Networking Adalah Hal Penting Dalam Membangun Karir, Ini Penjelasannya!

Networking adalah suatu hal yang penting dalam dunia kerja, terutama dalam mengembangkan karir. Walaupun demikian, beberapa orang masih ada yang memandang sebelah mata kekuatan dari networking. Padahal, networking yang terjalin dengan baik memiliki banyak manfaat yang positif.

Salah satu contoh sederhana dari networking adalah hubungan yang Anda jalin dengan teman kantor. Suatu saat nanti, bukan hal yang tidak mungkin akan ada hubungan yang saling menguntungkan.

Lantas, apa itu networking? Apakah memang hanya sebatas hubungan pertemanan secara profesional dengan rekan kerja saja? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang networking di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Networking Adalah

Berdasarkan laman investopedia, networking adalah suatu jaringan yang terbentuk dari adanya pertukaran ide, atau informasi di antara rekan yang memiliki minat khusus ataupun seprofesi.

Umumnya, networking terbentuk dari adanya lingkungan sosial yang informal, dan juga diawali dengan satu kesamaan, seperti hobi yang sama dan juga tergabung dalam satu komunitas yang sama.

Jadi, networking adalah suatu hal yang banyak digunakan di kalangan para profesional dalam memperluas relasi. Umumnya digunakan untuk mencari peluang kerja atau berbagai informasi dan juga tren terkini di bidang yang disukai.

Untuk pebisnis, manfaat membangun networking adalah demi mengembangkan bisnis di masa depan. Koneksi tersebut akan membantu pebisnis dalam membangun hubungan dan juga kepercayaan di antara para komunitasnya.

Networking bisnis yang sukses umumnya ditandai dengan semakin eratnya komunikasi yang dijalin antar pebisnis. Selain itu, mereka juga akan selalu bertukar informasi penting yang kemungkinan besar tidak bisa diperoleh pada jaringan bisnis tersebut.

Dewasa ini, terdapat banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan networking secara profesional. Beberapa cara mengembangkan networking adalah dengan bergabung pada grup online dan berbagi informasi dengan profesi ataupun minat lainnya.

Sehingga, networking yang dibangun pun nantinya akan semakin luas dan tidak hanya sebatas pada satu sektor atau satu bidang saja.

Baca juga: 8 Cara Terbaik Menemukan Passion Anda

Manfaat Networking 

Walaupun dalam pengertiannya networking adalah suatu jaringan yang dibangun berdasarkan satu kesamaan saja, tapi saat ini  manfaat networking sudah semakin luas dan juga tanpa batas. Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dalam membangun networking.

Nah, beberapa manfaat dari membangun networking adalah sebagai berikut:

1. Kesempatan Mendapat Pekerjaan Baru 

Membangun networking yang baik dengan banyak profesi akan menguntungkan Anda dalam hal karir. Kenapa? Karena dengan semakin luasnya pergaulan Anda, maka citra positif yang Anda bangun pun bisa dilihat oleh rekan kerja ataupun relasi Anda. Dari sinilah peluang untuk memperoleh pekerjaan baru akan muncul.

Selain itu, circle Anda pun secara otomatis akan merekomendasikan Anda sebagai seorang kandidat yang tepat.

2. Saling Membantu 

Membangun dan juga menjaga relasi dengan baik akan bisa menutupi kekurangan antar profesi yang sama. Bahkan, berbagai permasalah yang ada pada salah satu rekan juga akan bisa diselesaikan dan dicari jalan keluarnya.

Contohnya, salah satu rekan yang ada di sekitar Anda sedang mengalami kesulitan untuk mencari jasa trainer yang tepat untuk kantornya. Nah, Anda bisa mengusulkan jasa trainer yang sebelumnya sudah pernah Anda gunakan pada kantor Anda.

Sehingga, testimoni yang Anda berikan pun akan sesuai dengan faktanya, karena Anda sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa tersebut.

3. Berbagai Ide 

Bertemu banyak sekali orang yang berasal dari berbagai latar belakang tentunya akan meningkatkan kesempatan dalam memunculkan berbagai ide baru.

Bahkan, bukan hal yang tak mungkin obrolan yang terjadi dalam jaringan tersebut bisa Anda realisasikan dalam bentuk proyek kerja yang berkaitan dengan ide cemerlang. Jadi selain bisa bertukar ide, Anda juga bisa memperoleh solusi dan networking yang baik.

4. Peluang Naik Jabatan 

Manfaat lain dari membangun networking adalah membuka peluang Anda dalam meningkatkan atau naik jabatan. Referensi yang diberikan oleh rekan yang ada pada jaringan Anda akan sangat membantu membuka kualitas diri Anda.

Hal tersebut sangat berdampak pada promosi jabatan, terlebih lagi bila referensi tersebut sesuai dengan kualifikasi dan juga jabatan yang sedang dipromosikan.

5. Bertukar Perspektif 

Dengan banyaknya orang yang ada disekitar Anda, maka akan semakin banyak juga pengetahuan yang akan Anda peroleh. Manfaat tersebut akan sangat terasa bila Anda pun berperan aktif dalam jaringan yang Anda bangun.

