Karir Adalah: Pengertian dan Cara Menemukan Karir yang Tepat

Kesuksesan dalam meniti karir adalah salah satu pencapaian di dalam hidup. Setiap orang yang ingin memulai karir, harus dipikirkan secara baik-baik.

Walaupun ada beberapa yang sudah memiliki impian pekerjaan atau cita-cita sejak masih kecil. Tapi, tidak jarang ada juga yang baru memikirkannya sebelum selesai menempuh pendidikan. Keduanya tidak ada yang salah, yang penting adalah bagaimana cara untuk meraihnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas bersama tentang karir dan cara menemukan karir yang tepat.

Pengertian Karier?

Untuk sebagian besar orang, karir hanyalah terkait dengan pekerjaan ataupun jumlah pekerjaan yang sudah dilakukan. Tapi, arti tersebut tidak benar-benar mewakili kata karir yang sesungguhnya.

Berdasarkan perpustakaan University of Dubuque, karir adalah jumlah pilihan yang sudah diambil agar bisa mengarahkan Anda untuk bisa mendapatkan tujuan pribadi Anda.

Karir adalah kombinasi dari jumlah pekerjaan yang sudah diambil, berbagai pencapaian, sampai pelatihan yang sudah dilalui agar bisa meraih tujuan profesionalitas Anda.

Setiap pengalaman dan pekerjaan yang dikerjaan akan diikuti dengan berubahnya jenjang karir. Untuk itu dikenal dengan sebutan perkembangan karir atau progress karier.

Tentunya memilih karir harus dilakukan dengan hati-hati, karena nantinya akan berdampak pada arah hidup, kepuasan profesional, dan juga rasa fulfillment di dalam hidup.

Baca juga: Sifat Pemimpin yang Baik yang Bisa Anda Terapkan

Jenis-Jenis Karir

Berdasarkan laman Indeed, setidaknya terdapat tiga karir yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Karier Dari Pekerjaan Yang Tidak Terkait

Karir yang Anda jalani bisa terdiri dari berbagai jenis pekerjaan yang tidak berkaitan antara yang satu dengan yang lain, baik itu dari sisi posisi sampai dengan industrinya.

Contohnya, Anda menjadi seorang sales associate di dalam industri retail, lalu menjadi seorang customer service pada perusahaan IT, lalu menjadi seorang community manager di perusahaan startup keuangan.

Dengan jenis ini, Anda bisa mempunyai banyak sekali pengalaman dalam berbagai jenis bidang. Tapi karena setiap posisi dan tanggung jawab yang dijalankan akan berbeda-beda, maka akan sulit untuk memperkirakan posisi apa yang selanjutnya akan Anda jalani.

Untuk itu, Anda juga akan sulit untuk memperoleh peningkatan gaji dan tanggung jawab yang signifikan pada pekerjaan Anda yang selanjutnya.

2. Karier Yang Berkembang Dari Satu Pekerjaan

Jenis karir yang satu ini umumnya dikenal dengan jalur karir yang linear. Hal tersebut dikarenakan Anda akan lebih berfokus pada satu bidang ataupun satu industri saja di sepanjang perjalanan linear karir Anda, terlepas apakah Anda bekerja di perusahaan yang berbeda ataupun sama.

Contohnya, Anda memulai karir pada bidang penulisan sebagai seorang asisten editor pada perusahaan X. Lalu, Anda bisa saja diangkat menjadi editor penuh di perusahaan Y dan diangkat lagi menjadi editor senior jika sudah bekerja selama satu tahun.

Jenjang karir yang seperti ini banyak dilakukan oleh orang-orang, karena perkembangannya yang cukup jelas.

3. Karir Dari Pekerjaan Yang Berbeda Di Satu Industri

Jenis dari karir ini adalah saat Anda bekerja di dalam satu industri namun melakukan beragam jenis pekerjaan. Sebagai contoh, Anda mempunyai pekerjaan untuk menjadi seorang creative director pada bidang industri kreatif.

Anda bisa saja memulai karir Anda dengan cara bekerja menjadi seorang copywriter di agensi periklanan lalu pindah lagi ke agensi lainnya sebagai seorang videographer.

Seiring dengan berjalannya waktu, Anda mungkin mempunyai peran dan juga tanggung jawab yang berbeda-pada pada setiap pekerjaan, tapi Anda tetap berada di industri kreatif.

Dengan adanya alur tersebut, maka Anda masih memiliki kesempatan dalam mencapai impian Anda untuk menjadi seorang creative director.

Baca juga: Fungsi Berorganisasi dan Tujuannya Penting di Dalamnya

Cara Menemukan Karir Yang Tepat

Dengan menemukan karir yang tepat, Anda bisa menikmati pekerjaan dan juga mengetahui jenjang karir Anda pada masa yang akan datang. Nah, cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan karir adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Networking

Dengan melakukan networking, maka Anda bisa membangun dan juga menjaga hubungan profesional dengan orang lain. Hal tersebut nantinya akan membantu Anda untuk melihat dan juga memilih karir seperti apa yang sesuai untuk bisnis Anda.

Karena, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan memberikan kesempatan pada Anda untuk bisa menaiki jenjang karir ataupun mencoba kesempatan yang baru.

2. Belajar Sepanjang Waktu

Tentunnya belajar adalah suatu kewajiban, terlebih lagi dengan adanya perkembangan teknologi yang mewajibkan Anda untuk terus berinovasi dan juga beradaptasi.

Anda bisa belajar dari senior atau sesama pekerja di dalam industri yang saat ini Anda tekuni. Cari tahu apa saja skil yang diperlukan untuk bisa mengembangkan karir, baik itu soft skill ataupun hard skill.

3. Memperhatikan Dunia Industri Yang Sedang Dijalani

Sebisa mungkin, cobalah untuk membaca beragam berita terkait industri yang ingin atau sedang Anda jalani saat ini. Hal tersebut akan membuat Anda untuk terus mengikuti tren dan memperoleh gambaran pekerjaan seperti apa yang sesuai untuk karir Anda.

4. Membuat Rencana

Awali lah meniti karir dengan membuat rencana. Tapi, Anda harus tetap terbuka dan fleksibel saat ada kesempatan lain yang hadir. Ketahuilah hal penting apa yang berguna untuk Anda, tujuan profesional Anda, dan hal apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda saat ini.

5. Bersiap Untuk Mengubah Karier

Bila Anda berada di dalam industri di dalam suatu industri yang trennya sedang mengalami penurunan, maka pertimbangkanlah kemungkinan untuk beralih ke karir yang berbeda.

Baca juga: Negosiasi Gaji Ingin Lancar? Baca Tips Ini!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang karir. Untuk Anda yang meniti karir sebagai pebisnis atau CEO perusahaan, maka Anda harus mengerti dengan baik tentang keuangan bisnis dan membuat laporan keuangan bisnis.

Namun, bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup atau belum bisa membuat laporan keuangan yang baik, tenang saja. Kenapa? Karena Anda bisa memanfaatkan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan juga akurat. Selain itu, Anda juga bisa mengakses data laporan tersebut di mana saja Anda butuhkan.

Penasaran dengan Accurate Online? Ayo coba dulu selama 30 hari gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.