Tantangan Kerja Remote dan Cara Mengatasinya

Beberapa manfaat datang dengan bekerja remote atau kerja jarak jauh. Ini termasuk tidak memiliki perjalanan panjang ke tempat kerja, jam kerja yang lebih fleksibel dan mampu menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan dengan lebih baik. Namun, meskipun ada banyak manfaat untuk bekerja remote, ada juga tantangan yang harus Anda hadapi.

Dalam artikel ini, kami melihat tantangan paling umum untuk kerja remote dan bagaimana Anda dapat mengatasinya untuk meningkatkan produktifitas Anda.

Apa itu Kerja Remote?

Kerja remote adalah gaya kerja yang memungkinkan Anda bekerja di luar kantor tradisional, baik di rumah, di ruang kerja bersama, di kedai kopi, atau lokasi lainnya.

Sementara banyak bisnis telah menawarkan kerja jarak jauh kepada beberapa karyawan selama bertahun-tahun, ini menjadi semakin populer karena bandwidth internet, WiFi, dan teknologi terkait lainnya telah maju.

Sekarang sudah umum untuk melihat bekerja remote ditawarkan dalam posting pekerjaan untuk menarik kandidat berkualitas. Tidak hanya menarik bagi mereka yang menginginkan pengaturan kerja yang lebih fleksibel, tetapi juga berarti kandidat tidak perlu pindah untuk menerima pekerjaan.

Bisnis juga dapat menghemat uang untuk ruang kantor dan perlengkapan saat karyawan bekerja dari jarak jauh. Ketika pekerja jarak jauh datang ke kantor, mereka dapat berbagi ruang meja sementara karena mereka tidak membutuhkan meja mereka sendiri.

7 Tantangan Kerja Remote dan Cara Mengatasinya

Kerja remote mengharuskan Anda untuk mengambil pendekatan yang berbeda dengan cara Anda bekerja. Hal ini terkadang dapat menghadirkan tantangan dalam proses kerja remote itu sendiri.

Berikut adalah tujuh dari tantangan kerja remote tersebut dan cara Anda mengatasinya.

1. Merasa terasing

Banyak orang yang kerja remote itu seorang diri. Meskipun kesendirian dapat membantu Anda berkonsentrasi tanpa terganggu, itu juga dapat membuat Anda merasa terisolasi dari orang lain. Di kantor tradisional, Anda biasanya dikelilingi oleh orang lain yang dapat berinteraksi dengan Anda jika perlu.

Bahkan jika Anda tidak perlu berkolaborasi dengan orang lain dalam pekerjaan Anda, baik untuk kesehatan mental Anda untuk menghabiskan waktu bersama orang lain. Anda dapat mengatur untuk bertemu untuk makan siang dengan rekan kerja yang tinggal di kota yang sama.

Atau, Anda dapat menemukan ruang kerja bersama di mana Anda dapat berada di sekitar telecommuter lain. Bahkan membawa laptop Anda ke kedai kopi selama beberapa jam dapat membantu Anda merasa tidak terlalu terisolasi.

Baca juga: Strategic Leadership: Pengertian, Keterampilan, Dan Cara Menjadi Pemimpin Strategis

2. Merasa terputus

Meskipun bekerja jauh dari kantor dapat membantu meminimalkan gangguan yang biasanya Anda temukan di kantor, itu juga dapat membuat Anda merasa terputus dari tim Anda.

Percakapan santai yang diadakan di tempat kerja dapat membantu memberi Anda perasaan terhubung dengan orang lain. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengejar berita dan merasa terlibat.

Pengaturan telecommuting Anda mungkin mengharuskan Anda untuk bekerja di kantor beberapa hari dalam seminggu atau sebulan. Pastikan untuk memanfaatkan waktu itu sebaik-baiknya untuk berinteraksi dengan rekan kerja Anda.

Jika itu bukan pilihan, buat teknologi bekerja untuk Anda melalui konferensi video atau bahkan pesan teks. Anda juga dapat berbicara dengan manajer Anda tentang mengatur pertemuan pembangunan tim triwulanan di lokasi yang nyaman bagi semua orang.

3. Menemukan keseimbangan kehidupan kerja yang baik

Ketika Anda bepergian ke tempat kerja, lebih mudah untuk meninggalkan pekerjaan Anda ketika Anda meninggalkan kantor. Bekerja dari jarak jauh berarti Anda tidak pernah benar-benar meninggalkan ruang kerja Anda, terutama jika Anda bekerja dari rumah.

Sangat mudah untuk terus bekerja lama setelah jam kerja biasa karena Anda tidak harus pergi ke rumah, atau Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda kapan saja.

Memiliki jam kerja yang fleksibel adalah salah satu keuntungan bekerja dari jarak jauh. Namun, Anda harus disiplin meninggalkan pekerjaan untuk terlibat dengan keluarga atau untuk bersantai dan menikmati hal-hal lain.

Jika memungkinkan, buat ruang kerja atau area kerja yang bisa Anda tinggalkan di penghujung hari. Jadwalkan istirahat makan siang jauh dari rumah atau mungkin mengatur untuk bertemu dengan seorang teman. Tetapkan waktu untuk menutup komputer kerja Anda dan tidak membukanya lagi hingga hari kerja berikutnya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Perusahaan Anda

4. Menjadi produktif

Banyak pekerja jarak jauh mengalami sedikit kesulitan dalam memanfaatkan jam kerja yang fleksibel dan gangguan minimal untuk menjadi produktif. Namun, beberapa orang menganggap ini sebagai tantangan.

Tanpa rekan kerja Anda di sekitar Anda, mungkin sulit bagi Anda untuk menemukan motivasi untuk bekerja. Jika Anda bekerja dari rumah, perlu waktu untuk melihat rumah Anda sebagai tempat kerja dan bukan hanya tempat Anda bersantai.

Meskipun bekerja dari jarak jauh dapat membantu mereka yang memiliki keluarga atau hewan peliharaan untuk dirawat, ini juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan.

Anda dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda dengan bekerja dalam waktu 25 hingga 30 menit, lalu istirahat untuk memeriksa email atau bermain dengan hewan peliharaan Anda.

Jika Anda memiliki anak yang harus dijaga, jadwalkan jam kerja Anda di sekitar tidur siang mereka, atau rencanakan untuk melakukan sebagian besar pekerjaan Anda saat mereka berada di tempat tidur. Selama periode kerja yang intens, pertimbangkan untuk meminta teman atau orang lain di rumah Anda untuk menjaga hewan peliharaan atau anak-anak Anda, jika ada.

5. Melindungi jam kerja dari teman dan keluarga

Bekerja dari jarak jauh dengan jam kerja yang fleksibel berarti Anda kadang-kadang dapat meluangkan waktu untuk menjalankan tugas atau melakukan tugas-tugas non-kerja di siang hari.

Keluarga dan teman yang bermaksud baik mungkin menganggap ini berarti bahwa Anda lebih sering tersedia daripada Anda. Jika ini terjadi pada Anda, penting untuk menemukan cara untuk melindungi jam kerja Anda. Tidak hanya penting untuk produktivitas Anda, tetapi juga penting bahwa Anda tersedia untuk atasan Anda selama jam yang telah Anda setujui untuk bekerja.

Mungkin membantu jika Anda menetapkan jam kerja reguler di mana Anda sesering mungkin jika Anda bekerja di kantor biasa, bahkan jika Anda berada di rumah. Anda juga dapat menunjukkan bahwa Anda bekerja dan tidak tersedia dengan memasang headphone atau menggantung tanda di pintu Anda.

Pastikan juga untuk berbicara dengan teman, keluarga, dan teman sekamar Anda. Tetapkan aturan untuk kapan dan bagaimana mereka harus melibatkan Anda selama hari kerja Anda.

6. Memperbaiki masalah teknologi

Salah satu keuntungan bekerja di kantor adalah biasanya ada tim teknologi yang siap membantu Anda jika koneksi jaringan Anda yang buruk atau komputer Anda tiba tiba rusak. Bekerja dari jarak jauh berarti Anda bertanggung jawab untuk mengatasi masalah itu sendiri.

Ini bisa menjadi tantangan jika Anda tidak terbiasa mengelola masalah teknologi.

Bagaimana Anda mengatasi tantangan ini tergantung pada situasi kerja jarak jauh Anda. Perusahaan tempat Anda bekerja mungkin memiliki kebijakan dan prosedur untuk menangani masalah teknis jarak jauh.

Pastikan Anda akrab dengan mereka. Namun, jika Anda bertanggung jawab atas perangkat keras Anda sendiri, siapkan peralatan cadangan jika terjadi kegagalan. Pertimbangkan juga untuk menggunakan penyimpanan berbasis cloud untuk file penting guna memastikan Anda tidak kehilangannya karena kerusakan perangkat keras.

Baca juga: Partnership Adalah Kerjasama Bisnis yang Menguntungkan, Ini Penjelasannya!

7. Mengelola risiko keamanan

Bisnis biasanya memiliki keamanan jaringan dan perangkat lunak yang terpasang di kantor mereka untuk menjaga dari serangan siber seperti peretas dan virus. Bekerja dari jarak jauh, terutama di tempat umum seperti kedai kopi atau perpustakaan, membuat Anda lebih rentan terhadap serangan semacam itu.

Jika Anda bertanggung jawab untuk melindungi data Anda dan data perusahaan atau klien Anda, Anda harus yakin bahwa Anda memiliki keamanan yang kuat di semua perangkat kerja Anda.

Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan, mereka mungkin memiliki persyaratan keamanan untuk pekerja jarak jauh, seperti hanya menggunakan perangkat keras perusahaan dengan enkripsi atau fitur keamanan lainnya yang diinstal.

Pastikan Anda mengetahui dan mengikuti prosedur ini. Jika tidak, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak anti-virus dan tetap perbarui. Pertimbangkan juga untuk menggunakan jaringan pribadi virtual, atau VPN, untuk terhubung ke Internet.

Saat bekerja di tempat umum, gunakan filter layar untuk membantu menjaga privasi layar laptop Anda dan berhati-hatilah saat menggunakan WiFi publik, hanya terhubung ke internet ketika Anda memiliki koneksi yang aman.

Baca juga: Work Life Balance: Pengertian dan 5 Tips Untuk Mewujudkannya

Kesimpulan

Itulah beberapa tantangan kerja remote dan cara mengatasinya untuk bisins Anda. Saat ini dengan kemajuan teknologi, proses kerja menjadi lebih baik dan praktis, termasuk jika Anda pemilik bisnis dan ingin memudahkan proses pengelolaan keuangan pada bisnis.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang sedang mencari solusi dalam memudahkan pengelolaan finansial pada usaha, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Onine yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau sehingga membuat Anda selalu bisa mengontrol dan memantau data finansial, pembukuan, pengelolaan pajak, manajemen aset dan stok hingga membuat laporan keuangan dengan praktis.

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: