Corporate Communication: Pengertian dan Tips Menjalankannya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting di dalam kehidupan manusia, termasuk di dalam lingkungan perusahaan. Komunikasi perusahaan atau corporate communication kemungkinan kunci utama dari hal tersebut.

Terlebih lagi, saat ini dunia bisnis terus mengalami perkembangan yang pesat. Untuk itu, corporate communication bisa menjadi sangat penting untuk perkembangan perusahaan.

Lalu, apa itu corporate communication? Bagaimana cara menjalankannya? Tenang, karena kami sudah menyiapkan jawabannya di dalam artikel tentang corporate communication di bawah ini. Untuk itu, baca artikel di bawah ini hingga selesai agar tidak salah paham.

Apa Itu Corporate Communication?

Untuk masalah komunikasi perusahaan, biasanya sebagian besar orang akan lebih akrab dengan posisi humas atau public relations. Walaupun begitu, seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, posisi corporate communication pun semakin diperlukan di berbagai perusahaan.

Dilansir dari laman Chron, corporate communication memiliki peran yang sangat penting dalam bagaimana suatu perusahaan di pandangan para investor, karyawan, dan juga di mata masyarakat luas.

Sedangkan berdasarkan laman Northeastern University, corporate communication adalah suatu cara yang mana perusahaan menjalin komunikasi dengan banyak audiens, baik itu yang berasal dari eksternal ataupun internal.

Terdapat banyak sekali jenis audiens dalam hal ini. Biasanya, target elemennya adalah pelanggan atau pelanggan potensial, karyawan atau pegawai, stakeholder atau investor, media, masyarakat umum dan pihak pemerintah.

Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk bisa menangani beragam jenis kasus, krisis, atau masalah yang terjadi di perusahaan. Bahkan, terkadang mereka juga akan berperan di dalam komunikasi pada bidang pemasaran.

Jadi intinya, corporate communication adalah suatu sarana atau tempat berkomunikasi, baik itu eksternal ataupun internal. Keduanya tidak boleh dinilai sebagai dua hal yang berbeda. Komunikasi eksternal dan internal wajib terus berjalan secara bersamaan agar tujuan perusahaan bisa dicapai dengan baik.

Baca juga: Sales Promotor: Perwakilan yang Bertugas Mempromosikan Produk Perusahaan

Tips Menjalankan Corporate Communication

Setelah mengetahui pengertian dan peran penting dari corporate communication, bisa kita ketahui bahwa corporate communication memang sangat penting untuk perusahaan.

Nah, agar bisa mendukung peran penting tersebut, ezTalks memberikan sejumlah tips ampuh untuk bisa menjalankannya.

Nah, tips ampuh untuk menjalankan corporate communication adalah sebagai berikut:

  • Agar tercipta kegiatan komunikasi perusahaan yang lebih efisien, memanfaatkan alat komunikasi perusahaan dengan teknologi terbaru, seperti dengan menggunakan aplikasi rapat online.
  • Memastikan dan membaca kembali seluruh email yang ingin dikirim kepada klien ataupun ke sesama pegawai agar bisa memastikan bahwa Anda adalah seseorang yang profesional.
  • Harus yakin dengan apa yang Anda lakukan di dalam perusahaan.
  • Selalu bisa bersikap lebih terbuka untuk menjalin komunikasi dengan pihak manapun. Anda juga harus bisa tetap berhati-hati dengan berbagai jenis komunikasi, baik itu lisan ataupun tulisan.
  • Memastikan pada semua peserta rapat bahwa Anda adalah seseorang yang sudah sangat profesional dan harus fokus 100 persen pada rapat yang sedang berlangsung.
  • Menjaga dan memisahkan masalah pribadi dengan masalah pekerjaan. Jangan sampai masalah pribadi Anda mengganggu pekerjaan yang nantinya akan membuat Anda terkesan tidak profesional.
  • Menghormati semua pegawai atau karyawan perusahaan, baik itu mereka yang berada di bawah atau mereka yang berada di atas Anda.
  • Sampaikanlah maksud dan tujuan Anda secara jelas, hindari terlalu banyak menyampaikan berbagai hal yang tidak relevan dan tidak penting.
  • Selalu mengirim email profesional atau email yang mewakili perusahaan. Hindari mengirim email dengan menggunakan akun email pribadi, karena akan membuat Anda terlihat tidak profesional.
  • Selalu membuka telinga selebar mungkin. Karena, corporate communication yang baik adalah mereka yang selalu mendengar perkembangan terbaru paling awal sebelum orang-orang yang berada disekitarnya.
  • Hindari menyampaikan keluhan. Menjadi seorang corporate communication memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun jangan sampai Anda mudah mengeluh, karena hal tersebut akan membuat Anda terkesan tidak profesional dan tidak kompeten.
  • Lakukanlah komunikasi selayaknya seorang profesional. Perusahaan butuh diperlakukan dengan sikap yang profesional.

Baca juga: Ghost Writer: Pengertian dan Perannya Untuk Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang corporate communication, mulai dari pengertian, peran penting, dan cara menjalankan corporate communication. Jadi, posisi ini merupakan suatu posisi yang sangat penting di dalam perusahaan.

Pada dasarnya, semua profesi yang ada di dalam perusahaan adalah profesi yang penting untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Untuk itu, manajemen perusahaan harus bisa mengelola mereka dengan baik dan memberikan fasilitas yang mereka butuhkan untuk membantu pekerjaan mereka.

Nah, salah satu fasilitas penting yang diperlukan oleh perusahaan dan karyawan di dunia digital seperti saat ini adalah aplikasi bisnis. Nah, salah satu rekomendasi aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi. Sehingga, setiap karyawan, khususnya tim finansial, bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan neraca dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul luar biasa yang bisa meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.