Contohnya, dalam suatu diskusi jaringan yang sedang membahas tentang investasi, tentu akan sangat banyak sekali perspektif yang bisa Anda pelajari. Karena banyak orang yang memiliki pandangannya sendiri dari masalah investasi tersebut.

6. Menjadi Tahu Cara Memposisikan Diri 

Dengan adanya networking, Anda juga bisa mengasah kemampuan Anda dan turut berpartisipasi pada lingkungan baru. Jaringan relasi dengan banyak profesi lain dan pastinya level jabatan yang lain akan membuat Anda menjadi lebih terbiasa dalam menempatkan diri Anda.

Nantinya, Anda akan tahu kondisi dimana Anda harus berbicara dengan relasi yang jabatannya lebih tinggi dan tahu bagaimana cara bersikap yang baik dengan junior Anda.

7. Memperkuat Personal Branding 

Manfaat selanjutnya dari membangun networking adalah bisa memperkuat personal branding. Personal branding adalah cara mempromosikan diri Anda ke orang lain. Personal branding yang baik akan membentuk rasa percaya orang lain pada diri Anda.

Setelahnya, kredibilitas Anda pun akan semakin kuat dan Anda bisa lebih percaya diri berada dalam jaringan networking tersebut.

Kepercayaan diri yang tinggi pastinya akan membuat Anda lebih mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan secara otomatis akan memperluas jaringan networking Anda.

8. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi 

Manfaat terakhir dari membangun networking adalah bisa mengasah kemampuan komunikasi Anda secara tidak langsung. Kenapa? karena Anda memiliki jaringan yang luas dan berasal dari berbagai usia, latar belakang, jenis kelamin, bahkan perspektif, sehingga membuat Anda bisa belajar bagaimana berbicara yang tepat dengan mereka.

Secara otomatis, gaya bicara dan juga gaya bahasa pun nantinya bisa Anda sesuaikan dengan lawan bicara, baik itu saat yang tepat untuk menggunakan gaya bahasa yang formal atau informal. Dari adanya networking inilah nantinya Anda bisa mengasah kemampuan bicara atau kemampuan komunikasi Anda.

Tips Membangun Networking

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam membangun networking adalah sebagai berikut:

1. Fokus Pada Target 

Membangun networking tidak bisa dilakukan dengan cepat. Diperlukan proses yang memerlukan waktu lama. Sehingga, Anda harus bisa menetapkan tujuan terkait berapa lama Anda bisa dikenal dalam suatu perkumpulan yang nantinya ingin Anda masuki.

2. Percaya Diri

Agar Anda bisa lebih dikenal dalam lingkungan yang baru, maka Anda harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Namun, bukan dengan cara menyombongkan diri.

Dalam hal ini, percaya diri adalah mampu beradaptasi dengan baik di dalam lingkungan yang baru. Keluarkanlah seluruh kemampuan diri Anda agar bisa terlihat lebih unik dan berbeda dari yang lainnya.

3. Aktif Mengikuti Banyak Kegiatan 

Tips selanjutnya dalam membangun networking adalah aktif dalam banyak kegiatan. Dengan mengikuti seminar ataupun training, maka akan membuka peluang Anda dalam memperoleh kenalan dari berbagai latar belakang. Cara ini merupakan cara yang efektif dalam membangun networking.

Selain itu, Anda juga bisa ikut aktif dalam suatu komunitas ataupun organisasi yang sama, sehingga akan terdapat banyak sekali relasi yang bisa Anda peroleh.

4. Siapkan Kartu Nama 

Cara terakhir dalam membangun networking adalah dengan selalu menyiapkan kartu nama. Kartu nama Anda akan menjadi perwakilan Anda dalam membangun impresi pada para relasi Anda.

Jangan lupa juga untuk memberikan kartu nama Anda pada kenalan baru. Walaupun terlihat sederhana, namun kartu nama bisa memberikan efek yang sangat besar di masa depan. Karena, dengan kartu nama ini Anda bisa membuat relasi baru yang akan mudah untuk menghubungi Anda.

Baca juga: 4 Jenis Gaya Pengambilan Keputusan dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang networking. Jadi, networking adalah suatu jaringan yang terbentuk dari adanya pertukaran ide, atau informasi di antara rekan yang memiliki minat khusus ataupun seprofesi.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dalam membangun networking yang kuat, baik untuk karyawan ataupun pebisnis. Jika Anda seorang pebisnis, networking yang baik akan membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Terdapat hal penting lainnya yang harus Anda lakukan dalam mencapai tujuan bisnis, yakni mencatat laporan keuangan. Laporan keuangan akan membantu Anda untuk mengetahui kondisi terkini finansial bisnis Anda dan membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.

Nah, untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan, cobalah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan software ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan tepat, sehingga Anda bisa fokus dalam mengembangkan bisnis. Selain itu, Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang bisa membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!