Apa Itu Ceruk Pasar? Berikut Adalah Pengertian dan Tips Mengoptimalkannya

Jika Anda seorang pemasar yang bekerja di ceruk pasar atau market niche yang sangat terspesialisasi, Anda mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana Anda dapat memaksimalkan pengaruh Anda dan membuat kesuksesan dalam proses pemasaran produk Anda.

Beberapa pemasar secara keliru percaya bahwa berada di industri khusus adalah suatu kerugian, tetapi yang terpenting adalah bagaimana Anda melihatnya.

Ingin mengetahui secara mendalam tentang ceruk pasar dan semua hal yang bisa Anda lakukan untuk sukses di pasar yang Anda pilih? Baca terus artikel ini sampai selesai:

Apa itu Ceruk Pasar atau Niche Marketing?

Jika Anda berada dalam industri yang merasa terlalu jenuh dengan bisnis dan pesaing lain, menjadi menonjol terkadang tampak mustahil. Tetapi membedakan merek Anda di pasar yang ramai dapat dicapai dengan teknik niche marketing.

Memasarkan produk atau layanan berdasarkan ceruk pasar adalah strategi periklanan yang berfokus pada pasar sasaran yang unik.

Alih-alih memasarkan kepada semua orang yang dapat memperoleh manfaat dari suatu produk atau layanan, strategi ini berfokus secara eksklusif pada satu kelompok — pasar khusus — atau demografis pelanggan potensial yang paling diuntungkan dari penawaran tersebut.

Sebuah ceruk pasar dapat berdiri terpisah dari yang lain karena:

  • Area geografis
  • Gaya hidup
  • Kesempatan
  • Profesi
  • Gaya
  • Budaya
  • Aktivitas atau kebiasaan
  • Tingkah laku
  • Demografis
  • Tingkat kebutuhan
  • Pengurangan atau penambahan fitur

Manfaat dari pemasaran ini adalah memungkinkan merek untuk membedakan diri mereka sendiri, tampil sebagai otoritas yang unik, dan beresonansi lebih dalam dengan sekelompok pelanggan yang berbeda.

Daripada berbaur dengan banyak merek lain yang menawarkan jenis produk atau layanan yang sama, sebuah merek dapat menggunakan pemasaran khusus untuk menonjol, tampil lebih berharga, mencapai potensi pertumbuhannya, dan membangun hubungan yang lebih kuat dan tahan lama dengan idealnya konsumen.

Baca juga: Pembahasan Mendalam Tentang Akuisisi Perusahaan dan Tips Sebelum Anda Melakukannya

ceruk pasar 2

Tips Membangun Strategi Marketing Berdasarkan Ceruk Pasar

Untuk membangun strategi yang efektif dan mendapatkan ceruk pasar yang sesuai dengan produk atau layanan Anda, pastikan Anda mengikuti strategi dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang optimal.

1. Ketahui Target Pasar Anda secara Mendalam

Hanya karena produk atau layanan Anda hanya menarik bagi sejumlah kecil orang, bukan berarti Anda dapat bermalas-malasan dalam meneliti target pasar Anda.

Faktanya, menjalankan bisnis yang menawarkan produk dengan daya tarik terbatas atau khusus dapat membuat lebih sulit untuk mengetahui siapa pelanggan ideal Anda sebenarnya.

Segmentasi sangat penting untuk menentukan target pasar yang lebih kecil untuk bisnis khusus. Tidaklah cukup hanya mengetahui dasar-dasarnya – rentang usia, pendapatan, status perkawinan – tanpa pemahaman yang lebih dalam tentang atribut yang lebih terperinci yang mungkin dimiliki pasar target Anda. Semakin kecil pasar Anda, semakin baik Anda mengenal pelanggan Anda.

2. Selesaikan Masalah Pelanggan Anda

Selain mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang ceruk pasar Anda, penting juga untuk mengetahui bagaimana produk atau layanan Anda akan memenuhi kebutuhan yang saat ini tidak dipenuhi oleh perusahaan lain di industri Anda.

Apa yang membuat bisnis Anda begitu istimewa? Apa proposisi penjualan unik Anda? Bagaimana Anda menjaga pelanggan Anda?

Pasar yang kecil dan padat sama kompetitifnya dibandingkan pasar mereka yang lebih besar. Untuk alasan ini, penting bagi Anda untuk benar-benar memikirkan pelanggan terlebih dahulu, dan menjadikan komitmen terhadap keunggulan ini sebagai landasan strategi pemasaran khusus Anda.

Baca juga: Apa Itu Business Continuity Plan? Mari Ketahui Lebih Jauh!

3. Pikirkan Kembali Bagaimana Anda Menyebarkan Berita Tentang Bisnis Anda

Pemasaran yang menargetkan ceruk pasar tertentu tidak seperti pemasaran “biasa”, hanya lebih kecil – pemasaran ini membutuhkan pendekatan yang sama sekali baru tentang cara Anda menyebarkan berita tentang apa yang Anda tawarkan.

Sangat penting bagi Anda untuk menilai kekuatan saluran pemasaran apa pun yang terkait dengan bisnis Anda.

Misalnya, iklan media sosial telah terbukti semakin menguntungkan bagi bisnis kecil yang beroperasi di ceruk pasar. Namun, granularitas opsi penargetan yang ditawarkan oleh Twitter, Facebook, dan sejenisnya belum tentu hemat biaya untuk bisnis Anda, karena platform media sosial tahu persis betapa berharganya opsi penargetan ini.

Jika demikian, penelusuran berbayar mungkin merupakan solusi yang lebih layak. Apa pun situasi Anda, Anda perlu mencermati potensi laba atas investasi dari setiap strategi pemasaran khusus untuk memastikan bahwa Anda mencapai pasar sasaran dengan cara yang hemat biaya.

4. Berinvestasi dalam Periklanan PPC

Jika Anda menawarkan produk butik khusus ke ceruk pasar yang terbatas, penelusuran berbayar hampir penting.

Mungkin Anda sudah menjual konsep PPC atau pay per click. Jika tidak, berhentilah dan pikirkan sejenak. Di suatu tempat, di luar sana, seseorang menginginkan apa yang Anda jual dan sedang mencari informasinya di mesin pencari.

PPC sangat cocok untuk kampanye niche market. Sertakan kueri berekor panjang serta kata kunci komersial yang tinggi, optimalkan kampanye Anda untuk seluler (dan pastikan untuk menggunakan ekstensi iklan yang sesuai), dan sampaikan pesan Anda kepada orang yang tepat.

Baca juga: Visual Merchandising: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Melakukannya

5. Terbuka untuk Peluang Baru

Hanya karena Anda berada di ceruk pasar khusus, bukan berarti Anda tidak dapat memikirkan tentang ekspansi atau cara untuk meningkatkan apa yang Anda tawarkan.

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan apa yang Anda lakukan dengan baik, tetapi jangan mengabaikan kemungkinan membuka lini produk Anda atau melayani pasar target baru.

Namun, meskipun mempertimbangkan perluasan merupakan ide yang baik, penting juga untuk memikirkan apakah hal itu dapat dilakukan.

Mampukah Anda mengambil kesempatan pada lini produk baru? Bagaimana dengan uji pemasaran produk atau layanan yang ada ke demografis baru? Eksperimen dapat menghasilkan peluang baru yang berharga, tetapi hanya melakukannya jika Anda mampu melakukan evaluasi menyeluruh atas ide-ide baru Anda tanpa mengurangi kualitas produk yang ada dan standar layanan Anda.

Baca juga: Visual Merchandising: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Melakukannya

6. Dengarkan Pelanggan Anda

Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada yang tahu bisnis Anda lebih baik daripada Anda, tetapi Anda salah – pelanggan Anda tahu.

Bahkan rencana pemasaran khusus yang paling baik pasti akan gagal kecuali Anda berkomitmen untuk benar-benar mendengarkan pelanggan Anda. Jangan khawatir harus menanyakan pendapat mereka – mereka akan memberi tahu Anda.

Jika Anda tidak menggunakan media sosial sebagai pemasar khusus, mulailah. Sekarang juga. Media sosial tidak ada duanya untuk mendapatkan masukan instan tentang produk atau layanan Anda dan seberapa baik Anda melakukannya dalam menjaga kepuasan pelanggan.

Jika pelanggan memiliki masalah, lakukan segala daya Anda untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Sulit untuk mengecilkan betapa pentingnya hal ini – hanya karena operasi Anda mungkin kecil atau Anda memasarkan produk khusus, bukan berarti Anda dapat mengendur dalam hal menjaga basis pelanggan Anda.

Baca juga: Mengetahui Strategi Pemasaran Produk dan Tips Mengoptimalkannya

Kesimpulan

Strategi untuk pemasaran yang menargetkan ceruk pasar khusus memang memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah Anda tidak harus berhadapan dengan banyak kompetitor. Namun ini bukan berarti Anda akan mendapatkan keuntungan dengan mudah, semakin tersegmentasi sasaran pasar Anda, semakin kompetitif persaingan yang akan terjadi.

Pastikan juga proses keuangan dalam bisnis Anda berjalan sesuai rencana yang telah Anda buat dengan menggunakan sistem akuntansi yang memenuhi segala kebutuhan bisnis. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dengan beragam fitur terbaik dan mudah digunakan siapapun, kapanpun, dimanapun, dan apapun jenis bisnis Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini:

accurate 3