BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan dan Peran Pentingnya untuk Setiap Karyawan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa aset yang paling penting untuk suatu perusahaan adalah sumber daya manusia. Nah, setiap karyawan tersebut harus selalu dirawat dan dijaga dengan baik, salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan.

Selain itu, semua karyawan mempunyai hak atas kesejahteraannya masing-masing. Nah, BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kesejahteraan karyawan Anda.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan, Anda bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai agar tidak gagal paham.

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah salah satu model jaminan sosial yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat Republik Indonesia untuk setiap rakyatnya.

BPJS Ketenagakerjaan ini tidak hanya mencakup jaminan sosial saja, namun juga mencakup berbagai program penting lainnya. Bahkan, tidak jarang ada seseorang yang lalai dalam menyerap informasi yang sangat banyak tentang BPJS Ketenagakerjaan ini.

BPJS Ketenagakerjaan pun mempunyai sejarahnya sendiri. Jika berdasarkan laman Wikipedia, BPJS Ketenagakerjaan adalah suatu badan hukum bersifat publik yang mempunyai tanggung jawab langsung pada Presiden Republik Indonesia dalam hal memberikan perlindungan untuk seluruh tenaga kerja agar bisa mengatasi berbagai risiko ekonomi sosial tertentu karena hubungan kerja.

Itu artinya, BPJS Ketenagakerjaan adalah lembaga yang dibuat langsung oleh pemerintah pusat.

Selaku pemberi kerja atau pihak pemilik perusahaan, Anda memiliki kewajiban untuk ikut andil dalam membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan dan juga BPJS Kesehatan setiap karyawan. Nah, baik itu BPJS Ketenagakerjaan ataupun BPJS Kesehatan tentu memiliki perbedaannya masing-masing.

Pada dasarnya, BPJS Ketenagakerjaan adalah transformasi dari PT Jamsostek Persero yang mana fungsinya adalah agar bisa memberikan perlindungan kerja, baik itu untuk seluruh karyawan dalam sektor informal ataupun nonformal.

Disisi lain, BPJS Kesehatan adalah transformasi dari PT ASKES atau PT Asuransi Kesehatan Persero yang mana fungsinya adalah memberikan perlindungan kesehatan untuk semua masyarakat Indonesia.

Baca juga: BPJS Adalah Jaminan Sosial yang Penting Untuk Masyarakat, Ini Cara Daftarnya!

Cara Membayar BPJS Ketenagakerjaan

Agar bisa lebih mempermudah pembayaran ius yang dilakukan perusahaan untuk BPJS, maka sistem EPS atau Electronic Payment System pun mulai diterapkan sebagai sistem pembayaran baru dari BPJS. Sistem EPS ini menggantikan sistem Virtual Account atau VA yang sebelumnya telah digunakan oleh pihak perusahaan untuk melakukan kegiatan pembayaran iuran BPJS.

Penggantian terkait sistem pembayaran virtual account menjadi electronic payment system ini dilakukan agar bisa memenuhi amanat dari Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 terkait BPJS yang mewajibkan pihaknya sebagai lembaga pengelola dana jaminan sosial ketenagakerjaan agar bisa melakukan pemisahan aset BPJS dengan Dana Jaminan Sosial atau DJS.

Sebagai pihak pemberi kerja atau pemilik perusahaan yang mempunyai banyak karyawan, Anda memerlukan perhitungan yang tepat tentang biaya yang harus Anda keluarkan agar bisa membayar tagihan tersebut. Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis yang lengkap untuk bisa mengintegrasikan proses tersebut.

Lantas, bagaimana proses atau cara membayar BPJS Ketenagakerjaan? Berikut ini adalah caranya:

1. Daftarkan BPJS Ketenagakerjaan melalui EPS

Bila sebelumnya perusahaan Anda melakukan kegiatan iuran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan via virtual account dan ingin pindah menggunakan sistem pembayaran electronic payment system atau EPS, maka Anda harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan tahapan di bawah ini:

