8 Cara Terbaik Menemukan Passion Anda

Passion adalah sesuatu yang memotivasi Anda dan membantu Anda membuat rencana untuk masa depan. Mengembangkan passion hidup Anda dapat membantu membimbing Anda baik secara pribadi maupun profesional. Mengejar hasrat Anda dapat membantu Anda mencari peluang tertentu yang memberi Anda arah untuk masa depan. Dalam artikel ini, kami membagikan mengapa memiliki passion itu penting dan mengeksplorasi cara Anda dapat menemukan passion Anda baik di dalam maupun di luar tempat kerja.

Mengapa penting untuk menemukan passion Anda?

Ketika Anda menemukan sesuatu yang Anda sukai, Anda mendapatkan tujuan. Passion mendorong Anda untuk unggul dan memotivasi Anda untuk belajar. Jika Anda bersemangat untuk mengejar aktivitas dan minat tertentu, Anda mengembangkan kemampuan Anda dengan fokus tertentu.

Mengejar passion Anda membuat Anda memiliki motivasi diri, sifat utama yang dapat melayani Anda baik secara pribadi maupun profesional. Ini dapat menarik Anda ke orang lain yang memiliki minat yang sama dan membuka kemungkinan jaringan baru dan persahabatan di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi Anda.

Baca juga: 4 Jenis Gaya Pengambilan Keputusan dan Contohnya

Bagaimana menemukan passion Anda bermanfaat bagi bisnis Anda?

Ketika Anda menerapkan passion Anda pada karir, Anda dan atasan Anda bisa mendapatkan keuntungan. Menggunakan passion Anda di dunia kerja dapat membantu Anda dengan cara berikut:

  • Mempengaruhi pencarian pekerjaan Anda: Banyak orang memilih karier berdasarkan minat mereka. Bekerja setiap hari di bidang yang Anda sukai adalah tujuan sebagian besar pencari kerja. Memahami hasrat Anda dapat membantu membimbing Anda saat Anda mengejar karier, tumbuh di posisi Anda saat ini, atau memutuskan untuk membuat perubahan karier.
  • Menambahkan fokus ke resume atau surat lamaran Anda: Anda dapat mengakui passion Anda pada resume dengan menambahkannya sebagai bagian dari pernyataan ringkasan Anda atau bahkan di bawah keterampilan jika itu relevan dengan karier Anda. Dalam surat lamaran, Anda dapat menjelaskan bagaimana gairah hidup Anda berkontribusi di tempat kerja.
  • Memandu tujuan karir Anda: Mengetahui passion hidup Anda dapat membantu memandu tujuan karir Anda. Ketika Anda berkomitmen untuk mengejar passion di tempat kerja, Anda dapat menetapkan tujuan untuk pertumbuhan agar sesuai dengan minat yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda menyukai desain grafis, Anda dapat bekerja untuk menambahkan sertifikasi desain ke resume Anda atau belajar menggunakan perangkat lunak desain tertentu.
  • Membantu Anda berhubungan dengan rekan kerja: Berbagi passion Anda adalah salah satu cara untuk membuat percakapan dan berhubungan dengan orang lain. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Gunakan passion untuk membentuk koneksi profesional dengan mereka yang berbagi cinta dan pengetahuan tentang minat Anda baik untuk peluang jaringan dan nilai pribadi.

Baca juga: Masa Probation: Pengertian dan Tips Lulus Masa Probation

Bagaimana cara menemukan passion Anda?

Menemukan apa yang Anda sukai dapat membentuk siapa diri Anda dan menjadi apa Anda nantinya baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadi Anda. Berikut adalah beberapa ide untuk membantu Anda menemukan gairah Anda:

1. Membangun

Alih-alih memikirkan passion Anda sebagai sesuatu yang akan Anda temukan dengan mencoba berbagai pengalaman hidup, anggap itu sebagai sesuatu yang harus Anda pelihara melalui pilihan hidup Anda. Tetapkan tujuan dengan tujuan yang akan membantu Anda mencapai keinginan yang telah lama Anda dambakan. Beri diri Anda kemampuan untuk memilih hasrat Anda berdasarkan apa yang menurut Anda paling menarik.

2. Terbuka untuk ide-ide baru

Ketika Anda mengandalkan apa yang selalu Anda katakan pada diri sendiri bahwa Anda menyukai atau menguasainya, Anda mungkin mengabaikan mencoba sesuatu yang baru. Alih-alih melabeli diri Anda sebagai salah satu tipe orang tertentu, pertimbangkan apa yang dapat Anda pelajari dengan berinvestasi dalam ide baru.

Jelajahi topik yang Anda dengar di TV atau baca di blog. Simpan jurnal ide atau papan gabus tempat Anda dapat menyimpan dan memposting hal-hal yang menarik perhatian Anda. Anda mungkin melihat jenis ide yang sama terus bermunculan saat Anda mengumpulkan pemikiran Anda.

3. Masukkan passion ke dalam segala hal

Jika Anda menganggap semua yang Anda lakukan sepadan dengan energi Anda, Anda dapat menyuntikkan passion ke dalam semua yang Anda lakukan. Antusiasme untuk tugas sehari-hari Anda dapat berubah menjadi cinta yang murah hati untuk apa yang mungkin merupakan aktivitas biasa. Passion Anda menjadi apa yang paling Anda lakukan dalam hidup. Ini membuat gairah menjadi tindakan, bukan hal yang harus dikejar.

4. Konsumsi lebih banyak ide

Dengan banyaknya informasi yang tersedia, mungkin sulit untuk memutuskan sumber mana yang harus benar-benar Anda tanggapi.. Namun, ketika Anda membiasakan diri untuk menerima ide dan informasi dari topik yang diminati, Anda dapat lebih mudah menemukan hal mana yang benar-benar menginspirasi gairah.

Konsumsi ide dari sumber yang kaya konten tentang topik yang menarik perhatian Anda. Baca buku dan artikel baik secara digital maupun cetak, dengarkan podcast, dan tonton video instruktif. Ambil konten yang berasal dari para pemimpin pemikiran untuk menumbuhkan basis pengetahuan Anda dari sumber yang layak.

Baca juga: Perilaku Konsumtif Adalah Suatu Hal yang Harus Dihindari, Ini Caranya!

5. Pelan-pelan dan nikmati momennya

Terkadang, memperhatikan pikiran dan aktivitas sehari-hari Anda dapat membantu Anda menentukan apa yang benar-benar Anda sukai. Ketika Anda menemukan sesuatu yang membuat Anda merasa bergairah, luangkan waktu untuk mengalami aktivitas atau ide itu. Sisihkan waktu untuk mengembangkan minat yang terpisah dari tanggung jawab Anda yang lain dan jadikan waktu ini sebagai prioritas.

6. Jadikan bersenang-senang sebagai tujuan

Untuk menemukan hal-hal yang Anda sukai, pikirkan apa yang membuat Anda bersemangat. Passion berasal dari sesuatu yang membawa Anda sukacita. Terkadang Anda menemukan passion hanya dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk diri sendiri.

Misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk melakukan tandem skydive, mengetahui bahwa Anda menyukai pengalaman tersebut dan memutuskan untuk memulai pelatihan untuk melakukan lompatan solo. Anda bahkan dapat memutuskan bahwa Anda ingin belajar menjadi instruktur terjun payung.

7. Ikuti kelas untuk mengeksplorasi minat Anda

Ada banyak kesempatan untuk terus belajar tentang topik yang Anda minati. Kelas online menawarkan banyak mata pelajaran dan mode pembelajaran. Perguruan tinggi dan perpustakaan setempat menawarkan kursus pendidikan.

Klub dan organisasi juga berbagi keahlian mereka melalui festival dan seminar. Semakin banyak Anda belajar, semakin mudah untuk menemukan topik apa yang menggairahkan hasrat Anda. Beberapa perusahaan bahkan akan membayar Anda untuk mendapatkan sertifikasi atau ikut serta dalam konferensi di bidang yang Anda minati.

8. Tanyakan pada diri sendiri apa selanjutnya

Cara lain untuk menemukan passion Anda adalah dengan menulis biografi masa depan Anda. Diskusikan apa yang telah Anda capai lima sampai sepuluh tahun dari sekarang. Setelah Anda menyelesaikan bio, bekerja mundur untuk mencari tahu pencapaian apa yang membuat Anda paling bersemangat. Buat rencana untuk mengubah prediksi ini menjadi kenyataan dengan tujuan yang dapat ditindaklanjuti yang membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Baca juga: Apa itu Karir? Berikut Pengertian, Jenjang, dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menemukan passion Anda yang akan berguna dalam karir dan hidup Anda. Seperti yang Anda baca diatas, passion bukanlah sesuatu yang kebetulan, namun harus Anda bangun dan menmukan kesenangan saat Anda melakukan. Akan lebih baik jika passion yang Anda sukai menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang mencari solusi untuk proses pembukuan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pembukuan, membuat laporan keuangan, pengelolaan pajak, manajemen aset dan persediaan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Onlin secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah

 

 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.