Apa itu Management Trainee? Kenapa Manajemen ini Terbaik Untuk Fresh Graduate?

Pada dasarnya, management trainee adalah suatu program karir yang sudah disediakan oleh pihak perusahaan. Istilah ini memang sudah tidak asing lagi untuk para pebisnis, walaupun begitu beberapa dari kita mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang tugas utama dari management trainee ini.

Umumnya, para fresh graduate yang masuk ke dunia MT hanya menganggap sebagai batu loncatan dalam dunia karir. Ketika masuk kedalam training, para peserta nantinya akan memperoleh banyak sekali pelatihan dan juga pengetahuan.

Nantinya mereka akan mendapatkan banyak skill, seperti cara dalam menangani komplain, skill customer service, melakukan uji coba untuk bekerja di beberapa departemen, mempersiapkan berbagai dokumen penting, dan bahkan menyediakan saran dan juga solusi.

Dengan mengikuti MT maka Anda akan belajar banyak hal yang detail, sehingga hard skill, soft skill dan juga interpersonal skill Anda akan menjadi sangat terasah.

Dengan adanya pelatihan yang banyak ini, sebenarnya apa saja tanggung jawab yang harus dipikul oleh management trainee?

Apa itu Management Trainee?

Berdasarkan laman Indeed, management trainee adalah suatu proses pelatihan pada karyawan baru yang direkrut oleh pihak manajemen perusahaan agar bisa diberikan suatu pengarahan dan juga wawasan terkait profil dan juga unit bisnis perusahaan.

Harapan perusahaan dari adanya management trainee adalah agar pegawai baru yang direkrut oleh perusahaan mempunyai  kualitas untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen perusahaan.

Salah satu program dari management trainee adalah calon karyawan akan dicoba pada berbagai macam jenis kegiatan agar bisa melihat kemampuan dan juga bakat dari setiap peserta.

Umumnya, masa pelatihan sangat tergantung dari kebijakan setiap perusahaan, ada yang melakukannya dalam kurun waktu 6 bulan, bahkan ada yang sampai 1 tahun lamanya.

Mereka akan diberikan pelatihan dan juga pengetahuan yang berhubungan dengan prosedur operasional perusahaan, keahlian perencanaan, pengendalian usaha, manajemen risiko, serta manajemen plan. Selain itu, setiap peserta juga akan melakukan on job training dengan kegiatan sehari-hari perusahaan tersebut.

Baca juga: HRIS Adalah Sistem Terkini Dalam Manajemen Karyawan

Manfaat Management Trainee

Manfaat yang akan diperoleh perusahaan yang menerapkan prosedur management trainee adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menilai, mengevaluasi, dan juga menyaring para calon manajerial dengan kualitas yang tinggi
  2. Menjamin adanya sumber daya manusia yang lebih handal dan juga lebih terampil agar nantinya dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Memberikan pengetahuan dan juga pengembangan karakter calon manajerial.
  4. Memberikan pelatihan terkait SOP perusahaan.
  5. Melatih dan juga mengelola sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan
  6. Sebagai sarana peningkatan kemampuan manajemen
  7. Meningkatkan tingkat produktivitas perusahaan

Proses yang ada di dalam management trainee sangatlah penting, fungsinya adalah agar bisa mengembangkan visi dan juga misi perusahaan untuk masa depan, dan satu hal yang sangat penting adalah agar mereka bisa bersaing di dunia bisnis yang saat ini sangat menuntut efisiensi dan juga profesionalisme.

Tugas dan Tanggung Jawab Management Trainee

Agar bisa menjalani program tersebut dengan baik, maka dibutuhkan skil multitasking yang luar biasa. MT diharapkan mampu terlibat dalam pelatihan agar bisa meningkatkan kemampuan manajerialnya. Nah, tanggung jawab dan tugas dari management trainee adalah sebagai berikut:

  1. Menyelesaikan berbagai tugas dan juga membantu pekerjaan lainnya di setiap hari
  2. Turut berpartisipasi dalam kegiatan workshop, meeting, dan berbagai kelas penting lainnya.
  3. Mempelajari dan juga mengamati dari berbagai pengalaman rekan kerja lain.
  4. Menyerap setiap pengetahuan dan juga informasi tentang peraturan perusahaan, proses kerja dan juga SOP yang berlaku.
  5. Mendengarkan dengan detail berbagai masukan yang diberikan oleh para manajer, supervisor, dan seluruh senior lain.
  6. Memenuhi seluruh persyaratan dan turut andil dalam semua meeting yang diselenggarakan di dalam training.
  7. Mengikuti seluruh peraturan yang berlaku di perusahaan dan juga protokol kesehatan serta keamanan.
  8. Mempersiapkan dokumen dan juga membuat laporan
  9. Belajar hal yang berkaitan dengan resolusi dari suatu permasalahan dan juga mendengarkan dengan baik seluruh pembicara yang terdapat di dalam training atau meeting.
  10. Bersedia melakukan kunjungan ke kantor atau cabang kantor lainnya, dan turut serta untuk terjun langsung dalam kegiatan latihan.
  11. Turut serta dalam ujian dan juga evaluasi pada akhir sesi training.

Keuntungan Program Management Trainee

Kenyataannya, masih banyak yang enggan untuk terjun di dalam program MT. selain karena waktu pelatihan yang lama, ada juga orang yang belum tentu tertarik menjadi manajer.

Selain itu, beberapa orang ada juga yang sangat ragu ketika melihat tugas yang ada di dalam management trainee. Padahal, program ini memiliki banyak sekali manfaat. Nah, keuntungan dari mengikuti program management trainee adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan

Agar bisa menjadi seorang manajer yang baik, sudah tentu kita akan dituntut untuk mampu bekerjasama dengan rekan kerja atau dengan customer secara baik. Nah, dengan mengikuti program pelatihan ini, maka kemampuan untuk bekerja sama akan bisa dilatih hingga Anda lulus training.

Cara melatih kemampuan bekerjasama di dalam management trainee adalah setiap pelatih akan membagi para peserta dalam beberapa kelompok dalam kurun waktu beberapa bulan. Setiap peserta harus bisa menyelesaikan berbagai masalah dan ujian yang diberikan tersebut.

2. Mengajarkan Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah salah satu fungsi manajemen didalam suatu perusahaan. Untuk itu, dalam pelatihan ini seluruh peserta akan dilatih untuk menjadi manajer yang berkualitas.

3. Bekerja Sesuai Minat dan Bakat

Umumnya, perusahaan akan menggunakan sistem untuk menggeneralisasi proses management trainee. Dengan begitu, dalam management trainee akan diberikan pengajaran dan akan disuguhkan dengan berbagai jenis divisi pekerjaan.

Contohnya Anda akan mencoba berbagai pekerjaan, mulai dari pekerjaan akuntansi, komunikasi, hingga supply chain. Sehingga, supervisor Anda akan mengetahui dimana kemampuan terbaik Anda. Selain itu, Anda juga bisa ikut melakukan diskusi dan menjelaskan hal apa yang paling Anda minati di dalam bisnis tersebut.

Tips Agar Menjadi Management Trainee yang Sukses

Demikianlah serangkaian proses seleksi yang wajib untuk Anda lakukan. Lalu, untuk bisa menjadi seorang management trainee, maka Anda sangat memerlukan soft skill yang sangat handal. Tapi, Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mengembangkan soft skill Anda saat ini, kenapa? karena kami akan memberikan tips tersebut untuk Anda.

Tips untuk menjadi management trainee adalah sebagai berikut:

1. Cara Berpikir Diplomatis

Karena persaingan di dalam dunia bisnis selalu menghadapi banyak sekali rintangan. Maka Anda harus menyelesaikan berbagai tugas secara diplomasi.

2. Mengasah Kecerdasan Emosional

Sebagai seorang calon manajer, maka Anda harus bisa melakukan interaksi dengan orang lain dengan cara melihat berbagai situasi dan kondisi serta tetap bersabar dan penuh akan rasa empati.

3. Interpersonal Skill

Sebagai seorang manajer, maka Anda harus lebih pandai dalam melakukan komunikasi. Latihlah diri Anda untuk lebih berani dalam berpendapat dan juga bersosialisasi dengan rekan kerja serta lingkungan Anda. Kenapa? karena nantinya Anda akan berhadapan langsung dengan banyak rekan bisnis Anda.

4. Fleksibel dan Terbuka dengan Ide Baru

Selain itu, Anda juga harus memiliki rasa percaya diri dan bisa mengemukakan pendapat dengan berbagai kalimat yang sifatnya persuasif.

5. Time Management

Sebagai seorang calon pemimpin yang sukses di masa depan, Anda juga harus lebih cerdas dalam mengatur deadline kerja untuk diri sendiri dan juga karyawan lainnya.

6. Tenang Jika Ada Masalah

Terakhir, Anda juga harus memiliki pemikiran yang positif dalam menghadapi berbagai ketidakpastian dan perubahan di masa depan.

Demikianlah keenam sikap yang harus Anda miliki sebagai seorang management trainee agar bisa mencapai kesuksesan dalam meraih posisi manajer.

Sehingga, pihak perusahaan nantinya akan menilai performa management trainee Anda dengan baik dan juga efektif. Bila sudah mempunyai beberapa sikap tersebut, maka tingkat kepercayaan perusahaan pada Anda akan cukup tinggi.

Baca juga: 7 Jenis Teori Manajemen untuk Proses Kerja Lebih Baik

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari kami tentang management trainee. Jadi, Management trainee adalah suatu proses pelatihan pada karyawan baru yang direkrut oleh pihak manajemen perusahaan agar bisa diberikan suatu pengarahan dan juga wawasan terkait profil dan juga unit bisnis perusahaan.

Harapan perusahaan dari adanya management trainee adalah agar pegawai baru yang direkrut oleh perusahaan mempunyai  kualitas untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen perusahaan.

Selain management trainee, hal lainnya yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan bisnis adalah dengan melakukan manajemen keuangan secara efisien dan juga efektif. Untuk membantu perusahaan dalam mencapai hal tersebut, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Saat ini, Accurate Online lebih dari software akuntansi biasa. Accurate Online adalah software bisnis yang mampu membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai urusan bisnis, mulai dari melakukan pembukuan, mengelola pergudangan, sampai melakukan perpajakan secara cepat.

Selain itu, software ini juga dibekali dengan tampilan dashboard yang sederhana, sehingga akan memudahkan siapa saja yang menggunakannya, bahkan oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang akuntansi sekalipun.

Tidak percaya? Ayo buktikan sendiri dengan mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.