  • Sebelum bisa menggunakan layanan EPS, maka Anda harus terlebih dahulu melakukan registrasi atau pendaftaran dengan mengakses halaman bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs dan silahkan pilih Registrasi.
  • Setelah itu, nantinya Anda akan dibawa pada halaman registrasi. Anda tinggal memasukkan NPP atau Nomor Pendaftaran Perusahaan Anda saja.
  • Lalu, lanjutkan dengan mengisi email pendaftaran. Nantinya, email ini akan menjadi email login saat Anda ingin mengakses akun EPS. Untuk itu, ada baiknya untuk menggunakan email resmi perusahaan yang akan dijadikan sebagai email khusus EPS BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memasukkan kode keamanan atau captcha sesuai dengan gambar yang tertera di sisi kiri kode keamanan.
  • Pilih register dan nantinya akan terbuka tombol “pilih perusahaan Anda”, jika Anda memasukkan NPP dengan baik dan belum teregistrasi, maka masukkanlah nama kontak perusahaan Anda.
  • Kemudian, pilih salah satu NPP yang nantinya akan Anda daftarkan.
  • Lanjutkan dengan klik register lagi, lakukan konfirmasi dan klik OK.
  • Lalu, nantinya akan ada pemberitahuan pengiriman email aktivasi. Buka email Anda yang sebelumnya digunakan untuk melakukan pendaftaran atau register.
  • Periksa bagian inbox atau spam, di sana Anda akan menemukan informasi terkait aktivasi e-payment system dari BPJS Ketenagakerjaan dengan subjek email “Aktivasi Aplikasi Online E-Payment System”.
  • Silahkan Anda klik atau salin link aktivasi tersebut di browser Anda.
  • Lalu, Anda akan dibawa masuk ke halaman login aktivasi EPS, dan lanjutkan dengan memasukkan email Anda.
  • Kemudian, masukkanlah PIN Anda.
  • Pilih start login dan nanti Anda akan masuk ke halaman “Ganti PIN” dan masukkan PIN lama Anda.
  • Silahkan masukkan PIN Baru Anda lalu masukkan lagi PIN tersebut untuk verifikasi.
  • Bila semua kolom kosongnya sudah terisi, maka Anda bisa klik Ganti PIN.
  • JIka sudah, maka proses pendaftaran EPS pun sudah selesai dilakukan dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan End of Procedure.

Sesudah selesai melakukan kegiatan pendaftaran atau registrasi pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan untuk sistem EPS, agar bisa melakukan pembayaran, Anda harus bisa membuat kode iuran dengan cara memasukkan rincian iuran BPJS.

Baca juga: HFIS BPJS Kesehatan: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Masyarakat

Pembayaran Melalui Mesin ATM

Bila Anda lebih memilih pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan melalui ATM BRI, BNI, atau Mandiri, maka Anda bisa mengikut beberapa tahapan di bawah ini:

  • Silakan masukkan kartu ATM dan PIN kartu Anda dengan benar

BPJS Ketenagakerjaan perusahaan 1

  • Lalu, pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, bahasa Indonesia atau Inggris

BPJS Ketenagakerjaan perusahaan 2

  • Lanjutkan dengan memilih menu “Bayar/Beli”

BPJS Ketenagakerjaan perusahaan 3

  • Pilih menu “BPJS” dan klik “BPJS Ketenagakerjaan”

BPJS Ketenagakerjaan perusahaan 4

  • Kemudian, pilih menu “Individu”

BPJS Ketenagakerjaan perusahaan 5

  • Masukkan ID billing Anda yang jumlahnya adalah 16 digit ID

  • Input nominal yang ingin Anda bayarkan

  • Bila sudah, Anda akan memperoleh konfirmasi pembayaran di layar mesin ATM

  • Lanjutkan dengan memilih nomor 1 dan pilih Ya atau Yes.

  • Bila proses pembayaran sukses, Anda akan mendapatkan struk pembayaran, dan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Anda telah berhasil.

Baca juga: Asuransi Dibayar Dimuka: Pengertian, Contoh Kasus, dan Cara Mencatatnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang BPJS Ketenagakerjaan, lengkap dengan pengertian dan cara membayarnya. Cara pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui Electronic Payment System atau EPS dan melalui mesin ATM. Sebagian dari Anda mungkin sudah menemukan metode yang tepat untuk melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan.

Tapi, cara tersebut tentu lebih menyulitkan dan memakan banyak waktu, khususnya untuk Anda yang memiliki jumlah karyawan yang sangat banyak. Untuk itu, Anda memerlukan sistem yang mampu menyederhanakan Anda dalam mengelola pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan. Nah, sistem tersebut adalah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing dan dibekali dengan sistem keamanan yang ketat. Tampilan dashboard di dalam Accurate Online pun di desain dengan sangat simpel, sehingga Anda bisa menggunakan Accurate Online dengan mudah, aman, dan nyaman.

Accurate Online juga telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan telah dipercaya oleh lebih dari ratusan ribu pebisnis di Indonesia. Bahkan, Accurate Online telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga sekarang.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan pencatatan transaksi, termasuk pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, bisa dilakukan secara otomatis. Anda juga bisa memperoleh lebih dari 200 jenis laporan keuangan perusahaan secara cepat, mudah, dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga telah terintegrasi dengan fitur bisnis luar biasa lainnya, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan bahan baku, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menikmati seluruh layanan terbaik dari Accurate Online, Anda cukup mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu 200 ribuan saja perbulan. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia