Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan?

Bagian besar dari menjadi produktif di tempat kerja adalah menemukan cara untuk tetap termotivasi. Dengan memiliki teknik masuk untuk memulai pekerjaan Anda dan tetap fokus, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dan kemajuan dalam karir atau bisnis Anda. Sementara karyawan dapat memotivasi diri mereka sendiri, ada banyak hal yang dapat dilakukan manajer mereka untuk membantu. Dalam artikel ini, kami membagikan pentingnya produktivitas karyawan dan cara meningkatkan produktivitas karyawan dalam bisnis Anda

Apa itu produktivitas karyawan?

Produktivitas karyawan adalah metrik yang digunakan bisnis untuk mempelajari seberapa banyak pekerjaan yang diselesaikan karyawan mereka. Manajer dapat mengukurnya dengan melihat keluaran tim Anda dan berapa banyak waktu yang mereka perlukan untuk menyelesaikan tugas.

Dengan mengukur produktivitas karyawan, manajer dapat melihat apakah semua orang berada di jalur yang benar atau apakah mereka perlu melakukan intervensi dengan cara tertentu.

Misalnya, jika seorang manajer melihat bahwa tim mereka terus melewatkan tenggat waktu, mereka mungkin perlu menerapkan sistem penghargaan untuk menjaga agar karyawan tetap termotivasi dan fokus. Demikian juga, ketika seorang manajer melihat produktivitas karyawan tinggi, mereka harus menemukan cara untuk menghargai tim mereka.

Baca juga: Kompetitor Tidak Langsung: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya dengan Kompetitor Langsung

Mengapa produktivitas karyawan penting?

Produktivitas karyawan adalah bagian penting dari mempelajari seberapa banyak pekerjaan yang dapat ditangani sekelompok orang. Jika produktivitas Anda rendah, ini bisa menunjukkan bahwa karyawan perlu bekerja lebih keras atau perusahaan mungkin perlu mempekerjakan lebih banyak orang. Itu juga dapat memberi tahu manajer apa yang mereka lakukan benar dan salah.

Jika karyawan menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu bulan, manajer mereka harus merenungkan bulan itu. Mereka dapat mempertimbangkan apakah karyawan memiliki lebih banyak insentif atau bahkan jika pekerjaan itu lebih menyenangkan. Ada banyak pertanyaan yang dapat ditanyakan oleh manajer pada diri mereka sendiri untuk menentukan penyebab produktivitas yang tinggi.

Karyawan juga dapat mengukur produktivitas mereka sendiri. Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak menyelesaikan pekerjaan dengan cukup, mungkin Anda perlu menemukan strategi baru untuk tetap produktif.

Dengan memenuhi tenggat waktu dan menyelesaikan semua tugas, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang dapat diandalkan. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak peluang kemajuan karir, seperti promosi atau kenaikan gaji.

Apa yang mempengaruhi produktivitas karyawan?

Faktor-faktor berikut memengaruhi produktivitas karyawan:

Semangat kerja karyawan

Ketika karyawan merasa senang dengan tempat kerja mereka, mereka mungkin lebih cenderung merasa setia kepada majikan mereka. Hal ini dapat mempengaruhi mereka untuk peduli dengan pekerjaan mereka dan menyelesaikan lebih banyak.

Budaya kantor

Mempekerjakan karyawan yang tetap pada tugas dapat membangun budaya perusahaan yang produktif. Ketika semua orang memenuhi tenggat waktu mereka dan menyelesaikan pekerjaan, mereka memberikan contoh yang baik bagi karyawan baru. Ini kemudian mengarah pada siklus pengusaha baru yang memahami harapan kantor dan menjadi produktif juga.

Baca juga: Customer Churn: Pengertian, Cara Hitung, dan Cara Menanggulanginya

Umpan balik manajer

Mendapatkan umpan balik positif secara teratur sangat membantu dalam membuat karyawan menjadi lebih produktif. Ketika orang tahu apa yang mereka lakukan dengan baik, mereka mungkin merasa lebih percaya diri dalam pekerjaan mereka dan bersemangat untuk terus melakukan pekerjaan dengan baik. Kritik yang membangun dapat membantu, tetapi hanya dalam jumlah sedang.

Sikap karyawan

Ketika karyawan memiliki sikap yang baik, mereka cenderung untuk mengangkat satu sama lain. Tujuan bagi manajer harus menemukan cara untuk meningkatkan sikap tim mereka tentang pekerjaan.

Sumber daya yang tersedia

Memiliki alat yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda adalah bagian utama dari menjadi produktif. Manajer kualitas memahami pentingnya mencari semua sumber daya yang dibutuhkan tim mereka.

Baca juga: Rencana Strategis dan Taktis: Pengertian dan Perbedaannya

Bagaimana meningkatkan produktivitas karyawan jika Anda adalah pemilik bisnis?

Manajer dapat meningkatkan produktivitas karyawan mereka dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Menilai area perbaikan

Sebelum berbicara dengan tim Anda tentang tingkat produktivitas mereka, cobalah untuk mencari tahu apa yang dapat mereka tingkatkan. Cobalah untuk menunjukkan dengan tepat apa yang mungkin menyebabkan tim Anda tertinggal.

Misalnya, mereka mungkin memiliki terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, mungkin ada terlalu banyak waktu sosial atau mereka mungkin membutuhkan motivasi eksternal.

2. Berikan ulasan kinerja

Mengadakan tinjauan kinerja sekali atau dua kali setahun adalah cara yang bagus untuk membuka komunikasi dengan tim Anda. Selama percakapan ini, Anda dapat membagikan beberapa pujian yang pasti akan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi anggota tim Anda.

