Pengertian Brand Tagline dan 6 Alasan Kenapa Sangat Penting untuk Bisnis

oleh | Mei 15, 2023

source envato.

Pengertian Brand Tagline dan 6 Alasan Kenapa Sangat Penting untuk Bisnis

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar tentang frasa “Just Do It” yang kerap disandingkan dengan brand Nike. Nah, nama dari frasa tersebut dikenal dengan brand slogan atau brand tagline.

Frasa ini bukan hanya sekedar gimmick saja, namun juga sebagai sarana branding yang memiliki beragam manfaat.

Nah, pada kesempatan kali ini mari kita mengenal dan memahami berama tentang brand tagline dan beberapa jenisnya yang sangat penting dalam dunia bisnis.

Pengertian Brand Tagline

accurate.id gambar brand taglilne-1

Dilansir dari laman Adobe, brand tagline adalah frase pendek atau slogan yang digunakan oleh sebuah brand atau perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai inti, pesan, atau kepribadian brand tersebut kepada konsumen.

Tagline ini sering digunakan dalam kampanye pemasaran, iklan, dan materi promosi lainnya untuk membantu membedakan brand tersebut dari pesaing dan membangun kesan yang kuat di benak konsumen.

Brand tagline berfungsi sebagai pernyataan singkat yang merangkum esensi brand, menarik perhatian konsumen, dan menggambarkan nilai-nilai atau manfaat yang ditawarkan oleh produk atau layanan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang tahan lama dan membedakan brand tersebut dari kompetitor.

Tagline yang baik harus mudah diingat, singkat, dan jelas dalam menyampaikan pesan brand. Ini dapat mencakup elemen seperti penghargaan brand, keunikan produk, keunggulan kompetitif, perasaan atau emosi yang ingin ditimbulkan, atau janji nilai yang ingin diberikan kepada konsumen.

Contoh tagline yang terkenal adalah “Just Do It” dari Nike, yang menyampaikan semangat dan motivasi untuk mengambil tindakan. Contoh lainnya adalah “Think Different” dari Apple, yang menyoroti pendekatan inovatif brand tersebut.

Baca juga: Pengertian Logo: Jenis, Fungsi dan Kriteria Logo yang Efektif

Jenis-jenis Brand Tagline

accurate.id gambar brand taglilne-2

Berikut adalah beberapa jenis brand tagline yang umum digunakan:

  • Deskriptif: Tagline ini menjelaskan secara langsung atau deskriptif tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh brand. Contohnya adalah “Melangkah Maju” dari Toyota.
  • Emosional: Tagline ini berfokus pada emosi atau perasaan yang ingin ditimbulkan pada konsumen. Contohnya adalah “Because You”re Worth It” dari L”Oréal.
  • Motivasi: Tagline ini memberikan dorongan atau motivasi kepada konsumen. Contohnya adalah “Impossible is Nothing” dari Adidas.
  • Humor: Tagline ini menggunakan humor untuk menarik perhatian dan membuat konsumen tertawa. Contohnya adalah “Finger Lickin” Good” dari KFC.
  • Unik: Tagline ini mencoba untuk menciptakan kesan yang unik dan berbeda dari pesaing. Contohnya adalah “The Ultimate Driving Machine” dari BMW.
  • Edukasi: Tagline ini digunakan untuk memberikan informasi atau mengedukasi konsumen tentang produk atau layanan brand Contohnya adalah “Intel Inside” dari Intel.
  • Inspirasi: Tagline ini bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi konsumen. Contohnya adalah “Be All You Can Be” dari U.S. Army.
  • Sosial: Tagline ini menggarisbawahi peran sosial atau nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh brand. Contohnya adalah “Connecting People” dari Nokia.

Penting untuk dicatat bahwa jenis tagline ini bisa tumpang tindih atau menggabungkan beberapa elemen di atas. Pemilihan jenis tagline yang tepat tergantung pada brand itu sendiri, pasar target, dan strategi pemasaran yang diinginkan.

Baca juga: Pengertian Identitas Produk, Fungsi, dan Cara Membangunnya

Mengapa Brand Tagline itu Penting?

accurate.id gambar brand taglilne-2

Brand tagline sangat penting karena memiliki beberapa peran kunci dalam strategi pemasaran dan membangun brand awaareness. Berikut adalah beberapa alasan mengapa brand tagline itu penting:

1. Membedakan Bisnis dari Kompetitor

Dalam pasar yang kompetitif, tagline membantu brand membedakan bisnis dari kompetitor. Dengan tagline yang kuat dan unik, brand dapat menonjol dan menarik perhatian konsumen di tengah keramaian pesaing.

2. Merekatkan Identitas Brand

Tagline membantu memperkuat identitas brand dan membentuk persepsi yang diinginkan di benak konsumen. Brand bisa menyampaikan nilai inti, pesan, dan kepribadiannya secara singkat dan mudah diingat.

.3 Komunikasi Nilai dan Manfaat

Tagline mengkomunikasikan nilai dan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan oleh brand. Brand akan bisa menyampaikan janji nilai atau keunggulan kompetitif yang membedakan brand tersebut dan memberi alasan kepada konsumen untuk memilihnya.

4. Menciptakan Emosi dan Hubungan dengan Konsumen

Tagline yang baik dapat membangkitkan emosi, menginspirasi, atau menciptakan ikatan emosional dengan konsumen. Brand akan mampu membantu membangun hubungan yang lebih dalam antara brand dan konsumen, yang dapat berdampak positif pada loyalitas brand.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Tagline yang efektif dapat membantu meningkatkan kesadaran brand. Ketika tagline diulang-ulang dalam kampanye pemasaran, iklan, atau media sosial, maka akan membantu brand menjadi lebih dikenal dan mudah diingat oleh konsumen.

6. Ringkas dan Mudah Diingat

Tagline memberikan pesan brand secara singkat dan mudah diingat. Brand jadi bisa menyampaikan pesan yang kuat dalam beberapa kata, membuatnya mudah diingat dan diidentifikasi oleh konsumen.

Dalam kombinasi dengan elemen visual brand, slogan brand menjadi bagian penting dari identitas brand dan membantu membentuk persepsi dan kesan konsumen. Sebuah brand nantinya menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi pemasaran brand yang sukses.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

Penutup

Jadi, brand tagline adalah frase pendek atau slogan yang digunakan oleh brand atau perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai inti, pesan, atau kepribadian mereka kepada konsumen.

Tagline ini penting karena membedakan merek dari pesaing, memperkuat identitas merek, mengkomunikasikan nilai dan manfaat produk atau layanan, menciptakan emosi dan hubungan dengan konsumen, meningkatkan brand awareness, dan menjadi ringkas serta mudah diingat.

Dalam strategi pemasaran, tagline merupakan elemen penting yang membantu merek membangun kesadaran, memengaruhi persepsi konsumen, dan membentuk hubungan yang kuat dengan audiens mereka.

Namun untuk bisa membuat brand tagline yang unik, tentu Anda memerlukan jasa dari para profesional dan memerlukan anggaran untuk operasional mereka. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat anggaran dan mengelolanya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis ini mampu memudahkan dan menyederhanakan proses pengelolaan anggaran di semua lini pos bisnis Anda. Setiap anggaran yang digunakan pun nantinya akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan laporan keuangan secara akurat.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, Gratis!

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait