HFIS BPJS Kesehatan: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Masyarakat

Pada dasarnya, HFIS BPJS Kesehatan adalah suatu aplikasi yang banyak digunakan oleh faskes atau fasilitas kesehatan yang banyak melakukan kerjasama dengan asuransi kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah.

HFIS atau Health Facilities Information System adalah aplikasi yang dibuat dengan basis situs website agar bisa memantau dan melaporkan data profiling faskes. Data yang tercantum di dalam HFIS BPJS Kesehatan ini mencakup alamat faskes, jumlah dokter, penanggung jawab, jam praktek, teknologi kendaraan, dan lain sebagainya.

Fungsi HFIS BPJS Kesehatan

Untuk setiap fasilitas kesehatan, aplikasi HFIS BPJS Kesehatan mampu mempermudah dan mempercepat proses kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Selain itu, dengan aplikasi ini setiap mitra BPJS Kesehatan bisa mengajukan perpanjangan kerjasama sambil memantau dan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi di dalam faskes tersebut, termasuk didalamnya terkait ketersediaan kamar untuk pasien BPJS.

Dari sisi pelayanannya, HFIS BPJS Kesehatan mampu memudahkan para petugas yang berada di fasilitas kesehatan tingkat pertama agar bisa merujuk pasien ke faskes rujukan tingkat lanjut. Petugas tersebut bisa secara mudah mencarikan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang terdekat, tidak ada banyak antrian, dan mempunyai pelayanan kesehatan yang diperlukan oleh pasien.

Sedangkan untuk pasien, HFIS yang terhubung dengan layanan “aplicares” mampu memberikan transparansi ketersediaan kamar. Ketersediaan kamar rawat inap ini adalah salah satu keluhan  yang banyak dikeluhkan oleh para peserta BPJS.

Baca juga: Asuransi Dibayar Dimuka: Pengertian, Contoh Kasus, dan Cara Mencatatnya

Cara Menggunakan HFIS BPJS Kesehatan

Untuk bisa menggunakan HFIS BPJS Kesehatan, faskes harus lebih dulu mengajukan pendaftaran sebagai salah satu mitra BPJS Kesehatan. Pendaftarannya bisa dilakukan dengan cara mengirimkan surat permohonan ke kantor BPJS Kesehatan di cabang ataupun pusat, sesuai domisili.

Surat tersebut bisa dalam bentuk surat elektronik, atau diantar langsung dan bisa juga melalui POS. Bila sudah, maka faskes akan mendapatkan tahapan aktivasi HFIS BPJS sebagai berikut:

Faskes akan mendapatkan email aktivasi dan juga username serta password agar bisa mengakses aplikasi HFIS BPJS Kesehatan. Lalu, isilah profil dan juga self assessment di dalam aplikasi HFIS BPJS. Faskes juga bisa langsung memanfaatkan alur kerja data faskes.

Pengisian terkait profil dan juga self assesment ini adalah bagian dari proses uji kelayakan yang dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan atas calon faskes. Selama belum mendapatkan status kemitraan, calon faskes bisa tetap memantau prosesnya dengan menggunakan HFIS.

Bila dinilai sudah memenuhi syarat, maka faskes akan memperoleh hak akses baru untuk HFIS BPJS sebagai fasilitas kesehatan kerjasama. Dalam hak akses ini, setiap faskes bias melihat data profil dan juga mengajukan perubahan data faskes melalui persetujuan dari kepala bidang BPJS Kesehatan kantor cabang terlebih dulu sebelum tertulis di dalam data faskes.

Dengan menggunakan HFIS BPJS Kesehatan, maka faskes akan memperoleh transparansi dalam mengajukan perubahan data tersebut. Bila pengajuannya ternyata tidak disetujui, maka faskes bisa memilih detail pengajuan agar bisa mengetahui informasi penolakan tersebut.

Selain menggunakan aplikasi, HFIS login juga bisa dilakukan dengan mengakses situs resminya. HFIS login nantinya akan meminta Anda untuk menuliskan username, password dan captcha. Pastikanlah koneksi internet Anda stabil agar proses HFIS login bisa dilakukan.

Namun walaupun sudah berbasis digital, penggunaan HFIS BPJS Kesehatan masih tetap membutuhkan proses manual dengan mengirimkan berkas pemberitahuan secara tertulis ke kantor cabang. Hal ini dilakukan untuk perubahan data dokumen dan juga tenaga medis untuk FKTP, serta perubahan data sarana dan tenaga medis untuk FKRTL.

Baca juga: Asuransi Kematian, Ini Jenis dan Rekomendasi Produknya

Fungsi HFIS BPJS Kesehatan

  • Bagi Faskes

Untuk faskes, HFIS BPJS Kesehatan bisa memudahkan dan mempercepat proses kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka mitra BPJS kesehatan bisa mengajukan perpanjangan kerjasama sambil memantau dan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi di dalam faskes tersebut.

Salah satunya adalah tentang ketersediaan kamar untuk pasien BPJS.

  • Bagi Peserta

Sedangkan untuk pasien yang menjadi anggota aktif BPJS Kesehatan, aplikasi ini akan terkoneksi dengan layanan aplicares. Layanan ini bisa memberikan transparansi ketersediaan kamar untuk peserta BPJS. Tidak bisa dipungkiri bahwa ketersediaan kamar rawat inap adalah salah satu keluhan yang paling banyak dikeluhkan oleh para pengguna BPJS.

Baca juga: Reasuransi: Pengertian, Contoh, Jenis, dan Manfaatnya

Manfaat HFIS BPJS Kesehatan

Selain memudahkan proses kerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan, HFIS juga memiliki manfaat lain, yakni:

  • Menghadirkan koordinasi pada pihak asuransi dan penyedia faskes lainnya melalui layanan aplikasi ini dari sisi fasilitas kesehatan.
  • Membantu mengajukan perpanjangan kerjasama dan juga melaporkan kondisi faskes atau pasien agar bisa lebih mudah untuk dirujuk ke faskes rujukan tingkat lanjut atau faskes rujukan tingkat pertama.
  • Adanya fitur tambahan yang mampu menyaring berbagai pencarian dan juga menampilkan faskes terdekat dari lokasi pasien dengan hanya menggunakan GPS, hal ini akan sangat membantu dan akan menghemat waktu dalam mencari rumah sakit yang ada di layanan BPJS tersebut.

Baca juga: Bancassurance: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang HFIS BPJS Kesehatan. Jadi, HFIS BPJS Kesehatan adalah suatu aplikasi yang banyak digunakan oleh faskes atau fasilitas kesehatan yang banyak melakukan kerjasama dengan asuransi kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah.

Hal ini dilakukan untuk menyediakan fasilitas kesehatan dan layanan kesehatan yang sama untuk setiap masyarakat, apapun statusnya.

Fasilitas kesehatan ini juga harus diperhatikan oleh perusahaan yang mempekerjakan karyawannya. Untuk itu, perusahaan harus menyediakan asuransi apapun demi menjamin kesehatan karyawan. Selain itu, perusahaan juga harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar bisa membayar premi asuransi tersebut.

Nah saat ini, mengelola keuangan bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda jadikan untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

Selain itu, di dalamnya juga sudah tersedia berbagai fitur bisnis yang lengkap untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

Ayo, coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.