Mengetahui Karakteristik Tenaga Penjual dan Cara Meningkatkan Kemampun Penjualan

Tenaga penjualan dapat membantu menghubungkan pelanggan dengan alat, layanan, produk, atau pengalaman yang tepat. Ada banyak pendekatan dan karakteristik tenaga penjual untuk penjualan, dan kepribadian yang berbeda dapat melakukan closing penjualan dengan banyak cara.

Ini juga berguna untuk mengetahui keterampilan umum untuk kesuksesan penjualan, terlepas dari kepribadian penjualan Anda. Dalam artikel ini, kita melihat 11 karakteristik tenaga penjual yang umum, bagaimana kekuatan mereka dapat membantu mereka dan bagaimana setiap orang dapat membangun keterampilan penjualan mereka.

Apa yang dilakukan tenaga penjual?

Sebagai tenaga penjual atau salesman, Anda meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan. Anda memandu pengalaman pelanggan dari kontak awal hingga penjualan, menggunakan interaksi pribadi untuk mencocokkan produk Anda dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Anda menggunakan berbagai teknik untuk mempromosikan penjualan dalam jangka pendek dan panjang. Tenaga penjual adalah ahli komunikasi, menerima pelanggan mereka dan mampu menunjukkan nilai produk mereka.

Karakteristik tenaga penjual yang umum

Berikut adalah 11 tipe karakteristik umum untuk tenaga penjualan:

1. Relasional

Jika Anda seorang penjual relasional, Anda mengembangkan hubungan yang kuat dengan klien potensial. Pelanggan melihat Anda sebagai orang yang andal dan dapat dipercaya, sehingga mereka merasa yakin membeli dari Anda.

Jika Anda adalah tipe tenaga penjualan ini, Anda mungkin unggul dalam posisi yang melibatkan penjualan dalam hubungan jangka panjang, seperti periklanan atau penjualan bisnis-ke-bisnis. Posisi yang melibatkan banyak penjualan cepat ke orang yang berbeda mungkin lebih menantang.

2. Pasif

Jika Anda seorang penjual pasif, Anda membuat diri Anda tersedia bagi siapa pun yang mungkin membutuhkan layanan Anda. Anda mudah dihubungi dan dapat menjawab pertanyaan seputar produk. Anda membuat orang nyaman dengan memberi mereka waktu untuk memikirkan pembelian potensial mereka, dan sebagian besar penjualan Anda melibatkan pelanggan yang tahu apa yang mereka cari.

Keandalan Anda adalah kekuatan, tetapi Anda dapat meningkatkannya dengan menjadi lebih tegas dan aktif dalam meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Apa itu Sales Mix dan Bagaimana Cara Menghitungnya

3. Lebih dekat

Jika Anda seorang penjual yang lebih dekat, Anda bekerja keras untuk menutup setiap penjualan dengan pembelian. Anda memiliki kepribadian yang berani dan terbuka, dan Anda berorientasi pada tujuan.

Passion Anda sering membantu teknik penjualan Anda, dan antusiasme Anda membantu Anda menjangkau pelanggan baru. Anda dapat meningkatkan dengan secara konsisten mendengarkan kebutuhan pelanggan dan mengenali kapan mereka lebih diutamakan daripada tujuan penjualan Anda. Dengan menghargai prioritas pelanggan, Anda dapat membangun lebih banyak hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

4. Tertulis

Jika Anda seorang tenaga penjualan yang memiliki skrip, Anda merasa nyaman menggunakan skrip atau promosi penjualan yang sama pada setiap pelanggan. Anda dengan andal memberikan pengalaman yang sama kepada setiap pelanggan, yang menghasilkan tampilan merek yang sangat seragam.

Anda dapat meningkatkan dengan menyesuaikan kata-kata dan tindakan Anda lebih banyak untuk setiap interaksi dan dengan mengingat apakah insentif atau penjualan khusus dapat menggerakkan pelanggan untuk melakukan pembelian. Kekuatan Anda dapat membantu Anda dengan baik ketika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan di mana merek itu sendiri adalah bagian besar dari penjualan.

Baca juga: Sales Automation: Pengertian dan Pembahasan Lengkapnya

5. Terbuka

Jika Anda adalah seorang tenaga penjual yang memiliki karakteristik terbuka, Anda memiliki banyak prospek pada klien potensial. Anda berusaha keras untuk menjangkau pelanggan, mengirim email, melakukan panggilan telepon, dan menyampaikan presentasi.

Anda dapat meningkatkan praktik penjualan Anda dengan menggunakan teknik tindak lanjut untuk menghubungi klien potensial lagi. Dengan cara ini, Anda dapat membuat pelanggan memikirkan produk Anda setelah kontak awal dan membuat pembelian mereka lebih mungkin terjadi.

6. Jaringan

Ketika karakteristik  penjualan Anda adalah jaringan, Anda mencari situasi di mana Anda bertemu orang baru dan membuat koneksi baru, baik yang diharapkan maupun yang tidak terduga.

Pertemuan kamar dagang lokal atau happy hour industri adalah peluang bagus untuk bertemu klien baru. Sebagai seorang penggiat jejaring, Anda dapat bekerja dengan baik sebagai bagian dari tim penjualan, di mana Anda dapat bertanggung jawab untuk membuat koneksi baru yang dapat dipelihara orang lain ke dalam hubungan.

Jika Anda bekerja sendiri, ingatlah bahwa berjejaring adalah cara yang bagus untuk memulai suatu hubungan, tetapi pesan tindak lanjutlah yang mengubah koneksi tersebut menjadi penjualan.

7. Pencatat Skor

Jika Anda seorang penjual pencatat skor atau angka, Anda terutama berfokus pada berapa banyak penjualan yang Anda hasilkan. Sementara posisi penjualan berbasis komisi mendorong Anda untuk berpikir seperti ini, Anda dapat meningkatkan penjualan dengan menginvestasikan waktu dalam teknik jangka panjang.

Jika Anda termotivasi oleh aspek penjualan yang menjaga skor, coba lacak nomor lain juga—jumlah koneksi baru yang Anda temui, jumlah presentasi yang Anda buat, atau email yang Anda kirim mengenai penjualan yang Anda harapkan di masa mendatang.

Baca juga: Pengertian Sales Letter, Cara Membuat dan Contohnya

8. Spesialis

Tenaga penjual spesialis tahu segala sesuatu yang perlu diketahui tentang produk mereka. Mereka memiliki pemahaman yang tepat tentang siapa yang dapat membantu dan masalah apa yang dapat diatasi.

Jika Anda seorang spesialis, Anda sering kali siap untuk menjelaskan segala sesuatu tentang produk Anda kepada klien, tetapi terkadang hal ini dapat menghalangi Anda untuk mendengarkan sudut pandang klien.

Anda mungkin mencari posisi penjualan dalam industri teknis, di mana atasan Anda dan klien dapat benar-benar menghargai kedalaman pengetahuan dan hasrat Anda terhadap produk.

9. Pembicara

Jika Anda seorang pembicara, Anda menciptakan kesan pertama yang hangat dan bersahabat. Prioritas Anda adalah membuat pelanggan merasa disambut, dan ini menjadi kekuatan Anda karena mereka merasa nyaman melakukan pembelian dan kembali untuk bisnis yang lebih banyak.

Anda mungkin kesulitan untuk menutup penjualan karena percakapan Anda adalah prioritas Anda, tetapi standarisasi percakapan Anda dengan skrip atau daftar poin dapat membantu Anda merampingkan interaksi.

Anda mungkin unggul dalam posisi penjualan layanan atau dalam pengaturan ritel mewah, di mana pengalaman penjualan adalah bagian penting dari apa yang dibayar pelanggan.

10. Tak kenal lelah

Jika Anda seorang penjual yang tak kenal lelah, Anda menghubungi pelanggan sampai Anda menerima penjualan yang Anda cari. Anda memahami bahwa mengingatkan pelanggan bahwa Anda tertarik dengan bisnis mereka dapat membuat mereka merasa penting, dan rasa nilai ini dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Anda mungkin berusaha mendengarkan secara aktif dan mencoba mengikuti petunjuk pelanggan lebih sering sehingga Anda menyeimbangkan keinginan Anda untuk menutup penjualan dengan preferensi pribadi mereka.

11. Ahli Strategi

Sebagai ahli strategi, pendekatan penjualan Anda adalah menggunakan beberapa taktik sekaligus. Anda yakin dengan kemampuan Anda sendiri dan mengalokasikan waktu Anda untuk teknik yang menghasilkan penjualan sekarang dan di masa depan.

Anda memiliki pengetahuan tentang produk Anda dan tren penjualan saat ini. Dengan pengalaman, Anda dapat tumbuh menjadi pemimpin tim penjualan, di mana Anda dapat berbagi strategi dan pengetahuan Anda dengan orang lain.

Saat Anda mempraktikkan strategi dan teknik Anda, mungkin membantu untuk melatih fleksibilitas dan kreativitas sehingga Anda dapat menguji dan mengevaluasi ide-ide baru.

Baca juga: Sales Pitch: Pengertian dan Cara Membuatnya

Tips untuk meningkatkan keterampilan penjualan Anda

Berikut adalah beberapa tip untuk meningkatkan keterampilan penjualan Anda, terlepas dari tipe kepribadian penjualan Anda:

Jual sesuatu yang Anda yakini

Ketika Anda tahu apa yang Anda jual dan Anda yakin itu menambah nilai bagi kehidupan orang lain, Anda bisa membuat penjualan yang lebih meyakinkan. Jika Anda mencari posisi, pertimbangkan apa yang Anda nikmati dan hargai dalam kehidupan sehari-hari Anda, dan lihat peran dengan perusahaan yang menyediakan produk atau layanan tersebut.

Jika saat ini Anda memegang posisi penjualan, pertimbangkan untuk membaca umpan balik pelanggan atau berbicara dengan departemen layanan pelanggan untuk mengetahui apa yang benar-benar dihargai pelanggan tentang produk Anda.

Diversifikasi teknik penjualan

Jika Anda mendapati bahwa Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda pada satu aspek penjualan tertentu, pertimbangkan untuk mendiversifikasi waktu Anda.

Semua aspek proses penjualan adalah penting, dan meluangkan waktu untuk aktivitas yang berbeda setiap hari memungkinkan Anda mengembangkan basis pelanggan yang luas yang dapat menopang Anda dalam jangka panjang.

Misalnya, jika Anda menemukan bahwa Anda menjangkau untuk melakukan kontak awal dengan klien baru lebih sering daripada menindaklanjuti setelah percakapan pertama, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat cara untuk melacak percakapan pertama, kedua, dan selanjutnya dengan setiap prospek.

Dengarkan pelanggan

Anda mungkin memiliki pola yang telah Anda kembangkan, skrip promosi penjualan tertentu, daftar keunggulan produk Anda, atau serangkaian langkah tertentu yang Anda ikuti sejak pelanggan masuk atau mengangkat telepon.

Alat-alat ini penting jika sesuai, jadi dengarkan baik-baik kebutuhan pelanggan untuk melihat apakah pola ini berfungsi. Cobalah untuk memahami apa yang benar-benar diinginkan pelanggan, dan cukup fleksibel untuk menyesuaikan pendekatan Anda jika diperlukan.

Baca juga: Mengapa Marketing Penting dalam Sebuah Bisnis?

Lakukan riset Anda

Bekerja untuk secara aktif membangun keterampilan penjualan Anda. Saat Anda memulai penjualan, ini mungkin berarti membiasakan diri Anda dengan teknik penjualan dasar.

Saat Anda menjadi lebih maju, cari peluang untuk membangun keterampilan Anda di berbagai bidang, seperti mengikuti kelas atau membayangi tenaga penjual yang berpengalaman. Pengembangan profesional dapat mengambil bentuk lain seiring kemajuan Anda, jadi pertimbangkan berjejaring dengan profesional penjualan di industri lain atau mengejar hubungan mentor.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap berbagai jenis dan karakteristik tenaga penjual atau salespeople dalam suatu bisnis juga cara meningkatkan keterampilan penjualan Anda. Dengan mempelajari karakteristik diatas, peluang Anda untuk melakukan penjualan akan lebih besar, dan secara bersamaan akan meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh transaksi penjualan pada proses pembukuan yang baik dan sesuai standar agar Anda bisa dengan memantau dan menghitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan beralihlah menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis dan berpangalaman lebih dari 20 tahun.

Jadikan proses pembukuan, manajemen stok, pengelolaan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan pada bisnis Anda mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.