7 Tujuan dalam Marketing dan Mengapa Itu Penting

Setiap rencana pemasaran atau marketing plan mencakup sasaran yang digunakan tim untuk mengukur keberhasilan kampanye. Sasaran ini berkisar dari memenuhi kuota hingga meningkatkan keterlibatan audiens hingga meningkatkan indikator kinerja utama. Namun, mereka semua memiliki tujuan yang sama: untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan pendapatan, dan mengembangkan bisnis. Dalam artikel ini, kami mencantumkan tujuh tujuan penting marketing dan cara menetapkannya bisnis Anda, agar proses marketing berjalan efektif.

Mengapa tujuan dalam marketing penting?

Tujuan dalam marketing itu penting karena memberikan arah, tujuan, dan visi kepada departemen pemasaran dan perusahaan. Dengan menetapkan sasaran yang terukur, tim pemasaran dapat menentukan apakah kampanye atau upaya mereka efektif dan jenis dampaknya terhadap penjualan, kinerja, atau keterlibatan.

Dengan rencana yang jelas, tim pemasaran mengetahui tujuan mereka, langkah-langkah yang perlu mereka ambil untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana mengukur keberhasilan. Sebagai hasil dari pencapaian tujuan ini, perusahaan akan melihat peningkatan pendapatan dan pertumbuhan.

7 tujuan marketing yang penting

Tujuan pemasaran departemen Anda bergantung pada industri, produk atau layanan yang disediakan perusahaan, dan apa yang Anda coba tingkatkan atau capai. Berikut adalah tujuh tujuan penting dalam pemasaran yang mungkin Anda tetapkan:

1. Tingkatkan kesadaran merek

Meningkatkan kesadaran merek adalah salah satu tujuan setiap profesional pemasaran, sehingga ketika pelanggan membutuhkan layanan atau produk yang disediakan organisasi Anda, mereka memikirkan perusahaan itu terlebih dahulu.

Kesadaran merek adalah keakraban individu dengan nama, citra, dan kualitas produk. Jika konsumen mengasosiasikan merek Anda dengan pengalaman positif, mereka cenderung menjadi pelanggan yang kembali, mendukung misi Anda, dan membagikan konten pemasaran yang Anda hasilkan.

Branding juga memberikan kepercayaan dan keyakinan konsumen pada perusahaan Anda jika mereka melihatnya sebagai sumber atau produsen yang kredibel.

Untuk meningkatkan kesadaran merek, Anda harus terlebih dahulu menetapkan nada dan kepribadian merek Anda, kemudian terhubung dengan audiens target Anda di mana mereka menghabiskan waktu, seperti di media sosial. Cara untuk meningkatkan kesadaran meliputi:

  • Berbagi artikel menarik tentang perusahaan atau industri Anda
  • Membuat polling untuk terlibat dengan audiens Anda
  • Memposting di media sosial tentang nilai dan budaya perusahaan
  • Berbagi materi gratis seperti video, panduan, e-book, dan template
  • Mensponsori atau berpartisipasi dalam acara yang dihadiri audiens Anda
  • Periklanan
  • Menjadi tuan rumah kontes
  • Membuat program rujukan

Untuk mengukur peningkatan kesadaran merek dan menentukan apakah Anda memenuhi tujuan Anda, lihat metrik seperti lalu lintas dan keterlibatan media sosial dan lalu lintas situs web atau blog.

Baca juga: Karakteristik Tenaga Penjual dan Cara Meningkatkan Kemampun Penjualan

2. Menghasilkan prospek

Prospek berkualitas tinggi adalah individu yang mungkin menjadi pelanggan baru. Setelah Anda mengidentifikasi tipe konsumen yang paling mungkin menjadi pelanggan, Anda ingin mengumpulkan informasi kontak mereka sehingga departemen pemasaran atau penjualan dapat mengirimkan rincian dan promosi tentang produk atau layanan perusahaan kepada mereka. Anda dapat menghasilkan prospek melalui:

  • Formulir situs web dan obrolan pop-up
  • Newsletter email
  • Keterlibatan media sosial
  • Promosi, kupon, sampel gratis, atau insentif lainnya
  • Webinar dan acara
  • Konten yang ditargetkan

Ukur perolehan prospek dengan menilai hasil upaya pemasaran Anda untuk menentukan individu mana yang menjadi pelanggan. Gunakan atribusi pendapatan untuk melacak dan menghubungkan kampanye pemasaran dengan penjualan.

Baca juga: Cara Sederhana Membuat Struktur Organisasi Perusahaan Dagang dan Contohnya

3. Menjadi pemimpin pemikiran

Pemimpin pemikiran adalah individu dan organisasi yang dipercaya dan diakui orang sebagai otoritas di bidangnya. Jika orang menganggap perusahaan Anda sebagai pemimpin pemikiran dalam industri ini, mereka akan datang ke sana untuk mendapatkan keahlian dan saran di bidang itu, yang pada akhirnya dapat menghasilkan penjualan. Mengembangkan kepemimpinan pemikiran dengan:

  • Memproduksi dan membagikan konten berkualitas dan bereputasi baik yang terhubung dengan audiens Anda
  • Bermitra dengan para pemimpin industri lainnya melalui webinar dan diskusi panel
  • Menampilkan konten Anda di situs web yang mereka kunjungi, seperti melalui blog atau postingan tamu

Ukur keberhasilan strategi kepemimpinan pemikiran Anda dengan melacak lalu lintas webinar atau blog tamu dan menyertakan CTA dengan konten Anda.

4. Meningkatkan customer value

Nilai pelanggan adalah apa yang diyakini audiens Anda bahwa produk atau layanan Anda berharga bagi mereka, dibandingkan dengan pesaing Anda. Jika mereka yakin perusahaan Anda menyediakan layanan yang berharga bagi mereka, kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan yang kembali dan merujuk merek tersebut kepada orang lain.

Anda dapat meningkatkan nilai pelanggan tidak hanya dengan menawarkan layanan atau produk berkualitas tinggi dan harga bersaing, tetapi juga dengan menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa, buletin yang bermanfaat, dan materi pendidikan, serta diskon untuk produk baru.

Untuk mengukur peningkatan nilai pelanggan, pantau kebiasaan dan metrik pelanggan seperti frekuensi pembelian dan rujukan. Identifikasi konten atau promosi yang menghasilkan penjualan terbanyak untuk menentukan mana yang paling dihargai pelanggan Anda.

5. Tingkatkan SEO

Optimisasi mesin pencari adalah alat pemasaran digital yang diandalkan perusahaan untuk meningkatkan lalu lintas web dan kesadaran merek. Semakin baik SEO konten web Anda, semakin banyak pelanggan potensial yang dapat Anda jangkau secara online. Cara meningkatkan SEO antara lain:

  • Secara konsisten memproduksi konten web baru dan relevan
  • Membuat metadata yang efektif
  • Mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari
  • Membangun tautan
  • Menemukan dan memperbaiki masalah situs dan URL

Ukur peningkatan SEO dengan memantau di mana situs web dan konten Anda muncul di hasil mesin pencari dan peringkat kata kunci dan melacak peningkatan lalu lintas web.

Baca juga: Mengetahui Jenis Iklan dalam Bisnis dan Bagaimana Parameter Iklan yang Sukses

6.Menumbuhkan kehadiran media sosial

Media sosial adalah platform penting untuk terlibat dengan pelanggan potensial dan pelanggan saat ini, mendidik orang tentang merek Anda, dan menghasilkan prospek. Anda dapat mengembangkan pengikut media sosial perusahaan Anda di berbagai platform dengan:

  • Sering berinteraksi dengan pengikut di semua akun media sosial
  • Terlibat dengan perusahaan atau individu terkemuka lainnya
  • Memproduksi dan berbagi konten yang berkualitas dan menarik
  • Menggunakan kata kunci untuk mengoptimalkan akun Anda
  • Menggunakan hashtag
  • Berbagi jajak pendapat, trivia, dan kontes

Untuk mengukur pertumbuhan media sosial, lacak peningkatan pengikut dan tingkat keterlibatan di setiap platform. Tentukan jenis posting dan strategi pemasaran mana yang menggunakan platform tertentu yang menghasilkan pengikut baru paling banyak.

7. Meningkatkan tingkat konversi

Konversi adalah pengunjung situs web yang menjadi pelanggan dengan membeli sesuatu sebelum mereka meninggalkan situs perusahaan Anda. Cara untuk meningkatkan tingkat konversi meliputi:

  • Memproduksi konten yang ditargetkan
  • Menambahkan testimonial dan ulasan ke situs web
  • Menulis CTA yang kuat
  • Menambahkan obrolan langsung atau fungsi bantuan ke situs
  • Membuat situs web Anda bersih dan mudah digunakan
  • Menawarkan uang kembali atau jaminan kepuasan

Anda dapat menghitung dan mengukur peningkatan rasio konversi dengan membagi jumlah orang yang melakukan tindakan yang Anda inginkan (melakukan pembelian atau mengklik iklan) dengan jumlah total pengunjung situs web. Pantau apakah persentase ini terus meningkat atau memenuhi sasaran tingkat percakapan Anda.

Baca juga: Mengapa Marketing Penting dalam Sebuah Bisnis?

Tips untuk menetapkan tujuan yang kuat dalam proses marketing

Jika tim Anda akan memenuhi tujuan pemasarannya, Anda perlu membuat rencana yang jelas yang menguraikan apa yang ingin Anda capai, mengapa itu penting, bagaimana mencapainya, dan bagaimana mengukur kesuksesan. Berikut adalah beberapa tips saat menetapkan tujuan pemasaran:

  • Tentukan siapa dalam tim yang bertanggung jawab untuk menetapkan tujuan dan melacak kemajuan.
  • Pastikan tujuan pemasaran Anda sesuai dengan tujuan strategis perusahaan yang lebih luas.
  • Tetapkan tujuan yang dapat Anda ukur, sehingga Anda dapat menentukan apakah upaya Anda telah berhasil.
  • Gunakan data historis, seperti kinerja bulan atau tahun lalu, untuk menetapkan sasaran saat ini.
  • Tetapkan tujuan jangka pendek dan kecil, selain tujuan jangka panjang dan utama, untuk menjaga tim Anda tetap termotivasi dan merasa seperti mereka terus-menerus mencapai tujuan.
  • Tetapkan indikator kinerja utama sehingga Anda tahu metrik mana yang harus dievaluasi.
  • Ukur hasil pemasaran mingguan, bulanan, triwulanan, dan tahunan sehingga Anda dapat melacak kemajuan, membandingkan data dari waktu ke waktu, dan melakukan penyesuaian dengan cepat.
  • Nyatakan dengan jelas setiap sasaran pemasaran untuk tim Anda menggunakan templat seperti: Tim pemasaran akan mencapai [angka] [metrik] atau meningkatkan [metrik] sebanyak [angka] menurut [tanggal] atau setiap [rentang waktu].

Contoh: Tim pemasaran akan meningkatkan tingkat konversi situs web sebesar 5% setiap bulan.

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai tujuan marketing dan cara membuat tujuan marketing yang jelas untuk bisnis Anda. Dengan memiliki tujuan, tentunya akan memudahkan Anda dalam membuat rencana pemasaran dan meningkatkan omset Anda secara keseluruhan.

Lalu, jangan lupa untuk memastikan setiap transaksi tercatat dengan baik pada proses pembukuan agar memudahkan Anda dalam membuat keputusan bisnis berdasarkan data keuangan yang valid.

Jika Andak kesulitan dengan proses pencatatan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pencatatan dan pengelolaan pembukuan yang lebih praktis dan fleksibel.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.