Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kenali Latar Belakang dan Manfaat Dibuatnya BNSP

Pada dasarnya, Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP adalah suatu lembaga yang sifatnya independen dan akan bertanggung jawab secara langsung pada presiden serta mempunyai kewenangan sebagai otorisasi sertifikasi personil.

Tugas utama dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah guna melakukan sertifikasi profesi untuk semua tenaga kerja yang berada di Indonesia. Karena bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden, maka BNSP pun dibentuk oleh pemerintah.

Tujuan dibentuknya Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah guna menjamin kualitas kompetensi kerja di seluruh sektor profesi yang ada di Indonesia. Bentuk sertifikasi ini bisa diukur dengan pelatihan kerja atau dengan pengalaman kerja.

Latar Belakang Dibentuknya Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Badan Nasional Sertifikasi Profesi hadir di Indonesia agar bisa menjamin kualitas SDM yang baik. Dengan adanya Badan Nasional Sertifikasi Profesi, pemerintah ingin meningkatkan daya saing dalam skala nasional melalui cara yang sehat dan juga tepat.

Selain itu, Badan Nasional Sertifikasi Profesi juga dibuat untuk mengubah stereotip lama dalam hal perekrutan SDM dalam suatu perusahaan. Harapannya, perusahaan di Indonesia nantinya bisa menggunakan paradigma baru dalam merekrut SDM.

Paradigma baru tersebut terdiri dari dua prinsip dasar. Pertama, persiapan tenaga kerja yang sesuai dengan apa yang diperlukan oleh pengguna, yang dikenal dengan demand driven.

Kedua, proses diklat yang menjadi sarana dalam mempersiapkan tenaga kerja dengan adanya pendekatan pelatihan yang berdasarkan kompetensi, atau dikenal dengan Competency Based Training (CBT).

Adanya pengembangan SDM di Indonesia dengan paradigma baru ini ditandai dengan tanda tangan Surat Kesepakatan Bersama antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, serta Ketua Umum Kadin Indonesia pada tahun 2000 lalu. Tapi, Badan Nasional Sertifikasi Profesi baru diresmikan pada tahun 2004.

Baca juga: Networking Adalah Hal Penting Dalam Membangun Karir, Ini Penjelasannya!

Visi dan Misi Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Visi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah menjadi suatu lembaga otoritas sertifikasi profesi yang paling terpercaya serta independen dalam hal menjamin kemampuan tenaga kerja, baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Sedangkan misi Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia, di dalam atau di luar negeri, mengembangkan sistem sertifikasi profesi yang lebih terpercaya, serta membangun kerja sama secara internasional agar bisa saling mendapatkan pengakuan sertifikasi kompetensi.

Apa Saja Tugas Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Dalam Pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang selanjutnya dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2004 dijelaskan bahwa tugas utama Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah melakukan sertifikasi kompetensi kerja SDM yang ada di Indonesia.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi juga memiliki wewenang dalam memberikan lisensi pada LSP yang dianggap memang sudah memenuhi syarat. Hal tersebut dilakukan sebagai suatu wujud pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja.

Kenapa Harus Dilakukan Sertifikasi Profesi?

Umumnya, setiap individu yang melamar kerja pada perusahaan pasti datang dengan latar belakang tertentu. Sebelum diterima, pihak perusahaan pastinya akan memeriksa latar belakang dari pelamar kerja tersebut, apakah memang sesuai ataukah tidak.

Lantas, kenapa sertifikasi profesi ini diperlukan?

Tujuan dibuatnya sertifikasi adalah agar memastikan dan juga menjaga kompetensi yang sudah diperoleh seseorang dengan berbagai cara, seperti pendidikan formal, non formal, pengalaman kerja, serta pelatihan kerja.

Di dalam dunia kerja, kompetensi harus selalu dipertahankan agar tidak hilang. Jadi, bukan hanya sekedar pernah kompeten pada bidang tertentu saja, namun kemudian tidak dimanfaatkan kembali dan menjadi hilang.

Apakah Hanya BNSP yang Bisa Memberi Sertifikasi Profesi?

Lembaga Sertifikasi Profesi harus bisa melakukan sertifikasi profesi. Jumlah LSP di Indonesia sebenarnya sudah sangat banyak, namun Anda harus memilih LSP dengan kredibilitas yang jelas.

Untuk itu, pilihlah LSP yang sudah mempunyai lisensi dari pihak BNSP. Sehingga, sertifikasi yang diperoleh pun bisa dipertanggungjawabkan dan memang terpercaya.

Jenis Sertifikasi Profesi dari BNSP

Dalam memberikan sertifikasi, Badan Nasional Sertifikasi Profesi mempunyai beberapa jenis sertifikasi, yaitu:

1. Kualifikasi Okupasi Nasional

Jenis sertifikasi ini lebih spesifik pada suatu jabatan khusus. Seperti mekanik atau sales, mereka wajib mempunyai kompetensi tertentu sesuai dengan jabatannya.

Satu jabatan wajib mempunyai kompetensi yang sesuai, walaupun bisnis yang digeluti berbeda. Contohnya, sales perusahaan retail dengan sales perusahaan pembuat berbagai alat berat.

2. Klaster

Sertifikasi klaster atau sertifikasi paket adalah sertifikasi yang lebih mengerucut daripada jenis sertifikasi sebelumnya. Sertifikasi yang diberikan tidak hanya sekedar melihat jabatan orang tersebut saja. Namun juga harus detail berdasarkan industri yang dijalani secara lebih spesifik.

Contoh sederhananya adalah sales perusahaan retail dan juga sales perusahaan pembuat alat-alat berat. Mereka harus mampu menguasai dan juga ahli pada masing-masing industrinya. Karena, kedua industri tersebut sudah jelas sangat berbeda, walaupun memang sama-sama bergerak pada bidang pemasaran.

3. Kerangka Kualifikasi Nasional

Sesuai dengan namanya, sertifikasi ini dibuat sesuai dengan standar nasional. BNSP mempunyai 9 level sertifikasi untuk setiap bidang profesi. Kompetensi pada seorang individu ini berlaku secara nasional. Bahkan, bisa digunakan dalam pasar kerja antar negara.

4. Unit Kompetensi

Sertifikasi unit kompetensi ini hanya berlaku untuk suatu perusahaan saja. Contohnya, seorang mekanik pada suatu perusahaan harus mempunyai kompetensi untuk bisa merawat, menggunakan, dan membetulkan mesin yang ada di perusahaan kerjanya secara berkala. Namun, jenis kompetensi ini kemungkinan tidak berlaku di perusahaan lain.

Seorang kepala mekanik mampu mengukur kemampuan para karyawannya dengan sistem kompetensi yang berlaku di dalam perusahaan tersebut. Sehingga, kepala mekanik bisa memberikan tugas pada mereka yang benar-benar sudah ahli dalam bidangnya.

5. Sertifikasi Profisiensi

Jenis sertifikasi ini bersifat sangat spesifik. Kompetensi akan dinilai berdasarkan bidang spesifik dan juga industri yang spesifik. Cara penilaiannya pun berbeda dengan sertifikasi di atas. Di dalamnya, akan dinilai dalam level “basic”, “intermediate”, atau “advance”.

Manfaat Penting dari Sertifikasi BNSP

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Untuk para fresh graduate, mempunyai sertifikasi akan mampu membantu Anda dalam meningkatkan rasa percaya diri saat ingin melamar pekerjaan.

Saat sudah mengantongi sertifikat BNSP, maka Anda bisa membuktikan bahwa kemampuan Anda memang sudah diakui oleh para penguji yang kompeten pada bidangnya. Hal ini juga akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan, walaupun Anda masih berstatus fresh graduate.

Untuk karyawan tetap yang menjalani sertifikasi dari BNSP, tentunya hal tersebut mampu meningkatkan rasa percaya diri mereka saat mengerjakan tugas. Dengan adanya kemampuan yang sudah diuji ini, maka karyawan akan merasa bangga akan kemampuan yang sudah diakui dan bisa menjalankan tugasnya dengan benar.

2. Mampu Mengetahui Tingkat Kemampuan

Dengan mengikuti sertifikasi profesi, maka Anda bisa mengetahui tingkat kemampuan pada bidang Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan yang Anda miliki dengan melihat hasil ujiannya. Selanjutnya, Anda bisa menilai sendiri hal apa saja yang memang harus Anda tingkatkan dan yang harus Anda pertahankan ke depannya.

3. Membantu Meningkatkan Akses dalam Mengembangkan Diri

Dengan mengantongi sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi, maka setiap kemampuan Anda akan diakui secara global dan tentunya akan membuat Anda mampu mengembangkan kemampuan Anda lebih jauh lagi.

Bahkan, kesempatan untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan besar pun akan terbuka lebar, karena Anda dinilai lebih unggul adanya sertifikasi tersebut.

4. Lebih Mudah bagi Perusahaan untuk Menyaring Calon Karyawan

Dengan kehadiran sertifikasi profesi, maka pihak perusahaan nantinya akan lebih mudah dalam menyaring calon karyawan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan alat ukur kompetensi karyawan.

Selain itu, pihak HRD pun tentunya akan lebih mudah lagi dalam menemukan calon karyawan yang sudah memenuhi kualifikasi perusahaan.

Selain itu, untuk calon karyawan yang sudah tersertifikasi, maka karyawan tersebut nantinya akan lebih mengenal bidang pekerjaannya, serta mampu menunjukkan bahwa keahlian yang sudah dimiliki sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Sehingga, nantinya mereka hanya harus tinggal memperdalam kemampuannya lagi agar terlihat semakin menonjol di perusahaan.

Baca juga: 8 Cara Terbaik Menemukan Passion Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP. Jadi, BNSP adalah adalah suatu lembaga yang sifatnya independen dan akan bertanggung jawab secara langsung pada presiden serta mempunyai kewenangan sebagai otorisasi sertifikasi personil.

Beberapa jenis sertifikasi dari BNSP adalah kualifikasi okupasi nasional, klaster, kerangka kualifikasi nasional, unit kompetensi, dan sertifikasi profisiensi

Dalam suatu perusahaan, ada banyak sekali sertifikasi profesi, salah satunya adalah sertifikat profesi akuntan. Mereka yang sudah mengantongi sertifikasi ini harus mempunyai kemampuan pencatatan keuangan dan membuat laporan keuangan yang baik.

Namun, bila masih menggunakan cara yang manual dalam mencatat keuangan dan membuat laporan keuangan, tentu mereka tetap memerlukan waktu yang lama dan masih memiliki peluang untuk terjadi kesalahan.

Untuk itu, coba gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan Accurate Online, maka Anda bisa memperoleh lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, setiap akuntan bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai fitur menarik yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate fokus pengembangan

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.