12 Tips Marketing untuk Kampanye Pemasaran yang Efektif

Sebagai seorang profesional marketing atau pemasaran, penting untuk tetap mengikuti perkembangan tren dan teknologi terbaru untuk memastikan Anda memberikan kampanye pemasaran Anda peluang terbaik untuk sukses. Menjadi strategis tentang taktik dan pendekatan pemasaran Anda dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda dan mendorong keuntungan. Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu pemasaran dan mencantumkan beberapa tips marketing untuk membantu strategi pemasaran Anda dan menguntungkan bisnis Anda.

Apa itu marketing?

Marketing atau pemasaran mengacu pada strategi dan taktik yang Anda gunakan untuk menarik pelanggan ke bisnis dan membangun loyalitas. Profesional marketing menggunakan keterampilan pemasaran mereka untuk menetapkan harga berdasarkan penawaran dan permintaan, membantu meningkatkan keuntungan perusahaan dan membantu menumbuhkan pangsa pasar perusahaan melalui pemasaran.

Sementara pemasaran dapat mengambil definisi umum, ada juga banyak jenis pemasaran yang telah berkembang selama bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa jenis pemasaran yang berbeda dan apa yang diperlukan masing-masing:

  • Pemasaran tradisional: Ini mengacu pada semua jenis promosi merek pada semua jenis media atau saluran. Sebelum internet, banyak pemasaran tradisional mengandalkan pendekatan keluar seperti iklan cetak dan papan reklame.
  • Outbound marketing: Outbound marketing mengacu pada semua jenis promosi di mana suatu merek mendorong pesan mereka kepada konsumen dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran merek. Contoh outbound marketing termasuk iklan cetak, iklan TV, email, dan panggilan dingin.
  • Inbound marketing: Jenis pemasaran ini berfokus pada menarik pelanggan tanpa memaksakan agenda mereka. Para profesional pemasaran yang menggunakan inbound marketing bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang berdampak positif guna mendatangkan calon pelanggan ke website Anda. Setelah berada di situs web Anda, Anda menggunakan berbagai alat untuk membuat mereka tetap terlibat dan memberikan nilai berkelanjutan. Setelah ini, Anda melanjutkan peran Anda sebagai penasihat yang membantu dan pakar produk atau layanan.
  • Pemasaran digital: Pemasaran digital menggunakan teknologi untuk menjangkau audiens dengan cara baru dan inovatif. Ini melibatkan penggunaan internet dan perangkat elektronik. Misalnya, bisnis menggunakan pemasaran digital ketika mereka menggunakan media sosial atau email untuk terlibat dengan audiens mereka.

Baca juga: 12 Topik Presentasi Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Tips marketing

Meskipun Anda mungkin berpikir Anda tahu apa yang diperlukan untuk membangun strategi pemasaran yang sukses, menjaga pengetahuan industri Anda tetap mutakhir dan menggunakan semua sumber daya Anda untuk keuntungan Anda dapat membantu Anda dan perusahaan Anda menemukan kesuksesan yang lebih besar, oleh sebab itu tips marketing dari para ahli sangatlah penting.

Gunakan tips ini untuk membantu saat merencanakan atau menerapkan strategi atau kampanye pemasaran Anda:

1. Pasarkan produk Anda sebelumnya

Bahkan jika produk Anda belum siap, pasarkan terlebih dahulu untuk membantu meningkatkan kesadaran sebelum tersedia. Lakukan kampanye kesadaran preemptive untuk pada dasarnya menjual manfaat produk atau layanan sebelum tiba. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan permintaan, memastikan Anda memiliki semacam audiens setelah diluncurkan.

2. Ukur hasil

Pastikan Anda dapat mengukur hasil kampanye pemasaran Anda. Tetapkan cara untuk melacak konversi dan menjalankan berbagai jenis kampanye pemasaran dalam kelompok kecil. Melakukan hal ini memungkinkan Anda untuk membandingkan saluran pemasaran yang berbeda untuk menentukan mana yang memberi Anda manfaat paling banyak. Ini juga memberi tahu Anda mana yang tidak berfungsi dan mana yang harus terus Anda gunakan.

3. Beri pelanggan cara untuk menghubungi Anda

Tidak peduli apa yang pelanggan Anda katakan, penting untuk memberi mereka kesempatan untuk berbicara dengan Anda. Memberi mereka outlet ini menunjukkan bahwa Anda menghargai pemikiran dan pendapat mereka.

Sertakan tempat di situs web Anda di mana mereka dapat terlibat dengan Anda. Jika mereka memiliki masalah atau kekhawatiran, ini memberi Anda kesempatan untuk mengatasi masalah tersebut dan mencapai resolusi yang dapat mereka hargai.

Baca juga: 30 Ide Insentif Penjualan Untuk Memotivasi Tim Anda

4. Miliki rutinitas pembersihan data

Bantu tingkatkan strategi pemasaran Anda dengan membersihkan database Anda secara teratur. Ini adalah tips marketing yang mainstream dan membantu Anda mengatasi masalah kualitas data yang dapat memengaruhi persepsi pelanggan tentang bisnis Anda. Pastikan memiliki data akurat yang dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih strategis. Data yang akurat juga memastikan Anda memiliki strategi pemasaran yang ditargetkan. Bertujuan untuk menjadikan pembersihan data sebagai rutinitas bulanan untuk memastikan keakuratan data Anda.

5. Gunakan konten video

Banyak orang lebih suka konten visual daripada membaca posting atau email yang panjang. Saat Anda bertukar pikiran tentang ide pemasaran, pertimbangkan untuk menggunakan video untuk meningkatkan kesadaran merek dan menarik pelanggan baru. Banyak platform media sosial bahkan mendukung konten video, memberi Anda peluang untuk memasarkan bisnis Anda dengan cara baru.

Membuat dan berbagi video memungkinkan Anda memberi tahu audiens tentang produk dan layanan Anda dan membantu Anda terlibat dengan mereka secara lebih teratur. Karena banyak orang menonton video tanpa suara, pertimbangkan untuk menambahkan teks ke video Anda untuk mendapatkan interaksi yang lebih besar.

6. Pahami audiens Anda

Saat mengembangkan strategi pemasaran Anda, sangat penting untuk memahami audiens target Anda. Pertimbangkan siapa mereka, demografis mereka, situasi kehidupan mereka, apa yang mereka lakukan dan bagaimana Anda dapat membantu mereka melakukannya dengan lebih baik. Untuk membantu Anda lebih memahami audiens Anda, buat persona pembeli untuk mendefinisikan mereka dengan lebih baik dalam hal demografi dan minat mereka. Menciptakan persona pembeli juga memberi Anda arahan saat mengembangkan strategi pemasaran Anda.

7. Gunakan platform iklan yang berbeda

Uji berbagai jenis iklan untuk menentukan mana yang paling cocok untuk perusahaan dan merek Anda. Seringkali, Anda memerlukan kombinasi iklan, bukan hanya satu. Semakin banyak pelanggan Anda melihat Anda di saluran yang berbeda, semakin besar kemungkinan mereka akan menerima merek Anda dan menghargai keandalannya. Ini juga membantu mereka mengingat Anda lebih baik daripada pesaing Anda.

Baca juga: Ketahui 7 Jenis Perencanaan Bisnis Untuk Proses Bisnis yang Lebih Baik

8. Buat konten yang ditargetkan

Mengetahui audiens Anda membantu Anda menghasilkan konten yang lebih bertarget dan relevan untuk pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan. Untuk mendapatkan kepercayaan dari audiens Anda, bertujuan untuk menjangkau mereka pada tingkat pribadi dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memahami kebutuhan mereka dan cukup peduli untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan ini. Untuk membuat konten yang ditargetkan, berikan informasi bermanfaat yang dapat mereka gunakan.

9. Tingkatkan konten media sosial Anda

Karena media sosial terus berkembang, penting untuk mengikuti perkembangan zaman dan memastikan Anda selalu menggunakannya untuk keuntungan Anda. Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam iklan berbayar di berbagai platform media sosial untuk membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan. Anda juga dapat menggunakan pos yang ditingkatkan untuk menyebarkan kesadaran merek.

10. Optimalkan email marketing Anda

Meskipun banyak orang lebih suka email saat berkomunikasi dengan bisnis, mudah untuk membuat mereka merasa kewalahan dengan jumlah email yang mereka dapatkan di kotak masuk mereka setiap hari. Untuk meningkatkan pemasaran email dan keterlibatan audiens secara keseluruhan, optimalkan email Anda dengan cara berikut:

  • Jadikan email Anda berasal dari alamat email dan nama pengirim yang dapat dikenali.
  • Tulis baris subjek yang menarik yang membuat audiens Anda membuka email Anda.
  • Jadikan email dan konten situs web Anda dioptimalkan untuk tampilan seluler.
  • Pastikan konten Anda memenuhi apa yang Anda janjikan di baris subjek email Anda.
  • Miliki email dan situs web yang estetis untuk audiens Anda.
  • Sertakan ajakan bertindak di setiap email Anda sehingga audiens Anda tahu apa yang Anda ingin mereka lakukan.

11. Baca ulasan online

Ulasan pelanggan dapat membantu Anda menarik pelanggan baru melalui rujukan karena banyak orang membaca ulasan sebelum membeli produk atau layanan. Pertimbangkan untuk membuat proses pemantauan ulasan yang memungkinkan Anda menyaring ulasan dengan lebih mudah.

Ketika Anda membaca ulasan negatif, Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau mereka dan memperbaiki situasi. Meskipun Anda tidak dapat menyenangkan semua pelanggan Anda, menjangkau mereka menunjukkan bahwa Anda peduli sekaligus membangun loyalitas pelanggan.

12. Gunakan alat automation marketing

Untuk membantu Anda mengelola tugas pemasaran dengan lebih baik, gunakan otomatisasi pemasaran. Otomatisasi pemasaran mengacu pada platform dan teknologi yang membantu Anda memasarkan bisnis Anda secara lebih efektif di berbagai saluran menggunakan tugas otomatis dan berulang. Otomatisasi pemasaran tidak hanya menghemat waktu Anda yang berharga, tetapi juga memastikan Anda tetap berada di puncak jaringan Anda dan dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai tips marketing yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Dalam pengembangan bisnis, tim dan pemilik harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat sehingga bisnis akan berkembang menjadi lebih besar dan bisa berjalan secara maksimal. Jadi kami sarankan agar Anda mengikuti tips marketing pada artikel ini.

Pastikan juga Anda mengukur keberhasilan strategi pemasaran Anda dengan menghitung ROI dalam bisnis. Jika Anda kesulitan dalam menghitung ROI atau pengembalian keuntungan pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan pembukuan, mendapatkan laporan keuangan dalam hitungan detik, rekonsiliasi transaksi secara otomatis, dan masih banyak lagi,

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu