Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

oleh | Agu 20, 2021

source envato.

Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

Brand guidelines ata pedoman merek adalah seperangkat aturan yang dapat menciptakan citra dan suara yang konsisten untuk organisasi atau bisnis. Penting untuk menggunakan brand guidelines saat memulai proyek baru, melatih anggota tim baru, atau menciptakan kesadaran akan perusahaan Anda. Pedoman merek berlaku untuk konten apa pun yang diproduksi oleh merek Anda, sehingga harus mudah dipahami oleh siapa saja.

Dalam artikel ini, kami membahas elemen dan penggunaan brand guidelines dan menjelaskan cara membuatnya untuk bisnis atau proyek Anda.

Mengapa Brand Guidelines itu Penting?

Brand guidelines atau pedoman merek penting karena membantu menciptakan citra yang konsisten untuk produk atau bisnis Anda. Membuat pedoman merek memberi desainer dan rekanan Anda instruksi yang jelas tentang bagaimana perusahaan harus diwakili.

Pedoman merek yang efektif memungkinkan karyawan untuk berkreasi dengan konten yang mereka hasilkan, sambil tetap menyelaraskan pekerjaan mereka dengan citra perusahaan secara keseluruhan.

Apa yang Harus Disertakan Dalam Brand Guidelines

Brand guidelines harus mencakup beberapa bagian dasar, termasuk elemen desain visual utama dan suara merek. Bergantung pada kebutuhan proyek, pedoman merek dapat berkisar dari tinjauan sederhana tentang font, logo, dan warna yang disetujui hingga panduan mendalam tentang semua aspek pemasaran dan citra perusahaan. Pertimbangkan fungsi utama pedoman merek Anda untuk menentukan bagian mana yang paling penting untuk disertakan. Beberapa bagian umum yang termasuk dalam brand guidelines adalah:

Logo dan variasi

Logo Anda adalah elemen dasar identitas merek Anda dan harus dijelaskan dengan jelas dalam pedoman merek Anda. Pertimbangkan untuk menyertakan variasi logo Anda yang dapat diterima, serta versi yang dapat digunakan secara online atau cetak. Jika merek Anda memungkinkan desainer untuk mengubah bagian dari logo, berikan instruksi spesifik tentang aspek apa yang dapat diubah dan apa yang harus tetap sama.

Tipografi

Cantumkan font mana yang akan digunakan merek Anda serta di mana font tersebut dapat diakses. Bagian ini juga dapat mencakup ukuran font Anda, variasi yang dapat diterima, dan tempat menggunakan berbagai jenis huruf. Jika logo Anda menyertakan teks, berikan detail fontnya di bagian ini.

Skema warna

Sertakan warna utama yang digunakan dalam logo, teks, dan situs web Anda. Anda juga harus mencantumkan palet warna dari warna sekunder yang menambah minat visual pada konten Anda. Warna sekunder dapat digunakan pada pamflet, papan nama, dan materi merek lainnya.

Baca juga: Brand Extension Adalah Strategi Pemasaran Ampuh yang Banyak Diterapkan Brand Besar

Citra

Jika merek Anda menggunakan fotografi atau ilustrasi, sertakan bagian citra dalam pedoman merek Anda. Jelaskan jenis gambar yang Anda kaitkan dengan merek Anda, serta gaya dan konten yang tidak boleh digunakan untuk merek Anda.

Alat tulis dan papan nama

Pencitraan merek Anda mencakup apa pun yang mencantumkan nama bisnis Anda, termasuk kop surat dan kartu nama. Buat daftar petunjuk untuk membuat tanda fisik untuk bisnis Anda.

Situs web dan media sosial

Perjelas harapan untuk posting di situs web dan media sosial perusahaan Anda. Jelaskan format tanda tangan email dan pesan yang benar kepada pelanggan.

Nada dan kepribadian

Bagaimana Anda berinteraksi dengan klien, karyawan, dan bisnis lain dapat berkontribusi pada identitas merek Anda. Dalam pedoman merek Anda, Anda dapat menyertakan saran tentang cara menggambarkan sikap tertentu saat membuat konten atas nama perusahaan.

Pernyataan misi

Beberapa pedoman merek juga menyertakan pernyataan misi yang merangkum tujuan dan nilai perusahaan. Ingatlah pernyataan misi Anda saat membangun identitas merek Anda untuk memastikan materi Anda mencerminkan pesan yang benar.

Baca juga: Brand Building, Metode Yang Tepat Agar Bisnis Dikenal Banyak Orang

Cara Membuat Brand Guidelines

Pedoman merek Anda adalah bagian penting dari strategi bisnis Anda, jadi saat membuatnya selengkap mungkin. Bekerja untuk membuat brand guidelines yang komprehensif dapat menghemat waktu dan sumber daya Anda saat perusahaan Anda berkembang dan menghasilkan lebih banyak konten pemasaran. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda menulis brand guidelines fungsional untuk bisnis Anda:

1. Tentukan identitas merek Anda

Pertimbangkan audiens Anda dan jenis branding apa yang mungkin menarik bagi grup tersebut. Setelah memutuskan kepribadian umum yang Anda ingin proyeksikan bisnis Anda, Anda akan dapat menentukan apakah konten Anda konsisten dengan nada merek Anda.

2. Kumpulkan semua elemen desain yang ada

Untuk bisnis baru, langkah ini mungkin hanya melibatkan daftar ide desain. Bisnis yang lebih mapan harus mengumpulkan semua logo, font, spanduk, iklan, alat tulis, dan komponen desain lainnya yang terkait dengan perusahaan. Perhatikan kesamaan antara berbagai desain Anda dan hapus elemen apa pun yang tidak sesuai dengan aturan branding Anda.

3. Prioritaskan bagian

Pertimbangkan area identitas merek Anda saat ini yang paling penting bagi perusahaan Anda. Jika Anda berada di fase awal bisnis, desain dan tipografi mungkin menjadi prioritas. Perusahaan yang terbentuk sepenuhnya mungkin dapat bergerak melampaui detail dan menambahkan bagian tentang bagaimana nilai inti dan tujuan masa depan memengaruhi merek.

Baca juga: Brand Storytelling: Pengertian dan Cara Efektif dalam Membuatnya

4. Sertakan contoh

Terutama saat bekerja dengan desainer, penting untuk menyertakan contoh bagaimana pedoman merek Anda harus diterapkan. Template dengan font, spasi, dan warna yang sesuai akan sangat berharga bagi tim desain Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyertakan contoh tanggapan terhadap skenario layanan pelanggan untuk mendorong suara yang konsisten untuk merek Anda.

5. Sering melakukan pembaruan

Pastikan untuk menambahkan elemen desain baru ke pedoman merek Anda saat Anda mengembangkannya. Setiap perubahan dalam pilihan font atau logo harus dimasukkan secara teratur dalam brand guidelines Anda untuk memastikan bahwa semua proyek mendatang mencerminkan pembaruan yang sama.

Tips untuk Membuat Brand Guidelines

Dokumen pedoman merek Anda kemungkinan akan digunakan oleh banyak orang yang berbeda baik di dalam maupun di luar organisasi Anda. Saat membuat bagian penting dari identitas merek Anda, Anda dapat menggunakan tips berikut untuk membantu membuat panduan Anda komprehensif dan dapat diakses:

  • Fokus pada kesederhanaan. Brand guidelines harus mudah dipahami sehingga staf baru dapat dengan cepat mempelajari gaya konten yang diharapkan.
  • Dapatkan umpan balik. Bertanya kepada profesional lain tentang kejelasan dan kualitas pedoman merek Anda dapat membantu Anda menemukan area untuk perbaikan.
  • Belajar dari orang lain. Beberapa perusahaan memposting pedoman merek mereka secara publik. Bacalah beberapa contoh pedoman merek yang ditulis dengan baik untuk membantu Anda memutuskan elemen apa yang ingin Anda masukkan dan apa yang mungkin Anda ubah.
  • Ingatlah tujuan Anda. Setiap bagian dari pedoman merek Anda harus berkontribusi pada merek Anda. Pertimbangkan apakah setiap bagian memberikan informasi baru dan bermanfaat bagi audiens Anda.

Baca juga: Funnel Marketing: Pengertian, Cara Kerja dan Tahapannya

Kesimpulan

itulah pembahasan lengkap mengenai brand guidelines, cara membuat dan tipsnya yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda. Dengan memiliki pedoman merek yang jelas, proses branding produk atau bisnis Anda akan menjadi lebih optimal dan membuat bisnis Anda dikenal audeiens lebih cepat.

Pastikan juga dalam membangun bisnis Anda memiliki pengelolaan yang matang terutama dalam proses pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha. Sebagai solusi terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti fitur pembukuan, pengelolaan pajak, manajemen aset dan inventori, payroll, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

1 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

marketingmanajemenbanner
Cinthya

Artikel Terkait