Rekomendasi Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Perusahaan Anda

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi video conference atau aplikasi video meeting online di luar sana. Tapi, setiap aplikasi tersebut mempunyai fitur unggulan dan juga kekurangannya tersendiri. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja fitur aplikasi video conference yang Anda pilih.

Nah pada kesempatan kali ini, kami telah merangkum lima aplikasi video conference terbaik, lengkap dengan berbagai fitur di dalamnya. Apa saja kelima aplikasi video conference tersebut? Baca artikel ini hingga tuntas yah.

Aplikasi Video Conference Terbaik

1. Zoom Meeting (Gratis dan Berbayar)

Saat kita membahas tentang aplikasi video conference, zoom meeting bisa Anda jadikan opsi yang tepat. Terlebih lagi, aplikasi ini juga memberikan layanan gratis. Tapi untuk menggunakan layanan gratis ini, zoom hanya mampu menampung 100 pengguna dengan batasan durasi waktu selama 40 menit saja.

Namun, bila jumlah peserta meeting online Anda ternyata lebih dari itu, maka kami sarankan untuk menggunakan versi berbayarnya.

Aplikasi zoom meeting mampu menampung 1000 peserta dalam satu waktu. Layanan tersebut bisa Anda nikmati dengan harga mulai dari $19.90 per bulannya. Dengan menggunakan paket ini, Anda juga tidak akan mendapatkan batasan waktu atau unlimited meeting.

Lantas muncul pertanyaan, bila mampu menampung peserta hingga 1000 banyaknya, apakah kualitas video nya bisa tetap bagus? Jangan khawatir, aplikasi video conference ini mempunyai kualitas HD 720p meskipun ada banyak peserta di dalamnya. Terlebih lagi, zoom juga bisa menayangkan 49 video dalam waktu yang bersamaan di satu tampilan layar.

Selain memiliki keunggulan dalam hal kualitas, ternyata tampilan interface dari zoom juga terkenal sangat menyenangkan dan juga menarik. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan virtual background agar bisa mengganti tema latar belakang Anda dengan berbagai tampilan yang lebih keren, seperti di kebun, di tengah sawah, atau di tengah pantai.

Baca juga: Ingin Mempelajari Keterampilan Baru? Berikut 5 Langkahnya

2. Google Meet (Berbayar)

Jika Anda memang sedang mencari suatu aplikasi yang sederhana dan juga mudah untuk digunakan dalam keperluan meeting online, maka Anda bisa memilih Google Meet. Aplikasi besutan Google ini bisa Anda gunakan hanya dengan login di browser tanpa harus menginstal aplikasi khusus. Selain itu, Google meet juga tersedia untuk perangkat smartphone Anda.

Selain mudah digunakan, Google Meet juga menawarkan berbagai fitur menarik, seperti merekam video meeting dan secara otomatis akan tersimpan di Google Drive Anda. Lebih uniknya lagi, Anda juga bisa memperoleh subtitle video seperti halnya menonton film.

Karena dibuat oleh Google, maka Goggle Meet sudah terintegrasi juga dengan berbagai aplikasi dari Google. Selain email, tapi juga bisa terintegrasi dengan Google Calendar, Google Docs, Drive, Slide, Spreadsheet, Google Form, dan juga Cloud Search.

Untuk bisa menikmati layanan ini, Anda hanya cukup membayar biaya langganan mulai dari $6 perbulan saja. Harga tersebut cukup terjangkau untuk aplikasi yang kaya akan fitur dan juga mudah untuk digunakan.

Nah, per tanggal 30 September 2020 lalu, Google meet bisa Anda gunakan secara Cuma-Cuma alias gratis. Informasi tersebut sudah dikeluarkan secara resmi melalui situs blog Google Meet.

Namun, layanan gratis ini disediakan secara bertahap. Kemungkinan besar Anda tidak bisa langsung menggunakannya. Tapi tenang saja, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu, lalu Anda akan memperoleh pemberitahuan bila layanannya sudah tersedia.

3. Lifesize (Berbayar)

Bila Anda memerlukan aplikasi video conference dengan kualitas video yang terbaik, maka Anda bisa memilih Lifesize. Aplikasi ini sudah didukung dengan teknologi yang disebut dengan 4K Video Conferencing. Sehingga, akan terasa seperti bertatapan secara langsung.

Bila aplikasi sebelumnya hanya mampu menawarkan kualitas HD 720p, maka dengan 4K video conferencing artinya kualitas gambar yang bisa ditampilkan akan melebih standar HD pada umumnya, bahkan lebih bagus 8x lipat dari 720P.

Selain itu, tampilan Lifesize pun terkenal lebih tajam, halus, dan juga lebih jernih. Tapi untuk bisa menikmati tampilan tersebut, perangkat Anda juga harus sudah didukung dengan alat-alat yang pas. Minimal harus sudah didukung dengan transfer data 4k.

Solusinya, Lifesize mampu menyediakan berbagai perangkat yang mendukung tampilan gambar 4K. Beberapa perangkat tersebut adalah Camera 4K dan Display Monitor.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi video conference ini adalah sistem keamanan yang sudah dijamin dengan end-to-end encryption. Jadi, kegiatan meeting online Anda sudah otomatis terenkripsi, sehingga akan mencegah pihak lain yang ingin melakukan penyadapan.

4. Microsoft Teams (Gratis dan Berbayar)

Sebenarnya, Microsoft Teams adalah update versi terbaru ari aplikasi Skype for Business. Di tahun ini, Skype for Business sudah resmi berganti nama menjadi Microsoft Teams.

Perubahan tersebut mencakup penambahan pada berbagai fitur pendukung video conference, seperti upsize jumlah kapasitas dan juga integrasi dengan Microsoft Office 365.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Office 365 ini mencakup Microsoft Word, Excell, Power Point, Onenote, dan juga Outlook. Dengan adanya integrasi dengan Office 365, maka seluruh peserta yang ada di dalam Conversation Channel bisa langsung membagikan dan juga mengakses setiap aplikasi yang dibutuhkannya.

Jadi, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan rekan tim Anda tanpa harus repot-repot menggunakan aplikasi lain untuk melakukan komunikasi. Selain untuk melakukan video conference, Anda juga bisa melakukan kolaborasi untuk suatu pekerjaan tertentu.

5. Blue Jeans (Berbayar)

Jika Anda ingin merasakan meeting online seperti berada di ruangan bioskop, maka gunakanlah aplikasi Blue Jeans. Aplikasi video conference ini sangat terkenal dengan fitur kejernihan audionya karena mereka menggunakan sistem yang disebut dengan Dolby Voice.

Sehingga, Anda bisa mendengarkan audio yang dinilai sangat jernih dan juga sangat jelas saat sedang melakukan kegiatan  meeting online. Selain itu, Blue Jeans juga sudah dilengkapi dengan kualitas video HD.

Bila di aplikasi Zoom Anda bisa mengganti background, maka di aplikasi ini Anda bisa membuat background Anda menjadi buram. Dengan kehadiran fitur ini, minimal Anda bisa mengurangi distraksi ketika sedang melakukan meeting online.

Masih berkaitan dengan tampilan, fitur share screen dari Blue Jeans juga banyak memperoleh review yang positif. Selain mudah untuk berbagi layar, Anda juga bisa melakukan akses pada peserta lainnya agar mengoperasikan layar presentasi.

Kelebihan dan Kekurangan Video Conference

Beberapa kelebihan dari aplikasi video conference adalah meeting yang bisa dilakukan dari jarak jauh, hemat waktu dan juga biaya. Terlebih lagi fitur di dalamnya juga sangat canggih, sehingga kita bisa mengetahui ekspresi dan juga mimik wajah para peserta meeting lainnya.

Namun, Anda akan sangat tergantung pada kualitas internet. Terlebih lagi bila Anda mengandalkan paket kuota data, tentu sangat boros. Kualitas video dan audio yang dihasilkan pun harus Anda maklumi.

Perbedaan Video Conference dan Video Chat

1. Jumlah Peserta Per Sesi

  • Video Conference

Tujuan paling utama dibuatnya aplikasi video conference adalah agar bisa melakukan rapat ataupun webinar online. Itu artinya, aplikasi video conference harus mampu menampung banyak peserta sekaligus. Mulai dari lima puluh, sampai ratusan orang dari berbagai lokasi di dunia di waktu yang bersamaan.

  • Video Chat

Sesuai dengan namanya, video chat hanya bisa digunakan untuk melakukan obrolan ringan menggunakan video. Itu artinya, jumlah pengguna dalam satu sesi pun sangat terbatas. Biasanya, jumlah maksimal orang yang berada dalam satu sesi video chat hanya sekitar lima hingga sepuluh orang.

2. Suasana Percakapan

  • Video Conference

Karena aplikasi video conference dibuat untuk rapat ataupun seminar, maka suasananya akan lebih cenderung formal.

  • Video Chat

Berlawanan dengan aplikasi video conference, suasana yang terdapat pada aplikasi video chat umumnya lebih santai dan juga informal.

3. Fitur dan Sarana

  • Video Conference

Umumnya aplikasi video conference mempunyai berbagai fitur dan juga sarana untuk membantu para penggunanya.

  • Video Chat

Disisi lain, video chat lebih sederhana dengan fitur yang sangat terbatas. Karena, tujuannya memang untuk mengobrol biasa saja. Namun, beberapa aplikasi video chat ada yang mampu menawarkan fitur berbagi layar dan juga merekam sesi obrolan.

4. Harga

  • Video Conference

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beberapa aplikasi video conference bisa Anda nikmati dengan harga tertentu. Sehingga, bila Anda ingin menikmati fitur yang lebih canggih, maka uang yang harus Anda keluarkan pun harus lebih banyak.

  • Video Chat

Sedangkan untuk menikmati video chat, biasanya Anda tidak harus melakukan pembayaran sedikitpun. Karena, kebanyakan aplikasi sudah menyediakan video chat secara gratis dan Anda bisa langsung menikmatinya tanpa harus bayar.

Baca juga: Cara Hemat Kuota Internet Untuk Meeting Online Di Kala Pandemi

Penutup

Jadi dari kelima pilihan aplikasi video conference di atas, manakah yang ingin Anda gunakan? Sekarang, kegiatan meeting online bisa dilakukan dengan baik meskipun sedang bekerja di rumah. Tidak akan ada lagi kata-kata bahwa jarak mampu menghambat produktivitas dan juga kegiatan komunikasi pada tiap tim.

Namun, jika Anda ingin menikmati fitur aplikasi video conference yang lebih baik dan lebih banyak, maka Anda harus mengeluarkan uang untuk berlangganan. Untuk itu, siapkanlah anggaran keuangan Anda untuk berlangganan aplikasi video conference, dan jangan lupa untuk mencatatnya di dalam laporan keuangan.

Tapi jika Anda kesulitan atau tidak mempunyai banyak waktu untuk mencatat laporan keuangan, gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini mampu menyiapkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat, dan juga bisa Anda akses di manapun dan kapanpun Anda butuhkan. Selain itu, berbagai fitur di dalamnya juga bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tombol tautan di bawah ini.accurate fokus pengembangan