Advocacy Adalah Salah Satu Strategi Pemasaran yang Ampuh, Ini Penjelasannya!

Bila kita membicarakan tentang peningkatan keuntungan dan profit dari suatu merek atau produk, maka di dalamnya tidak akan lepas dari penerapan strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien, advocacy adalah salah satu strategi pemasaran yang ampuh.

Advocacy adalah suatu strategi pemasaran yang fokus pada membuat promosi agresif dari produk Anda agar bisa mendapatkan pelanggan baru.

Berdasarkan laman Medium penggunaan advocacy ini sudah dilakukan oleh tiga perusahaan besar di dunia, yaitu Tesla, Apple, dan Starbucks yang berpotensi mampu meningkatkan rating penjualan.

Salah satu brand advocacy yang dilakukan oleh perusahaan starbucks, yang mana konsumen hanya harus mention @Tweetacoffee dan akan mendapatkan kartu hadiah. 100 ribu orang pertama yang bergabung dengan program ini akan memperoleh kartu hadiah sebesar USD 5.

Dengan menggunakan strategi ini, maka Starbucks bisa mendapatkan omset penjualan sebesar $180.000. Cara ini juga akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi para brand advocates dan pelanggan potensial, yaitu lebih dari 27 ribu brand advocate yang berpartisipasi.

Hal ini merupakan salah satu konsep pemasaran yang efektif, yakni konsep penjualan dan brand promosi yang agresif.

Nah, dalam kesempatan kali ini, mari kita membahas lebih dalam tentang strategi brand advocacy marketing secara lebih dalam melalui artikel di bawah ini.

Pengertian Brand Advocacy Marketing

Strategi brand advocacy adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan pembelaan ataupun testimoni pendapat dari pelanggan yang sudah ada karena sudah menggunakan dan juga membeli produk tertentu agar bisa mendapatkan pelanggan baru.

Strategi ini adalah salah satu strategi rahasia yang bisa meningkatkan konversi penjualan produk.

Baca juga: Research Gap Adalah: Metode Evaluasi Penelitian yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

Manfaat Strategi Brand Advocacy Marketing

Beberapa manfaat dari menjalankan strategi pemasaran brand advocacy adalah sebagai berikut:

1. Mendongkrak Daya Tarik Brand

Fungsi pertama dari brand advocacy adalah meningkatkan daya tarik brand. Di dalam dunia bisnis, terdapat banyak sekali cara dalam meningkatkan daya tarik suatu brand, salah satunya adalah membuat brand advocacy yang menarik seperti yang dilakukan oleh Starbucks.

Dalam hal ini, pelanggan Starbucks hanya perlu mention @Tweetacoffee dan para pelanggan nantinya akan mendapatkan hadiah tersebut. Sebanyak 100 ribu pelanggan pertama yang bergabung dengan program ini akan mendapatkan kartu hadiah sebanyak $5.

Menentukan segmen pasar yang tepat sangat penting dalam meningkatkan daya tarik brand, khususnya target segmen pasar yang tepat untuk para pelanggan. Sehingga, mereka bisa memberikan rekomendasi pada kerabatnya untuk mau menggunakan brand yang sama.

Setelah segmentasi, barulah nantinya Anda akan bisa menentukan targeting dan juga positioning. Hal tersebut adalah bagian dari strategi pemasaran STP atau Segmenting, Targeting, dan juga Positioning.

2. Memunculkan Keingintahuan Brand

Agar bisa meningkatkan rasa penasaran konsumen pada brand, maka didalam brand advocacy diperlukan content marketing yang menarik dan meningkatkan rasa penasaran yang besar.

Content marketing ini bisa dipromosikan melalui media sosial ataupun marketplace terkenal yang saat ini sudah berkembang pesat.

Content marketing juga bisa berupa suatu artikel yang menggunakan SEO agar bisa meningkatkan keunggulan dan manfaat dari program brand advocacy marketing tersebut. Content marketing ini harus selalu relevan antara kebutuhan konsumen yang dilibatkan dengan fungsi manfaat brand tersebut.

3. Memperkuat Komitmen Konsumen

Ketertarikan dan rasa penasaran konsumen atas suatu brand akan berlanjut pada komitmen untuk membeli dan bahkan meningkatkan rasa loyalitas mereka untuk menggunakan brand tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Keputusan pembelian konsumen juga bisa dipengaruhi oleh adanya akses keterjangkauan brand, sehingga pemanfaatan media online pun bisa dilakukan secara maksimal.

Strategi brand advocacy bisa meningkatkan rasa kepercayaan konsumen yang biasanya dilakukan dengan memeriksa toko fisik offline Anda terlebih dulu. Bahkan, Anda juga bisa memberikan pilihan yang tidak Anda sediakan di toko online dan di toko offline untuk meningkatkan keyakinan untuk membeli produk.

4. Meningkatkan Afinitas

Fungsi terakhir dari brand advocacy adalah meningkatkan afinitas atau rasa ketertarikan sesama konsumen karena adanya kesamaan kepentingan. Hal ini juga bisa meningkatkan customer engagement yang kuat, yaitu interaksi antara pelanggan yang satu dengan pelanggan yang lainnya melalui saluran offline ataupun online.

Baca juga: Contoh Branding dan Unsurnya yang harus Anda ketahui

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang strategi pemasaran brand advocacy. Jadi, brand advocacy adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan pembelaan ataupun testimoni pendapat dari pelanggan yang sudah ada karena sudah menggunakan dan juga membeli produk tertentu agar bisa mendapatkan pelanggan baru.

Selain berinovasi dalam menetapkan strategi pemasaran yang baik, di zaman yang sudah serba digital saat ini perusahaan juga harus bisa menerapkan digitalisasi di dalam bisnis agar nantinya perusahaan bisa semakin bersaing dengan kompetitor lain dan eksis di pasar.

Nah, salah satu penerapan digitalisasi yang penting adalah dengan cara menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang dikembangkan dengan basis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia. Accurate Online juga sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan sudah mendapatkan penghargaan TOP Brand Awards dalam kategori software akuntansi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Selain itu, Anda juga bisa menikmati banyak fitur yang luar biasa yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi bisnis, seperti fitur perpajakan, penjualan, persediaan, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online ini secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.