Apa itu Podcast? Kenapa Media Audio ini Mampu Meningkatkan Penjualan?

oleh | Agu 25, 2021

source envato.

Apa itu Podcast? Kenapa Media Audio ini Mampu Meningkatkan Penjualan?

Sebagian besar dari kita pasti sudah sangat akrab dengan podcast. Pengertian umum podcast adalah suatu rekaman audio yang bisa didengarkan oleh semua orang secara bebas.

Sebenarnya, jenis audio ini sangat mirip dengan radio, karena di dalamnya hanya menyediakan suara saja. Tapi, terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada podcast dan radio. Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, channel podcast sudah banyak yang muncul dengan berbagai jenis topik dan tema.

Lantas, apa pengertian sebenarnya dari podcast? Temukan jawabannya dengan membaca artikel podcast ini hingga selesai.

Apa itu Podcast

Dilansir dari laman Oberlo, podcast adalah sebuah siaran audio yang terdapat di situs website ataupun berbagai platform lainnya. Podcast adalah istilah yang diambil dari iPod dan broadcast. Pod itu sendiri diambil dari pemutar media digital yang diciptakan oleh Apple, yakni iPod. Sedangkan cast diambil dari istilah dunia penyiaran radio, yaitu broadcast.

Podcast adalah audio yang bisa kita dengarkan di mana saja dan kapan saja. Kita bisa mendengarkan audio ini sambil pergi kerja, pulang kerja atau pergi liburan.

Saat ini, podcast adalah sesuatu hal yang sudah banyak digemari oleh banyak orang. Edison Research dan Triton Digital lewat Oberlo menjelaskan bahwa pendengar audio ini selalu berkembang di setiap tahunnya. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa rata-rata orang mendengarkan audio ini adalah sekitar 5 jam perminggu.

Dengan adanya fenomena ini, maka jangan kaget bila banyak orang yang berlomba untuk membuat siaran podcastnya masing-masing. Tapi bila Anda memang berniat membuat channel audio ini, tentunya Anda harus bisa menentukan terlebih dahulu tema atau topik apa yang ingin Anda bicarakan. Beberapa media yang bisa mengakses podcast adalah tablet, komputer dan juga smartphone.

Baca juga: Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

Seperti Apa Bentuk Podcast?

Berdasarkan laman  Live 365, dijelaskan bahwa bentuk podcast adalah tidak pasti atau tidak ada kriteria khusus. Jadi, tidak ada kriteria tertentu terkait durasi waktu, gaya, format dan tingkat produksi dari media itu sendiri.

Umumnya, durasi dari audio ini adalah satuan menit hingga jam. Sedangkan format podcast adalah wawancara antara pihak host dengan pihak narasumber. Selain itu, ada juga yang menjalankan siaran audio ini seorang diri.

Bahkan, ada beberapa siaran podcast yang dibuat tanpa editan dan menggunakan beberapa peralatan yang sederhana atau terbatas.

Sementara itu, ada juga beberapa siaran podcast yang dilakukan di studio dengan memanfaatkan berbagai peralatan canggih dan lengkap, serta diedit secara profesional dengan memasukan musik pengiring, iklan dan berbagai instrumen lainnya.

Selain itu, topik yang sering dibicarakan di podcast adalah musik, travelling, entertainment, dan masih banyak lagi.

Manfaat Podcast untuk Perkembangan Bisnis

Merujuk pada penelitian survei yang dilakukan katadata, sebanyak 67% dari 2500 responden yang berada di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan podcast, bahkan diantaranya sudah ada yang menjadi pendengar setia.

Dengan tingginya peminat media tersebut, maka menjadi pangsa pasar yang sangat strategis untuk berbagai macam jenis bisnis. Tapi, masih jarang bisnis yang bisa menggunakan peluang tersebut.

Jika sudah begini, maka dunia podcast saat ini bukan hanya bisa dijadikan hiburan saja. Di dalamnya terdapat peluang yang sangat besar untuk bisnis jika bisa dimaksimalkan dengan baik. Berikut ini adalah manfaatnya untuk bisnis:

1. Membangun Branding Bisnis

Setiap pebisnis pasti ingin produk atau brand nya dikenal oleh masyarakat luas. Untuk itu, media ini bisa dijadikan untuk strategi branding untuk bisnis Anda.

Membangun branding yang baik bukan melulu tentang menjual produk saja, tapi juga memberikan edukasi penting pada target audiens. Sehingga, Anda bisa menumbuhkan rasa percaya pada calon pelanggan. Selain itu, tingkat kredibilitas bisnis Anda pun akan meningkat secara tidak langsung.

Untuk memulainya, Anda bisa mengeksplorasi berbagai topik yang berhubungan dengan sektor bisnis Anda terlebih dahulu. Bila sudah konsisten dalam membuat podcast yang relevan dengan niche bisnis Anda, maka pendengar setia pun akan hadir secara organik.

Untuk mencapai hal tersebut memang memerlukan waktu yang lama, namun hasilnya akan mampu memaksimalkan branding yang sudah Anda bingung dari awal. Bila konten podcast Anda sudah mempunyai kesan yang baik untuk para audiens, maka sudah tiba waktunya bagi Anda untuk menjaring konsumen dari media tersebut.

Gunakanlah audio ini sebagai salah satu content marketing Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk meningkatkan branding di media yang lainnya.

2. Podcast Dapat Menyampaikan Pesan secara Efektif

Perlu digaris bawahi bahwa target market Anda memiliki karakteristik yang beragam. Ada yang memang lebih suka membaca, beberapa yang lainnya ada yang juga lebih senang menonton tayangan audio –visual. Namun, banyak juga yang lebih paham bila hanya mendengar saja.

Nah, agar bisa menjangkau seluruh target market tersebut, maka sebaiknya melakukan pendekatan secara bersamaan. Media ini menjadi lahan basah yang memiliki potensi baik bila dilakukan dengan tepat. Saat ini, penikmat podcast sudah semakin meningkat dan Anda bisa memanfaatkannya untuk bisnis Anda.

Hal ini dipertegas dengan laporan dari musicoomph yang menjelaskan bahwa 67% pendengar podcast adalah berusia 18 sampai 44 tahun, rentan usia ini adalah usia yang produktif.

Bagaimana cara meraihnya?

Sebenarnya, penyampaian pesan promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan audio inisangat mudah. Karena, mereka akan akan mendengarkan secara langsung intonasi suara dari host, maka akan membuat pesan lebih mudah untuk dimengerti para audiens.

Terlebih lagi, audio ini juga bisa dikemas dalam berbagai bentuk niche yang pasti mempunyai target audiens dengan bidang yang serupa. Koneksi yang dilakukan secara personal dengan audiens berpeluang meningkatkan ketertarikan emosi dengan brand bisnis Anda.

3. Dapat Diterima Audiens dengan Lebih Fleksibel

Pada dasarnya, audio iniadalah suatu konsep yang sangat efektif untuk orang sibuk. Kenapa karena audio ini diciptakan dengan mengutamakan kualitas bahan pembicaraan tanpa harus melihat layar smartphone ataupun laptop.

Audio ini bisa didengarkan sambil berolahraga, berkendara, dan berbagai kegiatan lainnya. Karena sifatnya yang fleksibel ini, maka tak heran bila podcast memiliki penggemar yang banyak.

Selain itu, podcast dengan kualitas yang baik juga akan mampu menarik pendengar untuk mendownload ataupun men-subscribe channel podcast. Bila Anda merilis podcast terbaru, maka audiens akan secara secara otomatis bisa mendengarkan audio Anda tanpa adanya batasan waktu dan juga tempat.

4. Media Promosi

Manfaat yang paling nyata dari audio ini adalah bisa dijadikan sebagai salah satu channel promosi bisnis. Anda bisa mengawalinya dengan membahas tema yang berkaitan dengan bisnis Anda dan membungkusnya dengan konten berkualitas tinggi.

Sehingga, Anda tidak hanya memberikan edukasi yang bermanfaat pada audiens, namun juga memberikan kesan dan menarik para audiens Anda. Dalam setiap podcast yang Anda buat, Anda bisa menyisipkan peran penting bisnis Anda.

Dengan begitu, maka Audiens akan tertarik untuk mengeksplorasi produk atau layanan Anda dan melakukan pembelian. Anda harus mencerdaskan para audiens Anda lewat berbagai informasi penting, atau yang banyak disebut dengan beriklan secara cerdas.

5. Salah Satu Sumber Pemasukan

Selain itu, audio ini juga bisa bisa Anda jadikan sebagai salah satu sumber pemasukan. Saat ini, sudah banyak sekali platform podcast yang bisa memonetisasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa memperoleh pendapatan melalui podcast, yaitu:

  • Dengan menjaring customer bisnis dengan konten audio yang Anda buat
  • Menyelenggarakan event webinar berbayar
  • Menyelenggarakan kolaborasi dengan pihak lain atau dengan host-read ads.
  • Menyediakan podcast khusus untuk kursus online dengan tema tertentu yang Anda kuasai.
  • Memanfaatkan Google Adsense

Baca juga: Cross Selling Adalah Strategi Pemasaran yang Ampuh, Ini Caranya!

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang podcast. Jadi, podcast adalah sebuah siaran audio yang terdapat di situs website ataupun berbagai platform lainnya. Anda bisa memanfaatkan audio ini sebagai salah satu strategi pemasaran Anda, karena banyaknya penggemar podcast saat ini.

Bila Anda memiliki budget pemasaran yang terbatas, maka Anda bisa membuat channel podcast dengan alat yang sederhana. Tapi, bila budget pemasaran Anda cukup besar, maka Anda bisa membuat channel podcast dengan alat yang canggih dan mengedit audio ini dengan memasukkan berbagai instrumen yang mampu menarik perhatian audiens.

Namun, Anda harus mengelola budget pemasaran tersebut dengan baik dan mencatatnya pada laporan arus kas. Laporan keuangan ini nantinya akan sangat berguna untuk menentukan posisi keuangan Anda saat ini di hadapan para investor dan untuk menilai performa bisnis Anda.

Bila Anda kesulitan dan tidak memiliki waktu untuk mencatat laporan tersebut, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa diakses dimana saja secara cepat, tepat, dan akurat. Tampilan dashboard di dalamnya juga sangat sederhana, sehingga mampu dengan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Berbagai fitur di dalamnya, seperti fitur pembelian, penjualan, persediaan, perpajakan, buku besar, manufaktur, dll. pun akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola bisnis secara lebih efisien.

Tertarik? Silahkan coba Accurate Online secara gratis terlebih dahulu selama 30 hari dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait