Mengenal 5 Tagline Menarik dari Berbagai Perusahaan Terkenal di Dunia yang Bisa Menginspirasi Anda

oleh | Mei 15, 2023

source envato.

Mengenal 5 Tagline Menarik dari Berbagai Perusahaan Terkenal di Dunia yang Bisa Menginspirasi Anda

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tagline dan slogan menjadi komponen penting yang tidak boleh untuk Anda abaikan ketika ingin membangun perusahaan yang sukses. Kenapa? Karena slogan dan tagline menarik akan membuat sebuah brand menjadi lebih mudah untuk dikenali para audiens dan tentunya akan meningkatkan brand awareness.

Bahkan, laman resmi Forbes menjelaskan banyak audiens yang akan lebih hafal dengan tagline menarik daripada dengan nama perusahaannya itu sendiri.

Jadi, bila Anda ingin membuat suatu tagline  menarik, ada baiknya Anda mempelajari beberapa contoh tagline yang sudah kami rangkum di bawah ini untuk Anda.

Namun sebelum itu, mari kita mempelajari perbedaan antara slogan dan tagline agar Anda bisa lebih paham sebelum membuatnya.

Perbedaan Slogan dan Tagline

accurate.id tagline vs slogan-1

Slogan dan tagline adalah dua istilah yang sering digunakan dalam pemasaran untuk menggambarkan ungkapan pendek yang menggambarkan suatu brand atau perusahaan. Meskipun keduanya sering digunakan secara bergantian, ada perbedaan kecil antara slogan dan tagline. Berikut adalah penjelasan perbedaan antara keduanya:

  • Slogan

Berdasarkan laman Wikipedia, slogan adalah frasa pendek yang digunakan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai inti, tujuan, atau pesan brand kepada konsumen.

Slogan biasanya lebih panjang daripada tagline dan berfokus pada menyampaikan pesan yang lebih luas. Mereka sering digunakan dalam kampanye iklan dan upaya pemasaran jangka panjang. Contoh slogan yang terkenal adalah “Just Do It” dari Nike atau “Think Different” dari Apple.

  • Tagline

Masih dari laman Wikipedia, tagline adalah frasa pendek yang dirancang untuk menonjolkan keunikan, manfaat, atau nilai tambah dari produk atau layanan tertentu. Tagline sering digunakan untuk memperkuat brand, mengingatkan pelanggan tentang produk atau layanan yang ditawarkan, atau menggambarkan posisi brand dalam pasar.

Mereka biasanya lebih singkat dan lebih mudah diingat daripada slogan. Contoh tagline yang terkenal adalah “Melaju Tanpa Batas” dari BMW atau “I’m lovin’ it” dari McDonald’s.

Jadi, perbedaan utama antara slogan dan tagline adalah bahwa slogan lebih luas dalam lingkupnya dan mewakili pesan inti atau nilai brand, sementara tagline lebih fokus pada menyoroti keunikan atau manfaat produk atau layanan.

Baca juga: Pengertian Brand Tagline dan 6 Alasan Kenapa Sangat Penting untuk Bisnis

5 Tagline Menarik dari Perusahaan Terkenal

Setelah memahami perbedaan yang terdapat pada slogan dan tagline, sekarang mari kita mengetahui berbagai tagline menarik yang berasal dai berbagai perusahaan terkenal di dunia.

1. Nike – Just Do It

accurate.id tagline vs slogan-2

Tagline “Just Do It” dari Nike telah menjadi salah satu tagline menarik, paling terkenal dan ikonik dalam dunia periklanan. Tagline ini telah menjadi semacam semangat dan inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Dengan menggabungkan kata-kata yang sederhana namun kuat, Nike berhasil menyampaikan pesan yang mengajak orang untuk mengatasi hambatan dan mencapai potensi terbaik mereka. Tagline menarik ini mencerminkan semangat keberanian, kegigihan, dan tekad untuk menghadapi tantangan dan mencapai tujuan.

2. Adidas – Imposible is Nothing

accurate.id tagline vs slogan-3

Tagline menarik ini telah menjadi semacam semangat dan motivasi bagi para atlet dan penggemar olahraga di seluruh dunia.

Tagline “Impossible is Nothing” dari Adidas menggambarkan keyakinan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika seseorang memiliki tekad, kerja keras, dan dedikasi yang kuat. Ini mendorong individu untuk mengatasi batasan dan menghadapi tantangan dengan keberanian dan keyakinan.

Tagline menarik ini secara efektif mengomunikasikan nilai-nilai brand Adidas, seperti semangat kompetitif, determinasi, dan dedikasi terhadap olahraga. Ini juga memotivasi orang untuk menghadapi rintangan dan mewujudkan potensi terbaik mereka dalam aktivitas fisik dan kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pengertian Logo: Jenis, Fungsi dan Kriteria Logo yang Efektif

3. Let’s Go Places – Toyota

accurate.id tagline vs slogan-4

Tagline menarik ini telah digunakan oleh Toyota untuk memperkuat brand mereka dan menggambarkan semangat perusahaan dalam menginspirasi petualangan dan mobilitas.

Let’s Go Places” menekankan semangat Toyota untuk membawa pelanggan mereka ke tempat-tempat baru dan memungkinkan mereka mencapai tujuan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tagline menarik ini mencerminkan kualitas, reliabilitas, dan kepercayaan yang dihadirkan oleh mobil Toyota, serta aspirasi untuk bergerak maju dan menjelajahi dunia.

Tagline “Let’s Go Places” secara efektif menyampaikan pesan tentang kemampuan mobil Toyota untuk memfasilitasi perjalanan, petualangan, dan kesempatan baru dalam hidup. Ini juga membangkitkan semangat eksplorasi dan mobilitas yang ditanamkan dalam budaya perusahaan Toyota.

4. Think Different – Apple

accurate.id tagline vs slogan-5

Tagline menarik ini digunakan oleh Apple dalam kampanye iklan pada tahun 1997 dan menjadi salah satu slogan paling ikonik dalam sejarah periklanan.

Think Different” menggambarkan semangat inovasi, kreativitas, dan penghormatan terhadap pemikiran yang dijalankan oleh Apple. Tagline ini menekankan pentingnya berpikir di luar kotak, mencoba pendekatan baru, dan mempertanyakan status quo. Apple menggunakan tagline menarik ini untuk membangun brand image mereka sebagai pemimpin dalam desain revolusioner dan teknologi yang inovatif.

Tagline “Think Different” juga menggugah orang untuk mengikuti minat dan hasrat mereka, dan tidak takut untuk menyuarakan ide-ide baru. Ini menginspirasi konsumen dan penggemar Apple untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda dan berani melakukan perubahan.

Tagline ini mencerminkan nilai-nilai inti Apple, seperti kebebasan berpikir, kreativitas, dan dorongan untuk mendorong batasan dalam teknologi.

5. Connecting People – Nokia

accurate.id tagline vs slogan-6

Tagline ini menjadi salah satu tagline paling ikonik dalam industri telekomunikasi dan mencerminkan fokus Nokia pada konektivitas dan komunikasi antarindividu.

Connecting People” menggambarkan visi Nokia untuk memfasilitasi hubungan dan menghubungkan orang-orang melalui teknologi telekomunikasi. Tagline menarik ini menekankan pentingnya konektivitas sosial, komunikasi yang mudah, dan kemampuan untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat kita.

Nokia menggunakan tagline menarik ini untuk memperkuat brand mereka sebagai pemimpin dalam industri telekomunikasi, menekankan nilai-nilai seperti kolaborasi, interaksi manusia, dan pentingnya komunikasi yang efektif.

Tagline ini menggugah perasaan kebersamaan dan mengkomunikasikan bahwa Nokia berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang memungkinkan orang untuk terhubung satu sama lain dengan mudah.

Tagline “Connecting People” juga mencerminkan nilai-nilai inklusivitas, keragaman, dan kemampuan teknologi Nokia untuk mengatasi jarak dan memperpendek kesenjangan komunikasi.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

Penutup

Kesimpulannya, slogan dan tagline adalah elemen penting dalam strategi pemasaran suatu brand atau perusahaan. Meskipun sering digunakan secara bergantian, ada perbedaan antara keduanya.

Slogan adalah frasa pendek yang menyampaikan pesan inti, nilai-nilai, atau tujuan brand kepada konsumen. Slogan cenderung lebih luas dalam lingkupnya dan digunakan dalam kampanye iklan dan upaya pemasaran jangka panjang.

Tagline adalah frasa pendek yang menyoroti keunikan, manfaat, atau nilai tambah produk atau layanan tertentu. Tagline lebih fokus dan lebih singkat daripada slogan, dirancang untuk memperkuat brand, mengingatkan pelanggan, atau menggambarkan posisi brand di pasar.

Contoh-contoh tagline yang terkenal seperti “Just Do It” dari Nike, “Think Different” dari Apple, dan “Connecting People” dari Nokia telah menjadi ikonik dalam membangun citra brand dan mengkomunikasikan pesan yang kuat kepada konsumen.

Slogan dan tagline memiliki peran penting dalam membantu brand membedakan diri, menginspirasi, dan berkomunikasi dengan audiens mereka. Mereka menjadi representasi singkat dan kuat dari nilai-nilai dan pesan yang brand ingin sampaikan kepada dunia.

Namun untuk membuat brand tagline yang unik, tentu Anda memerlukan jasa para profesional dan memerlukan anggaran yang baik. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat anggaran dan mengelolanya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis Accurate Online.

Aplikasi bisnis dan akuntansi ini mampu memudahkan dan menyederhanakan proses pengelolaan anggaran di semua lini pos bisnis Anda. Setiap anggaran yang digunakan pun nantinya akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan laporan keuangan secara akurat.

Penasaran dengan software akuntansi yang satu ini? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait