.

Untuk itu, artikel berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai associate dalam dunia kerja dan bedanya dengan assistant.

Apa Itu Associate?

Associate adalah sebuah keterangan jabatan. Jabatan tersebut menunjukkan posisi yang berada di bawah rekan kerjanya. Sebagai contoh, associate writer yang merupakan posisi di bawah seorang staf writer.

Biasanya, jabatan ini diberikan kepada karyawan entry level atau baru saja masuk ke dunia kerja. Dalam banyak kasus, jabatan ini berada di bawah posisi staf, di mana pengalaman mereka lebih sedikit dari staf pada umumnya. Tanggung jawab yang diberikan pun lebih sederhana sehingga gaji yang diberikan lebih kecil.

Di posisi ini, Anda memiliki kesempatan untuk memperdalam skill profesional dan mendapatkan training untuk suatu bidang yang spesifik. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa melepas label associate dan naik ke jabatan di atasnya, terlebih ketika Anda telah menunjukkan kemampuan dan progres yang mumpuni.

Adapun di Indonesia, “associate” juga sering disebut dengan kata “muda”. Misalnya, penyebutan untuk posisi “associate writer” yang sama dengan “penulis muda”.

Baca juga: Corporate Communication: Pengertian dan Tips Menjalankannya

Makna Associate di Berbagai Bidang Industri

Seperti telah disinggung sebelumnya, makna associate bisa berbeda-beda tergantung pada bidang industri yang dijalani, entah itu hukum, bisnis, retail, atau akademik. Terlebih karena posisi associate adalah posisi di mana orang-orang banyak melakukan eksplorasi karir untuk pertama kalinya. Lebih jelasnya, berikut ini makna associate di beberapa bidang industri.

1. Bidang Hukum

Dalam bidang hukum, perbedaan antara karyawan dan associate lawyer atau attorney biasanya terletak pada prospek atau jenjang karir. Di mana karyawan yang bekerja dalam firma hukum berfokus untuk mendukung pekerjaan dari pengacara yang lebih senior.

Secara khusus, karyawan akan menghabiskan banyak waktu dalam memilah dokumen hukum yang berkaitan dengan kasus tertentu. Jenjang karir dan gaji yang didapatkan pun tidak akan sebaik associate dan akan bekerja untuk masa kontrak tertentu.

Sebaliknya, pengacara dengan tambahan title associate adalah salah satu bagian inti dari suatu firma hukum dan memiliki prospek karir yang lebih baik. Walaupun salah satu tanggung jawabnya adalah meninjau ulang dokumen, profesi tersebut akan mendapat kesempatan untuk berunding dengan klien dan ikut serta dalam proses peradilan.

Associate lawyer juga akan mendapatkan gaji bulanan yang lebih tinggi dan bisa dipromosikan menjadi partner salah satu senior pengacara dalam firma hukum tersebut.

2. Bidang Bisnis

Dalam dunia bisnis, jabatan associate menunjukan level yang lebih rendah daripada posisi karyawan yang tidak menggunakan title associate dalam jabatannya. Misalnya, associate manager yang berarti jabatannya lebih rendah dari manager.

Dapat dikatakan pula bahwa business associate adalah individu atau organisasi yang melakukan tindakan yang berhubungan dengan informasi perlindungan kesehatan. Di mana perusahaan yang bergelar business associate biasanya akan menjamin integritas, keamanan, dan penggunaan informasi media dengan tepat.

3. Bidang Retail

Dalam bidang retail, beberapa perusahaan menggambarkan karyawan yang memiliki jabatan rendah sebagai associate. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan untuk karyawan tersebut.

Associate mungkin saja memiliki tanggung jawab yang lebih sedikit, namun associate dalam industri retail tetap bisa mendapatkan promosi dan kenaikan gaji.

4. Bidang Akademik

Dalam bidang akademik, profesor dengan level associate adalah untuk profesor yang sudah melewati masa percobaan, yang biasanya berlangsung selama kurang lebih tujuh tahun. Associate professor tergolong sebagai jabatan level intermediate sehingga levelnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan asisten profesor.

Baca juga: Sales Promotor: Perwakilan yang Bertugas Mempromosikan Produk Perusahaan

Perbedaan Associate dengan Assistant

Assistant merupakan posisi yang lebih sering berhubungan dengan karyawan level lebih tinggi lainnya di perusahaan.

Seorang assistant pun umumnya memiliki tim sendiri yang lebih besar dari associate. Bahkan, bisa jadi seorang assistant memiliki tanggung jawab untuk memantau beberapa posisi lainnya yang lebih rendah darinya. Karena itu, seorang assistant harus memiliki pengalaman yang lebih banyak dari associate.

Berdasarkan hal tersebut, setidaknya terdapat tiga perbedaan jelas antara associate dan assistant, yaitu dari segi otoritas, pengalaman, dan gaji.

1. Otoritas

Perbedaan paling utama antara asssociate dan assistant adalah tanggung jawab dan otoritas yang dimiliki. Sebagai associate, Anda akan berada di sebuah tim dan melaksanakan tugas-tugas dari seorang assistant. Sedangkan assistant, biasanya bekerja langsung di bawah supervisor atau manager yang lebih tinggi.

2. Pengalaman

Assistant membutuhkan lebih banyak pengalaman kerja karena salah satu tugasnya adalah mengawasi lebih banyak orang dibanding associate. Seorang assistant juga sering harus membuat keputusan dan mengelola tim dibanding associate. Sehingga biasanya, seorang associate baru akan bisa menjadi assistant setelah beberapa tahun bekerja.

3. Gaji

Karena posisi assistant lebih tinggi, maka ekspektasi gajinya juga lebih tinggi dibandingkan associate. Umumnya, gaji seorang assistant sudah di atas UMP, sementara associate akan setara dengan UMP yang berlaku di masing-masing daerah.

Baca juga: Product Owner adalah: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Keahlian yang Harus Dimiliki

Penutup

Secara umum, associate adalah jabatan yang tergolong sebagai entry level. Jabatan ini banyak diincar oleh lulusan baru atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja atau baru mau masuk ke dalam dunia kerja.

Meski begitu, seorang associate bisa naik ke jabatan yang lebih tinggi selama mereka mau untuk terus belajar dan memperdalam bidang keahliannya. Dengan begitu, mereka pun akan mendapat gaji yang lebih baik sehingga dapat mencapai apa yang menjadi tujuannya, termasuk tujuan finansial.

Untuk membantu Anda mencapai tujuan finansial ini, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi seperti Accurate Online. Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang akan mempermudah Anda dalam mengelola dan mencatat keuangan.

Berbagai fitur di dalamnya juga mudah untuk digunakan dan bisa diakses secara fleksibel. Jika tertarik untuk mencobanya, klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.