Mengetahui Pentingnya Bargaining Power pada Sebuah Bisnis
Memiliki bargaining power atau daya tawar dalam suatu bisnis bisa menjadi salah satu modal penting untuk meraih keuntungan.
Dengan memiliki daya tawar yang lebih baik dibandingkan kompetitor, tentunya bisnis Anda akan lebih mudah dilirik oleh calon konsumen dan mitra bisnis saat melakukan negosiasi.
Menegosiasikan persyaratan kesepakatan apa pun, formal maupun tidak, adalah masalah yang rumit.
Mengambil contoh perdagangan, pembeli akan selalu ingin bernegosiasi dengan harga serendah mungkin, sementara penjual akan selalu berusaha menjual dengan harga setinggi mungkin.
Kekuatan tawar-menawar adalah salah satu dari banyak konsep ekonomi yang diperkenalkan untuk memfasilitasi pemahaman tentang semua faktor berbeda yang dapat memengaruhi bagaimana kesepakatan dibuat dan bagaimana kinerja bisnis.
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu bargaining power, apa yang dapat memengaruhinya, dan apa signifikansinya dalam bisnis.
Berikut adalah pembahasan lengkap tentang bargaining power dan cara meningkatkannya untuk membuat usaha Anda lebih menguntungkan:
Daftar Isi
Apa Itu Bargaining Power?
Bargaining power atau daya tawar adalah ukuran kapasitas satu pihak untuk mempengaruhi pihak lain.
Hal ini adalah poin penting dalam negosiasi karena pihak dengan daya tawar yang lebih tinggi dapat memanfaatkan keadaan mereka untuk mencapai kesepakatan yang lebih menguntungkan.
Lebih tinggi atau rendahnya posisi daya tawar ini dikenal dengan bargaining position.
Bargaining position merujuk pada kekuatan atau kelemahan relatif yang dimiliki oleh satu pihak dalam proses negosiasi dibandingkan dengan pihak lainnya.
Posisi tawar ini ditentukan oleh beberapa faktor, seperti sumber daya yang dimiliki, informasi yang tersedia, alternatif yang ada, dan kebutuhan serta keinginan masing-masing pihak.
Dalam konteks bisnis dan ekonomi, ini merujuk pada kekuatan yang dimiliki oleh pihak-pihak yang terlibat untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan dari negosiasi tersebut.
Baca juga: Paham Negosiasi: Manfaat, Tujuan, Jenis, Tahapannya
Jenis-jenis Bargaining Power
Secara umum terdapat dua jenis utama dari bargaining power:
1. Bargaining Power of Buyers (Daya Tawar Pembeli)
Hal ini mengacu pada kemampuan pembeli untuk menekan harga, menuntut kualitas yang lebih baik, atau mendapatkan layanan yang lebih baik.
Pembeli memiliki daya tawar yang kuat jika:
- Ada banyak alternatif produk atau layanan.
- Biaya beralih ke produk atau layanan lain rendah.
- Pembeli membeli dalam jumlah besar atau memiliki pengaruh besar pada penjualan penjual.
- Informasi yang tersedia bagi pembeli lengkap dan detail.
2. Bargaining Power of Suppliers (Daya Tawar Pemasok)
Hal ini mengacu pada kemampuan pemasok untuk menaikkan harga, menurunkan kualitas, atau mengurangi layanan.
Pemasok memiliki daya tawar yang kuat jika:
- Ada sedikit alternatif pemasok.Produk atau layanan yang ditawarkan sangat berbeda atau unik.
- Biaya beralih ke pemasok lain tinggi.
- Pemasok memiliki kemampuan untuk melakukan integrasi vertikal, atau mengambil alih distribusi atau produksi.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bargaining Power
Daya tawar tidak muncul begitu saja, ada berbagai faktor yang mempengaruhi seberapa kuat atau lemahnya posisi tawar satu pihak terhadap pihak lainnya.
Memahami faktor-faktor ini sangat penting bagi perusahaan atau individu yang ingin meningkatkan posisi tawar mereka dalam berbagai situasi negosiasi.
1. Memiliki Alternatif
Jika salah satu pihak tidak perlu berurusan dengan pihak lain, karena mereka memiliki alternatif, maka mereka memiliki bargaining power yang lebih besar.
Hal ini karena mereka menghadirkan risiko yang muncul karena dapat meninggalkan kesepakatan tanpa menyebabkan terlalu banyak masalah bagi diri mereka sendiri.
Jika salah satu pihak tidak memiliki alternatif, maka mereka memiliki sedikit daya tawar karena negosiator lain dapat mengancam untuk meninggalkan kesepakatan.
Demikian pula, suatu pihak yang memiliki daya tawar yang lebih besar jika ada sedikit masalah di dalamnya akan mudah beralih ke alternatif lain, dan sebaliknya.
2. Kurangnya Kebutuhan
Jika salah satu pihak dalam negosiasi dapat meninggalkan kesepakatan tanpa mengalami konsekuensi apa pun, baik karena kurangnya kebutuhan atau kepentingan untuk menghentikan kesepakatan, maka mereka memiliki daya tawar yang lebih besar.
Sekali lagi, ini karena secara tidak langsung mengancam pihak lain dengan kehilangan bisnis, sehingga mereka harus menawarkan “tawar-menawar” yang lebih baik.
3. Pengetahuan yang Relevan
Memiliki pengetahuan di bidang yang relevan juga memberikan daya tawar yang lebih besar kepada para pihak.
Hal ini karena mereka kurang rentan untuk membuat kesepakatan yang tidak menguntungkan karena kurang informasi atau informasi yang salah.
Baca juga: 6 Langkah Penting dalam Proses Negosiasi agar Untung!
Pengaruh Peningkatan Bargaining Power Terhadap Target Pasar
Peningkatan bargaining power atau daya tawar dalam sebuah perusahaan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap target pasar yang ingin dicapai.
Ketika perusahaan memiliki daya tawar yang kuat, mereka dapat menegosiasikan harga yang lebih baik, mendapatkan persyaratan kontrak yang lebih menguntungkan, dan mengakses sumber daya yang lebih baik.
Berikut penjelasan lengkapnya:
1. Tekanan Harga
Akibat alami dari bisnis dengan daya tawar yang tinggi adalah peningkatan harga.
Jika Anda tidak punya pilihan selain membayar lebih untuk hal yang Anda inginkan, maka Anda harus membebankan biaya tersebut kepada pelanggan Anda untuk menjaga margin keuntungan tetap stabil.
Dalam hal ini, efek pada pasar sasaran adalah harga yang lebih tinggi untuk produk yang sama.
Jika pasar tidak mendukung harga tersebut, Anda mungkin harus menanggung sendiri biaya tambahan tersebut dan mengurangi keuntungan yang sesuai.
2. Masalah Pasokan
Kekurangan pemasok yang baik dan bertanggung jawab tidak hanya meningkatkan daya tawar mereka, tetapi juga dapat mengurangi jumlah produk yang dapat Anda produksi.
Jika kuantitas yang dapat diproduksi pemasok tetap, mungkin ada kekurangan barang.
Hal ini terkadang terjadi selama musim liburan ketika mainan populer atau barang elektronik terbaru tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan eceran.
Dalam hal ini, efek pada target pasar dapat meningkatkan harga jika hal itu menyebabkan permintaan meroket melewati penawaran.
3. Masalah Kualitas
Pemasok dengan peningkatan daya tawar dapat memutuskan untuk berhemat pada kualitas demi kuantitas untuk meningkatkan keuntungannya saat berada dalam posisi leverage tinggi.
Itu memiliki efek negatif yang sesuai pada pasar sasaran. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan pengembalian dan keluhan pelanggan, atau bahkan meninggalkan produk.
4. Berubah Menjadi Oligarki
Jika bargaining power terjadi karena pemasok memiliki sumber daya yang langka atau keahlian yang tak tertandingi, pemasok dapat secara efektif menggelembungkan harga atau bisnis mana yang dapat bertahan di industri untuk melayani pasar sasaran.
Misalnya ,jika hanya ada satu pemasok yang memproduksi kartu grafis (VGA) baru yang diperlukan untuk membuat sistem permainan gim di pasar, pemasok tersebut akan menjual produknya untuk memutuskan siapa yang dapat bertahan di industri tersebut.
Pemasok Anda juga dapat memilih untuk menjual langsung ke pelanggan, mengurangi penawaran Anda sendiri.
Baca juga: Supply Chain Management: Pengertian, Proses Tahapan, dan Tujuannya dalam Bisnis
5. Mendorong Alternatif
Kekuatan tawar-menawar pemasok adalah kendala di pasar, tetapi tidak bertahan lama.
Jika permintaan cukup tinggi, orang lain kemungkinan besar akan memasuki pasar untuk melayani pasar sasaran.
Bisnis juga akan mencari lebih keras untuk membeli atau mengembangkan alternatif untuk menghilangkan kekosongan ini pada operasi mereka.
Pada titik tertentu, menjadi lebih hemat biaya untuk mengembangkan pengganti untuk apa yang ditawarkan pemasok atau mendesain ulang produk Anda untuk menghilangkan ketergantungan pada bahan tersebut.
Diversifikasi lini produk Anda adalah cara lain untuk melakukan lindung nilai terhadap pemasok satu item tertentu yang sudah terlalu kuat di pasar.
Baca juga: 8 Teknik Negosiasi yang Efektif untuk Bisnis Anda
Mengapa Bargaining Power Penting dalam Bisnis?
Jika Anda memiliki jenis bisnis apapun, maka logis jika Anda bertujuan untuk menghasilkan keuntungan setinggi mungkin dan mencapai kesepakatan terbaik yang Anda bisa.
Bargaining power dapat menjadi konsep yang berguna dalam membantu Anda memutuskan bagaimana menentukan harga produk secara efektif dan membuat kesepakatan.
Dua kekuatan tawar menawar yang penting di sini adalah milik pelanggan dan bisnis.
Untuk menciptakan strategi penetapan harga yang optimal, bisnis ini harus mempertimbangkan daya tawar mereka sendiri sebagai penjual.
Pastikan Anda memiliki pertanyaan seperti:
- Apakah mereka menyediakan produk unik yang tidak memiliki alternatif?
- Apakah bisnis mereka mengandalkan penjualan produk tertentu atau apakah mereka mampu menjual jumlah yang lebih rendah dengan harga premium?
- Apakah produk itu penting bagi pembeli?
Terlepas dari jenis bisnis apa yang mungkin Anda miliki, menggunakan konsep bargaining power memiliki banyak kegunaan berbeda yang mungkin berguna bagi kemajuan bisnis Anda.
Baca juga: Pengertian Negosiasi Bisnis dan Cara Melakukannya
Penutup
Bargaining power merupakan konsep ekonomi penting yang mengukur kemampuan para pihak dalam negosiasi untuk saling mempengaruhi.
Ada banyak faktor berbeda yang dapat mempengaruhi seberapa besar daya tawar yang dimiliki individu atau kelompok, dari jumlah alternatif yang mereka miliki hingga pentingnya kesepakatan.
Daya tawar memiliki ikatan yang kuat dengan analisis Lima Kekuatan Porter, dan sangat berguna dalam semua bisnis yang berhubungan dengan penjualan.
Sementara bagi Anda para pebisnis, gunakanlah bargaining power sebagai kekuatan Anda dalam berjualan maupun berkerja sama dengan pihak lainnya.
Untuk mengetahui bargaining power Anda dapat menggunakan Software Akuntansi dan Bisnis yang dapat menunjukan insight dari keadaan bisnis Anda secara real-time.
Anda dapat menggunakan Accurate Online yang memiliki fitur mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time.
Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: