Arti Giveaway: Pengertian dan Dampaknya Pada Strategi Marketing

Dalam beberapa tahun terakhir ini, ajang promosi giveaway menjadi salah satu strategi marketing yang sangat terkenal. Karena, strategi marketing ini bisa menjadi senjata ampuh untuk memasarkan produk setiap pengusaha. Lantas, apa sebenarnya arti giveaway tersebut?

Nah, pada artikel kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang arti giveaway secara lebih mendalam, termasuk manfaat, jenis, dan cara ampuh untuk membuat giveaway. Selain itu, kita juga akan membuat beberapa tips ampuh untuk membuat giveaway yang sangat menarik untuk followers Anda. berikut ini adalah arti giveaway secara lebih mendalam untuk Anda.

Arti Giveaway Secara Mendalam

Pada dasarnya, arti giveaway adalah suatu kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Setiap peserta yang mengikuti giveaway harus dan wajib memenuhi setiap persyaratan yang sesuai dengan diadakannya ajang giveaway tersebut. Mulai dari meramaikan suatu postingan, sampai dengan membuat tantangan tertentu.

Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan giveaway ini berkembang menjadi suatu akang dalam mempromosikan suatu produk. Lantas, apa saja jenis-jenis dari giveaway itu sendiri?

Baca juga: 5 Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan yang Bermutu dan Berkualitas

Jenis-jenis Giveaway

Dalam proses pelaksanaannya, tercatat ada dua jenis giveaway yang berbeda. Jenis giveaway tersebut adalah self giveaway dan sponsor giveaway.

1. Self Giveaway

Self giveaway adalah suatu jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri dan sendiri, mulai dari sisi promosi, ketentuan, sampai hadiah. Seluruh hal tersebut dilakukan dan diatur oleh Anda sendiri.

Umumnya, giveaway ini dilakukan oleh para pebisnis yang memang sudah berpengalaman dan memiliki banyak konsumen dan budget marketing tertentu.

Untuk itu, jangan terkejut jika jenis giveaway ini bisa dilakukan dengan berbagai varian. Berbagai persyaratan yang ada giveaway tersebut pun berbeda-beda tergantung dengan tujuan diadakannya giveaway, seperti meminta setiap pesertanya untuk mengikuti atau follow akun media sosial, memberikan tantangan untuk mendownload atau mengupload foto tertentu di media sosial, dll.

Pun sama halnya dengan hadiah, Anda bisa memberikan hadiah berupa suatu produk fisik digital yang sesuai dengan jenis usaha yang Anda jalankan.

2. Sponsor Giveaway

Jenis giveaway ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat event giveaway tertentu namun tidak ingin repot. Jadi, sponsor giveaway adalah suatu jenis giveaway yang dijalankan oleh pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan host.

Serangkaian yang ada pada acara giveaway tersebut akan diatur oleh host, jadi Anda hanya harus membayar jasa nya saja. Biasanya, jenis giveaway ini diselenggarakan oleh beberapa brand secara bersamaan, sehingga acara giveaway menjadi seperti suatu acara yang besar.

Jenis giveaway ini akan cocok dilakukan oleh Anda yang ingin meningkatkan brand awareness ataupun engagement. Untuk itu, syarat umum pada jenis giveaway ini adalah mendapatkan partisipan sebanyak-banyaknya. Selain itu, sponsor giveaway sangat cocok untuk Anda yang baru menjalankan online shop dengan audiens yang belum  luas.

Kenapa Harus Mengadakan Giveaway?

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda lakukan jika Anda melakukan acara giveaway. Sebagai contoh, ada seorang ibu yang harus mencuci pakaian dengn tangannya karena mesin cucinya saat itu sedang rusak. Karena sedang kelelahan, lantas si ibu beristirahat sambil membuka sosial media instagram.

Saat membuka instagram, ternyata si ibu melihat ada suatu postingan giveaway dari salah satu toko elektronik terkenal dan hadiahnya adalah mesin cuci.

Tanpa berpikir panjang, si ibu lantas tidak keberatan untuk melakukan like, komentar dan mention teman-temannya. Nah, acara giveaway tersebut juga ternyata menawarkan hadiah lainnya seperti kulkas, TV, dan alat elektronik lain. Sehingga, teman-teman si ibu tersebut pun semangat untuk berpartisipasi dalam giveaway tersebut.

Lantas, kenapa event giveaway ini menjadi sangat penting?

  • Meningkatkan Leads

Salah satu manfaat dari diadakannya giveaway adalah demi meningkatkan leads, yakni calon konsumen potensial. Jika dalam cerita diatas, maka pelanggan potensialnya adalah si ibu dan juga teman-temannya.

Karena dalam giveaway tersebut si ibu dan teman-temannya mau untuk meninggalkan kontaknya, maka mereka akan lebih mudah lagi untuk dihubungi.

Kontak yang dimaksud dalam hal ini bisa sangat beragam, mulai dari akun instagram, email, sampai nomor telepon. Dengan nomor telepon tersebut, Anda bisa memberikan informasi terkait bisnis Anda, mulai dari promo hingga rilis produk terbaru.

  • Meningkatkan Engagement

Kelebihan lainnya dari giveaway adalah mampu meningkatkan engagement. Apa itu engagement? Engagement adalah suatu komunikasi antara Anda selaku brand dengan konsumen, dan hal ini sangat penting untuk membentuk suatu pelanggan yang loyal. Dengan adanya engagement yang baik, maka suatu bisnis akan menjadi lebih mudah berkembang.

Hal itu dikarenakan engagement bisa digunakan untuk memperoleh feedback atau umpan balik seputar produk Anda. sehingga, akan sangat berguna lagi untuk mengembangkan produk Anda. Selain itu, engagement juga bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dengan adanya nilai yang diberikan, seperti apa yang dilakukan oleh ibu-ibu dalam cerita diatas.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Semakin banyak teman ibu-ibu tersebut yang berminat untuk mengikuti event giveaway, maka akan semakin banyak juga orang yang mengetahui dengan brand tersebut. Sehingga tujuan untuk memperkenalkan brand secara lebih luas juga akan tercapai dengan mudah.

  • Ajang Promosi dari Mulut ke Mulut

Event giveaway juga bisa dijadikan sebagai salah satu ajang promosi yang sangat menguntungkan, salah satunya adalah promosi dari mulut ke mulut.

Saat ini, promosi dari mulut ke mulut masih menjadi salah satu bentuk promosi yang belum ketinggalan zaman. Karena faktanya, 90% orang akan membeli suatu barang karena hasil rekomendasi dari teman atau kerabatnya.

Semakin sering suatu brand diperbincangkan oleh banyak orang, maka brand tersebut tentu akan semakin terkenal, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan suatu produk. Di zaman yang serba digital seperti saat ini, bentuk promosi dari mulut ke mulut tersebut bisa berupa testimoni, review, dll.

  • Hemat Budget

Pada dasarnya, giveaway itu adalah suatu bentuk promosi yang hemat budget. Walaupun sekilas terlihat boros karena membagi-bagikan hadiah. Tapi, pada dasarnya anggaran yang Anda gunakan tersebut tergolong sangat minim, dan hasil yang bisa Anda dapatkan pun akan lebih maksimal.

Jadi, dengan mengadakan event giveaway tersebut, Anda bisa menyesuaikan nilai hadiah, sehingga audiens yang Anda dapatkan pun akan semakin spesifik dan engagement nya pun bisa diukur. Jika mendapatkan suatu leads, maka Anda pun bisa mendapatkan daftar calon konsumen yang jauh lebih potensial.

Cara Membuat Giveaway yang Menarik

  • Menentukan Tujuan Giveaway

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membuat suatu giveaway yang menarik adalah dengan menentukan tujuan Anda, seperti meningkatkan followers, meningkatkan penjualan produk, atau ingin lebih dekat dengan setiap pelanggan.

  • Memilih Hadiah Giveaway yang Pas

Cobalah untuk memilih hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuan giveaway dan audiens Anda, contohnya jika Anda ingin meningkatkan leads, Anda bisa membagikan hadiah dari produk Anda sendiri.

Jika banyak peserta giveaway, maka artinya produk Anda memang diinginkan oleh banyak orang. Sehingga, Anda bisa mendapatkan lebih banyak leads. Selain itu, Anda juga akan memberikan kesempatan pada peserta untuk menggunakan produk Anda dari hadiah giveaway yang Anda lakukan.

  • Menentukan Persyaratan Giveaway

Apabila persyaratan giveaway nya sedikit tapi hadiahnya banyak, makan potensi meningkatnya peserta akan semakin banyak. Tapi apakah hal tersebut sudah sesuai dengan tujuan event giveaway Anda. Jadi, Anda bisa meminta setiap peserta untuk melakukan follow, like, komen, atau mention teman-temannya.

Syarat tersebut sudah sesuai dengan tujuan engagement, karena akan memotivasi interaksi setiap peserta di akun media sosial Anda.

  • Menggunakan Hashtag

Hashtag sangat berfungsi untuk mengkategorikan suatu konten. Jadi, akan memudahkan setiap audiens untuk menemukan produk ataupun postingan Anda. Selain itu, hashtag juga bisa Anda manfaatkan untuk menunjukkan brand ataupun kampanye promo yang Anda sedangkan jalankan.

Untuk itu, usahakanlah untuk selalu menggunakan hashtag pada setiap event giveaway Anda. khususnya jika tujuan Anda adalah demi meningkatkan nilai engagement. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Simply Measured, hashtag bahkan mampu meningkatkan engagement pada suatu postingan hingga 12,6%.

  • Mengumumkan Pemenang Giveaway

Di akhir acara giveaway, Anda harus mengumumkan siapa saja pemenang dari giveaway tersebut. Bentuk platform pengumuman yang ideal adalah pada saat memulai event. Seperti cerita yang sudah dijelaskan di atas.

Tapi untuk suatu bisnis perusahaan, informasi tersebut akan lebih baik juga diinformasikan di website resmi. Tujuannya adalah demi menghindari adanya upaya penipuan pihak lain.

Untuk itu, buatlah pengumuman yang resmi dengan menggunakan brand agar bisa lebih terpercaya. Selain itu, segeralah untuk menghubungi pemenang tersebut dengan segara. Selain itu, Anda juga bisa membuat suatu postingan khusus untuk mengatakan terima kasih terkait keikutsertaan audiens.

Baca Juga: Inbound Marketing Adalah: Pengertian, Tahapan, Dan Bedanya Dengan Outbound Marketing

Penutup

Itulah penjelasan penting terkait arti giveaway secara mendalam. Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa arti giveaway secara mendalam adalah suatu kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Jenis dari giveaway terbagi menjadi dua, yaitu Self Giveaway dan Sponsored Giveaway.

Manfaat dari diadakannya event giveaway ini adalah meningkatkan leads, meningkatkan engagement, meningkatkan brand awareness, ajang promosi dari mulut ke mulut, dan hemat budget.

Terlepas dari manfaat giveaway tersebut, jika Anda ingin mengadakan event giveaway, maka Anda harus mampu membuat catatan keuangan yang baik agar, dan membuat budget keuangan yang rapi agar strategi pemasaran ini bisa berjalan dengan lancar.

Nah, untuk membantu Anda dalam membuat catatan keuangan yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini,  Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

https://accurate.id/lp/marketing-form/