Asuransi Dibayar Dimuka: Pengertian, Contoh Kasus, dan Cara Mencatatnya

Pernah mendengar istilah asuransi dibayar dimuka? Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengarnya dalam metode pembayaran produk asuransi jiwa. Dimana umumnya, penerapan pembayaran semacam ini dikategorikan sebagai aset.

Secara sederhana, mekanisme asuransi dibayar dimuka terjadi ketika premi asuransi dibayar terlebih dahulu oleh suatu perusahaan ke perusahaan asuransi.  Dalam hal ini, pembayaran dicatat ke dalam suatu perencanaan laporan keuangan karena termasuk dalam pengeluaran biaya. Dimana ketika asuransi tersebut sudah digunakan atau belum juga tidak menjadi persoalan dalam mekanisme ini.

Anda mungkin masih bingung terhadap penjelasan singkat di atas, bukan? Oleh karena itu, mari bahas lebih lanjut mengenai pengertian dari asuransi dibayar dimuka, beserta contoh kasus, metode pendekatan, dan contoh pencatatannya dalam rencana laporan keuangan.

Pengertian Asuransi Dibayar Dimuka

Sesuai namanya, asuransi dibayar dimuka adalah pembayaran premi asuransi yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau perorangan kepada perusahaan asuransi, baik itu sekaligus maupun sebagian, meski belum masuk tanggal jatuh tempo pembayaran.

Umumnya, cara perhitungan ini lebih sering digunakan pada perhitungan akuntansi dalam penyusunan neraca keuangan sebuah perusahaan. Karena pembayaran premi termasuk dalam biaya pengeluaran perusahaan, perlu dibuat sebuah keseimbangan neraca untuk mengidentifikasi keuntungan dan kerugian.

Perhitungan seperti ini pun bisa digunakan oleh individu atau perorangan. Terlebih, jika individu tersebut melakukan sebuah perencanaan keuangan. Dimana metode pembayaran dimuka ini dapat dimasukkan ke neraca keuangan pribadi.

Sebagaimana diketahui, pengeluaran sekecil apapun yang dilakukan oleh perorangan atau bisnis memang harus dicatat dalam laporan keuangan. Karena dasar inilah, pembayaran dimuka tetap perlu dimasukkan ke dalam neraca pengeluaran meski belum sepenuhnya dipakai.

Baca juga: Cash Value Adalah Istilah Penting dalam Asuransi, Ini Pengertiannya!

Mengapa Asuransi Dibayar Dimuka Termasuk Aset?

Apapun yang dibayar terlebih dahulu atau in advance merupakan suatu bentuk pembayaran yang sebagian atau seluruhnya sudah digunakan. Dimana pencatatan untuk pembayaran ini hanya valid sampai periode tertentu, yaitu sampai kita dapat mengambil keuntungan dari pembayaran tersebut.

Dan semua pengeluaran yang belum terpakai, belum jatuh tempo, serta penggunaannya dilakukan di masa depan masuk ke dalam kategori aset perusahaan.

Sebagai contoh, PT ABC membayar premi asuransi kendaraan sebesar 25 juta rupiah pada bulan Januari 2022 kepada perusahaan asuransi untuk periode selama setahun. Kemudian, pada Maret 2022, perusahaan tersebut melakukan klaim asuransi atas mobil yang rusak.

Dalam hal ini, perusahaan asuransi tersebut akan mengganti biaya kerusakan tersebut, sehingga perusahaan ABC tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk kerusakan tersebut. Dengan kata lain, asuransi yang dibayar dimuka oleh PT ABC menyerupai dana darurat bagi perusahaan.

Di saat yang sama, apabila pembayaran dilakukan ketika telah jatuh tempo, maka status pembayaran tersebut menjadi debit. Begitu pun ketika premi akhirnya digunakan, maka perusahaan perlu memperbarui kembali neraca keuangannya.

Baca juga: Underwriting Adalah Salah Satu Cara Untuk Meminimalisir Resiko Keuangan, Ini Penjelasannya!

Metode Pendekatan untuk Pencatatan Asuransi Dibayar Dimuka

Dalam penyusunan jurnal penyesuaian metode pembayaran ini, terdapat dua metode pendekatan yang bisa dilakukan, yakni pendekatan neraca dan pendekatan laba rugi.

  • Pendekatan Neraca

Pendekatan neraca disebut juga sebagai pendekatan harta. Alasannya, karena asuransi yang dibayarkan sudah ditetapkan sebagai kelompok aset. Dimana pendekatan ini biasanya ditemui pada jurnal umum.

  • Pendekatan Laba Rugi

Melalui pendekatan laba rugi, jenis biaya dimuka digolongkan sebagai beban dan manfaat asuransinya sudah terpakai.

Contoh Kasus Asuransi Dibayar Dimuka

Pada bulan Januari 2022, PT ABS membayar asuransi kendaraan sebesar 25 juta rupiah kepada perusahaan asuransi. Dimana untuk lebih memahami pembayaran dimuka ini, berikut contoh pencatatannya dalam neraca keuangan.

Secara keseluruhan, pembuatan jurnal asuransi dibayar dimuka ini bisa menggunakan bill, klaim biaya, atau jurnal umum secara manual.

Baca juga: BPJS Adalah Jaminan Sosial yang Penting Untuk Masyarakat, Ini Cara Daftarnya!

Kesimpulan

Demikianlah informasi terkait asuransi dibayar dimuka yang baik untuk Anda ketahui. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, asuransi dibayar dimuka adalah pembayaran premi asuransi yang dilakukan oleh suatu perusahaan ke perusahaan asuransi sebelum jatuh tempo pembayaran. Dimana dalam hal ini, perusahaan belum merasakan manfaatnya, namun sudah dibayarkan terlebih dahulu di awal waktu.

Adapun alasan mengapa asuransi dibayar dimuka termasuk dalam aset perusahaan yaitu karena penggunaanya dirasakan tidak langsung di awal, melainkan di masa yang akan datang. Dimana ketika terjadi sesuatu di masa depan, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan uang, melainkan perusahaan asuransi tersebut.

Dalam pencatatan pembayaran dimuka ini, perusahaan maupun perorangan bisa menggunakan jurnal umum atau jurnal penyesuaian dengan menerapkan metode pendekatan neraca atau pendekatan laba rugi. Tujuannya jelas yaitu untuk mengidentifikasi keuntungan dan kerugian.

Dalam hal ini, baik perusahaan maupun perorangan bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis untuk pencatatan dan pembuatan laporan yang lebih efektif serta efisien guna meminimalisir kesalahan. Dimana Accurate Online merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dipertimbangkan.

Accurate Online merupakan software akuntansi berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersemat di dalamnya untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan secara lebih cepat, otomatis, namun tetap akurat.

Accurate Online sendiri telah terbukti membantu ribuan pebisnis di luar sana dalam mencapai kesuksesan melalui pengelolaan finansial yang baik. Software dengan fitur terlengkap dan harga yang terjangkau ini pun bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Tunggu apa lagi? Segera nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!