Sales Promotor: Perwakilan yang Bertugas Mempromosikan Produk Perusahaan

Akhir-akhir ini, sales promotor menjadi salah satu profesi yang menarik untuk dijadikan pilihan kandidat pelamar, khususnya untuk para lulusan baru yang ingin menekuni bidang penjualan korporasi.

Karena, berdasarkan laman Your Article Library, sales promotor adalah suatu bidang pekerjaan yang saat ini tengah berkembang pesat. Bahkan, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa mereka untuk membedakan brand mereka dengan brand kompetitor dalam kurun waktu yang singkat.

Lalu, apa pengertian dari sales promotor? Apa saja tugas dan kualifikasi dari pekerjaan ini? dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang sales promotor di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Sales Promotor?

Berdasarkan laman Channel Play, sales promotor adalah sales representative yang memiliki tugas secara langsung di toko ritel. Mereka akan dipekerjakan oleh pihak produsen dan dipekerjakan di toko agar bisa memaksimalkan angka penjualan.

Biasanya, sales promotor adalah seorang profesional yang sudah terlatih dan sudah berdedikasi untuk bisa menciptakan awareness produk melalui adanya demonstrasi, menyebarkan sampel, dan juga menghadirkan minat masyarakat pada umumnya.

Mereka yang mengemban jabatan ini harus bisa membangun brand presence yang baik dan menghasilkan strategi pemasaran yang inovatif.

Selain itu, untuk perusahaan besar, mereka pun harus bertugas membantu bisnis dalam menjangkau pelanggan potensial melalui beragam platform, seperti misalnya media sosial.

Terkadang, sales promotor pun harus membuat brosur penjualan, sampel produk, dan berbagai materi lainnya untuk kebutuhan promosi.

Secara sederhana, fokus karir ini adalah lebih ke arah pengembangan basis pelanggan yang lebih solid. Sales promotor yang baik harus bisa mendatangkan klien baru dan juga memertahankan pelanggan lama.

Baca juga: Product Owner adalah: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Keahlian yang Harus Dimiliki

Deskripsi Pekerjaan Sales Promotor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sales promotor adalah setiap representatif yang memiliki tugas dalam mempromosikan produk di toko ritel. Fokus utama dari pekerjaan mereka adalah mengembangkan basis pelanggan dan juga meningkatkan angka penjualan produk barang atau layanan jasa.

Tapi umumnya, profesi ini akan disesuaikan lagi berdasarkan kebutuhan setiap perusahaan. Untuk itu, tanggung jawab mereka juga terkadang berbeda. Namun, akan tetap ada deskripsi umum yang harus dilakukan oleh para sales promotor.

Menurut Better Team, berbagai tugas dari sales promotor adalah sebagai berikut:

  • Mendengarkan hal apa saja yang diinginkan oleh pelanggan dan membantu mereka untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
  • Meningkatkan pengetahuan produk dan menyampaikan pengetahuan tersebut dengan cara yang lebih menarik.
  • Mempersiapkan display product dan booth promotion yang lebih menarik.
  • Menyampaikan materi presentasi dan mendemonstrasikannya pada pelanggan dan juga pada para pemilik kepentingan lainnya.
  • Terlibat aktif dalam setiap interaksi yang bermakna dan menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan.
  • Menyalurkan sampel dan memberikan feedback untuk dilakukan perbaikan pada tim manajemen.
  • Memproses keluhan dan permintaan pelanggan sambil memberikan panduan terkait pemilihan produk.
  • Memenuhi target penjualan harian dan mengirimkan laporan penjualan pada pihak manajerial.
  • Memertahankan hubungan dengan semua pemilik kepentingan yang berkaitan dengan produk.
  • Mencari peluan bisnis yang baru untuk toko ritel.

Baca juga: Ghost Writer: Pengertian dan Perannya Untuk Perusahaan

Skill dan Kualifikasi yang Dibutuhkan Sales Promotor

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa sales promotor adalah suatu profesi yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Tugas mereka adalah mempromosikan produk sambil mengembangkan basis pelanggan toko. Tentunya hal ini tidak bisa dianggap remeh.

Untuk itu, pihak perusahaan pun tidak boleh secara sembarangan menerima kandidat untuk mengisi posisi ini. Biasanya mereka akan lebih memprioritaskan setiap kandidat yang mempunyai pengalaman cukup dalam bidang penjualan, terutama pada perusahaan korporasi.

Selain itu, untuk perusahaan besar, pihak rekruter juga jadi tidak ragu lagi untuk lebih memprioritaskan kandidat dengan latar belakang pendidikan manajemen.

Selain berbagai hal tersebut, kemampuan dan kualifikasi lain yang Anda perlukan jika bekerja dalam bidang ini  adalah sebagai berikut:

  • Keahlian melayani pelanggan yang baik.
  • Lancar dan mumpuni ketika menyampaikan presentasi
  • Kemampuan untuk bekerja secara lebih mandiri
  • Keterampilan melakukan observasi tren produk yang baik
  • Memiliki kemampuan komunikasi secara lisan dan tulisan yang luar biasa
  • Memiliki kemampuan networking yang unggul
  • Memiliki history pencapaian kuatan yang baik.
  • Kemampuan untuk bisa memahami kebutuhan pelanggan dan menangani berbagai jenis kepribadian.

Baca juga: Karir Adalah: Pengertian dan Cara Menemukan Karir yang Tepat

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sales promotor. Jadi, sales promotor adalah sales representative yang memiliki tugas secara langsung di toko ritel. Tugas mereka adalah mempromosikan produk dan juga meningkatkan basis pelanggan.

Jika bisnis Anda tertarik untuk merekrut jasa mereka, maka Anda harus menyiapkan anggaran yang tepat. Nah, salah satu cara untuk mengelola dan menyiapkan anggaran tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing berbasis website yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia. Bahkan, aplikasi ini sudah berhasil meraih penghargaan Top Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sistem keamanan dan juga dashboard di dalamnya sangat aman serta sederhana. Sehingga, Anda bisa menggunakan Accurate Online dengan nyaman.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis.

Tertarik dengan Accurate Online? klik banner di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, GRATIS!