Anda juga dapat membagikan apa yang dapat mereka kerjakan untuk bergerak maju.

Gunakan rapat ini sebagai waktu untuk mempelajari apa yang mungkin menghalangi kinerja tim Anda. Anda juga dapat bekerja dengan setiap individu untuk membantu mereka menetapkan tujuan. Dengan memiliki beberapa tujuan untuk dicapai, Anda mungkin melihat tingkat produktivitas mereka meningkat.

3. Berikan insentif

Jika anggota tim Anda termotivasi secara intrinsik, mereka senang melakukan pekerjaan mereka. Jika Anda menemukan bahwa tugas-tugas tertentu lebih menantang bagi mereka, Anda mungkin ingin menawarkan beberapa motivasi ekstrinsik. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari bonus akhir tahun hingga pengakuan di seluruh perusahaan. Memberi tim Anda sesuatu untuk dikerjakan dapat meningkatkan tingkat produktivitas mereka.

4. Pelajari alat apa yang mereka butuhkan

Tanyakan kepada tim Anda alat apa yang akan membantu mereka melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik. Ini bisa berupa perangkat lunak khusus untuk membantu mereka mengelola tugas atau proyek mereka.

Bahkan bisa menjadi aplikasi komunikasi yang membantu mereka tetap terhubung. Jika alat-alat ini dapat membantu mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, mereka mungkin bernilai investasi.

Baca juga: 12 Tips Marketing untuk Kampanye Pemasaran yang Efektif

Bagaimana meningkatkan produktivitas jika Anda adalah karyawan?

Karyawan dapat lebih produktif dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Cari tahu apa yang memotivasi Anda

Menemukan cara untuk memotivasi diri sendiri adalah bagian penting dari tetap pada tugas. Cobalah hal-hal berikut untuk merasa termotivasi:

  • Tidur yang cukup. Ketika Anda cukup tidur, Anda bisa bangun dengan perasaan segar dan siap untuk menjalani hari Anda.
  • Makan lebih sehat. Makanan sehat dapat membuat Anda merasa lebih berenergi sepanjang hari. Peningkatan energi ekstra ini dapat membantu Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.
  • Luangkan waktu untuk berolahraga. Berolahraga dengan cepat dapat membuat darah Anda terpompa dan membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Jika Anda mulai merasa lelah di tempat kerja, lakukan lompatan cepat atau lakukan putaran di sekitar kantor.
  • Ucapkan afirmasi harian. Ini adalah frasa positif yang membantu Anda merasa lebih percaya diri dan mampu. Dengan mengulangi, “Saya bisa melakukan ini,” Anda mungkin mulai mempercayainya dan mulai menyelesaikan lebih banyak.
  • Prioritaskan pekerjaan Anda. Luangkan waktu untuk tugas-tugas Anda yang lebih penting terlebih dahulu. Kemudian, Anda dapat mulai mengerjakan tugas yang tidak terlalu mendesak nanti.
  • Tetapkan tujuan SMART. Ini adalah tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan terikat waktu. Memiliki tujuan dapat membantu Anda secara aktif bekerja menuju sesuatu.

2. Cobalah untuk optimis

Memiliki sikap positif di tempat kerja dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat dalam bekerja. Setiap hari, coba pikirkan aspek pekerjaan apa yang Anda syukuri.

Pikirkan tentang apa yang Anda sukai dari tempat kerja Anda dan apa yang ingin Anda lakukan. Cobalah untuk melihat pekerjaan Anda sebagai peluang yang menarik daripada tantangan.

3. Tanyakan tentang pelatihan

Ketika Anda tahu bagaimana melakukan pekerjaan Anda dengan benar, Anda mungkin menemukan bahwa jauh lebih mudah untuk menyelesaikannya tepat waktu. Minta manajer Anda untuk memberikan beberapa materi pelatihan untuk tugas baru. Lihat apakah mereka dapat menjelaskan tugas yang menurut Anda lebih menantang untuk dipahami.

4. Minta bantuan

Ketika Anda merasa perlu mendelegasikan beberapa tugas Anda, lihat apakah rekan kerja Anda bersedia membantu. Mereka mungkin mencari sesuatu untuk dilakukan dan terbuka untuk membantu Anda mengerjakan tugas. Demikian juga, Anda dapat meminta mereka untuk menjelaskan sesuatu yang menurut Anda menantang. Kapan pun seorang rekan kerja membantu Anda, ungkapkan penghargaan Anda. Juga, cobalah untuk selalu membantu ketika mereka membutuhkan bantuan.

Baca juga: Analisis SWOT: Pengertian, Cara Menggunakannya dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan cara meningkatkan produktivitas baik dari sisi pemilik bisnis atau sebagai karyawan. Perlu Anda ketahui, data keuangan terkadang menjadi tolok ukur keberhasilan bisnis dan juga data penting dalam mengetahui produktivitas suatu bisnis. Penting untuk Anda pemiliki bisnis memiliki data keaungan yang komprehensif dan sesuai dengan keaaan bisnis Anda sebenarnya.

Hindari pencatatan data keuangan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan yang akan berakibat pada kesalahan pengambilan keputusan bisnis. Sebagai solusinya Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan harga yang terjangkau seperti Accurate Online.

Accurate Onlne adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan memiliki fitur terlengkap seperti pencatatan pengeluaran dan pembelian bisnis, manajemen aset dan persediaan, proses rekonsiliasi otomatis, pengelolaan dan pelaporan pajak, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Accuarate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah