Miskomunikasi WFH: Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Miskomunikasi WFH adalah kasus yang sering terjadi saat sedang mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah. Bila dilihat dari dua sisi, umumnya kasus miskomunikasi ini bukanlah tentang siapa yang salah, tapi tentang bagaimana miskomunikasi antar setiap pihak bisa dihindarkan dengan baik.

Miskomunikasi sendiri adalah proses komunikasi yang berjalan dengan kurang baik atau tidak baik. Sehingga bisa menimbulkan informasi yang disampaikan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan miskomunikasi, seperti adanya perbedaan antara pengirim informasi dan penerima informasi, adanya perbedaan pengetahuan, pengalaman dan gaya bahasa yang digunakan. Miskomunikasi ini seringkali diselesaikan dengan salah satu diantara dua orang untuk memahami rekannya.

Penyebab Terjadinya Miskomunikasi WFH

Bila miskomunikasi terus terjadi, maka akan mengakibatkan banyak hal negatif untuk perusahaan. Dalam hal ini, miskomunikasi bisa menimbulkan kekacauan di dalam pekerjaan.

Pekerjaan akan berjalan dengan tidak lancar, penerimaan informasi salah dalam melakukan pekerjaan, sampai bisa merugikan keuangan perusahaan bila memang berkaitan dengan pengeluaran.

Meskipun saat ini teknologi sudah semakin berkembang pesat, namun kenyataanya miskomunikasi WFH antar karyawan masih sering terjadi. Beberapa diantaranya disebabkan karena hal berikut ini:

1         Pengirim Informasi

Pengirim informasi tidak bisa menyusun kata-katanya dengan baik dan benar, sehingga terjadi kesalahan penyampaian informasi.

2         Penerima Informasi

Penerima informasi sedang merasa tidak fokus, tidak konsentrasi atau memiliki pengetahuan yang kurang terkait informasi yang disampaikan oleh pihak pengirim.

3 Informasi

Informasi berisi berbagai hal yang sulit atau tidak dipahami oleh penerima, tidak enak dibaca, tidak memiliki tanda baca, atau tidak berurutan sesuai dengan cara kerja atau kronologi suatu peristiwa.

Baca juga:

Cara mengurangi Terjadinya miskomunikasi WFH

  • Mencari Tahu Ekspektasi Perusahaan Pada Anda

Miskomunikasi adalah suatu hal yang bisa ditangani bila Anda mengetahui ekspektasi perusahaan pada Anda. Bila Anda sedang WFH, jangan menganggap bahwa Anda mengetahui berbagai tujuan perusahaan. Tanyakanlah atasan dan teman satu tim Anda tentang apa yang mereka perlukan dari Anda dan dapatkan informasi tersebut secara jelas.

  • Temukan Teknik Komunikasi Terbaik untuk Tim Anda

Setiap orang mempunyai preferensinya masing-masing dalam melakukan komunikasi. Sebagian orang ada yang lebih suka berbicara secara langsung. Untuk itu saat sedang WFH, manfaatkanlah fitur video call dan jadwalkanlah sesuai dengan kebutuhan tim Anda agar tidak terjadi miskomunikasi.

Karena dalam hal ini, miskomunikasi bisa menghambat pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh tim.

Beberapa karyawan lainnya lebih menyukai komunikasi secara tertulis, untuk itu perbaikalah cara penyampaian pesan Anda agar bisa diterima dengan baik oleh pihak penerima informasi.

Sebagai pimpinan tim atau anggota tim, Anda bisa mengajukan meeting minimal satu minggu sekali untuk memberikan informasi terbaru, pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan, atau hal apa saja yang kurang jelas. Anda bisa menggunakan platform apa saja untuk melakukan kegiatan meeting ini.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengaktifkan tombol mute saat Anda tidak berbicara, gunakan juga earphone yang masih bisa bekerja dengan baik, berikanlah informasi bila Anda ingin pergi ke toilet dan berpakaianlah secara rapi.

Metode apa yang Anda gunakan sebenarnya tidak terlalu penting. Hal tersebut lebih tergantung dari bagaimana tim Anda dalam mencari cara dalam melakukan komunikasi.

Cara yang paling sederhana adalah dengan menanyakan pada setiap orang di dalam tim Anda terkait preferensi manakah yang lebih efektif untuk digunakan.

  • Jujur dalam Berkomunikasi

Cobalah untuk jujur saat Anda tidak memahami apa yang disampaikan oleh rekan kerja Anda. Miskomunikasi bisa dihindari bila Anda bersikap jujur. Jangan sampai apa yang Anda kerjakan menjadi salah. Hal tersebut nantinya akan merugikan perusahaan dan Anda sendiri.

Tanyakan secara jelas tentang pekerjaan apa yang sebenarnya harus Anda lakukan. Namun, jangan langsung menanyakannya saat informasi baru diberikan. Cobalah untuk lebih dulu memahami maksudnya. Bila memang masih tidak bisa dimengerti, tanyakanlah dengan segera agar tidak memperlambat produktivitas perusahaan.

  • Informasi Jelas dan Ringkas

Bekerja dari rumah artinya setiap karyawan harus bisa belajar menulis secara jelas dan efektif, karena sebagian besar komunikasi nantinya akan dilakukan melalui tulisan.

Untuk itu, bersikaplah dengan lebih jelas dan ringkas, sehingga nantinya tidak akan menimbulkan kesalahan komunikasi pada tim Anda. selain itu, berikan juga contoh pekerjaan pada tum Anda.

Semakin jelas komunikasi yang Anda sampaikan, maka akan semakin sedikit ruang untuk terjadinya miskomunikasi. Sebelum memberikan informasi tersebut, pikirkan juga secara matang dan baik-baik.

Baca juga

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang penyebab miskomunikasi dan cara mengatasi miskomunikasi WFH. Anda bisa mencari cara lainnya bila cara yang sudah kami berikan di atas dirasa kurang cukup.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan tools tertentu guna mengurangi miskomunikasi WFH dan meningkatkan efisiensi dari tim Anda.

Salah satu rekomendasi tools yang bisa Anda sediakan, khususnya untuk tim finansial, adalah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena software yang dikembangkan dengan basis cloud ini mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Berbagai data laporan keuangan ini juga bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

Selain itu, berbagai fitur bisnis lengkap yang ada di dalamnya juga akan siap membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, manufaktur, perpajakan, multi cabang, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Silahkan klik banner di bawah ini untuk langsung mencoba dan menggunakan Accurate Online selama 30 hari, gratis!